Sudah pernah kepikiran untuk gunakan aplikasi rekap penjualan? Kalau kamu saat ini lagi berkecimpung di dunia bisnis, aplikasi rekap penjualan adalah salah satu alat yang sebaiknya kamu pertimbangkan untuk miliki. Mengapa?

Dalam sehari-hari menjalankan bisnis, penjualan produk menjadi hal yang lumrah terjadi, baik itu dari channel penjualan offline maupun online. Nah, sebagai pemilik bisnis, sudah jadi kewajiban kita untuk mengetahui dan mencatat semua data penjualan yang masuk tersebut, entah itu penjualan dalam harian, mingguan, bulanan, ataupun tahunan. 

Merekap data penjualan penting dilakukan untuk dapat mengetahui tolak ukur tingkat produktivitas dalam bisnis lho. Cuman, memang pekerjaan ini terkadang jadi PR apalagi kalau orderan yang diterima berjumlah sangat banyak dan sumber daya manusia yang ada di dalam bisnismu itu terbatas. 

Eits, tenang aja! Di zaman yang serba teknologi ini, hadir sebuah solusi yang bisa membantumu untuk merekap penjualan dengan lebih mudah, yaitu aplikasi rekap penjualan! Dengan menggunakan aplikasi rekap penjualan, membuat laporan penjualan serta menganalisisnya bukan jadi hal yang sudah lagi.

Salah satu aplikasi rekap penjualan yang bisa kamu manfaatkan adalah SmartSeller. Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi ini akan membuat operasional bisnismu makin lancar dan mudah. Tapi, apa manfaat lain dari aplikasi rekap penjualan bagi bisnis? Mau tahu informasi fitur dalam SmartSeller? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini, ya!

Aplikasi Rekap Penjualan

 

Apa itu Aplikasi Rekap Penjualan?

Aplikasi rekap penjualan adalah sebuah software atau perangkat lunak yang digunakan oleh pelaku bisnis untuk dapat menghitung banyaknya orderan, jumlah pendapatan dan pengeluaran bisnis dalam harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan dengan cepat dan akurat. Penggunaan aplikasi rekap penjualan akan mendukung kelancaran operasional bisnis sehari-hari. 

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kamu bisa merekap penjualan bisnis dengan mudah. Yap, sekarang ini aplikasi rekap penjualan dapat digunakan melalui ponselmu. Jadi, kamu bisa menggunakannya di mana pun untuk tahu informasi penjualan harian ter-update kapan pun. Nah, kamu juga bisa meng-install aplikasi rekap penjualan SmartSeller di ponselmu juga lho!

Baca Juga 
5 Tips Memulai Endorse Produk Online Shop

 

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

 

Pentingnya Aplikasi Rekap Penjualan untuk Bisnismu

Merekap penjualan itu tidak bisa dianggap sepele lho. Meskipun bisa dibilang mudah karena pada dasarnya kamu perlu nge-list setiap penjualan yang masuk saja, tapi rekapan tersebut nyatanya harus dibuat dengan manajemen yang baik pula.

Mungkin beberapa pebisnis lebih nyaman untuk melakukan rekap penjualan dengan menulisnya di buku. Tapi, terdapat risiko pula yang bisa terjadi seperti adanya satu atau dua pencatatan transaksi yang terlewat. 

Namun, dengan adanya aplikasi rekap penjualan, risiko tersebut bisa diminimalisir lho. Selain itu, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mempunyai aplikasi rekap penjualan.

Aplikasi Rekap Penjualan

  • Lebih Mudah Merekap Orderan Online yang Masuk

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi ini adalah penggunaannya yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Merekap semua orderan yang masuk ke toko jadi lebih fleksibel tanpa terikat oleh batasan lokasi dan waktu. 

Selain itu, kamu bisa lebih mudah melihat performa penjualan yang masuk dari setiap channel penjualan yang kamu punya, misalnya, dari media sosial, e-Commerce, situs web, ataupun marketplace

  • Jadi Tahu Produk Terlaris

Mengetahui produk yang paling laris terjual dalam bisnis dapat membantumu untuk lebih mempromosikannya secara optimal guna meningkatkan penjualannya. Produk terlaris juga bisa jadi signature atau produk andalan bisnismu yang membedakan brand milikmu dengan kompetitor.

Nah, dengan melihat rekap penjualan melalui aplikasi, mengecek produk mana yang paling laris juga akan makin mudah kalau dibandingkan harus menelusurinya secara manual melalui catatan yang kamu buat. Data dari rekap penjualan juga bisa kamu jadikan bahan cross-check untuk mengecek validasi dengan data dari stok barang, apakah benar barang tersebut yang paling laris terjual?

Baca Juga 
6 Hal Ini Akan Membuat Foto Produk Anda Lebih Boom!

 

Baca Juga: Apa itu Etalase Toko Online? Bagaimana Cara Agar Terlihat Menarik?

  • Data Informasi Penjualan Lebih Detail dan Mudah Dibaca

Aplikasi rekap penjualan adalah software yang mampu gunakan untuk mencatat data penjualan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Setelah menuliskan data tersebut, sistem dari aplikasi mampu memperlihatkan rekapan penjualan dalam bentuk grafik, angka, atau tabel. Hal ini yang membuatnya lebih mudah dibaca dan dipahami

Data tersebut dapat kamu olah untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk melihat perbandingan penjualan harian di bulan ini dan bulan sebelumnya. 

 

Aplikasi Rekap Penjualan

  • Mempermudah Decision Making

Berhubungan dengan poin nomor 2, data dari rekapan penjualan melalui aplikasi tersebut dapat membantumu lebih mudah untuk mengambil keputusan bisnis di masa yang mendatang.

Informasi rekapan penjualan yang kamu peroleh dari aplikasi rekapan penjualan dapat lebih jelas menunjukkan kesehatan keuangan bisnismu pada periode tertentu, misalnya kalau ada penurunan dalam penjualan pada suatu waktu atau mungkin lonjakan yang fenomenal. Kamu tentu perlu menyelidiki lebih dalam hal-hal tersebut dan kemudian menentukan langkah yang seharusnya diambil oleh bisnis.

  • Membantu Pelaporan sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Nah, hal lain yang dapat kamu peroleh adalah mempermudah dalam hal pelaporan keuangan yang diperlukan. Laporan keuangan tentu diperlukan, misalnya untuk disajikan ke pemegang saham, direksi, ataupun calon investor sebagai pertanggungjawaban bisnis.

Nah, membuat laporan keuangan dengan aplikasi rekapan penjualan akan jauh lebih mudah dan menghemat waktu yang kamu punya. Kamu juga dapat memberikan informasi yang lebih rinci dalam laporan tersebut.

 

Baca Juga: Simak Cara Membuat Kwitansi Pembayaran yang Benar

 

Aplikasi Rekap Penjualan

Fitur Aplikasi Rekapan Penjualan di SmartSeller

Salah satu fitur yang dimiliki SmartSeller adalah order management, yang dapat membantumu untuk mengelola, menghitung, dan juga merekap semua orderan yang masuk. Selain itu, ada fitur-fitur lainnya yang membuat operasional bisnis makim praktis. Berikut adalah fitur-fiturnya:

  • Membuat Orderan dari Mana Saja: Kamu dapat mengelola orderan yang masuk dari semua channel penjualan yang kamu punya kapanpun dan di mana pun.
  • Otomatis Menghitung Ongkos Kirim: Selain merekap dan mengelola penjualan harian, sistem aplikasi juga dapat menghitung ongkos kirim dari berbagai kurir di Indonesia.
  • Mencetak Invoice dan Label Pengiriman: Aplikasi ini mendukung pencetakan label melalui bluetooth yang tersambun ke printer thermal dan laserjet.
  • Nomor Resi yang Otomatis Terkirim kepada Pelanggan: Pelanggan akan menerima nomor resi dari WhatsApp atau SMS dari sistem.
  • Input Produk Pakai Barcode: Yap, kamu bisa memasukkan produk ke katalog online melalui barcode.
  • Membuat Diskon dan Voucher: Melalui fitur ini, kamu bisa membuat diskon dan voucher untuk menggaet banyak calon pelanggan.
  • Pembayaran Digital: Sistem aplikasi SmartSeller mendukung pembayaran digital masa kini.
  • Pilihan Transaksi Cash dan Cicilan: Terdapat pilihan lain untuk pelanggan yang lebih suka membayar secara cash dan opsi cicilan.
  • Mengecek Mutasi Bank: Kamu bisa cek mutasi bank ketika ingin konfirmasi pembayaran dari pelanggan tanpa perlu buka mobile banking.
Baca Juga 
5 Tips Memulai Endorse Produk Online Shop

 

Nah, itulah beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi rekap penjualan SmartSeller! Aplikasi rekap penjualan dapat secara signifikan membantu operasional bisnismu jadi makin mudah. Tidak hanya mendapatkan mengelola orderan di mana saja, kamu bisa mengetahui informasi keuangan bisnis dan secara tepat menentukan langkah-langkah bisnis selanjutnya. Yuk, daftar dan download aplikasi SmartSeller sekarang!