Hidup di era sekarang, memanfaatkan usaha sampingan karyawan sebagai pekerjaan sampingan menjadi hal yang patut untuk dicoba. Sebab, karyawan saat ini kudu pintar-pintar mengatur keuangan, terlebih lagi bagi yang memiliki penghasilan pas-pasan di setiap bulannya. Belum lagi adanya biaya tak terduga yang datang tiba-tiba dan memaksa harus merogoh tabungan untuk menutupinya. Banyaknya kejadian tak terduga ini, usaha sampingan karyawan menjadi hal yang diperlukan guna meminimalisir pengeluaran. 

Banyak jenis usaha sampingan karyawan yang bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah pundi-pundi. Kamu bisa menyesuaikannya dengan waktu senggang yang dimiliki. Pilihlah jenis usaha yang kamu sukai agar bisnis ini digeluti dengan suka cita atau bisa menjadi hobi. Namun, perlu diingat, jangan sampai usaha sampingan karyawan ini mengganggu pekerjaan utama. Jadi, pilihlah jenis usaha yang bisa dikerjakan secara fleksibel, baik waktu maupun tempat, agar tidak mengganggu pekerjaan utama. 

Kenapa Karyawan Harus Punya Usaha Sampingan?

Alasan utama usaha sampingan karyawan itu penting adalah meminimalisir risiko yang tidak terduga di masa mendatang. Misalnya, ketika terjadi PHK besar-besaran, kamu tidak perlu pusing lagi mencari pekerjaan karena kamu masih memiliki pekerjaan sampingan yang bisa mencukupi kebutuhan harianmu. Bagi pegawai kantor yang bergaji pas-pasan, usaha sampingan karyawan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan uang tambahan. 

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa pegawai perlu memiliki usaha sampingan karyawan. Yuk, simak alasannya berikut ini.

1. Bisa Bantu Menghadapi Masa Pensiun

Memiliki usaha sampingan karyawan ternyata bisa membantu pegawai kantor dalam menghadapi masa pensiun. Jadi, ketika waktunya pensiun, kamu tidak perlu lagi kesusahan untuk mencari uang. Sebab, kamu sudah memiliki usaha sampingan yang dibangun sejak menjadi karyawan. Selain itu, uang tambahan yang kamu dapat dari usaha sampingan juga bisa kamu gunakan ketika masa pensiun kelak.

Baca Juga 
Praktis Gunakan Jasa Jemput Paket ke Rumah untuk Bisnis

Usaha Sampingan Karyawan

2. Memperluas Jaringan

Jika kamu pekerja kantor, tentu kamu hanya akan bertemu dengan orang yang sama setiap harinya. Tetapi, jika kamu memiliki usaha sampingan karyawan, kamu bisa saja bertemu dengan banyak pelanggan dari berbagai kota atau wilayah. Sehingga, kamu bisa memiliki jaringan yang lebih luas. Tentu, jaringan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis atau karier di masa yang akan datang.

3. Punya Target Keuangan

Mengandalkan gaji bulanan kadang tidak cukup untuk membeli barang atau pergi ke tempat yang diinginkan. Salah satu solusinya, tentu memiliki usaha sampingan karyawan. Penghasilan dari usaha sampingan yang dikumpulkan bisa membantumu mencapai target keuangan. Sehingga, keinginanmu membeli rumah, mobil, atau barang lainnya bisa terpenuhi dengan mudah.

Baca Juga: 8 Langkah Awal Memulai Usaha dari Nol, Gampang Diterapkan!

4. Bisa Mengasah Keterampilan yang Diinginkan

Tak melulu sekadar mendapatkan uang tambahan, dengan adanya usaha sampingan karyawan bisa mengasah kreativitas hingga keterampilan dalam melakukan suatu hal yang kamu suka di luar kerjaan sehari-hari. Misalnya saja kamu suka membuat kue, maka kamu bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk menjual kue yang kamu buat. Seiring berjalannya waktu, kamu tidak hanya sekadar membuat kue saja, tetapi juga akan berpikir kreatif untuk mengembangkan usaha sampinganmu.

5. Mengisi Waktu Luang

Setelah seharian bekerja, biasanya beberapa pegawai memiliki waktu luang. Nah, kamu bisa saja mengisi waktu kosong yang kamu punya dengan memiliki usaha sampingan. Selain bermanfaat, mengisi waktu santaimu dengan kerja sampingan bisa membuatmu mendapat penghasilan tambahan.

Usaha Sampingan Karyawan

6. Biaya Hidup yang Terus Meningkat

Tidak bisa dipungkiri, seiring berjalannya waktu, biaya hidup akan terus melonjak, termasuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini akan semakin sulit jika gaji yang dimiliki tak kunjung naik. Usaha sampingan karyawan bisa menjadi alternatif untuk membuat kamu bisa memiliki penghasilan tambahan. dengan begitu, kebutuhan sehari-hari tetap bisa terpenuhi.

Baca Juga 
Berikut Jenis dan Cara Mudah Membuat Barcode Online 

Jenis Usaha yang Bisa Dilakukan

Ada banyak jenis usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan, misalnya mencari pekerjaan lepas pada bidang penulisan dan penerjemah, menjadi reseller atau dropship yang tidak membutuhkan modal besar dan mudah dilakukan. Selain itu, ada juga beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan oleh karyawan. Apa saja? 

Berikut ini ide jenis usaha sampingan karyawan yang bisa kamu coba. 

Baca Juga: Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha

1. Buka Lapak Camilan 

Siapa yang tak suka makan camilan? Makanan ringan satu ini kerap menjadi teman di berbagai situasi, seperti bekerja, mengobrol, atau saat mengisi waktu luang. Oleh karenanya, membuka lapak camilan di kantor bisa menjadi salah satu ide usaha sampingan karyawan yang bisa kamu pilih. Pasalnya, kamu hanya perlu menaruhnya di tempat besar. 

Usaha camilan ini bisa kamu geluti dengan menjual kue-kue basah buatan kamu atau snack kering yang kamu kemas kembali. Harga jualnya yang relatif murah juga menarik perhatian para calon pembeli. Nah, jika usaha camilan mulai berkembang, kamu bisa mencobanya untuk menjual secara luas melalui online. 

2. Pakaian Kekinian 

Usaha Sampingan Karyawan

Bagi kamu yang menyukai dunia fashion, memulai bisnis satu ini mungkin akan menjadi hal yang menyenangkan. Lantaran, kamu jadi lebih update mengenai perkembangan fashion saat ini. Apalagi, bisnis pakaian kekinian bisa dilakukan secara online melalui gadget kesayangan. 

Jika tidak memiliki modal yang cukup, kamu bisa memulai bisnis fashion kekinian ini dengan menjadi reseller atau dropship. Dengan begitu, kamu hanya perlu mengeluarkan modal sedikit karena tidak perlu membeli stok barang. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa untuk menyimpan stok barang tersebut. Namun, tetap berhati-hati dalam memilih supplier ya. 

Baca Juga 
Contoh Purchase Order yang Cocok Untuk Usaha Kecil

3. Makeup

Berikutnya, kamu juga bisa memilih makeup sebagai usaha sampingan. Hal ini bisa dilakukan secara online dan mudah dengan menjadi reseller atau dropship dan mengikuti MLM. Apalagi, jika kamu memilih brand makeup yang terpercaya dan banyak digunakan, bisa saja menjadi ladang cuan dengan modal yang tidak besar.

4. Buka Layanan Jasa Titip

Usaha Sampingan Karyawan

Layanan jasa titip yang saat ini sedang naik daun, dapat menjadi pilihan sebagai usaha sampingan karyawan. Banyak sekali yang membuka layanan jasa titip baik brand terkenal maupun barang dari luar negeri. Hal ini cocok bagi kamu yang hobi jalan-jalan. Infokan pada teman kantor atau pun melalui media sosial jika kamu tengah bepergian dan membuka layanan jasa titip. Kemudian, tentukan juga barang apa yang bisa dititip. Meski tidak bisa dikerjakan setiap hari, usaha satu ini dapat dilakukan secara rutin agar cuan yang dihasilkan juga cukup menguntungkan. Dengan demikian, kamu bisa melepas lelah dengan jalan-jalan dan mendapatkan cuan. 

Tonton Juga: SmartSeller – Storefront

Jika usaha sampingan karyawan milikmu mulai berkembang dan sulit untuk dikelola sendiri, kamu bisa menggunakan fitur Storefront dari SmartSeller. Kamu bisa membuat toko online dengan mudah. Tidak hanya itu, produk dan stok toko online milikmu juga telah terhubung menjadi satu. Aplikasi pengelola toko online ini juga memiliki fitur SmartChat yang dapat membantumu melayani para pelanggan. Menarik bukan? Yuk klik di sini sekarang.