Salah satu masalah yang bisa terjadi sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia bisnis adalah percobaan pengiriman paket gagal ketika hendak mengirim pesanan kepada alamat pelanggan. Apakah kamu tahu apa saja yang menyebabkan hal tersebut? 

Sebagai pemilik bisnis, tentu kamu ingin membuat pelanggan puas melalui pengiriman paket yang cepat. Akan tetapi, pada kenyataannya terdapat beberapa penyebab yang dapat membuat percobaan pengiriman paket gagal. Hal tersebut tentu memerlukan tindakan tertentu untuk menanggulanginya. Kalau tidak, bisa saja berujung pada ketidakpuasan pelanggan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui penyebab yang membuat percobaan pengiriman paket gagal. Sehingga, kalau masalah ini terjadi kamu pun tahu solusi tepat untuk menanganinya, baik dari sisi bisnis maupun sisi pembeli.

Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk tahu penjelasan mengenai percobaan pengiriman paket gagal dan apa saja hal-hal yang dapat menyebabkannya!

Penjelasan Singkat Mengenai Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Apa itu percobaan pengiriman paket gagal? Percobaan pengiriman paket gagal pada dasarnya adalah suatu keadaan ketika pengiriman paket sudah dalam status pengiriman, tapi belum sampai di tangan penerima. Biasanya, kamu bisa menemukan status ini ketika melakukan cek resi pada situs web ekspedisi yang digunakan.

Lantas, apa yang selanjutnya terjadi ketika percobaan pengiriman paket gagal? Ketika percobaan pengiriman paket gagal, kurir akan membawa paket kembali ke kantor cabang untuk kemudian dikirimkan kembali di hari berikutnya. Umumnya, setiap ekspedisi punya peraturan sendiri untuk mengatasi percobaan pengiriman paket gagal. Nah, oleh karena itu, kamu perlu tahu juga bagaimana ekspedisi yang kamu gunakan tersebut menanganinya.

Namun, terlepas dari hal tersebut, tentu sebagai pemilik bisnis yang bertanggung jawab, kamu perlu tahu alasan yang menyebabkan percobaan pengiriman paket gagal. Hal ini karena terdapat beberapa kemungkinan dan perlu cara masing-masing untuk mengatasinya. Nah, kira-kira apa saja? Yuk, lanjutkan ke bagian selanjutnya!

Baca Juga 
Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pasar yang Perlu Kamu Tahu

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

 

Alasan-Alasan yang Memicu Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Tidak perlu panik dulu ketika kamu melihat notifikasi yang menyatakan percobaan pengiriman paket gagal. Dalam setiap pengecekan resi di situs web ekspedisi, biasanya pihak ekspedisi mencantumkan alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Sehingga, kamu bisa menginfokannya kepada pelanggan. Berikut adalah beberapa alasan dari percobaan pengiriman paket gagal.

  • Tidak Ada Penerima Paket di Alamat yang Dituju

Pengiriman paket bisa gagal dikarenakan penerima yang namanya dicantumkan pada paket tersebut tidak ada di tempat. Hal ini dapat membuat kurir pengiriman tidak bisa menyerahkan paket untuk diselesaikan.

Kamu perlu memahami bahwa setiap ekspedisi punya aturan sendiri untuk kurir pengiriman. Ada yang tidak memperbolehkan penyerahan paket kepada orang yang namanya tidak tercantum, tapi ada pula yang memperbolehkan dengan syarat dan kondisi tertentu. 

Jadi, kalau alasan ini tercantum pada status pengiriman, kamu bisa menyarankan kepada pelanggan untuk siap sedia ketika paket sudah dikirimkan. Selain itu, hal ini bisa juga diakali dengan memberi pemahaman kepada pelanggan untuk siapapun yang berada pada alamat tersebut untuk menerima paket miliknya.

Cara lain untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencantumkan nomor telepon dari penerima paket yang dapat dihubungi. Sehingga, kalau sewaktu-waktu penerima tidak ada di tempat, pihak kurir ekspedisi dapat menghubungi langsung penerima paket tersebut.

 

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

  • Pengiriman Sudah Melampaui Jam Operasional

Dalam rantai pengiriman paket, paket akan menempuh beberapa titik pengiriman sebelum sampai ke tangan pelanggan. Bisa jadi, pada salah satu pengiriman ke suatu drop point atau titik pengiriman tertentu tersebut dilakukan di luar jam operasional.

Kalau hal itu terjadi, maka terdapat kemungkinan yang menyebabkan percobaan pengiriman paket gagal. Misalnya, paket tersebut baru sampai di malam hari. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena paket tersebut akan dikirimkan kembali pada hari berikutnya di jam operasional.

Baca Juga 
Apa Tujuan Sebuah Iklan untuk Bisnis? Cari Tahu di Sini!

Baca Juga: Praktis Gunakan Jasa Jemput Paket ke Rumah untuk Bisnis

  • Alamat Tidak Valid

Dari sisi penjual, kamu hendaknya memastikan kembali kebenaran dari alamat yang dicantumkan oleh pelanggan. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap pengiriman paket itu sendiri. Alamat yang tidak valid atau salah dapat membuat pengiriman paket gagal dilakukan dari sisi kurir ekspedisi.

Apa saja yang membuat sebuah alamat tidak valid untuk pengiriman paket? Terdapat beberapa informasi terkait alamat yang wajib dicantumkan, seperti nama jalan alamat lengkap, kelurahan, kecamatan atau kota, provinsi, kode pos, dan juga negara (untuk pengiriman internasional). Masing-masing informasi tersebut diperlukan untuk menandai ke mana pengiriman tersebut dapat dilakukan oleh pihak ekspedisi.

Jadi, sebaiknya sebelum kamu menyerahkan paket kepada ekspedisi untuk dikirim, selalu lakukan double check alamat yang dicantumkan oleh pelanggan ya!

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

  • Pihak Ekspedisi Mengalami Overload

Saat ini, kirim-mengirim paket bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan karena aktivitas ini terus berjalan selama ada kegiatan jual-beli jarak jauh. Sehingga, tidak dapat dipungkiri kalau dalam sehari bisa terjadi pengiriman barang yang melebihi kapasitas suatu ekspedisi. Keadaan ini disebut juga dengan pengiriman overload.

Karena mengalami overload, pihak ekspedisi tidak mampu mengirimkan paket sesuai dengan jadwal kepada penerima. Biasanya peristiwa ini bisa terjadi di hari-hari besar ketika ada promo atau diskon untuk menyambut tanggal kembar, hari raya, atau yang lainnya.

 

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

  • Paket Ditolak oleh Penerima

Hal selanjutnya yang dapat membuat pengiriman paket tidak berhasil dilakukan adalah ketika paket tersebut ditolak oleh penerima. Kejadian ini cukup sering terjadi lho, jadi kamu perlu tahu juga cara untuk mengatasinya.

Memang, terdapat banyak kemungkinan yang menyebabkan penerima menolak paket yang dikirimkan. Misalnya, ketika penerima tidak merasa membeli atau memesan barang tersebut. Hal ini mampu terjadi karena oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan kamu perlu membantu proses penanggulangannya.

Baca Juga 
Panduan SEO Lengkap, Jadi Raja di Google dalam Waktu Singkat!

DI samping itu, kejadian ini juga sering dialami ketika sistem pembayaran yang dipilih oleh pembeli adalah COD atau cash-on-delivery. SIstem COD adalah di mana pelanggan baru membayar paket melalui pengiriman tangan langsung dari kurir kepada pelanggan. Biasanya, ketika pelanggan menjumpai kecacatan atau kerusakan pada produk yang Ia beli, mereka akan menolak paket tersebut sehingga membuat proses pengiriman tersebut gagal dilakukan.

  • Paket Hilang

Percobaan pengiriman paket gagal juga bisa terjadi karena paket tersebut hilang selama proses pengiriman ke alamat pelanggan. Banyak hal yang dapat menyebabkan paket hilang, misalnya kurir tidak sengaja menjatuhkan barang selama perjalanan, hilang pada saat sortir barang pada saat transit paket, ataupun yang lainnya.

Kalau kamu menjumpai peristiwa seperti ini, tentu saja kamu bisa melakukan klaim ganti rugi atas kehilangan paket tersebut. Jadi, kamu tidak usah panik dahulu! Pastikan kamu mengikuti prosedur klaim ganti rugi pada masing-masing ekspedisi yang digunakan ya. Selain itu, berikan pemahaman kepada pelanggan kalau barang yang Ia beli hilang dan akan digantikan dengan pengiriman paket yang baru.

Baca Juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

Itu dia penjelasan singkat mengenai percobaan pengiriman paket gagal dan penyebabnya! Kejadian ini wajar terjadi kok. Tapi, selama kamu tahu cara menangani dan menyampaikannya kepada pelanggan, masalah ini dapat diatasi secara efektif.

Nah, kalau kamu ingin masalah pengiriman barang kepada pelanggan jadi makin mudah dan praktis, gunakan saja aplikasi SmartSeller! Lewat fitur shipping management, kamu bisa atur pengiriman barang dari penjualan lewat satu dashboard aja! Penasaran? Yuk, download SmartSeller sekarang!