Pengiriman kargo adalah salah satu jenis layanan ekspedisi barang yang dikhususkan untuk mengirim paket dalam kuantitas yang banyak atau barang dengan berat yang besar. Biasanya, kisaran minimal berat barang yang layak dimuat oleh pengiriman kargo adalah lebih dari 10 kg per barangnya.

Oleh karena itu, moda transportasi darat yang biasa digunakan dalam pengiriman kargo adalah truk, seperti truk trailer, wingbox, fuso, atau truk bermuatan besar lain.

Apakah bisnismu punya barang dengan berat minimal tersebut? Selain ketentuan berat minimal per barang, tentu ada beberapa hal lain yang menjadi tanda bahwa pengiriman kargo adalah jasa pengiriman barang yang cocok untuk kamu pilih. Apa saja kira-kira?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Pengiriman Kargo adalah

Beberapa Tanda Bahwa Kamu Perlu Gunakan Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo adalah jenis pengiriman yang berbeda dengan jasa pengiriman reguler. Meskipun begitu, fungsi yang diemban juga tetap sama, yaitu untuk mengantar barang atau paket. Hanya saja, barang tersebut lebih besar daripada barang yang dapat dikirimkan melalui pengiriman reguler.

Selain itu, jalur pengiriman kargo adalah tidak hanya melalui darat, tapi juga melalui jalur udara dan laut, di mana pesawat terbang dan kapal laut merupakan moda transportasi yang digunakan. Di samping truk, pengiriman kargo darat juga biasanya dikirimkan melalui kereta api lho.

Nah, apa saja hal lain yang dapat kamu pertimbangkan bahwa pengiriman kargo adalah jasa pengiriman yang harus kamu gunakan? Berikut ini poin-poin yang perlu kamu perhatikan. 

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

  • Punya Jenis Muatan/Barang Berukuran Besar

Poin pertama yang bisa jadi pertimbangan untuk menggunakan pengiriman kargo adalah jenis muatan atau barang yang akan kamu kirimkan.

Pada umumnya, beberapa ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman kargo punya ketentuan sendiri mengenai jenis barang yang bisa diangkut. Misalnya, barang dengan ukuran dan dimensi yang besar. 

Baca Juga 
Repeat Order Artinya: Strategi agar Pelanggan Memesan Lagi

Bisnis-bisnis yang menjual produk kendaraan, seperti motor atau, biasanya sering dapat dijumpai menggunakan pengiriman kargo. Kamu mungkin sudah sering mendapati truk yang mengangkut motor atau mobil di jalanan. Itu adalah salah satu contoh dari truk pengiriman kargo.

Jenis muatan lainnya yang dapat diangkut menggunakan pengiriman kargo adalah seperti alat berat, elektronik, furniture, hingga barang-barang yang perlu penanganan khusus. Bisa juga kalau kamu mengirimkan barang dengan jumlah yang banyak dan besar. Masing-masing jenis muatan ini nantinya akan disesuaikan dengan jenis truk yang pas untuk mengantarnya, misalnya truk pick up, wingbox, ataupun yang lainnya.

Pengiriman Kargo adalah

  •  Mencari Pengiriman dengan Biaya Terjangkau dan Proses yang Mudah

Kalau kamu ingin mengirim barang muatan besar ke tujuan yang jauh tapi harga yang terjangkau, pengiriman kargo adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan karena dari segi harga yang dipatok lebih terjangkau, terutama kargo darat. Mengapa demikian?

Biaya operasional pada pengiriman kargo darat biasanya tidak berjumlah sebesar kargo via jalur laut atau udara. Hal ini bisa terjadi karena pada kargo darat tidak terjadi aktivitas bongkar muat yang banyak. Berbeda halnya dengan kargo laut atau udara yang perlu menurunkan dan menaikkan barang pada titik pengiriman.

Bisa dibilang, proses pengiriman kargo darat juga punya proses yang lebih mudah daripada kedua jalur lainnya. Dari segi dokumen, dokumen yang diperlukan adalah invoice atau bukti pengiriman lainnya dan surat jalan resmi. Jika dibandingkan dengan kargo jalur udara atau laut, biasanya diperlukan bill of lading dan surat muatan udara.

Baca Juga: Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu

  • Ingin Menjaga Barang dari Risiko Kehilangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengiriman kargo darat minim adanya kegiatan bongkar muat atau transit. Hal ini tentu dapat meminimalisir risiko hilangnya barangmu selama proses pengiriman tersebut. Barang akan dipindahkan ketika mencapai titik tertentu yang mengharuskan dipindahkannya barang tersebut.

Baca Juga 
15 Peluang Bisnis Kekinian yang Bakal Bertahan Lama

Selain itu, pada umumnya barang yang dikirim menggunakan pengiriman kargo adalah barang-barang yang tidak memerlukan proses pengepakan double dari jasa ekspedisi yang digunakan. Kamu mungkin adalah pihak yang perlu melakukan proses packaging. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk masalah tersebut.

Dibandingkan jalur lainnya, pengiriman kargo darat dapat lebih menghemat biaya dan juga aman.

  • Menginginkan Pengiriman yang Fleksibel

Pengiriman kargo adalah jasa ekspedisi barang yang menawarkan pengiriman door to door atau pintu ke pintu. Maksud dari pengiriman door to door adalah pengiriman kargo dapat ditujukan untuk mengirim ke beberapa titik, misalnya dari gudang ke gudang.

Banyak pebisnis yang melakukan pengiriman jarak pendek untuk muatan besar yang menggunakan pengiriman kargo. Barang yang besar dapat langsung dimuat ke moda transportasi darat besar dan diangkut ke titik tujuan. 

Pengiriman kargo darat dapat menjadi pilihan ketika pengiriman yang dilakukan punya rute dan waktu yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Pada dasarnya, ke mana saja kendaraan darat dapat dituju adalah pertimbangan yang cocok untuk memilih pengiriman kargo darat.

Dengan kata lain, pengiriman kargo adalah pengiriman yang mampu menjangkau banyak daerah.

Pengiriman Kargo adalah

 

  • Membutuhkan Opsi Pengiriman yang Dapat Pick Up Barang

Sekarang ini, banyak penyedia jasa ekspedisi kargo yang menawarkan opsi penjemputan atau pick up barang langsung di lokasi atau gudang penyimpanan yang kamu punya. 

Hal ini tentu akan mempermudah proses pengiriman paket. Kamu tidak perlu untuk mengantarkan barang ke titik pengiriman awal karena ada opsi pick up barang langsung ini. Kamu dapat menyimpan biaya ekstra yang tadinya perlu dikeluarkan untuk menyewa kendaraan besar untuk mengangkut barang ke titik pengiriman.

Baca Juga 
Lakukan 7 Hal Ini Agar Merasa Tenang Ketika Mudik Lebaran

Pengiriman Kargo adalah

Nah, pada intinya, jika kamu punya tanda-tanda di atas, pengiriman kargo adalah jenis pengiriman yang bisa jadi pertimbangan.

Namun demikian, pengiriman kargo juga pasti punya kekurangannya sendiri. Kekurangan dari pengiriman kargo adalah pengiriman yang bisa memakan waktu yang lebih lama. Terdapat faktor yang mampu mempengaruhi jalannya pengiriman, misalnya kondisi cuaca yang buruk.

Faktor eksternal tersebut dapat memperlambat waktu pengiriman barang via kargo. Selain itu, tidak dapat dipungkiri kalau kondisi lalu lintas dan infrastruktur setiap daerah berbeda-beda. Jika truk yang memuat barang tersebut menemui jalan yang rusak, otomatis akan berpengaruh pada waktu pengiriman. 

Hal tersebut dapat berujung ke kekurangan pengiriman kargo lainnya, yaitu risiko barang rusak. Barang yang dimuat di dalam truk, jika tidak supir kargo tidak membawanya dengan hati-hati, dapat terekspos dengan benturan atau gesekan dengan permukaan barang lainnya.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Kirim Barang Pakai Kargo

Pada intinya, pengiriman kargo adalah salah satu opsi yang bisa dipilih untuk mengirimkan paket, terutama untuk paket dalam jumlah banyak dan berdimensi besar. Kamu tetap perlu juga memperhatikan poin-poin risiko yang dapat terjadi ketika menggunakan kargo.

Kalau kamu ingin urusan pengiriman yang lebih mudah, pakai aja layanan SmartSeller Shipping! Ada banyak pilihan kurir dan jenis pengiriman yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, di SmartSeller ada banyak Seller berkualitas jika kamu ingin coba jadi reseller lho! Yuk, download SmartSeller sekarang!