Saat ini, banyak sekali macam-macam jasa pengiriman barang yang tersedia. Rasanya hal tersebut tak mengherankan mengingat saat ini kebutuhan ekspedisi juga semakin meningkat dibanding sebelumnya, terutama dengan semakin ramainya transaksi jual beli online belakangan ini.

Beragamnya macam-macam jasa pengiriman barang juga tidak lepas dari variasi barang yang dikirim serta kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai macam-macam jasa pengiriman barang yang tersedia serta kenapa hal tersebut semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Belanja Online

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang

Jasa ekspedisi rasanya sudah tidak lepas dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Pemandangan kurir ekspedisi yang berlalu-lalang rasanya sudah menjadi pemandangan yang lumrah terlihat. Begitu pula penyedia jasa ekspedisi yang semakin banyak tersedia di berbagai penjuru di Indonesia. 

Hal tersebut tak lepas dari fenomena belanja online yang terus meningkat hingga saat ini. Meskipun sebenarnya belanja online bukan merupakan hal baru, tapi semenjak pandemi transaksi tersebut bisa dibilang terus meningkat hingga saat ini. Tentu tak aneh mengingat bahwa saat pandemi, aktivitas masyarakat terbatas termasuk untuk belanja kebutuhan.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Kirim Barang Pakai Kargo

Apalagi platform belanja online saat ini semakin banyak dibandingkan sebelumnya. Kamu bisa berbelanja melalui media sosial, situs web hingga marketplace. Hal tersebut tidak hanya memudahkan para penjual, tapi juga para pembeli untuk mengakses platform mana yang mereka ingin gunakan untuk belanja online.

Meningkatnya belanja online bisa terlihat dari kurir dan jasa ekspedisi yang terus bermunculan. Mulai dari remaja hingga orang dewasa sebagian besar pasti mempunyai pengalaman belanja online. Apalagi belanja online bisa dibilang menghemat waktu dan tenaga karena seseorang bisa melakukannya di mana saja.

Jasa Ekspedisi

Banyaknya belanja online juga yang membuat semakin banyak jasa ekspedisi yang tersedia. Masyarakat kini dimanjakan dengan banyaknya pilihan jasa ekspedisi yang tersedia dengan fitur dan promo yang berbeda-beda. Persaingan tersebut tentunya baik karena membuat kualitas ekspedisi tersebut akan semakin terjaga karena kompetitif.

Baca Juga 
Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Bisnis Online

Jasa ekspedisi juga sangat berguna di Indonesia mengingat Indonesia adalah negara besar dan terdiri dari banyak. Faktor tersebut membuat pengiriman barang antar daerah semakin penting. Tentu akan membutuhkan waktu yang lama jika harus mengirim barang tersebut tanpa menggunakan jasa ekspedisi.

Pengiriman barang sendiri biasanya meliputi 3 area, yaitu darat, laut dan udara. Mengingat Indonesia adalah negara kepulauan, pengiriman melalui laut dan udara cukup sering dilakukan. Pengiriman barang sendiri bisa dilakukan melalui jasa ekspedisi yang dimiliki negara seperti Pos Indonesia, ataupun milik swasta seperti JNE, J&T, SiCepat dan lain-lain.

Baca Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

Kelebihan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman sendiri tidak hanya berguna bagi para penjual dan pembeli dalam bisnis online, individu yang membutuhkan jasa tersebut juga menjadi tertolong dengan banyaknya jasa pengiriman barang. Berikut adalah beberapa kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan jasa pengiriman barang:

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang

  • Jangkauan Luas

Menggunakan jasa pengiriman barang tentunya sangat berguna bagi konsumen. Mengingat wilayah Indonesia yang luas, melakukan pengiriman barang dengan mengantarnya sangat pribadi bisa dibilang sebuah hal yang mustahil. Apalagi jika wilayah tujuan berbeda pulau dari lokasi pengiriman.

Jasa pengiriman barang yang tersebar di berbagai Indonesia membuat konsumen dapat mengirim barang ke tempat-tempat yang jauh sekalipun. Para pembeli barang online pun tidak perlu khawatir untuk membeli barang secara online. Hal itu dikarenakan distribusi yang dimiliki oleh jasa pengiriman, apalagi yang terkenal, biasanya sudah bisa mencakup wilayah terpencil sekalipun.

  • Lebih Cepat

Dengan menggunakan macam-macam jasa pengiriman barang yang disediakan ekspedisi, tentunya pengiriman tersebut akan lebih cepat dibandingkan dengan mengirimkan barang tersebut sendiri yang akan lebih memakan waktu. Jasa pengiriman barang sendiri merupakan layanan profesional sehingga pengiriman barang pun tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Baca Juga 
10 Cara Jualan di Marketplace Online, Dijamin Dilirik Pelanggan!

Apalagi biasanya rantai distribusi jasa pengiriman barang tersebut sudah tersebar di berbagai kota dengan menyediakan armada yang cukup sehingga jika tidak ada masalah berarti, paket akan sesegera mungkin sampai tujuan. Para pembeli belanja online tentu juga akan senang jika produk yang ia pesan segera sampai tujuan.

  • Dapat Dilacak

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang

Bagi kamu yang gemar belanja online pasti sudah nggak asing sama kelebihan yang satu ini. Pengirim barang dapat melacak di mana paket tersebut berada hanya berbekal kertas resi yang diberikan saat pengiriman. Dengan memasukkan kertas resi tersebut, kamu bisa melacak di mana paket tersebut berada.

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang

Dengan banyaknya jasa ekspedisi, macam-macam jasa pengiriman barang yang ada juga semakin bervariasi. Apalagi saat ini berbagai macam barang bisa dibeli secara online sehingga pengiriman yang ada pun beraneka ragam. Berikut adalah macam-macam jasa pengiriman barang yang tersedia

  • Reguler

Yang pertama dari macam-macam jasa pengiriman barang adalah layanan reguler. Seperti namanya, layanan reguler sendiri merupakan layanan standar yang diberikan oleh sebuah jasa ekspedisi ketika konsumen melakukan pengiriman. Ketika pengirim tidak memilih layanan khusus, pihak ekspedisi akan memberikan layanan reguler.

  • Ekspres

Macam-macam jasa pengiriman barang yang kedua adalah layanan ekspres. Layanan yang satu ini biasanya digunakan ketika penerima barang tersebut membutuhkan barang tersebut dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, barang tersebut dikirimkan oleh pengirim menggunakan layanan ekspres. Biayanya lebih mahal daripada layanan reguler.

Hal tersebut dikarenakan barang tersebut biasanya akan memakan waktu yang jauh lebih sedikit daripada yang reguler. Biasanya barang yang digunakan adalah barang yang akan dipakai secara cepat, atau makanan yang dapat memasuki masa kadaluarsa atau mempunyai keadaan yang buruk jika terlalu lama di jalan.

Baca Juga 
Penentuan Harga Jual Produk atau Layanan, Ini Caranya

Baca Juga: Rekomendasi Ekspedisi Pengiriman Untuk Online Shop Anda

  • Ojek Online

Saat ini, pengiriman dengan ojek online termasuk menjadi macam-macam jasa pengiriman barang. Ini kerap terjadi karena ojek online sendiri ramai digunakan masyarakat dan pengiriman barang via ojek online tentu cukup praktis. Apalagi Jakarta merupakan kota yang cukup ramai dan sering dilanda kemacetan. Namun, layanan ini biasanya hanya berlaku untuk lingkup daerah tertentu.

Macam-macam Jasa Pengiriman Barang

  • Kargo Khusus

Kargo khusus juga menjadi bagian dari macam-macam jasa pengiriman barang. Pengiriman kargo sendiri sebenarnya juga lumrah digunakan untuk mengirimkan barang. Sedangkan pada kargo khusus, bisa dibilang barang-barang yang dikirimkan membutuhkan pelayanan dan perlakuan khusus dibandingkan barang-barang yang biasa dikirim.

Karena terdapat barang-barang yang tidak bisa dikirimkan melalui pengiriman barang biasa. Biasanya hal tersebut dikarenakan volumenya, ukurannya, dan juga membutuhkan perlakuan khusus. Seperti contoh motor atau binatang peliharaan yang biasanya dikirim menggunakan kargo khusus sehingga berada dalam kondisi dan kendaraan yang mumpuni untuk mengangkut kargo tersebut.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai ekspedisi serta macam-macam jasa pengiriman barang yang biasanya digunakan oleh para penjual online. Jika kamu penjual online, kamu juga bisa menggunakan SmartSeller untuk membantu kamu dalam berjualan. Apalagi SmartSeller menyediakan SmartSeller Storefront serta Shipping Management yang terhubung dengan pengiriman. Langsung saja kunjungi SmartSeller untuk informasi lebih lanjut!