Belanja online merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Bagaimana tidak? Berbagai kemudahan dengan harga yang terjangkau banyak ditawarkan. Salah satu marketplace yang menjadi “idola” masyarakat Indonesia saat ini yaitu Shopee. Selain tahu cara checkout barang, kamu juga harus paham bagaimana cara melacak paket Shopee pesanan kamu.

Terlihat sepele, namun mengetahui cara melacak paket Shopee yang sudah kamu checkout merupakan hal yang sangat penting. Mengapa demikian? Salah satu hal yang membuat penting yaitu agar kamu tahu sampai mana barang pesanan kamu saat ini. Dengan mengetahui cara melacak paket Shopee, kamu bisa mengantisipasi beberapa kemungkinan yang terjadi saat proses pengiriman barang.

Lalu, bagaimana cara melacak paket Shopee? Nah, kamu berada di laman yang tepat! Yuk, scroll sampai habis agar kamu paham bagaimana cara melacak paket Shopee pesanan kamu agar barang bisa sampai dengan aman di tempat tujuan!

Cara Melacak Paket Shopee

Sekilas Tentang Resi Shopee

Resi berisi nomor atau kode, di mana nomor atau kode tersebut berisikan informasi tentang update terbaru mengenai lokasi terkini paket yang telah kamu beli atau kirim berada. Jadi, sangat penting untuk mengetahui cara melacak paket, terutama cara melacak paket Shopee pesanan kamu.

Nomor resi Shopee adalah nomor resi yang dikeluarkan oleh Shopee setelah kamu melakukan checkout barang. Seperti pada umumnya, nomor resi tersebut berisi informasi tentang pengirim, nama, alamat, serta nomor telepon.

Tonton juga : #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis

Mengetahui cara melacak paket Shopee merupakan salah satu usaha yang dapat kamu lakukan agar tahu sampai mana barangmu saat ini. Dengan mengetahui cara melacak paket Shopee, nantinya kamu juga akan bisa mengajukan komplain kepada jasa ekspedisi jika barang yang kamu beli belum sampai di rumah. Paham tentang cara melacak paket Shopee juga merupakan salah satu ilmu tentang kemajuan teknologi yang harus kamu mengerti, sehingga tidak gaptek dengan teknologi.

Baca Juga 
Alasan Niche Market adalah Salah Satu Solusi Pada Bisnis

Hal lain yang perlu kamu ketahui tentang resi Shopee, Shopee bekerja sama dengan berbagai jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Jadi, jika kamu membeli barang di Shopee, yang akan mengirimkan barang bukan hanya Shopee Express saja. Namun, terdapat jasa ekspedisi yang lain, seperti SiCepat, JNE, J&T, dan AnterAja.

Cara Melacak Paket Shopee

Begini Cara Melacak Paket Shopee

Setelah mengetahui sekilas tentang resi Shopee, kini saatnya kamu tahu bagaimana cara melacak paket Shopee pesanan kamu. Terdapat beberapa cara melacak paket Shopee yang dapat kamu pilih. Berikut penjelasannya.

1. Lewat Aplikasi Shopee

Cara melacak paket Shopee yang pertama yaitu kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Shopee itu sendiri. Jadi, setelah kamu checkout barang di Shopee, kamu bisa menuju ke menu saya, lalu cek berkala pada menu dikemas dan dikirim. 

Pada menu dikemas, biasanya akan terdapat notifikasi yang menyatakan bahwa barang yang kamu beli sudah dijadwalkan pengirimannya. Jika barang sudah diambil oleh kurir, status akan berubah pada menu dikirim. Nah, di menu dikirim inilah kamu bisa melihat nomor resi yang diberikan oleh penjual. 

Jika kamu ingin melacak paket Shopee yang kamu pesan sudah sampai mana melalui aplikasi Shopee, kamu hanya perlu pergi ke menu dikirim, lalu tekan tulisan hijau di bawah tulisan total pesanan barang yang kamu checkout. Setelah itu, akan muncul detail riwayat pengiriman sudah sampai mana.

Baca juga : Rekomendasi Contoh Usaha Jasa Pembuatan Website Toko Online

2. Lewat Website

Cara melacak paket Shopee selanjutnya yaitu bisa melalui website. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Shopee bekerjasama dengan beberapa jasa ekspedisi ternama di Indonesia. Jadi, cara melacak paket Shopee bisa ke website jasa ekspedisi masing-masing.

Baca Juga 
Peluang, Tantangan, dan Ide Bisnis Kecil di Tahun 2023

Misalnya, paket yang telah kamu checkout dikirimkan dengan jasa ekspedisi JNE, maka cara melacak paketnya yaitu kamu bisa buka www.jne.co.id lalu klik di bagian lacak kiriman dan masukkan nomor resi yang telah diberikan, lalu klik tracking. Setelah itu, akan muncul riwayat lokasi paket.

Contoh lainnya, jika paket yang telah kamu checkout dikirimkan dengan jasa ekspedisi AnterAja, maka kamu bisa buka https://anteraja.id/id/ dan klik opsi lacak pengiriman. Setelah itu, masukkan nomor resi yang telah diberikan dan klik tulisan lacak. Nah, riwayat lokasi terkini paketmu nantinya akan muncul.

Baca juga : 5 Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui CS

Cara Melacak Paket Shopee

3. Lewat Customer Service

Cara melacak paket Shopee selanjutnya yaitu bisa melalui customer service dari jasa ekspedisi yang digunakan untuk mengantar barang. Melacak paket Shopee lewat customer service ini akan lebih memungkinkan kamu untuk bertanya lebih luwes tentang kepastian lokasi dari paket yang telah kamu checkout di Shopee. Jadi, kamu bisa bertanya langsung dengan customer service yang bertugas.

Misalnya, jika ekspedisi pengiriman paketmu menggunakan Shopee Express, maka kamu bisa membuka aplikasi Shopee, lalu masuk ke opsi saya. Setelah itu, pilih opsi chat dengan Shopee yang terletak di bawah. Kamu akan otomatis diarahkan ke live chat untuk berinteraksi dengan agen Shopee untuk pengecekan resi. 

Cara Melacak Paket Shopee

4. Lewat Social Media

Cara melacak paket Shopee yang terakhir yaitu kamu bisa melacaknya melalui social media resmi dari jasa ekspedisi yang mengirimkan barang yang telah kamu checkout. Biasanya, social media dari ekspedisi pengiriman ini bisa bermacam-macam, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Kamu bisa mencoba untuk chat ke salah satu social media yang mereka miliki.

Baca Juga 
Mengenal Pentingnya Pembukuan Usaha dan Cara Membuatnya

Contohnya, jika jasa ekspedisi yang mengirimkan paketmu adalah Shopee Express, maka kamu bisa menghubungi Shopee Express melalui Twitter mereka, yaitu @ShopeeCare atau @ShopeeID. Nantinya, agen yang sedang bertugas pasti akan segera menjawab. Hal yang perlu diingat jika ingin melacak paket lewat social media, pastikan kamu mencari social media yang resmi dari jasa ekspedisi yang bersangkutan.

Nah, itu tadi beberapa cara melacak paket Shopee yang dapat kamu terapkan setelah melakukan checkout barang di Shopee. Pastikan kamu mengetahui cara melacak paket dengan benar agar bisa memonitor paket yang telah kamu pesan di marketplace atau online shop lainnya. 

Ketika kamu membuka online shop, baik di marketplace ataupun social media, kamu harus bisa mengelolanya dengan baik agar bisnismu bisa cepat berkembang kedepannya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar pengelolaan bisnis bisa lebih baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur shipping management yang dapat memudahkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk memilih layanan ekspedisi terfavorit. Selain itu, paketmu juga dapat dijemput ke rumah, lho! Untuk kamu yang ingin mencoba usaha lain, SmartSeller adalah pilihan yang tepat! Mengapa? Karena terdapat banyak seller berkualitas di SmartSeller yang bisa kamu jadikan opsi jika suatu saat ingin menjadi reseller. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!