Sekarang ini, marketing insight menjadi bagian penting yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis. Mengapa begitu? Tentu saja karena insight akan membantu sebuah bisnis untuk menjadi berkembang. Adanya insight membuat banyak hal yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis sehingga bisnisnya dapat berkembang.

Oleh karena itu, marketing insight selalu dibutuhkan oleh sebuah bisnis. Namun, bagaimana cara mendapatkan insight tersebut? Artikel ini akan membahas bagaimana caranya mendapatkan hal tersebut dan manfaat apa yang didapatkan oleh sebuah bisnis dengan mempunyai insight.

 

Bisnis dan Pemasaran

Marketing Insight

Setiap bisnis harus memasarkan bisnis dan produknya sehingga kegiatan pemasaran tidak bisa dilepaskan dari bisnis. Tanpa adanya kegiatan pemasaran, jangkauan yang bisa diraih sebuah bisnis agar dikenal oleh pelanggan menjadi semakin sempit. Lihat saja bagaimana banyak sekali bisnis besar yang mempunyai divisi pemasaran tersendiri.

Pemasaran yang dilakukan juga tidak bisa sembarangan. Pemasaran yang dilakukan haruslah melalui riset baik sederhana maupun ekstensif agar dapat berguna dengan efektif. Jadi jangan heran apabila mempelajari pemasaran tidak mudah dan terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kamu juga harus mempunyai pengalaman agar dapat belajar.

Saat ini dunia bisnis juga semakin lekat dengan digital. Hal itu tentunya memberikan warna baru bagi pemasaran. Tren digital marketing pun kemudian meningkat berkat kemajuan digital yang semakin pesat. Belakangan, sudah semakin banyak bisnis yang memanfaatkan teknologi. Baik dari sisi teknis maupun dari sisi pemasaran.

Agar pemasaran bisa tersampaikan pada orang yang dituju dengan efektif, sebuah bisnis memerlukan marketing insight. Insight-insight tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk menggunakan teknik dan strategi pemasaran yang sesuai sehingga bisa berjalan dengan efektif.

 

Marketing Insight

Marketing Insight

Seperti yang disebutkan sebelumnya, marketing insight bisa dibilang cukup penting bagi sebuah bisnis. Adanya insight pemasaran dapat membantu banyak hal dalam berbisnis. Marketing insight sendiri jika diterjemahkan secara literal berarti wawasan pemasaran. Wawasan pemasaran tersebut tentu dibutuhkan untuk berbagai kegiatan pemasaran yang akan kamu lakukan.

Baca Juga 
Ini Perbedaan Kargo dan Reguler yang Perlu Kamu Tahu!

Wawasan pemasaran sendiri juga didapatkan dari berbagai hal. Apalagi saat ini, tren semakin banyak tercipta dan amat mudah berganti. Wawasan tersebut bisa didapatkan dari mempelajari tren tersebut dan memanfaatkannya ke dalam bisnismu. Misalnya menggunakannya sebagai bagian dari promosi sehingga para calon pelanggan menjadi tertarik pada produk yang kamu jual.

Selain itu, marketing insight bisa dibilang mempelajari segala sesuatu mengenai pelanggan saat ini. Semakin banyaknya segmen saat ini dengan segala keragamannya membuat sebuah bisnis harus bisa mengerti apa yang diinginkan para pelanggan. Hal itu nantinya bisa digunakan oleh pelaku bisnis dan mengimplementasikannya dalam berbagai hal, salah satunya dalam pengembangan produk.

 

Cara Memperoleh Marketing Insight 

Marketing Insight

Layaknya berbagai wawasan lainnya, wawasan pemasaran tidak hanya kamu dapatkan dari sebuah sumber saja. Terdapat berbagai sumber pemasaran, apalagi saat ini media pemasaran semakin banyak adanya. Berikut ini adalah beberapa cara memperoleh wawasan pemasaran yang bisa kamu gunakan untuk membantu bisnismu

  • Mempelajari Media Sosial

Tidak mungkin rasanya jika membahas pemasaran saat ini dan tidak membahas mengenai media sosial. Media sosial adalah platform yang paling sering digunakan manusia saat ini, termasuk juga para pelaku bisnis. Kamu bisa melihat betapa banyaknya brand yang mempunyai media sosial atau bahkan brand yang berjualan di media sosial. Hal ini tentunya akan dapat memberi wawasan untuk marketing insight.

Belum lagi tren saat ini bisa terlihat di media sosial. Media sosial yang sebenarnya hanya jadi jadi ajang interaksi, kini bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk berjualan. Media sosial juga gratis digunakan sehingga tidak memakan biaya dan menguntungkan untuk bisnis kecil dan menengah yang mempunyai anggaran terbatas untuk pemasaran.

Baca Juga 
Bagaimana Cara Berjualan Online agar Cepat Laku Dibeli?

Baca Juga: Konsep Strategi Pemasaran: Pengertian dan Cara Membuat

 

  • Mempelajari Pelanggan

Biasanya kamu mempunyai pelanggan pada setiap bisnis tertentu. Kamu bisa mempelajari mereka untuk mengetahui marketing insight. Insight yang kamu dapatkan dari tiap segmen pasar tentu saja berbeda. Namun, penting untuk mengetahui perilaku pelanggan yang paling sering berbelanja pada bisnis milikmu. Dengan begitu, kamu bisa melihat strategi seperti apa yang cukup efektif digunakan.

Kamu bisa melakukan riset untuk mengetahui perilaku pelanggan tersebut. Kamu juga bisa mengambil sampel demografi pelanggan yang berbelanja, kemudian melakukan riset seperti di internet untuk melihat apa yang saat ini digemari oleh demografi pasar tersebut. Sebagai contoh, tren yang saat ini diikuti oleh usia tertentu.

 

Manfaat Marketing Insight

Marketing Insight

Setelah mengetahui cara mendapatkan marketing insight, apa yang harus kamu lakukan selanjutnya? Banyak jawabannya. Hal itu dikarenakan marketing insight mempunyai beberapa marketing insight. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari marketing insight yang kamu bisa gunakan dalam bisnis

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

  • Strategi Pemasaran

Marketing insight amat berguna bagi para pebisnis untuk dijadikan acuan dalam strategi pemasaran yang akan digunakan. Hal tersebut wajar mengingat marketing insight didapat dari mempelajari tren yang kerap digunakan. Hal itu dapat memberi gambaran pada sebuah bisnis tren seperti apa yang disukai pelanggan. Dengan begitu, pelaku bisnis dapat menggunakan strategi pemasaran yang dapat berjalan dengan efektif.

  • Meningkatkan Pelayanan

Pelayanan merupakan komponen penting dari sebuah bisnis. Hal tersebut juga dapat kamu tingkatkan dari adanya marketing insight. Insight tersebut dapat memberi gambaran layanan seperti apa yang kini diminati dan tidak. Seperti contoh, saat ini banyak bisnis yang interaktif di media sosial dalam menjawab pertanyaan pelanggan. Hal tersebut bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan pelayanan.

  • Menentukan Harga

Ternyata, marketing insight juga dapat membantu sebuah bisnis untuk menentukan harga! Hal tersebut dikarenakan dengan mempunyai dan mempelajari insight lebih lanjut, sebuah bisnis dapat melihat jangkauan harga yang umumnya diinginkan pelanggan. Kamu juga dapat melihat dari pesaing langsung harga yang cocok untuk produkmu. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan harga yang sesuai.

Baca Juga 
Mudah, Ini Dia Cara Rekap Laporan Penjualan Shopee Pemula!

Baca Juga: 5 Aspek Pemasaran yang Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

  • Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Marketing insight juga dapat meningkatkan hubungan kamu dengan pelanggan. Bagaimana tidak, riset yang kamu lakukan pasti menggunakan pelanggan. Apalagi pelanggan tersebut biasanya adalah pelanggan yang sesuai dengan target pasar kamu. Oleh karena itu, hubungan antara kamu dengan pelanggan akan meningkat dengan baik sehingga dapat berpengaruh baik untuk bisnismu.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai pengertian marketing insight serta cara mendapatkan dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Wawasan pemasaran tersebut berdampak baik untuk bisnis sehingga kamu perlu mengetahui dan mempelajari wawasan tersebut. Kamu bisa memulai dari langkah-langkah kecil seperti mempelajari media sosial.

Langkah-langkah kecil juga bisa kamu gunakan saat berjualan online. Mulai dari menggunakan SmartSeller untuk membantumu dalam berbisnis. Fitur seperti manajemen pemesanan dan gudang akan meringkankan pekerjaan kamu. Selain itu, produk baru yakni RichBuyer juga dapat membantumu untuk mengelola database pelanggan yang kamu butuhkan beserta analisanya.. Selain itu, seller berkualitas yang ada di SmartSeller bisa kamu manfaatkan agar kamu jadi reseller. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja kunjungi RichBuyer!