Jika mendengar kata sales, pasti yang langsung ada dalam bayanganmu yaitu orang yang pekerjaannya adalah menawarkan produk. Padahal, ada beberapa pekerjaan yang masih berada dalam divisi sales namun tidak ikut andil dalam menawarkan produk ke pelanggan. Nah, admin sales adalah salah satunya. 

Singkatnya, admin sales adalah pekerjaan yang membantu sales dalam pengurusan administrasi penjualan. Jadi, admin sales dan sales memiliki tugas yang berbeda. Sales biasanya akan terjun langsung untuk menemui calon pelanggan potensial. Sedangkan admin sales adalah orang yang membantu sales di belakang layar. 

Apakah kamu berminat menjadi admin sales tapi belum tahu banyak informasi mengenai ini? Kalau begitu, kamu ada di artikel yang tepat! Di artikel ini, akan membahas tentang admin sales adalah pekerjaan yang seperti apa, tanggung jawab, serta skill apa saja yang dibutuhkan. Yuk, baca artikel ini sampai bawah, ya!

Admin Sales adalah

Pengertian Admin Sales adalah

Sebelum kamu mengetahui tentang admin sales adalah pekerjaan yang seperti apa, kamu harus tahu terlebih dahulu tentang sales. Sales atau penjualan merupakan suatu kegiatan atau pekerjaan, di mana aktivitas penjualan produk dilakukan. Bisa dibilang, sales merupakan garda terdepan dari sebuah bisnis karena sales adalah orang yang terjun langsung untuk menemui pelanggan.

Nah, beda halnya dengan sales, admin sales adalah salah satu divisi dalam sales yang merupakan back office dari sales itu sendiri. Admin sales bertugas untuk mengatur seluruh administrasi penjualan yang dilakukan oleh sales. Maka dari itu, sales tidak dapat bekerja secara mandiri karena banyak hal yang harus diurus. 

Baca juga : Cara Mengumpulkan Database Pelanggan dan Apa Manfaatnya

Meskipun admin sales adalah back office dari sales, namun admin sales juga ikut berpartisipasi dan bertanggung jawab atas proses penjualan dalam sebuah bisnis. Jadi, admin sales terkadang turut terjung langsung di lapangan dengan tujuan agar target yang diberikan bisa tercapai. Admin sales juga turut memegang data calon pelanggan potensial, sehingga ketika sales terjun langsung ke lapangan tidak random untuk mencari pelanggan. 

Baca Juga 
Mengenal Macam-Macam Bukti Transaksi di Dalam Bisnis

Tanggung Jawab dari Admin Sales

Apakah kamu sudah paham tentang admin sales adalah pekerjaan yang seperti apa? Jika sudah, sekarang kamu harus tahu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang admin sales. Berikut penjelasannya.

1. Membantu Penjualan dalam Bisnis

Tanggung jawab pertama yang harus dilakukan oleh seorang admin sales adalah turut membantu dalam penjualan. Jadi, admin sales buka semerta-merta hanya back office dari sales saja. Admin sales juga turun langsung untuk membantu sales, tetapi tugasnya tidak ‘seberat’ sales. 

Sales adalah pekerjaan yang membutuhkan target, begitupun juga dengan admin sales. Terdapat target penjualan yang harus dicapai oleh seorang admin sales. Jadi, seorang admin sales harus mampu untuk menjaga harga jual yang telah ditentukan oleh sebuah bisnis meskipun dalam realitanya pasti akan terdapat tawar menawar dari pihak calon pelanggan. 

Admin Sales adalah

2. Mengurusi Pelanggan

Tanggung jawab kedua yang harus dilakukan oleh seorang admin sales adalah mengurusi hal yang berkaitan dengan pelanggan. Jadi, admin sales bertanggung jawab atas pertanyaan dan menjawab permintaan dari pelanggan melalui media apapun, baik dari panggilan atau bertemu secara langsung. 

Selain itu, admin sales bertanggung jawab untuk memperbarui status terkini pelanggan, seperti apakah mereka jadi membeli produk, pembayaran mau dilakukan lewat apa, mau pesan berapa produk, dan lain sebagainya. Tanggung jawab atau tugas dari admin sales ini secara tidak langsung dapat menimbulkan hubungan baik kepada pelanggan, sehingga dapat menciptakan customer experience yang baik.

3. Membuat Report

Report atau laporan merupakan hal yang harus dikerjakan oleh setiap para pekerja, terutama admin sales. Jadi, tanggung jawab selanjutnya dari admin sales adalah membuat laporan dari hasil penjualan yang sudah memenuhi target. Tujuan dari laporan yang dibuat oleh admin sales adalah sebagai arsip yang nantinya akan dibutuhkan oleh divisi lain dalam sebuah bisnis untuk memantau hasil penjualan yang telah dicapai. 

Baca Juga 
Memulai Usaha Waralaba: Peluang Bisnis dengan Banyak Pilihan

Secara umum, laporan yang dibuat oleh admin sales adalah laporan yang berkelanjutan, seperti laporan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan begitu, grafik penjualan nantinya akan terlihat. 

4. Mengurus Kebutuhan Tim

Tanggung jawab selanjutnya dari seorang admin sales adalah mengurus kebutuhan yang sekiranya diperlukan oleh tim sales. Jadi, kebutuhan yang diperlukan oleh sales sebelum kerja lapangan harus sudah dipersiapkan dengan baik oleh admin sales. 

Admin sales juga bertanggung jawab untuk mengatur jadwal temu sales dengan calon pelanggan potensial atau pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa sebelumnya. Sehingga, admin sales harus menyiapkan bahan yang nantinya akan diomongkan langsung kepada pelanggan terkait produk yang hendak ditawarkan.

5. Administrasi Penjualan

Sudah terlihat dari namanya, berarti admin sales adalah orang yang bertanggung jawab atas administrasi sales. Tugas administrasi penjualan dari seorang admin sales meliputi pembuatan invoice, penagihan atas pembayaran pelanggan, double check input pesanan pelanggan, dan melakukan arsip atas data pelanggan dan catatan dari penjualan. 

Baca juga : Ketahui Beberapa Contoh Strategi Pemasaran yang Efektif

Selain itu, admin sales juga harus memastikan seluruh pesanan pelanggan sudah berjalan dengan baik, seperti dari hal kesiapan sampai proses pengirimannya. Jadi, admin sales juga harus melakukan kerjasama dengan bagian logistik untuk mengetahui update terbaru tentang pengiriman. Admin sales juga harus melaporkan setiap permasalahan yang terjadi sebagai bahan untuk evaluasi.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Admin Sales?

Menjadi seorang admin sales bukan berarti dapat dilakukan tanpa mengantongi beberapa skill. Berikut ini beberapa skill yang dibutuhkan.

Admin Sales adalah

1. Multitasking

Seorang admin sales harus bisa bekerja secara multitasking. Skill ini sangat diperlukan, mengingat pekerjaan dari admin sales tidak hanya satu job description saja. Jika tidak memiliki kemampuan untuk multitasking, kamu pasti akan kewalahan dalam menjalaninya karena admin sales dituntut untuk bekerja dengan cepat.

Baca Juga 
Quality Control Artinya adalah: Penjelasan dan Tugasnya

Admin Sales adalah

2. Paham Akan Teknologi

Seorang admin sales juga dituntut untuk up to date dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini harus dimiliki sebagai antisipasi untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan. Selain itu, admin sales juga bekerja dengan menggunakan beberapa media untuk keperluan administrasi dasar, seperti spreadsheet. Jadi, seorang admin sales harus paham dengan penggunaan teknologi.

Tonton juga : #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola

3. Mampu Beradaptasi

Karena admin sales adalah pekerjaan di mana nantinya akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki berbagai karakter, maka seorang admin sales harus mampu untuk beradaptasi dengan cepat dalam kondisi apapun. Selain itu, seorang admin sales juga harus mampu untuk beradaptasi dengan ritme kerja yang cepat.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai admin sales adalah pekerjaan yang seperti apa, tanggung jawabnya, serta beberapa skill yang dibutuhkan. Untuk kamu yang sangat menyukai pekerjaan administrasi sekaligus suka untuk bertemu dengan orang banyak, maka admin sales adalah pekerjaan yang wajib untuk dicoba.

Untuk kamu yang menjalankan bisnis milik sendiri, pasti kamu akan menjadi admin sales dalam skala kecil untuk bisnismu sendiri. Selain itu, dibutuhkan juga pengelolaan bisnis yang baik agar nantinya bisnis bisa berjalan dengan lancar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan SmartSeller!

Di SmartSeller, terdapat fitur marketplace integration, di mana fitur ini akan sangat membantu untuk mengatur produk secara terpusat jika kamu memiliki lebih dari satu marketplace untuk berjualan. Jadi, kamu tidak perlu bolak-balik pindah marketplace untuk mengatur stok produk, sehingga pengelolaan jadi lebih efisien.

Untuk kamu yang ingin mencoba bisnis lain dengan menjadi reseller, SmartSeller merupakan platform yang tepat untuk kamu gunakan, lho! Mengapa? Karena SmartSeller menyediakan reseller terpercaya dan berkualitas. Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!