Sebelum menjalankan sebuah bisnis, kamu harus menentukan business plan terlebih dahulu agar bisnis dapat berjalan lancar. Salah satu business plan yang harus dipertimbangkan matang-matang yaitu penentuan strategi pemasaran. Strategi pemasaran diterapkan dengan tujuan agar produk yang hendak dijual bisa dikenal oleh masyarakat secara luas dengan tepat. Maka dari itu, banyak contoh strategi pemasaran yang dapat kamu gunakan.

Pemasaran merupakan salah satu hal utama yang harus dilakukan jika ingin bisnismu berkembang. Jika produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik dengan harga yang murah tapi tidak dibarengi dengan pemasaran, maka hasilnya pun akan zonk. Dengan beberapa contoh strategi pemasaran yang tepat, nantinya produk akan bisa laris dibeli oleh pelanggan. 

Jadi, kamu harus jeli dalam menerapkan strategi pemasaran demi mencapai hasil yang maksimal. Lalu, bagaimana contoh strategi pemasaran yang dapat dilakukan? Kamu ada di artikel yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah untuk mengetahui beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat kamu terapkan dalam bisnis!

Contoh Strategi Pemasaran

Sekilas Tentang Strategi Pemasaran

Sebelum membahas beberapa contoh strategi pemasaran, akan lebih baik jika kamu paham terlebih dahulu tentang apa itu strategi pemasaran. Strategi pemasaran merupakan effort yang dilakukan dalam sebuah bisnis untuk memperkenalkan produk atau jasa kepada pelanggan potensial. Strategi pemasaran sendiri secara tidak langsung akan mengubah pelanggan, yang awalnya hanya berstatus calon pelanggan menjadi pelanggan tetap. 

Baca juga: Agar Dagangan Laris Banyak Pembeli, Begini Tipsnya!

Menentukan strategi pemasaran yang ingin diterapkan dalam bisnis harus diperhitungkan dengan benar demi mencapai hasil yang diinginkan. Maka dari itu, terdapat beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat kamu pelajari.

Terdapat tiga hal yang menjadi penentu harga jual barang dan jasa dalam sebuah bisnis. Tiga hal tersebut meliputi produksi, konsumsi, dan pemasaran. Dari sini, pemasaran dapat dikatakan sebagai jembatan antara penjual dan pelanggan.

Baca Juga 
Jualan Online di Instagram vs Website, pilih yang mana?

Contoh Strategi Pemasaran

Inilah Contoh Strategi Pemasaran untuk Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sudah banyak contoh strategi pemasaran yang dapat membantu untuk memperkenalkan produk atau jasa ke pelanggan yang dirasa potensial yang harus kamu tahu. Berikut penjelasannya.

  • Pemasaran Penawaran

Contoh strategi pemasaran yang pertama yaitu pemasaran penawaran. Pemasaran penawaran ini juga dikenal dengan sebutan pemasaran transaksional. Dalam menjual produk, setiap pelaku bisnis pasti memiliki target agar produk yang ditawarkan bisa cepat habis dibeli. Nah, hal ini merupakan salah satu tantangan yang tidak mudah.

Namun, dengan bantuan pemasaran transaksional, kamu bisa mencapai target tersebut! Bagaimana caranya? Yaitu dengan memberikan promo dalam setiap pembeliannya. Promo tersebut bisa berupa potongan harga, kupon belanja, pemberian hadiah, dan lain sebagainya. Salah satu contoh strategi pemasaran jenis ini dinilai efektif untuk menarik pelanggan.

  • Ads Berbayar

Contoh strategi pemasaran yang kedua yaitu dengan menggunakan ads atau iklan berbayar. Menggunakan ads berbayar ini bisa dengan beberapa cara, yaitu banner, pay per click, dan pay per impression. Banner merupakan ads berbayar yang manual. Maksudnya, kamu bisa menggunakan jasa papan iklan untuk mempromosikan bisnis agar dilihat oleh banyak orang yang sedang lewat di jalan. 

Sedangkan pay per click dan pay per impression adalah ads berbayar yang biasa digunakan dalam internet. Pay per click sering digunakan dalam sebuah website atau marketplace. Sedangkan pay per impression digunakan dalam social media seperti Instagram. Jika ingin menggunakan contoh strategi pemasaran ini, kamu dapat menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. 

Tonton juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola

  • Pemasaran di Social Media

Contoh strategi pemasaran yang ketiga yaitu dengan menggunakan social media sebagai sarana pemasaran produk atau jasa. Saat ini, social media merupakan sarana interaksi dan informasi yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat. 

Baca Juga 
Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Segmentasi Pasar

Melakukan pemasaran melalui social media juga terbilang mudah. Sudah banyak tools canggih yang ada pada social media untuk membantu menyebarkan informasi agar dapat tersebar luas. Dengan social media, kamu dapat memperkenalkan produk atau jasa dalam bisnis dengan lebih efisien. 

Selain mudah, melakukan pemasaran melalui social media juga tidak membutuhkan budget yang mahal bahkan gratis! Terdapat juga fitur ads yang dapat membantu agar produk atau jasa dalam bisnis bisa tersebar luas. Bahkan, bisa disesuaikan juga dengan target market yang telah kamu incar. 

  • Pemasaran dengan Konten

Contoh strategi pemasaran selanjutnya yaitu pemasaran dengan bantuan konten. Dengan semakin canggihnya teknologi, maka konten merupakan salah satu contoh strategi pemasaran yang efektif untuk menarik pelanggan. 

Konten sebagai salah satu strategi pemasaran harus dibuat relate dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi, tidak asal menampilkan konten menarik saja. Contoh sederhananya seperti jika bisnismu bergerak dalam bidang konsultan perizinan, maka kamu dapat membuat konten yang ada hubungannya dengan isu perizinan yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Dia Cara Menambah Produk di TikTok Shop!

Hal tersebut juga dapat menambah kredibilitas dalam bisnismu. Dengan bantuan konten, maka pelanggan akan berasumsi bahwa bisnis yang kamu jalankan ini aman dan terpercaya. Konten tersebut bisa kamu unggah melalui social media, seperti Instagram, TikTok, dan lain-lain.

Contoh Strategi Pemasaran

  • Pemasaran dengan SEO (Search Engine Optimization)

Contoh strategi pemasaran berikutnya yaitu dengan bantuan SEO. SEO ini masih erat kaitannya dengan konten yang bertujuan agar mendapatkan traffic. Jika mendapatkan traffic yang tinggi dari SEO, maka akan meningkatkan brand awareness yang membuat pelanggan tertarik untuk mencoba produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, kamu harus bisa membuat konten dengan standar SEO agar pencarian bisa lebih maksimal. 

Baca Juga 
Tips Mudah Pilih Jasa Digital Marketing, Bisnis Moncer Keuntungan Lancar!

Contoh Strategi Pemasaran

  • Email Marketing

Contoh strategi pemasaran yang terakhir yaitu email marketing. Email marketing ini biasanya digunakan oleh perusahaan, baik skala kecil maupun besar, agar penyampaian informasi tentang produk atau jasa bisa disebarkan dengan mudah. 

Faktanya, email marketing ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang masih ampuh digunakan untuk menarik pelanggan. Contoh sederhana dari email marketing yaitu saat kamu berlangganan OTT streaming untuk menonton drama atau film favorit, biasanya kamu akan log in dengan menggunakan email. Setelah itu, perusahaan OTT streaming nantinya akan mengirimkan beberapa promosi terkait layanan terbaru yang mereka miliki agar kamu terus berlangganan OTT streaming tersebut. 

Nah, itu tadi penjelasan tentang contoh strategi pemasaran yang dapat kamu terapkan dalam bisnis. Hal yang perlu diingat, pilihlah strategi pemasaran yang sekiranya efektif untuk menarik pelanggan. Selain itu, penentuan target market juga akan memengaruhi penerapan strategi pemasaran. Oleh karena itu, kamu juga harus jeli dalam menentukan target market. 

Selain menerapkan strategi pemasaran yang tepat, kamu juga harus bisa mengelola bisnis dengan baik agar dapat berjalan lancar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan SmartSeller. Di SmartSeller, terdapat fitur Storefront yang dapat membantu menjual produk ke lebih banyak pelanggan, lho! Jadi, penjualan nantinya akan lebih meningkat.

Di SmartSeller juga menawarkan fitur menarik lainnya agar pengelolaan bisnismu jadi lebih maksimal. Selain itu, jika kamu ingin mencoba untuk mengembangkan usaha lagi dengan menjadi reseller, SmartSeller adalah platform yang tepat untuk kamu gunakan! Mengapa? Karena di SmartSeller menyediakan seller berkualitas yang dapat kamu pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!