Kalau kamu melihat nama-nama toko pada masa sekarang, kamu akan lebih sering melihat nama toko modern. Kenapa sekarang banyak nama toko modern? Hal itu karena agar para pembeli lebih teringat dengan nama tersebut sehingga mudah diingat. Saat membangun usaha, nama juga menjadi bagian penting. Tidak hanya sebagai doa, tapi juga agar nama tersebut mudah diingat oleh pembeli saat sedang mencari toko.

Beberapa tahun belakangan, seluruh dunia dikagetkan dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh bagian dunia tanpa terkecuali. Pandemi bukan hanya membuat banyak orang kehilangan orang terkasih, tapi juga kehilangan pekerjaan. Bahkan yang mempunyai pekerjaan pun tidak luput dari pemotongan gaji. Apalagi saat pandemi, banyak materi yang dihabiskan. Karena itu, banyak masyarakat yang mencari kesempatan dengan berjualan.

Baca Juga: Tips Memulai Distributor Makanan Kucing

Berjualan menjadi salah satu jalan keluar yang dipilih oleh masyarakat, apalagi di era modern seperti sekarang, berjualan menjadi jauh lebih mudah. Banyaknya platform aplikasi maupun media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berjualan sangat mempermudah usaha kamu. Selain itu, kebutuhan yang dibutuhkan manusia semakin beragam, apalagi di kota-kota besar. Berikut adalah hal-hal yang harus kamu pikirkan sebelum berjualan:

  1. Riset

Kamu harus melakukan riset kebutuhan pasar agar kamu dapat mengetahui dengan baik apa yang harus kamu jual. Kamu tidak bisa begitu saja menjual barang yang ingin kamu jual. Dengan begitu, barang yang kamu jual juga bisa terlihat potensi menurut pasar yang ada.

  1. Modal

Modal tentunya menjadi hal utama yang harus dipikirkan. Modal tidak melulu mesti besar untuk memulai usaha. Kamu bisa mengakali modal tersebut dengan berbagai hal, seperti menjadi dropshipper, membuka pre-order ataupun meminjam modal.

  1. Ide Bisnis

Saat kamu sudah menentukan modal tersebut, sebaiknya kamu menentukan benda apa yang ingin kamu jual. Benda tersebut macam-macam ragamnya, bisa kebutuhan sehari-hari, makanan, maupun kebutuhan pelengkap. Kamu juga bisa menjual jasa-jasa tertentu, seperti karikatur atau jasa desain. Salah satu yang penting untuk kamu lakukan adalah sebaiknya kamu menguasai atau berminat dengan hal tersebut. Kalau kamu mempunyai hobi memasak, kamu bisa berjualan makanan jadi atau kue kering. Dengan begitu, kamu bisa mengerti barang baku yang dibutuhkan serta harganya.

  1. Tentukan media

Kamu bisa menentukan di mana kamu akan berjualan. Kamu bisa membuka lapak fisik atau berjualan online serta keduanya. Namun, berjualan online pastinya akan membutuhkan modal yang lebih sedikit. Selain itu, administrasi yang dibutuhkan juga pastinya lebih mudah. Apalagi e-commerce yang semakin booming beberapa tahun belakangan.

  1. Bahan baku

Pastikan saat kamu sudah mendapatkan ide bisnis yang akan kamu eksekusi, kamu juga mencari bahan baku yang tidak hanya terjangkau, tapi juga mempunyai kualitas yang baik. Pastikan kamu memberikan kualitas terbaik dari produk yang kamu jual dengan modal yang kamu punya

  1. Promosi

Dengan modal yang terbatas saat mulai berjualan, alangkah baiknya jika kamu melakukan promosi gencar di sosial media. Kamu juga dapat menawarkan pada teman-teman serta keluarga. Jangan lupa juga memberikan promo di awal penjualan agar dapat menarik pembeli potensial ke usaha kamu.

Baca juga: Tips Mencari Uang di Internet

  1. Nama

Nama toko juga menjadi suatu hal yang esensial. Karena itu, banyak yang memberi nama toko modern untuk usaha mereka. Alasannya adalah karena banyak sekali toko, terutama toko online, yang memberikan nama toko modern agar mudah diingat. Lagipula, nama toko adalah identitas dari usaha kamu. Sebaiknya, kamu memikirkan baik-baik nama toko dari usaha yang kamu dirikan.

Tips Memilih Nama Toko Modern 

Menjamurnya toko-toko online menimbulkan banyak persaingan. Oleh karena itu, banyak penjual yang berlomba-lomba untuk menjadi yang berbeda. Tujuannya tentu agar tokonya dikenal dengan baik. Belum lagi sistem rating yang ada di e-commerce. Makanya banyak penjual yang memberikan bonus setelah melakukan checkout, menulis deskripsi produk yang lucu, hingga mempunyai nama toko modern agar mudah diingat oleh para calon pembeli potensial. Berikut adalah tips-tips memilih nama toko modern yang bisa kamu gunakan untuk usaha kamu:

  • Menggunakan Store atau Shop di belakang toko kamu

Belakangan ini, sangat lumrah bagi para pemilik toko online untuk menggunakan kata shop atau store sebagai nama belakang toko mereka. Karena itu, penggunaannya sudah bisa disebut sebagai nama toko modern. Belum lagi biasanya toko resmi suatu produk yang sudah established biasanya menggunakan embel-embel official shop atau store di belakang nama toko mereka. Penggunaan kata-kata tersebut membuat toko yang kamu miliki bisa lebih mudah diingat dan lebih tepercaya.

  • Orisinil

Sebaiknya kamu menggunakan nama toko modern yang otentik. Jangan menggunakan nama yang sudah ada atau bahkan justru menggunakan akronim yang mirip dengan brand besar. Hal itu dikarenakan jika toko kamu ternyata berkembang dengan pesat, nantinya kamu akan menemui masalah dengan nama kamu. Belum lagi jika kamu harus mengganti namamu, bisa saja pelanggan tidak lagi familiar dengan nama baru kamu. 

  • Menggunakan Bahasa Asing

Saat ini, semakin banyak nama yang menggunakan bahasa asing. Bahkan, nama toko modern sekarang tidak hanya menggunakan Bahasa Inggris, tapi juga bahasa asing lain, seperti Bahasa Jepang, Bahasa Korea, maupun bahasa asing lainnya. Lebih jika hal tersebut dikombinasikan dengan barang yang kamu jual. Seperti jika kamu menjual pakaian tren Korea, kamu bisa menggunakan istilah yang familiar dengan mereka yang gemar dengan mode dari Korea Selatan.

Baca Juga: Keuntungan Sistem Dropship

  • Tidak Ofensif

Sebenarnya tidak hanya masa sekarang saja, dari dulu sebaiknya tidak memberikan nama yang dapat menyinggung orang lain. Namun dengan teknologi yang semakin maju dan exposure yang begitu tinggi, ada baiknya jika nama toko modern yang kamu gunakan tidak menyinggung orang lain. Baik itu SARA maupun hal lainnya. Kamu harus berhati-hati karena nantinya publisitas buruk akan berpengaruh pada penjualan kamu.

  • Estetik

Masyarakat pada masa modern ini, terutama remaja dan usia 20-an, sangat menghargai hal yang berbau estetik. Bukan hanya pada postingan konten, namun juga termasuk untuk username media sosial, bahkan hingga nama toko modern. Nama tersebut asalnya macam-macam, mulai dari kata-kata indah dari Bahasa Indonesia hingga Bahasa Asing. Biasanya, kata-kata yang berasal dari bahasa asing tersebut tidak hanya terdengar indah, namun juga mempunyai makna yang baik, bahkan selaras dengan doa yang diinginkan dari nama tersebut.

Tips-tips di atas bisa kamu jadikan inspirasi untuk menjadi referensi nama toko modern. Kamu bisa juga mencari-cari inspirasi lain dari bermacam hal yang kamu temui. Tapi, yang lebih penting dari nama toko modern adalah bagaimana kamu mengelola usaha kamu tidak peduli seberapa kecil usaha kamu. Kalau kamu merasa kesulitan mengelola usaha secara manual, kamu juga bisa dapat menggunakan SmartSeller untuk membantu kamu. Melalui Smart Seller, bisnis milikmu bisa dikelola hanya dari satu dashboard. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek  di sini ya!