Sebenarnya cari uang di internet susah apa enggak? Jawabannya tergantung. Cari uang di dunia nyata dan cari uang di internet pastinya nggak gampang, namanya juga cari uang. Cari uang di dunia nyata ya seperti orang pada umumnya. Seperti bekerja untuk orang lain atau dengan berjualan. Tapi mendapatkan kesempatan itu aja tidak mudah. Untuk bekerja pada orang lain kamu tentunya mendapatkan kesempatan terlebih dahulu. Kesempatan itulah yang sulit untuk di dapat, terutama di masa-masa pandemi seperti sekarang.

Sistem kerja work from home yang ternyata cukup efektif membuat makin banyak perusahaan yang mengadopsi sistem WFH. Sistem kerja tersebut secara mengejutkan ternyata berjalan dengan baik untuk beberapa industri. Bahkan ada sebagian kantor yang memakai sistem kerja WFH total untuk para karyawannya.

Saat ini, lapangan kerja agak lebih sedikit dibanding sebelumnya. Keadaan pandemi membuat situasi ekonomi juga menjadi sedikit lesu. Pandemi bahkan memaksa banyak perusahaan untuk gulung tikar. Beberapa perusahaan juga terpaksa merumahkan karyawannya. Hal itu memaksa banyak masyarakat harus memutar otak untuk mencari uang. Banyak yang mencoba memulai berjualan. Mencari uang dengan berjualan juga bukan hal yang mudah, kamu juga harus pintar dalam mengambil kesempatan. Beruntung keadaan pandemi sudah mulai membaik dan semoga hanya akan terus membaik.

Mereka yang berjualan juga tidak melewati jalan yang mudah. Berjualan tentunya sulit karena pendapatan yang didapatkan tiap harinya akan terus berbeda, belum lagi promosi yang harus terus gencar dilakukan. Pandemi juga tidak membuat keadaan jadi lebih mudah. Diberlakukannya lockdown dan protokol kesehatan di awal masa pandemi membuat mobilitas masyarakat menjadi jauh berkurang. Karena itu, banyak masyarakat yang berjualan harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan. Jualan online adalah salah satu solusinya. Semenjak pandemi, online shopping semakin berkembang pesat. Dipaksa keadaan, baik penjual dan pembeli memilih internet sebagai jalan keluar.

Semenjak pandemi berlangsung, semakin banyak transaksi jual beli yang terjadi secara online. Baik melalui media sosial maupun melalui marketplace. Kemajuan teknologi memudahkan hal tersebut. Seperti yang telah disebutkan di awal, bahkan masyarakat yang bekerja sebagai karyawan jadi sangat terbantu di tengah keadaan pandemi. Perusahaan dapat cepat beradaptasi dengan dibantu oleh teknologi. Teknologi tersebut juga memudahkan masyarakat cari uang di internet.

Cari uang di internet menjadi hal yang sering dilakukan sekarang ini. Cari uang di internet bisa dilakukan siapa saja, baik anak muda maupun dewasa. Berikut cara-cara cari uang di internet yang bisa kamu lakukan:

  1. Jualan Online

Seperti yang disebutkan di atas, jualan online menjadi salah satu cara cari uang di internet yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit daripada kamu berjualan di kios. Yang perlu kamu lakukan pertama adalah mencari tahu barang apa yang ingin kamu jual. Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat mencari supplier dari barang yang kamu jual.

Tidak harus suppllier, tapi kalau kamu membeli barang tersebut bukan dari supplier, harganya akan lebih mahal. Kalau lebih mahal, tentu keuntungan yang akan kamu dapatkan jadi jauh lebih sedikit. Setelah itu kamu bisa menjualnya di sosial media, ataupun di platform marketplace. Tapi kamu harus konsisten dalam berjualan online. Awalnya memang pasti membutuhkan effort yang lebih, sama saja seperti berjualan di kios. Kamu harus mempromosikan jualan kamu terlebih dahulu. Dan yang paling penting dalam berjualan, kamu harus konsisten. Jangan mudah menyerah cari uang di internet.

  1. Influencer

Cara yang satu ini bukan merupakan cara cari uang di internet yang bisa dilakukan semua orang. Untuk menjadi influencer, kamu harus mempunyai brand image atau persona yang kuat. Kamu juga harus terbiasa menjadi sorotan di depan kamera. Tapi sebaiknya hal yang satu ini jangan kamu jadikan fokus pekerjaan karena belum tentu menghasilkan uang. Uang yang dihasilkan influencer ini biasanya didapatkan dari pekerjaan endorsement produk dari brand. Untuk mendapatkan pekerjaan itu, kamu tentunya harus mempunyai image yang sesuai dengan brand tersebut. Jadi sebaiknya jika kamu memutuskan untuk menjadi influencer, kamu harus membangun persona yang sesuai dengan diri kamu. Karena tidak akan enak jika kamu harus berpura-pura menjadi orang lain.

  1. Content Creator

Sedikit berbeda dari influencer. Content creator biasanya membuat konten-konten yang dibuat sendiri dan menjadi hiburan bagi orang lain. Konten kreator juga biasanya mempunyai kontennya masing-masing. Ada yang mempunyai konten gaming, ada juga yang fokus dengan daily vlog, atau malah ada yang membuat konten untuk edukasi. Konten-konten tersebut mempunyai pasarnya sendiri. Karena itu jika kamu ingin menjadi konten kreator, sebaiknya kamu melakukan hal yang kamu kuasai atau kamu senangi. Bukan tidak mungkin hobi kamu tersebut dapat menjadi uang.

Banyak platform yang bisa kamu fokusi untuk menjadi konten kreator. Namun seperti pekerjaan pada umumnya, kamu harus fokus pada pekerjaan tersebut. Pada awal memulai, setidaknya kamu mempunyai kamera yang bisa kamu gunakan setidaknya untuk merekam. Kamu juga setidaknya harus memiliki kemampuan dasar dalam editing video. Selain itu yang terpenting kamu lakukan adalah kamu harus konsisten dalam mengunggah video dalam 1 minggu. Karena jika kamu tidak konsisten, video kamu akan tenggelam dan tidak akan dilihat orang lain. Para konten kreator, seperti di Youtube, biasanya mendapatkan uang dari adsense.

  1. Menjual foto digital

Kalau kamu mempunyai hobi fotografi, kamu bisa membuat hobi kamu itu menjadi uang tambahan. Kalau biasanya lewat fotografi kamu mencari uang lewat menjadi fotografer untuk pernikahan atau suatu acara, kamu juga bisa pakai skill fotografi kamu untuk cari uang di internet. Caranya adalah dengan mengunggah foto kamu untuk situs legal penyedia foto berbayar seperti shutterstock atau gettyimages. Tentunya foto yang kamu unggah harus melewati standar yang dimiliki oleh penyedia situs tersebut. Foto-foto tersebut nantinya akan digunakan oleh para-para perusahaan untuk kebutuhan mereka.

  1. Afiliator

Salah satu profesi cari uang di internet yang ramai diperbincangkan baru-baru ini adalah afiliator. Afiliator sendiri adalah profesi di mana kamu mendapatkan komisi dengan menawarkan produk yang dimiliki suatu perusahaan kepada pelanggan. Untuk menjadi afiliator, kamu harus mendaftar dulu pada perusahaan yang bersangkutan. Setelah diterima, kamu baru bisa menawarkan produk yang ada. Salah satu contohnya adalah sebuah marketplace yang menyediakan program afiliasi. Yang cukup kamu lakukan hanyalah dengan menawarkan produk yang ingin kamu promosikan kepada pelanggan potensial yang ada di media sosial kamu misalnya. Jika mereka tertarik, mereka bisa mengunjungi link yang kamu cantumkan. Kamu akan mendapatkan komisi tertentu sesuai perjanjian di awal tiap barang yang terjual.

Nah, kamu bisa coba-coba pekerjaan di atas kalau kamu ingin cari uang di internet. Lalu kalo kamu udah punya bisnis online, kamu bisa menggunakan SmartSeller untuk membantu kamu mengelola toko kamu. Dengan begitu, kamu bisa melayani pelanggan dengan lebih baik lagi. Untuk info lengkapnya cek di sini ya!