Pernahkah terbersit di benak kamu untuk menjadi distributor makanan kucing? Atau kenapa banyak yang menjadi distributor makanan kucing? 

Akhir-akhir ini semakin banyak masyarakat yang memelihara binatang, terutama di keadaan pandemi seperti sekarang. Waktu yang banyak dihabiskan di rumah dibandingkan di jalan membuat banyak orang-orang yang kebingungan. Oleh karena itu, banyak yang akhirnya mencari hobi yang bisa dilakukan di rumah. Ada mereka yang bermain game, ada yang akhirnya berkebun di rumah, dan juga ada yang memelihara binatang.

Memelihara binatang sendiri membutuhkan perhatian. Sebaiknya jangan memelihara binatang bila kamu tidak bisa mencurahkan perhatian. Biar bagaimanapun, binatang adalah makhluk hidup. Kamu harus memelihara binatang tersebut dengan sebaik mungkin. Jangan sampai binatang kamu pelihara hanya untuk kesenangan semata. Kamu perlu memberikan yang terbaik untuk merawatnya. Jangan kamu pelihara hanya untuk menelantarkannya di kemudian hari. 

Merawat binatang bukan perkara mudah, apalagi jika binatang tersebut merupakan binatang ras tertentu. Binatang tersebut tentunya membutuhkan perawatan yang sedemikian rupa. Ada binatang yang hanya cocok di iklim tertentu, sehingga lingkungan tempatnya tinggal juga harus sesuai. Makanya, peliharalah binatang yang sesuai di Indonesia. Belum lagi biaya kesehatan hewan yang tidaklah murah, sama halnya dengan biaya makanannya. 

Setiap binatang mempunyai makanan tertentu yang bisa dikonsumsi, terlebih masing-masing ras terkadang mengonsumsi makanan yang berbeda. Seperti makanan kucing contohnya, beberapa merk makanan kucing menyediakan makanan untuk ras tertentu. 

Kucing sendiri bukan hanya menjadi peliharaan, tapi juga menjadi komoditas. Banyak orang yang memelihara kucing dan beternak kucing. Bisnis jual beli kucing terutama kucing ras menjadi semakin ramai. Belum lagi mereka yang mengadopsi kucing jalanan, di mana semakin banyak orang yang peduli dengan stray cat. Ditambah lagi, makin gencar saja gerakan-gerakan untuk peduli dan memberi makan kucing jalanan. 

Oleh karena itu, distributor makanan kucing menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Selain pasarnya yang banyak, kucing juga akan selalu membutuhkan makanan. Sudah banyak juga masyarakat yang mengadopsi kucing, sehingga kebutuhan makanan pun bertambah. Selain itu, kucing juga sebaiknya memakan makanan kucing dibandingkan makanan manusia. 

Hal yang perlu disiapkan untuk menjadi distributor makanan kucing.

  • Menyiapkan Modal

Hal utama yang kamu harus siapkan adalah menyiapkan modal. Kamu harus menyiapkan modal yang cukup untuk memulai bisnis sebagai distributor makanan kucing. Kamu juga harus menentukan sebesar apa bisnis distributor makanan kucing yang ingin kamu mulai. Kamu juga harus menentukan model bisnis dan strategi pemasaran yang ingin kamu gunakan agar kamu bisa menentukan biaya sehingga dari awal kamu bisa menetapkan modal sebagai distributor makanan kucing. Jangan sampai rencana bisnis kamu akhirnya menyusahkan kamu. Kamu tetap harus merencanakan bisnis distributor makanan kucing dengan baik.

  • Riset Pasar

Ini salah satu hal yang penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis distributor makanan kucing. Kamu harus melihat kecondongan para konsumen untuk makanan kucing tersebut. Kamu harus melihat preferensi para konsumen di area tempat kamu akan menjadi distributor makanan kucing. Hal ini juga berhubungan langsung dengan strategi pemasaran yang nantinya akan digunakan. 

  • Tentukan Produk

Makanan kucing ada 2 jenis, yaitu dry food dan wet food. Kalau sudah melakukan riset, kamu bisa menentukan makanan apa yang ingin dijual. Ada beberapa contoh merk makanan kucing yang tersedia di pasaran, seperti Royal Canin, Pro Plan, Me-O, Whiskas, dan Friskies. Dari riset pasar yang sudah dilakukan sebelumnya, kamu bisa menentukan sekiranya mana makanan yang ingin dijual. Makanan kucing juga biasanya berbeda sesuai umurnya. Beberapa merk makanan kucing menyediakan makanan kucing untuk anak kucing, kucing dewasa, hingga kucing yang sudah berusia tua. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar memilih makanan kucing yang ingin dijual.

  • Mencari supplier

Selanjutnya, kamu harus mencari supplier untuk distributor makanan kucing yang ingin dijual. Pastikan supplier yang kamu andalkan dapat dipercaya, salah satu caranya dengan bertanya kepada mereka yang sudah terjun ke bisnis distributor makanan kucing sebelumnya. Selain itu, pastikan barang dijual oleh tersebut berkualitas. Untuk makanan, kualitas sangat penting. Jangan sampai merugikan pelanggan dan mencoreng namamu sebagai distributor makanan kucing dengan menjual barang yang tidak berkualitas.

  • Buka Toko

Kamu juga perlu membuka toko agar para pembeli bisa lebih mempercayaimu sebagai distributor makanan kucing. Untuk itu, kamu harus mencari lokasi yang strategis untuk usahamu. Biasanya, usaha makanan kucing ini dianggap strategis jika berada di daerah perumahan yang ramai penduduk. Kamu juga bisa memilih daerah yang tidak jauh dari taman, di mana sering kali orang-orang membawa peliharaannya untuk bermain. Jadi, kemungkinan mereka untuk mampir ke tokomu cenderung lebih besar.

  • Jualan Online

Kamu juga bisa membuka akun distributor makanan kucing di marketplace maupun website. Dikarenakan teknologi semakin canggih, banyak informasi yang bisa kamu raih di internet. Bisa saja para calon pembelimu sedang mencari-cari distributor makanan kucing. Penting bagi kamu untuk selalu  memberikan informasi yang jelas di akun marketplace-mu. Jangan lupa untuk selalu menyertakan katalog gambar serta deskripsi yang lengkap.

  • Memasarkan Produkmu

Kalau hanya menunggu, orang-orang mungkin tidak akan sadar kalau kamu merupakan distributor makanan kucing. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan promosi terhadap produk-produk jualanmu. Kamu juga bisa memberikan sedikit promo untuk menarik perhatian calon pelanggan. Mulailah dari yang yang paling sederhana, misalnya dengan menawarkan produk kepada teman-teman dan keluarga terdekat kamu. Minta mereka untuk mempromosikan produk jualan kamu, ya! 

  • Manfaatkan Media Sosial

Di masa sekarang, penggunaan media sosial menjadi semakin masif sehingga kamu bisa memanfaatkannya, terlebih untuk social media berupa Instagram. Kamu dapat memberikan awareness akun distributor makanan kucing melalui konten-konten yang menarik. Kamu dapat membuat konten-konten lucu ataupun informatif pada konten kamu. Banyak juga pemilik kucing peliharaan yang menggunakan sosial media, bahkan tak jarang yang mempunyai akun untuk kucing peliharaannya. 

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa diperhatikan bagi kamu yang tertarik menjadi distribur makanan kucing. Hobi ini bisa kamu mulai jika kamu senang memelihara kucing. Pastikan saat memulai bisnis seperti distributor makanan kucing, kamu merencanakannya dengan baik. Selain itu, kamu memerlukan sebuah sistem untuk menolongmu mengelola bisnis distributor makanan kucing. Untuk memudahkanmu, kamu bisa menggunakan SmartSeller untuk membantu mengelola order dan penjualan. Cuma dengan satu platform aja, kamu bisa lho mengelola bisnis makanan kucingmu dengan mudah, cepat, dan praktis tentunya. Mau tau infonya lebih lanjut? Yuk, langsung aja intip di sini!