Istilah supplier sudah cukup sering didengar dalam istilah bisnis begitu juga dengan pengertian supplier. Setiap pemilik usaha pasti pernah mendengar istilah supplier tersebut selama mengelola usaha. Ini karena supplier merupakan bagian dari berjalannya usaha.

Saat memulai usaha kamu juga akan mendengar istilah supplier sebagai salah satu perencanaan usahamu. Pengertian supplier yang jelas merupakan suatu entitas yang memberikan supply kepada usahamu. Dalam artikel ini akan dipelajari lebih dalam apa pengertian supplier dan fungsinya bagi suatu usaha.

Pengertian Supplier

Pengertian Supplier

Pengertian supplier adalah seseorang, organisasi, atau suatu entitas yang menyediakan sesuatu kepada usaha yang membutuhkan. Pengertian supplier tidak terbatas pada penyedia barang saja. Pengertian supplier juga berlaku untuk jasa yang disediakan kepada usaha atau entitas lain yang memerlukannya.

Dalam istilah bisnis yang sesungguhnya, pengertian supplier disebut juga sebagai vendor. Vendor merupakan entitas yang menyediakan barang atau jasa. Pengertiannya sama dengan pengertian supplier karena pada dasarnya vendor dan supplier adalah hal yang sama.

Meskipun pengertian supplier adalah entitas yang menyediakan barang atau jasa, supplier juga memiliki bentuk usaha yang lain juga. Misalnya seperti dropshipping. Supplier yang menyediakan pilihan dropshipping untuk pelanggan memang tidak banyak tetapi mereka biasanya memudahkan proses jual beli online.

Peran Supplier dalam Bisnis

Pengertian Supplier

Setelah memahami pengertian supplier, kamu juga perlu memahami peran dari supplier dalam bisnis. Supplier memiliki peran penting untuk suatu usaha. Supplier merupakan bagian dari supply chain dalam proses bisnis. Ini karena supplier menyediakan barang atau jasa yang diperlukan dalam jumlah yang besar dan harga yang cukup terjangkau. Suatu usaha yang memiliki supplier yang tepat tentunya tidak akan kehabisan stok barang dan bisa terus melayani pelanggan secara maksimal.

Contoh sederhana untuk memahami konsep peran supplier dalam bisnis adalah supplier gelas plastik untuk usaha minuman. Tiap usaha minuman pasti membutuhkan gelas plastik untuk melayani pelanggan yang take away. Agar mempermudah proses penjualan, usaha minuman tersebut mencari supplier botol plastik agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Tanpa adanya supplier gelas plastik, tentunya usaha minuman tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Inilah alasan mengapa pengertian supplier dalam suatu bisnis harus benar-benar dipahami agar bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Pengertian B2B dan Penjelasan Lengkapnya

Fungsi Supplier Bagi Suatu Usaha

Pengertian Supplier

Pengertian supplier yang merupakan penyedia barang atau jasa memiliki fungsi yang penting bagi suatu usaha. Peranannya sangat krusial hingga jalannya usaha lancar atau tidak salah satunya dikarenakan adanya supplier dalam suatu usaha. Berikut ini adalah fungsi supplier bagi suatu usaha:

Memberikan Wawasan Baru

Meskipun pengertian supplier adalah sebagai pemasok produk atau jasa, bukan berarti mereka tidak memiliki fungsi selain hal tersebut. Supplier adalah pihak yang selalu berhubungan dengan pelanggan mereka secara langsung. Para supplier adalah yang paling mengerti jika terdapat perubahan atau tren baru pada pasar. Jadi kamu bisa mendapatkan wawasan baru dari mereka.

Perlu diingat juga bahwa supplier memiliki klien yang merupakan usaha dengan ranah bisnis yang serupa. Pastinya tren yang terjadi juga seputar ranah bisnis yang serupa juga. Contoh sederhananya adalah untuk supplier gelas plastik usaha minuman. Karena supplier tersebut memiliki banyak pelanggan yang juga memiliki usaha minuman, tentunya mereka paham tren gelas minuman terbaru yang disukai pasar. Dengan wawasan tersebut, kamu bisa memanfaatkan untuk riset pasar dan pengembangan produk usahamu.

Memperlancar Usaha

Ini adalah fungsi yang juga sangat jelas berhubungan erat dengan pengertian supplier. Supplier dapat membantu berjalannya usaha menjadi lebih lancar. Supplier yang rutin memberikan pasokan produk atau jasa bisa mempermudah jalannya usahamu. Kamu perlu memperhatikan dengan cermat saat memilih supplier untuk usahamu agar usaha yang kamu kelola bisa lebih lancar.

Saat memilih supplier, pastikan supplier tersebut terpercaya dan benar-benar ahli di bidangnya. Memilih supplier yang tidak terpercaya bisa merusak alur usahamu. Contoh sederhananya adalah suatu usaha minuman tidak akan bisa melayani pelanggan jika supplier gelas plastik tidak mengirimkan produk secara tepat waktu. Tentunya ini sangat mengganggu proses kerja dan alur bisnis yang sedang berjalan.

Lebih Kompetitif

Supplier yang tepat juga akan membantumu lebih kompetitif dengan kompetitormu. Kamu tidak perlu khawatir akan ketinggalan jaman dibandingkan dengan kompetitor usahamu karena supplier akan membantumu dalam hal tersebut. Ini dikarenakan supplier bisnismu adalah pemasok yang menyediakan barang atau jasa terbaik untuk menyokong usahamu. Apalagi jika supplier lebih rutin dan aktif memberikan pasokan, tentunya usaha yang kamu jalankan bisa menjadi lebih lancar.

Pengertian supplier yang merupakan pemasok barang dan jasa kepada suatu usaha membuat usaha tersebut jauh lebih kompetitif. Contoh sederhananya adalah supplier yang aktif dan terpercaya akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaru dan berkualitas kepadamu. Misalnya supplier yang terpercaya tentunya akan memberikan produk dengan kualitas terbaik kepadamu. Ini membuat produk usahamu jauh lebih kompetitif karena kualitasnya tidak diragukan lagi.

Menjaga Pengeluaran Usaha

Pengertian Supplier
Seperti yang telah diketahui, pengertian supplier adalah sebagai pemasok barang dan jasa. Secara tidak langsung, posisi tersebut juga membantu pengelolaan keuangan dari usaha yang berjalan. Sebagai bentuk supply chain yang berkesinambungan, supplier menjadi salah satu poin yang berpengaruh pada pengeluaran usaha. Supplier yang memiliki harga dan kualitas terbaik tentunya tidak akan membuat usaha tersebut rugi. Sebaliknya, supplier yang tidak memiliki harga tetap atau kualitasnya tidak sesuai dengan harga tentunya akan merugikan usaha.

Contoh sederhananya adalah usaha minuman yang membeli gelas plastik sebanyak 10.000 pcs tiap bulan dari supplier dengan harga Rp 5000 per pcs, perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 50.000.000 tiap bulan untuk stok gelas plastik. Sayangnya jika supplier yang dipilih merupakan supplier yang tidak ahli, memiliki harga yang berubah-ubah dan kualitas barang yang buruk, pastinya akan menjadi kerugian bagi usaha.

Baca Juga: Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Membantu dari Sisi Legalitas

Meskipun pengertian supplier adalah sebagai pemasok, untuk beberapa kasus supplier juga bisa membantu dari sisi legalitas. Terutama jika barang yang kamu beli dari supplier adalah jenis barang yang memerlukan legalitas tertentu agar bisa beroperasi. Misalnya seperti PCB yang menggunakan Bluetooth atau bahan kecantikan yang menggunakan bahan dan membutuhkan lisensi tertentu untuk peredarannya.

Legalitas tersebut dapat dikelola oleh supplier yang menangani hal tersebut. Perusahaan supplier yang resmi dan jelas memiliki wewenang untuk mendaftarkan legalitas produk mereka jika produk yang dijual memerlukan perizinan khusus. Karena pengertian supplier adalah sebagai pemasok, tentunya mereka juga bisa bertindak sebagai pengurus legalitas resmi juga.

Sudahkah kamu memahami apa pengertian supplier dan fungsinya bagi usaha?

Supplier memiliki peran yang sangat penting dalam suatu bisnis, sehingga kamu perlu mempertimbangkan dengan tepat saat memilih supplier untuk usahamu. Agar pengelolaan usahamu menjadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan fitur private order yang dimiliki oleh SmartSeller. SmartSeller merupakan dashboard yang membantu mengelola jualanmu agar lebih terorganisir. Langsung cek SmartSeller sekarang!