Cara membalas pesan di Instagram adalah hal yang harus dipelajari di masa sekarang ini karena Instagram adalah salah satu media sosial yang banyak dipakai oleh setiap bisnis sebagai wadah untuk mengenalkan produk dalam bisnisnya sekaligus untuk berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Apakah kamu sudah tahu cara membalas pesan di Instagram? Cara membalas pesan di Instagram mudah untuk dilakukan kok. Tidak hanya sekadar bertukar pesan layaknya di aplikasi chatting, Instagram menyediakan variasi cara membalas pesan di Instagram.

Karena ada beberapa cara membalas pesan di Instagram yang tersedia, berikut dalam artikel ini kamu akan mengetahui pentingnya Instagram untuk bisnismu, tips dan cara membalas pesan di Instagram!

Mengenal Instagram Bisnis

Sebelum tahu bagaimana cara membalas pesan di Instagram, yuk kenali jenis akun Instagram bisnis! Kalau kamu sudah memakai Instagram sejak lama, pasti sudah familiar dengan tiga tipe akun yang tersedia di media sosial yang dirilis pertama pada tahun 2010 ini. Yap, saat kamu membuat akun Instagram untuk profesional kamu bisa memilih jenis akun yang diinginkan, yaitu personal, creator, dan business.

Kalau pada saat ini akun bisnismu masih menggunakan akun personal, kamu bisa mengubahnya ke akun Instagram Bisnis melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka pilihan “Pengaturan”
  2. Pilih “Akun”
  3. Pilih “Beralih ke Akun Profesional”
  4. Ikuti alur dan lengkapi data yang diminta

Nah, kalau kamu ingin membuat Instagram untuk bisnismu, sebaiknya memilih Instagram bisnis. Mengapa? 

Instagram bisnis adalah jenis akun yang cocok untuk para pemilik usaha yang ingin memanfaatkan Instagram untuk berbagai tujuan bisnis, mulai dari menyebarkan awareness mengenalkan produknya, promosi, meningkatkan interaksi dengan pelanggan sekaligus dengan calon pelanggan, hingga meningkatkan penjualan.

Selain itu, Instagram bisnis memiliki fitur-fitur yang berbeda dari akun Instagram biasa lho, tidak hanya bisa mengunggah foto, video atau Instagram story aja. Berikut adalah beberapa fitur dari Instagram bisnis yang bermanfaat bagi bisnismu.

  • Fitur pada profil Instagram

Profil adalah bagian terpenting dari akun Instagram bisnis karena di situlah target konsumenmu mengetahui nama bisnis, informasi singkat, website, hingga alamat. Pada akun Instagram bisnis, kamu juga bisa menambahkan kategori bisnis dan juga tombol call to action yang tujuannya bisa dikostumisasi, misalnya menuju ke email, telepon, alamat, atau direct message.

  • Fitur Instagram Insight

Penasaran siapa saja sih yang mengunjungi profil Instagram bisnismu? Nah, melalui fitur ini kamu bisa mengetahui insight demografis orang-orang yang berinteraksi dengan akunmu, mulai dari jenis kelamin, golongan umur, lokasi atau domisili, hingga minat atau kesukaan mereka.

Kamu bisa mengecek jumlah pengunjung, jumlah akun yang berinteraksi, dan jumlah followers untuk periode harian, mingguan, hingga 30 hari terakhir, sehingga kamu pun bisa mengukur dan mengevaluasi apakah marketing strategy melalui Instagram sudah berjalan dengan efektif atau belum. Menarik bukan?

  • Fitur Instagram Ads

Nah, kalau kamu sering menemukan postingan promosi ketika scroll laman home Instagram atau swipe Instagram story, itu adalah implementasi fitur Instagram Ads. 

Fitur ini dapat kamu gunakan untuk meraih jangkauan akun-akun yang tertarget sesuai dengan spesifikasi audiens target pasarmu. Kamu juga dapat mengatur budget harian ketika memasang Ads di Instagram, bisa mulai dari Rp20.000 lho!

  • Fitur Instagram Shop

Kini Instagram juga memungkinkan bisnismu menjajakan produk-produkmu layaknya di e-commerce. Kamu bisa meng-upload katalog produkmu lengkap dengan nama, harga, dan opsi call to action yang bisa mengarahkan pelanggan agar check out belanjaan ke website bisnismu!

  • Fitur Direct Message

Cara membalas pesan di Instagram pada fitur ini mirip dengan fitur bertukar pesan pada akun Instagram biasa. Kamu bisa membalas pesan pelanggan secara personal mengirim fotodan video.

Namun yang membedakan dengan Instagram biasa adalah kamu bisa melakukan pengaturan agar fitur ini dapat membalas pesan secara otomatis lho! Selain itu, fitur dan cara membalas pesan di Instagram dapat dibuat seperti WhatsApp. 

Lengkap bukan fitur-fitur dari Instagram Bisnis ini? Yuk, alihkan akun Instagram bisnismu ke akun Instagram bisnis agar dapat mengikuti cara membalas pesan di Instagram berikut. Penasaran gimana caranya?

Tips dalam Cara Membalas Pesan di Instagram 

Ada beberapa tips yang kamu bisa terapkan dalam cara membalas pesan di Instagram. Yuk, simak sebelum ketahui cara membalas pesan di Instagram agar bisa otomatis dan seperti di WhatsApp!

1. Hindari penggunaan jargon

Dalam cara membalas pesan di Instagram yang pertama, gunakan kata-kata yang mudah dipahami oleh target konsumenmu. Penggunaan jargon belum tentu dimengerti, jadi sebaiknya memakai bahasa sehari-hari yang sesuai dengan tone dari brand-mu.

2. Gunakan bahasa yang sesuai dengan tone of voice brand

Melanjutkan poin pertama, kamu bisa menggunakan cara membalas pesan di Instagram dengan penggunaan gaya bahasa yang selaras dengan citra perusahaan dan juga target konsumenmu. Jika citra perusahaanmu tidak terlalu formal dan target konsumenmu adalah anak muda, kamu bisa menggunakan kata ganti “kamu” untuk merujuk mereka.

3. Manfaatkan fitur-fitur pada Direct Message

Terdapat fitur yang dapat memberikan bumbu ketika berinteraksi dengan pelanggan lho, seperti fitur like dan merespon dengan emoji. Lalu, ada juga fitur unsend message yang bisa digunakan ketika terjadi salah ketik atau salah dalam menyampaikan informasi kepada pelanggan. Kamu bisa melakukan cara membalas pesan di Instagram seperti itu juga lho!

Cara Membalas Pesan di Instagram Agar Otomatis dan Seperti di WhatsApp

Membalas pesan secara otomatis tentu dapat mempersingkat waktumu dan juga pelanggan karena mereka bisa mendapatkan balasan secara cepat. Nah, untuk cara membalas pesan di Instagram agar dapat otomatis dapat kamu temukan pada pilihan “Quick Reply” di Instagram. Nah, untuk selengkapnya ikuti aja cara di bawah ini untuk membuat balasan pesan otomatis!

  1. Identifikasi pertanyaan-pertanyaa yang sering ditanyakan oleh target konsumenmu, seperti jam buka, harga, cara pembayaran, ongkir, dan sebagainya.
  2. Buka pilihan “Quick Reply”
  3. Pilih “New Quick Reply” untuk menuliskan balasan otomatis
  4. Tambahkan kata kunci pada kolom “Shortcut” beserta jawabannya, misalnya “jam berapa buka” dan balasannya adalah “Jam operasional kami Senin-Jum’at mulai pukul 10.00 – 17.00 ya kak :)”
  5. Simpan, dan balasan tersebut dapat digunakan sebagai cara membalas pesan di Instagram secara cepat dan otomatis!

Lalu, untuk cara membalas pesan di Instagram agar bisa seperti percakapan di WhatsApp adalah sebagai berikut.

  1. Buka profil akun bisnismu
  2. Pilih opsi, yaitu ikon tiga garis di pojok kanan atas
  3. PIlih “Update Messaging” yang terletak pada bagian paling bawah.
  4. Klik tombol “Update”

Nah, kamu pun bisa merasakan Direct Message di Instagram seperti di WhatsApp deh! Fitur ini dapat memungkin kamu mengubah tema tampilan percakapan, memberikan reaksi percakapan dan juga unsend message.

Selain media sosial seperti Instagram, ada platform online lain yang bisa memudahkan kamu dalam mengelola bisnismu secara online, seperti pembuatan pengelola orderan dan manajemen katalog produk, yaitu SmartSeller! Cari tahu selengkapnya di sini!