Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Seperti halnya dengan saat kamu mendaftarkan bisnis atau tokomu di platform online jual beli seperti e-Commerce atau marketplace, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuka toko di TikTok Shop sangat simple dan cepat.

Saat ini, fitur jual beli yang dihadirkan oleh TikTok sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk membeli sesuatu. Tak ayal, pebisnis-pebisnis juga merambah channel penjualan online mereka dengan membuka akun TikTok Shop-nya.

Akan tetapi, selain fakta tersebut, kenapa ya TikTok Shop bisa menjadi platform penjualan online yang sedang laris sekarang ini? Apakah kamu kepikiran juga buat membuka tokomu di TikTok Shop? 

Nah, untuk ketahui jawabannya, yuk baca lengkap pembahasan singkat mengenai tata cara jualan di TikTok Shop untuk pemula di bawah ini! Ada tips yang bisa kamu lakukan agar jualan di TikTok Shop bisa laris lho!

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Apa itu TikTok Shop?

TikTok Shop adalah fitur pada aplikasi TikTok yang berfungsi layaknya platform jual beli online seperti e-Commerce atau marketplace. Melalui fitur TikTok Shop, user TikTok bisa menjadi pembeli (buyer) atau penjual (seller).  Saat ini, fitur ini sedang menyita perhatian masyarakat karena keunggulannya.

Namun demikian, apa yang membuat TikTok Shop begitu unggul dan mulai banyak digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan penjualannya? Kamu perlu pahami terlebih dahulu sebelum tahu cara jualan di TikTok Shop untuk pemula.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Dia 2 Cara Pencairan Dana TikTok Shop!

 

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Keunggulan TikTok Shop

Di tahun ketiganya ini, fitur TikTok Shop makin populer digunakan oleh masyarakat, baik itu sebagai seller maupun buyer. Berikut adalah beberapa keunggulan dari TikTok Shop yang perlu kamu tahu.

1. Merangkap Fungsi Sebagai Media Sosial dan untuk Belanja

Aplikasi TikTok memang pada dasarnya adalah platform media sosial yang kontennya berbasis video pendek, di mana penggunanya mampu melihat, mencari, hingga membuat video pendek untuk dibagikan ke sesama penggunanya. 

Baca Juga 
Sosis Murah untuk Jualan: Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Nah, dengan adanya fitur TikTok Shop, user TikTok bisa merasakan pengalaman membuka media sosial sekaligus mampu melakukan aktivitas jual beli. Jadi, istilahnya melalui satu aplikasi saja, kamu bisa mendapatkan dua manfaat. Hal inilah yang membuat TikTok Shop itu praktis dan menarik digunakan.

2. Angka Pengguna Aktif yang Fantastis

Keunggulan dari TikTok yang merangkap dua fungsi sekaligus ini tentunya menarik banyak kalangan untuk memakainya. Berdasarkan data yang ditemukan, pengguna aktif dari TikTok sendiri berkisar 800 juta lebih pengguna dengan rata-rata penggunaan 1,5 jam per harinya.

Ini berarti sebuah kesempatan emas bagi para pebisnis untuk berjualan di TikTok Shop. Jualanmu dapat dikenal oleh pengguna TikTok secara luas, apalagi kalau kamu juga sering memasarkannya melalui konten yang diunggah pada profilmu. Keunggulan ini juga salah satunya karena cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang mudah dilakukan lho!

3. Mudah Digunakan dan Banyak Promo

Keunggulan yang ketiga adalah TikTok Shop ini punya tampilan yang mudah untuk dipakai, baik itu bagi seller maupun buyer. Cara kerjanya pun mirip dengan e-Commerce atau marketplace pada umumnya sehingga mudah untuk dioperasikan oleh kalangan siapa saja.

Selain itu, TikTok Shop banyak digandrungi karena promo yang ditawarkannya. TikTok sendiri punya penawaran khusus bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan fitur TikTok Shop. Hal ini yang membuat TikTok Shop banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat sekarang ini.

4. Punya Fitur Live Shopping

Yap, TikTok sendiri menyediakan fitur Live di mana memungkinkan pengguna melakukan streaming secara real-time. Ini juga dimanfaatkan oleh pebisnis sebagai kesempatan untuk berjualan secara langsung melalui fitur Live. Viewers juga dapat melakukan pembelian langsung ketika Live tersebut berlangsung.

Baca Juga 
Buat Email Marketing? Yuk Intip Tipsnya Supaya Makin Menarik!

TikTok pada dasarnya menyediakan platform jual beli online yang lebih praktis melalui TikTok Shop. Pebisnis juga mampu melakukan promosi pada platform yang sama dan tidak memerlukan pindah platform lain untuk hal ini.

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Nah, untuk dapat mulai jualan di TikTok Shop, caranya mudah kok. Berikut di bawah ini adalah cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang bisa kamu ikuti.

1. Memenuhi Syarat sebagai Seller

Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang pertama, kamu perlu memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Usia minimal 18 tahun
  • Punya KTP
  • Punya rekening untuk bisnis

2. Daftar Akun Seller di TikTok Shop

Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang kedua, kamu bisa membuat akun Seller TikTok Shop dengan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka halaman website TikTok Shop di https://seller-id.tiktok.com.
  • Lakukan registrasi akun dengan memasukkan nomor telepon dan password. Kamu juga bisa masuk dengan akun TikTok jika sudah punya.
  • Isi informasi dan dokumen-dokumen  yang diperlukan.
  • Lakukan verifikasi akun.
  • Hubungkan rekening akun bisnis.

Mudah, bukan? Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula ini umumnya mirip dengan mendaftar di platform e-Commerce lainnya.

3. Menambahkan Produk di Akun

Untuk cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang ketiga, tentu saja kamu perlu memasukkan produkmu di akun. Nah, berikut ini adalah caranya.

  • Buka website TikTok Shop.
  • Masuk ke akun.
  • Pilih “Product”.
  • Pilih “Add new product”.
  • Isi semua kolom yang diperlukan.
  • Tambahkan gambar, foto, atau video.
  • Pilih “Publish”.

Pada dasarnya, dengan menerapkan cara jualan di TikTok Shop untuk pemula di atas, kamu sudah bisa membuka toko onlinemu di TikTok Shop. Kalau sudah, yuk simak tips agar jualan di TikTok Shopmu laku!

Baca Juga 
TikTok Affiliate, Cara Jualan di TikTok Tanpa Modal!

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Tips Jualan di TikTok Shop

Kalau sudah mengetahui apa saja langkah-langkah dalam cara jualan di TikTok Shop untuk pemula, berikut adalah beberapa tips untuk tingkatkan jualan di akun bisnis TikTok-mu.

  • Mengadakan TikTok Live. Sering mengadakan Live bisa meningkatkan brand awareness dan interaksi dengan pengguna TikTok.
  • Mengadakan Live Shopping. Manfaatkan Live untuk mengajak viewers melakukan belanja langsung.
  • Mencantumkan link pada Live atau konten. Hal ini memudahkan viewers untuk belanja langsung yang terhubung ke TikTok Shop.
  • Memanfaatkan ads. Gunakan ads untuk mendapatkan exposure dan menjangkau viewers yang lebih luas.
  • Membuat konten tentang produk. Viewers akan lebih kenal dengan produkmu dan brand. Buat konten yang menarik, seperti challange, q&a, stitch, dan lainnya.
  • Kolaborasi dengan influencer. Hal ini mampu membawa pelanggan baru dalam waktu yang singkat secara signifikan.
  • Memanfaatkan fitur TikTok. Gunakan sound atau trend yang sedang ramai digunakan agar video yang dibuat lebih terekspos.

Itulah tips dan cara jualan di TikTok Shop untuk pemula! Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula mudah dilakukan kok. Selain itu, jualan di TikTok Shop sangat worth it buat dicoba para pebisnis pemula. Sudah siap untuk terapkan cara jualan di TikTok Shop untuk pemula? 

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk di TikTok Agar Cepat Cuan

Jangan lupa untuk selalu kelola platform jual beli online-mu dengan baik. Lewat SmartSeller, kamu bisa kelola semua channel penjualan e-Commerce lebih praktis dan lewat satu pintu saja. Yuk, pakai SmartSeller sekarang!