Saat kamu memiliki UKM yang bergerak di bidang kreasi, pengiriman kargo adalah bagian penting dari UKM mu. Kamu perlu mempertimbangkan pengiriman kargo agar UKM kreasi yang kamu jalankan bisa berjalan dengan lancar. Terutama jika kamu memiliki UKM kreasi yang produknya cukup besar dan mudah rapuh seperti furnitur, guci, lukisan, kaca, dan sebagainya.

Memilih jasa pengiriman kargo adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar produk bisa dikirimkan kepada pelanggan dalam keadaan aman dan tidak terjadi kerusakan. Pengiriman cargo juga memberikan manfaat yang banyak untuk kamu yang perlu mengirimkan produk UKM kreasi ke luar negeri. Menggunakan pengiriman kargo adalah keputusan yang tepat agar barang yang dikirimkan dengan aman dan lancar.

Manfaat Pengiriman Kargo untuk UKM Kreasi

Pengiriman Kargo Adalah

 

Saat menjalankan bidang UKM kreasi dan mulai melakukan penjualan secara online, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah bagaimana cara kamu mengirimkan produk ke pelanggan. UKM kreasi adalah bidang UKM yang cukup banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Bentuk kreasi seperti vas, ukiran, alat musik, dan lainnya menjadi salah satu kreasi yang banyak diminati.

Semua hasil kreasi tersebut perlu dikirimkan dalam keadaan aman dan tanpa kerusakan. Sedikit saja kerusakan akan mengakibatkan kerugian yang besar. Terutama untuk kreasi yang berharga mahal seperti ukiran kayu jati. Proses pengiriman barang kreasi yang berukuran besar tentunya memerlukan pengiriman yang terpercaya seperti pengiriman kargo. Maka dari itu, penting sekali untuk UKM kreasi memilih pengiriman kargo yang paling tepat.

Berikut ini adalah manfaat menggunakan pengiriman kargo untuk UKM Kreasi:

  • Cepat

Pengiriman Kargo Adalah

Pengiriman kargo adalah pengiriman yang cepat dibandingkan dengan jenis pengiriman lainnya yang digunakan untuk mengirim produk kreasi berukuran besar. Pengiriman kargo dengan jalur udara akan lebih cepat sampai kepada pelanggan dibandingkan dengan pengiriman kargo dalam bentuk darat ataupun laut. Kamu bisa mengirimkan barang UKM Kreasi milikmu ke luar kota maupun ke luar negeri tanpa memerlukan waktu yang lama. Jadi pelanggan tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama.

Baca Juga 
Punya Toko Offline, Masih Perlukah Toko Online?

Meskipun cepat kamu juga perlu memperhatikan ketentuan pengiriman dari jasa pengiriman kargo. Ketentuan pengiriman kargo adalah peraturan yang perlu ditepati agar barang bisa terkirim dengan aman. Misalnya untuk pengiriman kargo udara dilarang ada baterai Lithium. Kamu perlu mengetahui aturan-aturan tersebut agar proses pengiriman barang menjadi lancar dan mudah.

Baca Juga: Batik Bayong, Kisah Sukses Bisnis Batik Fashion Designer

  • Dapat Diandalkan

Untuk pengiriman barang UKM kreasi yang mudah rapuh dan berukuran besar, pengiriman kargo adalah media yang paling bisa diandalkan. Pengiriman kargo profesional sudah terpercaya untuk mengelola proses pengiriman barang baik dalam maupun luar negeri. Kamu dapat mempercayakan pengiriman barang UKM kreasi milikmu pada jasa pengiriman kargo yang tepat. Pengiriman kargo juga memiliki protokol pengiriman dan perawatan yang bisa diandalkan, sehingga produk yang kamu kirim dapat terjaga kualitasnya.

Saat menggunakan pengiriman kargo, kamu juga bisa mengetahui perjalanan pengiriman. Misalnya jika proses pengiriman barang memerlukan 2 jalur yaitu jalur udara dan darat, kamu bisa meminta pihak kargo untuk menjelaskan bagaimana proses pengiriman. Jadi kamu bisa menyesuaikan kondisi barang dan pengemasan dengan jalur yang perlu dilewati.

  • Aman

Pengiriman kargo juga menjamin keamanan barang saat proses pengiriman. Perusahaan pengiriman kargo adalah salah satu perusahaan yang memiliki sistem pelacakan produk yang terpercaya. Setiap produk yang masuk dan keluar akan selalu dilacak dengan tepat sehingga barang hilang bisa diminimalisir. Bahkan perusahaan kargo juga memiliki asuransi yang bisa kamu ambil untuk melindungi barangmu saat pengiriman. Jadi saat terjadi kecelakaan yang mengakibatkan barang rusak ataupun hilang, kamu bisa mendapatkan ganti rugi atas kecelakaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, pengiriman kargo juga bekerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya adalah pihak maskapai penerbangan untuk pengiriman lewat jalur udara. Pihak maskapai memiliki peraturan untuk pengiriman kargo, begitu juga untuk perusahaan pengiriman kargo tersebut. Jadi barang bisa dikirimkan dengan keamanan yang terjamin. Terutama untuk kamu yang memiliki UKM kreasi dengan produk yang mudah pecah seperti vas, guci, dan kaca.

  • Banyak Menjangkau Lokasi Tertentu

Berbeda dengan jasa pengiriman lainnya, pengiriman kargo adalah jenis pengiriman yang menjangkau hampir seluruh wilayah bahkan untuk area terpencil sekalipun. Ini karena pengiriman kargo tidak hanya menggunakan satu jalur pengiriman saja. Sering kali perusahaan pengiriman kargo menggunakan berbagai jalur pengiriman yang bisa digunakan untuk menjangkau daerah terpencil tersebut. Barang yang dikirim juga menjadi lebih cepat sampai dalam kondisi aman.

Baca Juga 
20 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Usaha yang Efektif

 

Pengiriman Kargo Adalah

 

Untuk itulah penting sekali memastikan alamat pengiriman dengan detail dan akurat. Jadi kamu bisa berdiskusi dengan perusahaan pengiriman kargo apakah wilayah tersebut termasuk ke dalam daerah pengiriman mereka atau tidak. Karena pengiriman kargo adalah jenis pengiriman yang memiliki banyak jalur, kamu juga perlu memastikan berapa lama proses pengiriman memakan waktu, sehingga kamu bisa memberikan kejelasan kepada pelanggan.

  • Tracking Mudah

Perusahaan pengiriman kargo yang profesional memberikan layanan tracking kepada para pelanggannya. Tracking tersebut akan membantumu untuk melacak apa status pengiriman barang saat ini. Jadi kamu bisa mengetahui sampai mana proses pengiriman berlangsung dan memperkirakan berapa lama lagi waktu yang diperlukan hingga barang sampai ke pelanggan.

Tracking yang disediakan biasanya dalam bentuk web. Kamu akan diberikan AWB atau Air Way Bill yang bisa digunakan untuk melacak status paket yang kamu kirimkan. Selain AWB, tracking tersebut juga dikenal dengan nomor resi. Kamu bisa melacak bagaimana proses pengiriman barang dengan nomor resi tersebut.

Baca Juga: Arlinda Textile, Rahasia Mengelola Omset dan Profit

  • Harga Cukup Terjangkau

Pengiriman Kargo Adalah

 

Dibandingkan menggunakan jasa pengiriman pribadi, menggunakan pengiriman kargo tergolong lebih terjangkau. Alasannya karena perusahaan jasa pengiriman kargo adalah spesialis dalam pengiriman sehingga mereka juga memiliki protokol khusus untuk mengemas barang yang akan mereka kirimkan. Perusahaan pengiriman kargo akan membantumu mengemas barang dan mengirimkannya dengan aman. Proses pengemasan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan paket. Jika memerlukan pengemasan dengan kayu atau peti, perusahaan kargo akan membantu proses pengemasannya.

Ini juga merupakan bagian dari aturan perusahaan kargo. Karena jika barang yang dikirim rusak, maka perusahaan kargo akan mendapatkan kerugian juga. Mereka perlu mengganti rugi barang yang rusak. Bahkan akan lebih buruk dampaknya jika barang yang rusak berdampak pada paket lainnya. Jadi mereka menyediakan jasa pengemasan juga. Pastikan kamu berdiskusi dengan perusahaan pengiriman kargo agar lebih jelas.

Baca Juga 
Stock Opname Itu Apa? Ini Pengertian, Fungsi, dan Caranya

Memilih pengiriman kargo adalah salah satu solusi yang harus dipertimbangkan untuk UKM Kreasi. Barang-barang UKM Kreasi tidak bisa dikirimkan dengan pengiriman biasa. Terutama jika barang tersebut merupakan barang antik dan spesial. Resiko barang rusak akan lebih besar, jadi pengiriman kargo merupakan solusi yang tepat.

Jika kamu kebingungan memilih mana jasa pengiriman kargo yang tepat, kamu bisa memanfaatkan fitur order management yang ada pada SmartSeller. Fitur ini menyediakan layanan jasa pengiriman yang bisa kamu pilih untuk usahamu. Order management juga memberikan tracking yang akurat untuk paketmu. Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang!