Bisnis baju adalah jenis bisnis yang akan selalu diminati oleh banyak orang. Alasannya adalah karena bisnis baju adalah jenis usaha yang berhubungan dengan kebutuhan pokok seperti sandang, pangan, dan papan. Membuka bisnis ini juga merupakan salah satu peluang mudah untuk mendapatkan penghasilan.

Apakah kamu bercita-cita untuk membuka bisnis baju?

Artikel ini akan menjelaskan apa saja prospek bisnis baju yang berpotensi sukses dan banyak cuan serta alasannya. Kamu bisa mencari inspirasi dari daftar berikut ini sebelum memulai usaha tersebut.

Butik

Bisnis BajuSalah satu bisnis baju yang paling sering ditemukan adalah butik. Toko pakaian baik online maupun offline dapat ditemukan di mana saja. Prospek membuka bisnis butik atau toko pakaian juga sangat tinggi karena banyak orang yang selalu membutuhkan pakaian. Jika kamu ingin membuka butik atau toko pakaian, kamu perlu benar-benar memperhatikan siapa target pasarmu. Dengan begini kamu bisa menjual produk dengan lebih mudah.

Rental Pakaian

Prospek bisnis baju yang juga sedang naik daun adalah rental pakaian. Ini dikarenakan semakin banyak yang memerlukan pakaian untuk acara, tapi mereka tidak mau membeli pakaian baru. Selain itu, menyewa juga lebih menghemat biaya dibandingkan dengan membeli pakaian baru. Prospek untuk membuka bisnis ini cukup tinggi untuk dilakukan dengan semakin banyaknya generasi muda yang lebih sadar dengan pengaruh fashion dengan lingkungan.

Jika kamu akan menjalankan bisnis dalam bentuk rental pakaian, pastikan pakaian yang kamu sewakan merupakan pakaian yang unik. Misalnya seperti pakaian adat, kostum tertentu, dan juga pakaian merk tertentu yang jarang dimiliki banyak orang. Keunikan adalah kunci sukses dari bisnis baju rental pakaian.

Toko Gaun Pengantin

Bisnis Baju
Bisnis baju merupakan jenis bisnis yang luas. Salah satunya adalah gaun pengantin. Toko gaun pengantin akan selalu diminati karena setiap orang yang menikah akan membutuhkan gaun pengantin di hari spesial mereka. Menjual baju pengantin akan menjadi prospek bisnis baru yang memiliki banyak peminat. Kamu bisa menjual gaun pengantin baru ataupun menyewakan baju pengantin tersebut.

Pakaian Rajut

Saat menjalankan bisnis baju, kamu perlu memperhatikan apa saja tren yang terjadi di masyarakat. Tren fashion sering kali mengambil dari tren lama yang dipercantik lagi. Salah satunya adalah pakaian rajut. Bisnis dengan pakaian rajut semakin naik belakangan ini. Tren pakaian rajut dengan gaya yang disesuaikan dengan masa kini menjadi salah satu tren yang diminati anak muda. Jika kamu ingin memulai bisnis dengan pakaian rajut, kamu bisa membuat desain rajutan yang unik dan memastikan bahwa jenis pakaian rajut yang kamu buat berbeda dengan yang lainnya.

Baca Juga: Aplikasi Catatan Keuangan Gratis untuk UMKM

Distributor Kain

Bisnis baju yang berkembang tidak akan lengkap dengan kain yang berkualitas. Salah satu prospek bisnis yang juga bisa menghasilkan banyak cuan adalah menjadi distributor kain. Kain yang unik dan tidak banyak ditemukan bisa menjadi pilihan usahamu. Dengan semakin tingginya prospek bisnis dalam bidang fashion yang  berkembang saat ini, penjual kain pasti akan selalu dibutuhkan.

Lingerie

Menjual lingerie juga bisa menjadi prospek bisnis baju yang cocok. Lingerie merupakan salah satu jenis pakaian yang banyak dicari oleh orang dewasa. Kamu bisa menjual berbagai jenis lingerie secara online maupun offline. Saat memutuskan memulai bisnis lingerie, kamu perlu memperhatikan keamanan data pelanggan juga. Biasanya pelanggan tidak suka struk belanjaan dan nama barang terlihat dengan jelas di pembungkus paket.

Sablon

Bisnis Baju

Sablon merupakan jenis bisnis baju yang juga memiliki prospek tinggi. Jasa sablon seringkali diperlukan untuk pembuatan seragam hingga kebutuhan pembuatan pakaian dalam jumlah banyak. Memiliki keahlian menyablon saja tidak cukup untuk memulai usaha sablon. Kamu juga perlu meningkatkan usahamu dengan kualitas bahan dan produk serta menambah jaringan agar pelanggan datang semakin banyak.

Jahit Seragam

Menjahit seragam juga merupakan jenis bisnis baju yang selalu memiliki demand setiap tahunnya. Seragam yang dijahit tidak hanya seragam sekolah saja. Kamu juga bisa menjual seragam untuk kerja, seragam acara, hingga seragam keluarga untuk outing. Jasa jahit seragam akan dinilai dari kualitas jahitan dan kerapiannya. Jika kamu berencana melakukan bisnis jahit seragam, pastikan kamu juga memperhatikan poin tersebut.

Jahit Profesional

Membuka jasa jahit juga bisa menjadi bisnis baju yang memiliki kesuksesan besar. Memiliki bakat menjahit bisa kamu manfaatkan untuk memulai jasa jahit pakaian profesional. Banyak orang yang memerlukan jenis pakaian yang secara spesifik dibuat untuk ukuran mereka. Bisnis jahit profesional akan memiliki banyak peminat. Agar usaha ini bisa berkembang dengan baik, pastikan kamu juga memilih bahan yang tepat dan berkualitas agar hasilnya bisa maksimal.

Jahit Garmen

Bisnis baju selanjutnya adalah jasa jahit garmen. Jasa ini memang tidak secara langsung bertatap muka dengan pembeli pakaian, tapi jasa ini sangat dibutuhkan untuk proses pembuatan pakaian. Jahit garmen dibutuhkan untuk membentuk pola, merapikan pola pakaian serta memastikan bahwa garmen yang akan digunakan memiliki ukuran yang pas.

Baca Juga: Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Desainer

Menjadi desainer juga adalah salah satu prospek bisnis baju yang bisa menjadi pilihan usaha. Desainer pakaian yang unik akan mendapatkan peluang lebih besar untuk sukses. Menjadi seorang desainer perlu memiliki keunikan tersendiri. Kamu perlu membuat karya desain pakaianmu menjadi berbeda dari yang lainnya sehingga pembeli bisa tertarik dengan desain milikmu. Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan menjual desain pakaian yang kamu buat tanpa harus memproduksi pakaiannya.

Pakaian Bayi atau Anak

Bisnis Baju
Semakin banyaknya bisnis tentang fashion yang berkembang juga tidak melupakan bisnis pakaian untuk anak dan bayi. Jika dahulu pakaian anak dan bayi terkesan sederhana, saat ini kamu bisa menemukan lebih banyak desain yang unik dan bervariasi untuk pakaian anak dan bayi. Peluang ini bisa kamu gunakan untuk membuat pakaian bayi dan anak dengan desain yang mengikuti tren terkini. Pastikan bahan yang kamu gunakan aman dan nyaman digunakan untuk anak agar tidak ada anak dengan kulit sensitif yang mengalami alergi tertentu.

Dropshipper Kain

Menjadi dropshipper kain juga bisa menjadi peluang bisnis baju yang cocok untuk kamu yang ingin memulai usaha bisnis yang berhubungan dengan fashion. Kamu tidak perlu memproduksi kain tersebut, kamu bisa langsung mengirimkan kain kepada pelangganmu tanpa harus membuat stok barang terlebih dahulu. Cara ini cukup mudah dilakukan jika kamu tidak memiliki lokasi yang luas untuk bisnismu.

Jasa Bordir

Jasa bordir bukanlah jenis usaha yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Jasa bordir sering bekerja sama dengan desainer, penjahit profesional, dan usaha garmen untuk membuat bordir pada pakaian mereka. Jasa ini cukup banyak dibutuhkan karena bordir adalah bagian detail dari pakaian yang membuat pakaian tersebut lebih indah.

Prospek bisnis dalam bidang fashion di atas bisa kamu coba jika kamu ingin memulai usaha. Jika kamu memulai bisnis baju secara offline, kamu bisa menggunakan SmartSeller untuk membantu mengelola stok barangmu. SmartSeller merupakan dashboard untuk membantu pemilik usaha mengelola usaha mereka dengan mudah dan cepat. Langsung cek SmartSeller sekarang!