Menggunakan aplikasi rekap orderan untuk bisnis bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengelola usaha. Aplikasi tersebut akan mempermudah proses pencatatan pesanan dan tentunya manajemen usaha menjadi lebih teratur dalam setiap prosesnya. Menggunakan aplikasi rekap orderan juga akan mengurangi human error yang mungkin terjadi. Jadi setiap data transaksi akan tercatat dengan tepat dan akurat tanpa khawatir ada yang salah.

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi Rekap Orderan?

Aplikasi Rekap Orderan

Pengertian sederhana dari aplikasi rekap orderan adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mencatat pesanan yang masuk dalam suatu usaha. Biasanya aplikasi tersebut tidak hanya digunakan untuk mencatat orderan saja, tapi terdapat fitur lain seperti untuk memeriksa status pesanan, melihat pendapatan yang dihasilkan, hingga mengelola inventory yang berhubungan dengan penjualan.

Penggunaan aplikasi rekap orderan juga banyak dilakukan oleh perusahaan baik kecil maupun besar. Hal tersebut karena, aplikasi dapat memproses pesanan dan melihat berapa banyak transaksi yang terjadi dalam setiap periode waktu tertentu. Jadi selain digunakan untuk rekap orderan, aplikasi tersebut juga bisa membantu untuk menghitung pendapatan usaha.

Apalagi sebagian besar aplikasi rekap orderan bisa diakses dengan sangat mudah. Saat ini, teknologi sudah memudahkan berbagai macam pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk rekap orderan. Kamu bisa mengunduh aplikasi tersebut dengan gratis di Play Store maupun App Store. Tidak jarang aplikasi tersebut juga memiliki fitur POS yang bisa digunakan untuk transaksi secara offline. Jadi ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Apa itu Katalog? Penjelasan dan Fungsinya dalam Bisnis

Manfaat Aplikasi Rekap Orderan untuk Usaha

Aplikasi Rekap Orderan

Jika kamu masih ragu untuk menggunakan aplikasi rekap order atau tidak, kamu bisa melihat beberapa manfaatnya berikut ini:

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Beberapa aplikasi rekap orderan juga dilengkapi dengan fitur customer service di mana aplikasi akan mempermudah proses pelayanan pelanggan kapan pun dan di mana pun. Bahkan dengan menggunakan aplikasi rekap order yang tidak dilengkapi dengan fitur pelayanan pelanggan sekalipun juga tetap bisa meningkatkan layanan pelanggan usahamu.

Baca Juga 
5 Manfaat Membaca Buku tentang Bisnis bagi Para Pemula!

Pada dasarnya, aplikasi rekap order akan memberikan notifikasi untukmu ketika ada pesanan yang masuk, sehingga kamu bisa langsung menanggapi pesanan tersebut dengan cepat. Pelanggan juga tidak perlu menunggu lama untuk respon pembelian mereka. Ini bisa menjadi salah satu cara meningkatkan pelayanan pelanggan karena pelanggan merasakan kemudahan untuk proses transaksi.

  • Menguatkan Branding Usaha

Aplikasi Rekap Orderan

Perusahaan besar yang memiliki branding yang kuat pasti memiliki sistem pencatatan pesanan pelanggan yang juga tepat. Berinvestasi pada aplikasi rekap orderan berkualitas bisa membantu menguatkan branding usahamu. Coba bayangkan jika motto dari usahamu adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan tapi hal tersebut tidak tercermin dengan baik dari cara usaha menanggapi pesanan pelanggan. Tentunya hal tersebut bisa merusak citra usaha.

Pentingnya menggunakan aplikasi rekap order berkualitas agar bisa membantu meningkatkan citra usaha dapat dirasakan dari hal tersebut. Ini karena aplikasi rekap order juga membantu menaikkan citra perusahaan di mata pelanggan dengan cara merespon pesanan mereka dengan tanggap.

  • Memudahkan Akses Pelanggan

Tentunya setiap pelanggan tidak suka menunggu lama untuk setiap barang yang mereka beli. Mereka lebih suka membeli di toko yang memasang harga lebih mahal tapi proses pesanan jauh lebih cepat dibandingkan dengan harga terjangkau tapi prosesnya lama. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk berinvestasi pada aplikasi rekap orderan.

Aplikasi tersebut akan dengan cepat mencatat pesanan sehingga kamu bisa memproses dengan mudah dan akurat. Selanjutnya kamu bisa langsung mengirimkan pesanan dan data penjualan juga sudah tercatat secara otomatis dalam aplikasi.

  • Memberikan Insight Bermanfaat

Aplikasi rekap orderan juga memiliki salah satu fitur penting lain seperti insight. Fitur tersebut terhubung dengan rekap orderan dan bisa memberikan insight yang bermanfaat untuk pemilik usaha. Misalnya insight untuk melihat mana produk yang terjual dengan cepat dan mana yang tidak. Selanjutnya, insight tersebut bisa menjadi informasi penting untuk proses analisa bisnis di masa mendatang.

Baca Juga 
Buat Customermu Balik Lagi dengan Tips Simple Ini

Penting sekali adanya insight dalam suatu aplikasi rekap order tersebut. Selain membantu melihat perkembangan usaha, insight juga bisa digunakan untuk melihat kekurangan usaha. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dari usahamu.

  • Bisa Digunakan Sebagai Strategi Pemasaran

Aplikasi rekap order dapat digunakan sebagai strategi pemasaran yang tepat. Beberapa aplikasi rekap order bahkan sudah dilengkapi dengan fitur integrasi dengan beragam marketplace yang ada. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mempromosikan usahamu lewat saluran yang sudah terhubung.

Tidak hanya itu saja, data pelanggan yang masuk dalam pesanan juga tercatat dengan aman dalam aplikasi. Data tersebut bisa kamu gunakan untuk mengirimkan newsletter atau pengingat informasi diskon serta promo ke email pelanggan. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dan mudah dilakukan.

Baca Juga: Pengertian Pengemasan serta Fungsi dan Tipsnya

  • Lebih Terjangkau

Aplikasi Rekap Orderan

Dengan beragam fitur yang disediakan, tentunya akan ada yang merasa bahwa aplikasi rekap order terbaik memiliki harga yang mahal. Padahal beberapa aplikasi rekap order dapat diunduh dengan gratis dan juga menyediakan beberapa fitur yang dapat diakses secara gratis oleh penggunanya. Tentunya hal tersebut jauh lebih mudah dan terjangkau bagi usaha kecil.

Bahkan jika dihitung dengan seksama, menggunakan aplikasi rekap order justru lebih terjangkau dibandingkan dengan cara manual atau tidak menggunakan aplikasi sama sekali. Dengan resiko human error yang mungkin muncul, kerugian penulisan catatan order secara manual justru lebih besar dibandingkan dengan menggunakan aplikasi yang sudah terintegrasi dengan baik.

  • Memiliki Kontrol Tersendiri

Berjualan di marketplace memang mendapatkan fitur untuk mencatat orderan yang masuk. Sayangnya kamu tidak bisa mendapatkan datanya secara keseluruhan dan memiliki kontrol yang maksimal. Dengan menggunakan aplikasi rekap order untuk usahamu, kamu bisa mendapatkan kontrol yang akurat terhadap setiap data pesanan yang masuk. Jadi, pencatatan pesanan pelanggan akan lebih akurat dan mempermudah proses pembuatan laporan keuangan usaha di akhir periode akuntansi nantinya.

Baca Juga 
Retur Penjualan adalah: Jenis dan Dampak pada Bisnis

Teknologi semakin berkembang di era saat ini, apalagi semakin banyak juga masyarakat yang paham dengan online shopping serta teknologi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi untuk rekap order yang berkualitas agar proses usahamu lebih terbantu. Menggunakan aplikasi rekap order merupakan salah satu cara yang bisa mempermudah proses berjalannya usaha. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terjadi kesalahan untuk pencatatan pesanan usahamu.

Usaha kecil yang tidak memiliki modal terlalu banyak, menggunakan aplikasi rekap order akan jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tidak sama sekali. Terlebih, jika aplikasi rekap order yang kamu gunakan adalah SmartSeller. Dengan beragam fitur seperti inventory management untuk mengelola stok, terhubung dengan beragam marketplace yang ada, hingga fitur shipping management untuk mengelola pengiriman pesanan tentunya akan memudahkan proses berjalannya usahamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang!