Bagi pemula, langkah awal memulai usaha mungkin terasa sulit. Terlebih, di era saat ini persaingan bisnis semakin masif. Sehingga, langkah awal memulai usaha untuk membangun sebuah bisnis bukan hanya sekadar mengikuti tren semata, tetapi juga harus diperlukan wawasan dan pengetahuan. 

Ketika kamu mulai tertarik membangun bisnis, tentu perlu menyiapkan apa saja sebagai langkah awal memulai usaha, terlebih jika memulainya dari nol dan tidak memiliki pengalaman berbisnis sebelumnya. Oleh karenanya, pastikan jika kamu  telah mempelajari dengan cermat langkah awal memulai usaha agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar dan memiliki persiapan yang matang.

Alasan Kamu Harus Berbisnis

Sebelum membahas langkah awal memulai usaha, ada baiknya kamu untuk mengetahui alasan mengapa penting untuk memulai sebuah bisnis. Sebab, memulai sebuah bisnis bukan sebuah keputusan yang mudah bagi beberapa orang. Tentu langkah awal memulai usaha harus menjalaninya dengan tekun.

Tertarik untuk berbisnis? Yuk, simak alasan mengapa kamu harus berbisnis sejak dini.

  1. Waktu Kerja yang Fleksibel

Ketika menjadi pebisnis, kamu bisa leluasa untuk mengatur waktu kerja. Bahkan, ketika bisnis yang kamu jalani sudah mulai berkembang, kamu bisa tidak perlu lagi untuk sering datang ke tempat kerja, cukup bekerja dari rumah saja.

Langkah Awal Memulai Usaha

  1. Bisa Menentukan Lokasi Kerja

Kelebihan dengan memulai usaha adalah kamu bisa bebas menentukan lokasi kerja sendiri tak seperti karyawan atau pegawai kantor lainnya. Selain lokasinya, kamu juga memutuskan akan memiliki kantor atau pun hanya di rumah dengan membuka usaha online. Bahkan, jika kamu memulai bisnis online, kamu bisa memutuskan untuk bekerja dari kafe juga tempat nyaman pilihan kalian. 

Baca Juga: Ide Jualan di Shopee Modal Kecil untuk Pebisnis Pemula

  1. Bisa Mencoba Berbagai Peluang Usaha

Dengan memulai berbisnis, maka semakin besar peluangmu untuk terus mencoba kesempatan berbisnis lainnya. Kamu bisa dengan mudah mengetahui jenis usaha yang cocok dengan kepribadianmu. Tak hanya itu, ketika bisnis yang kamu jalankan sudah mulai stabil, kamu bisa mencoba usaha lainnya. Pun, ketika gagal, kamu dengan bebas mencoba peluang usaha lainnya.

  1. Penghasilan yang Tidak Terbatas

Berbisnis berarti membuka dengan lebar penghasilan yang akan kamu peroleh. Kamu juga bisa dengan bebas mengatur keuangan dari perusahaan yang kamu bangun. Tetapi perlu diingat, ketika kamu dituntut untuk mengatur keuangan, maka kamu harus teliti untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan.

Baca Juga 
Metode Pemasaran yang Tepat untuk Usaha Kecil dan Startup

Langkah Awal Memulai Usaha

  1. Bebas Mengembangkan Ide

Ketika kamu memulai bisnis, kamu bisa dengan bebas mengembangkan ide atau membuatmu lebih kreatif. Sebab, kamu secara tidak langsung akan didorong untuk mencari ide-ide baru agar usahamu semakin berkembang.

Langkah-langkah Awal Memulai Usaha

Untuk memulai berbisnis, ada beberapa langkah awal memulai usaha yang harus kamu pelajari dan terapkan, apalagi bagi kamu yang belum pernah memiliki pengalaman dalam berbisnis. Dengan mempelajari langkah awal memulai usaha, maka pondasi usaha yang kamu jalankan akan semakin kuat. Sehingga, nantinya usaha yang kamu jalani dapat berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa langkah awal memulai usaha yang bisa kamu ikuti agar tidak bingung ketika memulai usaha.

Tonton Juga: SmartSeller : Integrasi dengan Marketplace

  1. Tentukan Jenis Usaha

Langkah awal memulai usaha yang pertama adalah menentukan jenis usaha yang akan kamu kelola. Untuk memulainya, kamu bisa terlebih dulu membuka bisnis yang kamu sukai atau bisa membuka jenis usaha yang cocok dengan lingkungan tempat kamu tinggal. Selanjutnya, kamu bisa terus melakukan inovasi agar usahamu semakin berkembang.

Langkah Awal Memulai Usaha

  1. Riset

Setelah menentukan jenis usaha yang akan kamu kembangkan, langkah awal memulai usaha selanjutnya adalah dengan melakukan riset. Penting bagi kamu untuk memahami seluk beluk usaha yang kamu jalani hingga tren yang sedang digemari oleh pelanggan. Pun, dengan melakukan riset, kamu bisa menemukan kelebihan atau kekurangan dari jenis usaha yang akan kamu kerjakan. Tentu saja, hal itu harus kamu lakukan agar bisa menentukan strategi usaha yang tepat bagi bisnismu.  

  1. Merencanakan Keuangan

Poin penting yang harus kamu perhatikan dari langkah awal memulai usaha adalah menentukan atau merencanakan anggaran. Pastikan kamu memasukkan semua kebutuhan serta pengeluaran dari bisnismu selama setahun ke dalam anggaran tersebut. Merencanakan anggaran juga penting untuk memaksimalkan jalannya strategi usaha yang kamu buat. Jadi, buatlah anggaran sebaik mungkin agar kamu tidak merugi!

  1. Mempersiapkan Modal

Mempersiapkan modal juga penting dalam langkah awal memulai usaha. Tanpa modal, tentu usaha yang kamu jalankan tidak akan berjalan dengan lancar. Sehingga, penting untuk mempersiapkan modal yang terencana. Perlu diingat, jangan terburu-buru untuk meminjam modal jika kamu tidak yakin untuk mengembalikannya dalam waktu tertentu. Jadi, pastikan kamu mempunyai tabungan modal usaha terlebih dahulu, ya.

  1. Tentukan Target Pasar

Setelah beberapa hal di atas telah ditentukan, maka langkah awal memulai usaha selanjutnya adalah dengan menentukan target pasar. Dengan menentukan target pasar, maka kamu bisa menentukan kesuksesan penjualan produk yang kamu jual di pasaran. Tak hanya tiu, jika target pasar sudah diketahui, maka kamu bisa dengan mudah menentukan inovasi selanjutnya.

Baca Juga 
Cara Cek Ongkir Cargo Online untuk Membantu Bisnis!

Langkah Awal Memulai Usaha

  1. Siapkan Tim

Langkah awal memulai usaha yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan tim dengan kredibilitas yang baik. Seperti diketahui, sebuah perusahaan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya tim yang menaungi. Jadi, ketika kamu merekrut karyawan, pastikan mereka bisa mengerjakan tugas dengan baik.

  1. Daftarkan Brand secara Resmi

Ketika kamu sudah mulai serius menggeluti bisnis, pastikan untuk mendaftarkan brand bisnis yang kamu kerjakan secara resmi. Sebab, hal ini tentu saja masuk ke dalam langkah awal memulai usaha agar bisa semakin berkembang. Hal ini lantaran brand yang kamu gunakan memiliki peranan penting dalam aspek bisnis.

Lanjut, setelah mendaftarkan bran secara resmi, kamu bisa mendapatkan izin resmi atau lisensi dari pemerintah. caranya, kamu bisa mengumpulkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan dalam proses pendaftaran.

Baca Juga: Wajib Tau! Ini 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

  1. Buat Strategi Promosi

Terakhir, langkah awal memulai usaha adalah dengan membuat strategi promosi dengan tepat. Sebab, dengan membuat strategi produk yang baik, maka bisa memperkenalkan produk yang kamu jual kepada calon pelanggan. Tak hanya itu, dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat, maka produk yang kamu tawarkan bisa dengan mudah terjual. Jadi, semakin banyak cara yang kamu gunakan, tentu saja semakin besar juga peluang perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Jangan khawatir, di era serba teknologi ini kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Misalnya, kamu bisa membuat media sosial, melakukan iklan, atau menyewa jasa dari influencer.

Sebagai langkah awal memulai usaha, kamu bisa menggunakan jasa layanan, misalnya SmartSeller. Platform satu ini memiliki beragam fitur lengkap, yakni manajemen order untuk membantumu dalam mengelola pesanan yang masuk. Selain itu, kamu juga bisa mengelola toko online semakin mudah dengan fitur marketplace integration. Klik di sini yuk. 

Baca Juga 
Mengenal Pengertian Impor dan Ekspor, Beserta Tujuannya!