Ada beberapa ekspedisi TikTok Shop yang perlu kamu ketahui agar saat kamu mengirimkan barang yang dibeli oleh pelanggan lewat TikTok Shop, kamu bisa melacak pesanan tersebut. Ekspedisi yang ada di TikTok Shop ada bermacam-macam. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan jenis paket yang akan kamu kirimkan dan juga kemana lokasi pengantaran barang. Penting sekali untuk memeriksa ekspedisi TikTok Shop sebelum mulai jualan di TikTok agar kamu bisa lebih mudah mengelola pengiriman barang.

Apa Saja Ekspedisi TikTok Shop yang Tersedia?

Ekspedisi TikTok Shop

Setiap toko yang berjualan di TikTok Shop memiliki ekspedisi yang berbeda-beda. Ini karena lokasi dan kebutuhan penjual berbeda satu sama lain. Memeriksa apa saja ekspedisi TikTok Shop yang tersedia untuk areamu juga akan membantu proses pengiriman barang menjadi lebih cepat sampai ke pelanggan. Daftar ekspedisi TikTok Shop yang bisa kamu gunakan sebagai jasa pengiriman, di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • J&T Express
  • JNE
  • Ninja Express
  • SiCepat
  • AnterAja
  • TIKI

Dengan adanya berbagai pilihan ekspedisi TikTok Shop di atas, kamu bisa menyesuaikan mana yang berada paling dekat dengan lokasimu. Memilih jasa ekspedisi yang dekat dengan lokasi cukup penting agar proses pengiriman juga lebih mudah dilakukan. Kamu tidak perlu menempuh jarak yang jauh untuk bisa mengirim barang sehingga pengemasan menjadi lebih cepat. Terlebih jika barang yang perlu dikirim cukup banyak karena kamu akan kerepotan membawanya.

Baca Juga: Deskripsi Pekerjaan dan Tugas Staff Gudang dalam Bisnis

Cara Mengecek Resi di TikTok Shop

Ekspedisi TikTok Shop

Tenang saja, TikTok Shop memberikan sistem pelacakan paket sehingga kamu bisa memeriksa bagaimana kondisi paket yang sedang kamu kirimkan. Pemeriksaan resi tersebut bisa dicek secara langsung lewat aplikasi sehingga kamu tidak perlu membuka platform lain untuk memeriksa paket yang sedang dikirim. Berikut ini adalah cara mengecek resi TikTok Shop lewat aplikasi yang bisa kamu ikuti:

  • Buka aplikasi TikTok lalu masuk ke profil akun TikTok milikmu.
  • Pilih ikon 3 garis yang ada di pojok kanan atas bagian profil akunmu.
  • Pilih menu “Order” atau “Pesanan” yang muncul.
  • Kemudian kamu akan disajikan beberapa kategori pesanan mulai dari Semua, Belum Dibayar, Untuk Dikirim, dan juga Dikirim.
Baca Juga 
7 Rekomendasi Film Motivasi Indonesia Tentang Bisnis

Masing-masing kategori tersebut menunjukkan status pesanan. Misalnya untuk kategori “Untuk Dikirim” adalah kategori untuk barang-barang yang perlu dikirimkan oleh usahamu. Jika kamu memiliki banyak pesanan yang semakin meningkat, maka penting sekali untuk bekerja sama dengan ekspedisi TikTok Shop yang bisa dipercaya dan bisa bekerjasama dengan mudah.

Tips Menentukan Ekspedisi yang Tepat untuk Usahamu

Ekspedisi TikTok Shop

Sebelum mulai berjualan di TikTok Shop, ada baiknya kamu mencoba untuk memeriksa apa saja jasa ekspedisi yang ada di sekitar area usahamu. Pemeriksaan ini adalah salah satu langkah untuk menentukan mana jasa ekspedisi yang paling tepat untuk digunakan. Jadi, kamu bisa memanfaatkan jasa ekspedisi tersebut untuk bekerja sama dengan usahamu.

Berikut ini adalah beberapa tips menemukan jasa ekspedisi yang tepat untuk usahamu.

  • Periksa Ketersediaannya

Memeriksa apakah jasa ekspedisi tersedia di area lokasi usahamu adalah hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu tidak perlu mencari seluruh jasa ekspedisi untuk diperiksa. Cukup fokus pada jasa ekspedisi TikTok Shop yang tersedia seperti yang disebutkan di atas. Pilih mana di antara jasa ekspedisi tersebut yang tersedia di area sekitarmu.

Hal lain yang juga harus diperiksa adalah ada jenis pengiriman apa saja yang disediakan. Apakah jasa ekspedisi tersebut menyediakan jasa pengiriman same day dan juga pengiriman metode lainnya? Kamu perlu mengetahui metode pengiriman untuk menentukan apa jenis pengiriman yang cocok untuk digunakan mengirim barangmu. Terutama jika kamu memiliki produk yang cukup rapuh saat dikirimkan.

  • Harga Pengiriman

Meskipun TikTok memberikan subsidi pengiriman untuk setiap penjualnya, ada baiknya kamu memeriksa harga untuk setiap pengiriman yang dilakukan juga. Kamu bisa lebih transparan pada pelaporan keuangan usaha dan juga pada pelangganmu. Terutama jika terdapat potongan diskon atau penambahan harga ongkos kirim. Untuk produk yang memiliki dimensi besar, kamu juga harus menanyakan dengan rinci berapa harga pengiriman per kilogram. Oleh karena itu, kamu bisa memahami perhitungan harga ongkir dalam jasa ekspedisi yang kamu pilih.

  • Asuransi yang Disediakan

Periksa apakah jasa ekspedisi tersebut menyediakan asuransi untuk setiap pengiriman barang atau tidak. Kamu bisa menanyakan secara langsung kepada jasa ekspedisi tersebut, atau kamu bisa bertanya kepada TikTok. Asuransi sangat diperlukan untuk pengiriman barang yang memiliki nilai tinggi. Jika terjadi kehilangan atau kerusakan barang, penjual tidak akan rugi besar karena pihak jasa ekspedisi akan memberikan ganti rugi. Pastikan TikTok memberikan berbagai macam pilihan jenis asuransi untuk jasa ekspedisi TikTok yang disediakan.

  • Sistem Resi yang Jelas

Ekspedisi TikTok Shop

Kamu perlu memperhatikan apakah jasa ekspedisi TikTok Shop tersebut menyediakan sistem resi yang jelas. Resi sangat dibutuhkan untuk transparansi dengan pelanggan. Kamu perlu menyediakan resi yang jelas dan lengkap agar pelanggan bisa melacak paket yang mereka beli. Dengan adanya resi, proses pengiriman barang juga akan lebih mudah karena penjual maupun pembeli bisa melihat secara langsung lewat resi tersebut. Dengan demikian, tidak perlu lagi bertanya secara manual kepada penjual maupun kepada pihak ekspedisi.

  • Aturan yang Perlu Diketahui

Masing-masing jasa ekspedisi pastinya memiliki peraturan yang harus diikuti. Misalnya tidak boleh mengirimkan minuman atau buah. Kamu perlu mempelajari berbagai macam aturan tersebut agar bisa memilih mana jasa ekspedisi yang cocok untuk digunakan mengirimkan produkmu. Tentunya dengan mengetahui aturan yang ada, kamu juga bisa menentukan mana jasa pengiriman yang paling tepat untuk digunakan.

Baca Juga 
Cara Cek Ongkir Cargo Online untuk Membantu Bisnis!

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu menanyakan bagaimana proses pengemasan jasa ekspedisi. Misalnya seperti pengemasan kayu dan pengemasan peti. Jika jasa ekspedisi tersebut menyediakan berbagai pilihan pengemasan, maka kamu bisa mendapatkan kemudahan untuk mengemas produk. Terutama jika produk usahamu adalah produk kreasi seperti ukiran atau cermin yang memerlukan perawatan ekstra selama pengiriman.

Baca Juga: Cara Kirim Paket JNE yang Mudah dan Aman

  • Pelacakan Pesanan

Setiap jasa ekspedisi TikTok Shop pasti menyediakan sistem pelacakan pesanan. Kamu perlu memastikan bahwa pelacakan jasa ekspedisi tersebut akurat dan bisa dipercaya. Tanpa adanya sistem pelacakan yang akurat, proses pengiriman dan kepercayaan pelanggan bisa terganggu. Kamu perlu memastikan bahwa pelacakan pesanan memiliki sistem yang baik dengan memeriksa secara lengkap dan rinci.

  • Jejak Rekam yang Bagus

Hal yang juga tidak bisa dilupakan adalah memeriksa jejak rekam jasa ekspedisi tersebut. Ekspedisi dengan jejak rekam yang baik pastinya akan lebih dipercaya untuk melakukan pengiriman. Jika ada riwayat barang hilang, maka pasti akan merugikan penjual. Kamu perlu memastikan apakah jasa ekspedisi tersebut memiliki rekam jejak yang baik atau tidak.

Ekspedisi TikTok Shop yang tersedia memang sudah terpercaya kualitasnya, tapi ada baiknya kamu juga mempelajari secara langsung bagaimana sistem kerjanya. Terutama jika kamu berjualan lewat banyak saluran dan tidak hanya di TikTok Shop saja. Dengan semakin banyak saluran penjualan, kamu juga perlu pengelolaan yang tepat. Kamu bisa menggunakan SmartSeller yang merupakan dasbor pengelolaan beragam saluran penjualan dalam satu tempat. Jadi, kamu bisa memaksimalkan strategi penjualan tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang dan dapatkan promo gratis 3 bulannya!

Baca Juga 
Ide Jualan Makanan Pedas yang Banyak Dicari dan Laris Manis