Jasa pengiriman kargo di Indonesia sudah cukup banyak. Hal tersebut bisa dilihat dari bagaimana sibuknya aktivitas kargo baik di darat, air, maupun udara. Pengiriman tersebut juga ditujukan ke bermacam-macam daerah yang berbeda dan berisikan produk yang cukup variatif pula. Pengguna kargo pun bermacam-macam latar belakangnya meskipun biasanya didominasi oleh pedagang.

Oleh karena itu, pedagang atau pebisnis harus mengerti mengenai seluk beluk jasa pengiriman kargo. Artikel ini dibuat untuk membantu kamu memahami tentang jasa kargo serta apa saja jenis-jenisnya. Dengan begitu, kamu tahu kapan kamu harus menggunakan kargo serta apa saja yang bisa dikirimkan melalui kargo. 

Pengiriman Kargo

Jasa Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo saat ini semakin banyak digunakan. Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya umkm ataupun bisnis online yang dimiliki masyarakat. Meskipun perusahaan besar juga menggunakan pengiriman kargo, tapi semakin menjamurnya bisnis membuat jasa pengiriman kargo semakin ramai. Apalagi bisnis online sering melakukan shipping.

Banyak masyarakat awam yang mengira bahwa kargo hanya bisa digunakan oleh bisnis besar. Pada kenyataannya, hal tersebut salah. Kargo tidak hanya bisa digunakan oleh pebisnis besar saja, tapi juga pebisnis kecil. Selain itu, kargo juga tidak hanya digunakan untuk kepentingan bisnis saja.

Baca Juga: Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang yang Perlu Kamu Tahu

Jasa pengiriman kargo tidak hanya bisa digunakan oleh penjual yang ingin mengirim barang ke pembeli saja, tapi juga masyarakat awam. Pada hakikatnya, kargo adalah barang yang dikirimkan melalui jalur darat, air, maupun udara. Biasanya, pengiriman kargo yang dilakukan sebuah jasa selalu dalam jumlah besar. Berikut ini adalah beberapa jenis barang yang harus dikirim melalui kargo:

1. Makanan

Makanan adalah salah satu hal yang sering dikirimkan melalui kargo. Hal tersebut dikarenakan makanan yang biasanya dikirimkan ke suatu daerah, biasanya berada dalam jumlah yang banyak. Beberapa jasa pengiriman kargo juga menyediakan jasa agar makanan tersebut dapat terjaga dengan baik sementara sebagian besar jasa pengiriman barang reguler tidak bertanggung jawab jika terjadi apa-apa dengan makanan tersebut.

Baca Juga 
9 Usaha Online Shop Terlaris yang Wajib Kamu Coba!

2. Furnitur

Jasa Pengiriman Kargo

Furnitur merupakan salah satu contoh barang lain yang sering dikirim melalui kargo. Baik untuk kepentingan bisnis atau tidak, furnitur akan cukup sulit dipindahkan jika tidak menggunakan jasa kargo. Mengirim furnitur melalui pengiriman kargo juga cenderung lebih murah karena jasa pengiriman ini biasanya menerapkan biaya yang cukup murah untuk barang berat dibandingkan dengan jasa reguler.

3. Alat Transportasi

Alat transportasi seperti mobil ataupun motor juga sering dikirimkan melalui kargo. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggunaan alat transportasi pribadi tertinggi. Biasanya, jika seseorang ingin mengirimkan kendaraan tersebut ke daerah lain, mereka akan menggunakan pengiriman kargo. Pengiriman kargo akan jauh lebih hemat dibandingkan dengan membawa kendaraan tersebut hingga ke tempat tujuan.

4. Hewan

Hewan merupakan salah satu komoditas yang sering dikirim melalui kargo. Pengiriman reguler biasanya tidak memperbolehkan pengiriman hewan atau makhluk hidup karena akan membahayakan mereka. Sementara jasa pengiriman kargo biasanya menyediakan layanan khusus untuk hewan baik peliharaan maupun ternak. Hewan yang dikirim juga dipisahkan dengan barang-barang lain agar masih bisa bernapas dengan lega.

Macam-Macam Jasa Pengiriman Kargo

Setelah mengerti definisi jasa pengiriman kargo serta barang-barang yang sering dikirimkan melalui kargo, tentu kamu ingin lebih mengenal tentang kargo. Berikut ini adalah jasa pengiriman kargo yang sering dilakukan:

1. Truk

Jasa pengiriman kargo yang pertama adalah dengan menggunakan truk. Jasa pengiriman yang satu ini merupakan yang paling sering dilakukan oleh masyarakat. Hal itu bisa dilihat ketika kamu berada di jalan raya besar dan banyak truk dengan kontainer atau box yang berlalu-lalang. Seringkali, muatan tersebut merupakan kargo yang harus diantar tepat waktu.

Baca Juga 
20 Desain Packaging Unik dan Kreatif untuk Membangun Brand Online Shop Anda

Baca Juga: Pengiriman Kargo adalah Solusi UKM Kreasi, Ini Alasannya

2. Kereta

Selain truk, ada metode jalur yang sering digunakan yaitu kereta. Kereta sendiri merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan di Pulau Jawa. Oleh karena itu, biasanya jasa pengiriman ini digunakan di pulau Jawa. Jasa pengiriman kargo yang satu ini juga tergolong cepat mengingat kereta tidak dapat terhambat oleh apapun kecuali terjadi musibah atau kesalahan teknis.

3. Kapal Laut

Jasa Pengiriman Kargo

Jasa pengiriman kargo lainnya adalah menggunakan kapal laut. Sebagai negara kepulauan, penggunaan kapal laut di Indonesia juga cukup sering baik untuk kepentingan transportasi ataupun bisnis. Apalagi jasa pengiriman dengan kapal laut terjangkau serta dapat memuat barang dengan dimensi ataupun jumlah yang cukup besar. Indonesia juga membutuhkan jasa ini untuk mengirim dari pulau satu ke pulau lainnya.

4. Pesawat

Pesawat merupakan salah satu metode jasa pengiriman kargo yang dibutuhkan di seluruh dunia. Jangkauan pesawat yang luas menjadi salah satu alasannya. Banyak jenis barang khusus yang sebaiknya hanya dikirimkan menggunakan pesawat. Mengirim barang melalui kargo udara bisa dibilang cukup cepat. Hanya saja, pelanggan harus merogoh kocek yang lebih dalam dibandingkan pengguna jasa pengiriman kargo lainnya.

Jenis-Jenis Kargo

Jasa Pengiriman Kargo

Setelah memahami tentang cara pengiriman serta barang yang biasanya dikirimkan, ternyata barang-barang yang dikirim melalui kargo juga diklasifikasikan menjadi beberapa kargo. Berikut ini adalah beberapa jenis kargo yang dimaksud

1. Kargo Umum

Kargo yang satu ini biasanya adalah barang-barang yang biasa dikirimkan melalui jasa pengiriman kargo maupun reguler. Barang yang diklasifikasikan sebagai kargo umum tidak perlu ditangani secara khusus. Barang-barang ini biasanya akan dikumpulkan menjadi unit yang lebih besar.

Baca Juga 
5 Tips Menangani Keluhan Pembeli Online Shop

2. Kargo Khusus

Salah satu alasan penggunaan jasa pengiriman kargo adalah kargo menyediakan penanganan tertentu. Banyak kargo yang membutuhkan penanganan tertentu agar tidak terjadi sesuatu dengan barang-barang tersebut. Barang-barang berharga seperti emas ataupun berlian ataupun bahan makanan merupakan bahan yang butuh penanganan khusus. Selain itu, mayat manusia maupun organ manusia juga merupakan kargo yang butuh penanganan khusus.

3. Kargo Berbahaya

Jasa Pengiriman Kargo

Kargo yang satu ini juga sebenarnya membutuhkan penanganan khusus, tapi untuk alasan yang jauh berbeda. Kargo ini merupakan kargo yang dapat menimbulkan bahaya oleh karena itu harus diperlakukan secara khusus serta menggunakan transportasi tertentu. Barang-barang yang dapat mudah meledak dan berbahaya, seperti kembang api, korek api, petasan, dan lain-lain.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai jasa pengiriman kargo serta metode-metode dan barang yang biasanya termasuk dalam kargo tersebut. Dengan mempelajari hal-hal tersebut, kamu dapat memahami apa saja barang yang harus kamu kirimkan melalui kargo ataupun bisa kamu kirimkan melalui pengiriman reguler. Dengan begitu, kamu tidak hanya dapat menghemat pengiriman, tapi juga dapat menjaga kualitas barang yang ingin kamu kirimkan.

Nah, untuk membantu bisnis onlinemu dapat mengirim paket ke pembeli dengan cepat dan mudah, kamu bisa menggunakan fitur Shipping Management dari SmartSeller. Kamu nggak perlu lagi repot-repot bawa kendaraan ke outletnya serta dapatkan diskon ongkir langsung untuk penggunaan fitur Shipping Management. Paket akan dijemput oleh ekspedisi dan kamu tinggal duduk manis sambil monitor stok gudang. Pengen ngerasain kemudahannya juga, kan? Langsung saja kunjungi SmartSeller untuk fitur-fitur berguna lainnya!