Para pelaku bisnis terutama para pemula tentunya ingin mempunyai usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Mengapa bisa begitu? Itu dikarenakan jika kamu memiliki uusaha yang jarang tapi dibutuhkan, bisa dipastikan bahwa tidak banyak pelaku usaha yang terjun ke usaha tersebut. Hal itu membuat peluangmu mendapatkan pasar jauh lebih besar dibandingkan jika kamu mempunyai usaha yang ramai digunakan orang. 

Keadaan pandemi sejak dua tahun lalu yang melanda dunia membuat keadaan ekonomi terguncang. Banyak bisnis-bisnis yang bangkrut serta pengurangan karyawan di berbagai kantor membuat resah masyarakat. Selain harus selalu was-was dengan Covid-19, masyarakat juga kelimpungan memutar otak untuk mencari uang. Mereka yang masih mempunyai pekerjaan pun tak jarang mendapatkan pemotongan gaji imbas dari pandemi ini.

Pandemi yang melanda dunia secara global ini sebelumnya terakhir dialami 1 abad silam, tepatnya tahun 1918 di Madrid yaitu Flu Spanyol. Tidak hanya Indonesia, bahkan negara-negara besar lainnya tidak siap menghadapi pandemi Covid-19 ini. Sehingga keadaan sebenarnya tidak jauh berbeda seantero dunia. Hal itu yang menghadapkan masyarakat bahwa ada keadaan yang benar-benar tidak bisa diduga dengan skala yang begitu besar.

Baca juga: Cara Promosi yang Kreatif dan Menarik

Di balik kesulitan yang dihadapi, masyarakat tentunya berusaha menemukan jalan keluar. Baik mereka yang bekerja maupun tidak mencoba mencari uang tambahan melalui membangun usaha. Ditambah dengan kemajuan digital, modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha menjadi jauh lebih mudah. E-commerce yang berkembang pesat belakangan ini menjadi wadah, terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ingin memulai usaha atau merambah melalui digital.

Tetapi, hambatan yang selanjutnya melanda mereka yang hendak memulai usaha adalah menentukan usaha apa yang ingin mereka lakukan. Hal itu karena kebiasaan di mana banyak mereka yang memulai usaha dengan mengikuti tren. Salah satu contohnya adalah kedai kopi. Saat kedai kopi meledak, banyak sekali para pelaku usaha yang memulai bisnis kedai kopi. Namun, banyak dari mereka yang berguguran karena terlalu banyak pesaing.

Baca juga:Mencari Supplier Terpercaya

Oleh karena itu, para pelaku usaha bisa memikirkan untuk membuka sudut pandang lain. Yaitu membuka usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat. Hal itu tentunya akan sedikit lebih sulit dari sisi produksi. Karena jika jarang, tentunya tidak banyak mereka yang memproduksi benda tersebut atau malah sedikit supplier yang bisa kamu cari. Namun, dengan pesaing yang lebih sedikit, kemungkinan kamu meraih profit yang lebih banyak jadi terbuka lebar. Setelah itu yang kamu butuhkan hanya pemasaran bagus agar awareness usaha kamu dapat lebih terdengar. 

Ide Usaha yang Jarang, tapi Dibutuhkan 

Berikut adalah ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat:

  • Usaha Rental Kamera

Semakin menjamurnya influencer dan youtuber di media sosial tidak lepas dari kemajuan dunia digital. Berkat live di platform media sosial, banyak keuntungan yang diraih oleh para penggiat media sosial tersebut. Hal itu tentunya membuat banyak mereka yang berminat mencari uang melalui media sosial. Hal itu dapat kamu manfaatkan menjadi peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Mereka yang ingin merintis karir di sosial media tentu saja membutuhkan kamera agar konten yang mereka hasilkan jadi baik. Selain itu, banyak sekali brand-brand yang juga terjun untuk membuat konten untuk brand mereka. Hal itu membuat usaha yang jarang tapi dibutuhkan milik kamu bisa mendapatkan pasar yang lumayan besar.

  • Usaha Sewa Barang Branded

Ini juga bisa jadi salah satu peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan untuk kamu. Suka tidak suka, banyak sekali di sosial media yang gemar memamerkan harta yang dimiliki. Barang-barang branded dengan kualitas yang pastinya top tentunya diminati semua orang. Meskipun begitu, tidak semua orang mempunyai kemampuan finansial untuk memilikinya. Karena itu, usaha sewa barang branded dapat menjadi salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Karena pasti akan banyak orang yang berminat untuk menyewanya. Tapi ada yang mesti kamu ingat. Bisnis sewa ini resikonya tinggi, jadi kamu harus sudah memikirkan resiko dan cara menanggulanginya, ya!

  • Jasa Organisir


Kalau kamu kepingin ada yang bantuin beresin rumah kamu, jasa organisir ini bisa jadi alternatifnya. Salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini bisa membantu agar rumah atau kamarmu terlihat jadi lebih rapi. Usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini menjadi jasa bersih-bersih yang lebih spesifik. Kamu bisa menyediakan servis yang tidak hanya mengatur barang besar, tapi juga merapikan gudang. Kamu bahkan bisa membantu menyediakan jasa merapikan lemari agar pakaian yang ada di dalamnya dapat tertata dengan rapi, lho. 

  • Jasa Sewa Kostum

Jasa ini sebenarnya lebih banyak tersedia di luar negeri, terutama di Amerika Serikat. Itu dikarenakan mereka senang merayakan Halloween. Jasa sewa kostum bisa jadi usaha yang jarang tapi dibutuhkan untuk kamu. Apalagi untuk orang-orang yang senang berkostum. Kamu bisa menyewakannya untuk pasangan suami istri. Terlebih lagi sekarang banyak festival cosplay dengan peminat yang tak kalah banyak. Potensi sewa kostum sebagai usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Soalnya, mencari kostum yang sesuai dengan acara itu tidaklah mudah. Banyak dari cosplayer tersebut yang memilih untuk membuat sendiri. Nah, karena itu usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini bisa membantu menyelesaikan masalah itu. Bisa jadi jasa kamu ini bisa digunakan untuk syuting suatu iklan atau film. Menarik, bukan?

  • Pakaian Hewan Peliharaan


Salah satu usaha yang jarang tapi dibutuhkan bisa jadi baju untuk hewan peliharaan. Di masa sekarang, banyak sekali yang mempunyai hewan peliharaan. Bahkan tak jarang yang menganggap hewan peliharaan adalah bagian dari keluarga mereka. Karena itu, menjual pakaian hewan peliharaan bisa jadi usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Kamu bisa menyediakan dengan berbagai ukuran agar hewan-hewan tersebut jadi terlihat lebih modis. Kamu bisa menggunakan bahan yang sesuai dengan hewan-hewan peliharaan tersebut. usaha yang jarang tapi dibutuhkan ini berpotensi mempunyai pasar yang lebih besar terlihat dari banyaknya usaha pet shop yang ada di sekitar kamu.

  • Sewa Keperluan Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang harus dilakukan setiap manusia agar selalu sehat. Karena itu, usaha sewa keperluan olahraga bisa jadi usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Kenapa begitu? Keperluan olahraga itu penting. Semakin mahal, biasanya kualitasnya juga semakin bagus. Nah, kamu bisa menyediakan perlengkapan olahraga sebagai usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh banyak orang. Olahraga yang perlengkapannya mahal seperti tenis bisa kamu sewakan. Apalagi gaya hidup sehat makin menjadi tren di masa modern ini. Bisa jadi ini adalah peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Baca juga:Menjadi Reseller Tanpa Modal yang Sukses

Nah, ide-ide di atas bisa menjadi inspirasi kamu untuk mencari usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Masih banyak ide-ide lainnya yang bisa kamu kembangkan sambil melihat kebutuhan pasar yang semakin besar. Setelah kamu pikirkan matang-matang ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan tersebut, selanjutnya kamu harus menggunakan sistem yang dapat membantu kamu dalam mengelola usaha kamu. Dengan SmartSeller, kamu bisa mengelola inventori dan manage usaha kamu dari satu sistem. Kalau mau tahu lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini ya!