Dalam suatu proses usaha, penting sekali bagi pemilik usaha untuk mengetahui tentang bagaimana cara bikin website gratis. Alasan mengapa hal tersebut sangat penting adalah karena akan membantu proses membuat toko online. Dengan adanya toko online dalam bentuk website, maka proses penjualan akan menjadi lebih mudah dan teratur. Jadi meskipun terdengar proses membuat website sulit, cara bikin website gratis juga perlu dikuasai oleh semua pemilik usaha. 

Dengan memiliki website untuk usaha, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat. Misalnya untuk meningkatkan iklan, menarik perhatian calon pelanggan atau sekedar memberikan informasi pada pelanggan. Apalagi website terbukti memberikan berbagai manfaat bagi usaha.

Keuntungan Memiliki Website untuk Usaha Kecil

Cara Bikin Website Gratis

 

Saat ini ada banyak layanan yang akan membantu proses pembuatan website online. Setiap orang bahkan bisa membuat website tersebut secara gratis dengan cara yang mudah. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki website untuk usaha kecil.

1. Bisnis Lebih Profesional

Dengan adanya website, suatu usaha akan memiliki citra yang profesional. Citra profesional tersebut akan sangat membantu proses branding usaha. Apalagi saat ini cara bikin website gratis bisa dilakukan dengan mudah. Setiap usaha yang berjalan juga akan lebih mudah memberikan informasi yang diperlukan pelanggan melalui website tersebut. Memiliki website juga dinilai bisa menambah nilai profesionalisme pada usahamu. Meskipun hanya usaha kecil, website bisa menjadi salah satu bagian dari pemasaran untuk menarik perhatian pelanggan. 

2. Sebagai Sumber Informasi untuk Pelanggan

Website adalah jembatan antara pemilik usaha dan pelanggan. Setiap informasi yang diperlukan pelanggan bisa dituliskan di website sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menuliskan informasi seputar produk, tata cara penggunaan, hingga bagaimana proses pemesanan yang perlu dilakukan. Detail lain yang berhubungan dengan usaha atau produk juga bisa disertakan. Misalnya seperti alamat kantor atau nomor yang bisa dihubungi dengan mudah. 

Baca Juga 
Tips dan Trik Jualan Tanpa Modal yang Harus Diperhatikan

3. Salah Satu Strategi Pemasaran

Cara Bikin Website Gratis

Jika kamu memiliki website untuk usahamu, maka kamu bisa melakukan pemasaran secara online. Ini akan meningkatkan trafik online dari usaha atau tokomu dan bisa berdampak pada peningkatan penjualan. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran secara online seperti SEO dan iklan, website akan memiliki banyak trafik dari masyarakat yang kemudian akan berubah menjadi transaksi. Bahkan jika tujuan iklan bukan sebagai peningkatan penjualan, kamu masih bisa meningkatkan ‘brand awareness’ untuk produk usahamu. 

Baca Juga: 8 Ide Kemasan Kue Kering Kekinian untuk Menarik Konsumen

4. Sebagai Bentuk Pelayanan Pelanggan

Memiliki website akan membuat usahamu lebih mudah ditemukan. Ini merupakan salah satu bentuk pelayanan pelanggan. Bagi pelanggan lama, akan lebih mudah melakukan pembelian ulang jika mereka mengetahui website usahamu dan membeli online dengan cepat. Inilah pentingnya mengetahui cara bikin website gratis untuk seluruh pemilik usaha. Karena website tersebut dapat digunakan untuk mengajak pelanggan lama agar mau melakukan transaksi ulang.

5. Menarik Perhatian Calon Pegawai

Ketika suatu usaha memiliki website yang terlihat profesional, maka pencarian pegawai akan lebih mudah. Pelamar kerja tentunya akan lebih memilih bekerja di tempat yang memiliki kredibilitas terpercaya. Dengan memeriksa website perusahaan, mereka bisa menilai apakah usahamu kredibel atau tidak. Penting sekali untuk mengelola website perusahaan agar tampak profesional dan terpercaya. Selain mengetahui cara bikin website gratis, kamu juga bisa belajar tentang cara mengelola dan mengatur website usaha. Tujuannya adalah agar sistem pengelolaan website usahamu menjadi lebih rapi dan teratur. Tampilan website profesional pasti memerlukan faktor tersebut.

Bagaimana Cara Bikin Website Gratis?

Cara Bikin Website Gratis

Keuntungan dari website gratis di atas merupakan sebagian kecil dari manfaat adanya website bagi usaha kecil. Ada juga banyak keuntungan lain misalnya mendapatkan data pelanggan, memberikan promosi yang lebih tepat sasaran, hingga promosi langsung setiap ada produk atau layanan baru dengan mudah. 

Baca Juga 
Panduan SEO Lengkap, Jadi Raja di Google dalam Waktu Singkat!

Sebagian besar usaha kecil melewatkan pentingnya website untuk perusahaan. Padahal cara bikin website gratis sangatlah mudah. Ada banyak platform dan tutorial yang bisa kamu ikuti. Berikut ini adalah beberapa layanan yang bisa kamu gunakan untuk membuat website gratis:

1. WordPress

Situs WordPress merupakan salah satu tempat yang paling sering dipilih untuk membuat website dengan gratis. WordPress memberikan layanan untuk para pelanggan yang perlu membuat website bagaimanapun bentuknya. WordPress memiliki banyak template dan layout yang bisa digunakan untuk beragam jenis website. Mulai dari website dengan jenis berita, hiburan, hingga toko online.

Tidak hanya itu saja, WordPress juga cukup mudah dioperasikan. Cara bikin website gratis dengan menggunakan WordPress tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena sudah ada layout dan template yang bisa kamu pilih dengan mudah. Pemilihan template dan layout juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu kamu juga bisa menambah plugin dengan mudah pada website tersebut. Pemasangan plugin juga tidak susah karena hampir sama seperti menambah ekstensi saja.

Cara bikin website gratis dengan menggunakan WordPress akan memerlukan hosting agar website bisa berjalan dengan lancar. Harga untuk layanan hosting tersebut berbeda tergantung pada jenis layanan hosting yang kamu pilih. Kisaran harga bisa 100 ribu hingga 500 ribu. Desain website juga bisa kamu kelola sendiri atau menyewa jasa desain website

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong yang Sukses dengan Hijab Fashion Desainer

2. Storefront

Cara Bikin Website Gratis

Fitur Storefront juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara bikin website gratis untuk usahamu. Storefront menyediakan layanan website khusus untuk toko online. Jadi para pelanggan bisa dengan mudah berbelanja produk yang mereka inginkan. Storefront juga bisa dikelola sendiri oleh pemilik usaha karena memiliki layout dan template yang mudah digunakan.

Baca Juga 
Tips Mengembangkan Bisnis jadi Supplier Daster Tangan Pertama

Berbeda dengan marketplace, bentuk dari sebuah storefront adalah seperti website yang bisa digunakan untuk setiap toko online. Di dalamnya juga terdapat beragam fitur yang bisa menjadi strategi pemasaran dan juga memproses penjualan. Katalog produk juga bisa ditambahkan agar lebih rapi dan terlihat profesional. Menggunakan storefront untuk website toko online bisa menjadi solusi tepat jika kamu memerlukan website gratis yang mudah dan cepat.

Harga yang diperlukan untuk membuat storefront juga cukup beragam. Setiap penyedia layanan memiliki harga yang berbeda. Beberapa bahkan menyediakan layanan secara gratis tanpa fitur penuh. Fitur storefront bisa sangat membantu usaha kecil yang baru saja memulai usaha dengan modal terbatas. Berbeda dengan WordPress yang memiliki beragam jenis template dan layout, storefront hanya fokus pada toko online. Sehingga sebagian besar pengguna dari storefront adalah pemilik toko online yang membutuhkan.

Salah satu contoh storefront yang bisa digunakan adalah fitur Storefront yang dimiliki oleh SmartSeller. Fitur tersebut akan membantu setiap pemilik usaha untuk mengetahui cara bikin website gratis dengan mudah dan cepat. Bahkan SmartSeller juga memberikan fitur lain seperti fitur integrasi dengan marketplace, mengelola pengiriman, dan juga inventaris usaha. Dalam satu aplikasi saja, sebagian besar kebutuhan pemilik usaha toko online sudah bisa teratasi. Cara penggunaannya juga sangat mudah karena hanya memerlukan gawai yang tersambung dengan koneksi internet. Jika kamu pemilik usaha dan memerlukan storefront yang juga mencakup pengiriman serta inventaris usaha, menggunakan SmartSeller adalah pilihan yang tepat. Jadi, langsung saja cek SmartSeller sekarang juga!