Kalau kamu adalah seorang pemilik bisnis yang melakukan kegiatan jual beli di marketplace seperti Shopee, cara cek pesanan Shopee tentu jadi hal yang wajib untuk diketahui. 

Pasalnya, setelah barang diserahkan kepada pihak ekspedisi, kamu tidak memiliki kontrol akan barang tersebut dan hanya bisa memantaunya melalui aplikasi Shopee atau situs web ekspedisi langsung. Sehingga, kamu perlu terus melihat status pengiriman barang tersebut hingga sampai ke alamat pelanggan untuk memastikan barang diterima dengan selamat oleh pelanggan tersebut. 

Meski standar keamanan pengiriman barang kini sudah tinggi dan dijamin oleh pihak marketplace, seperti Shopee, tapi sebagai pemilik bisnis yang bertanggung jawab perlu terus mengawasi proses ini. Nah, salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan selalu cek pesanan Shopee.

Sudah tahu apa saja cara yang tersedia untuk cek pesanan Shopee? Yuk, ketahui beberapa cara cek pesanan Shopee di dalam artikel ini!

 

Cek Pesanan Shopee

 

Ini Alasan Pentingnya Cek Pesanan Shopee

Sebelum kamu tahu bagaimana cara untuk cek pesanan Shopee, terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dengan rajin-rajin mengecek pesanan. Berikut ini adalah daftarnya!

  • Memastikan Proses Pengiriman Sudah Dilakukan

Kamu pasti pernah berada di posisi sebagai pembeli, bukan? Hal yang terlintas ketika selesai membeli barang secara online dan melakukan pembayaran adalah kepastian apakah barang yang sudah dibeli sudah dikirim atau belum. Ketika sudah tahu barang dikirim, kita akan merasa tenang dan hanya tinggal menunggu pesanan datang ke rumah.

Nah, melihat sudut pandang tersebut dari sisi penjual, tentu kita perlu membuat pelanggan merasa tenang dengan memberi kepastian mengenai barang mereka. Dengan melakukan cek pesanan, seperti cek pesanan Shopee, kamu bisa mengetahui apakah pesanan pelanggan tersebut sudah dikirim atau pelanggan. Kemudian, mengabarkan kepada pelanggan mengenainya.

  • Melakukan Tracking Pesanan

Memantau proses pengiriman pesanan dari setiap marketplace yang kamu gunakan, termasuk Shopee, dapat membantumu melacak lokasi terkini dari pesanan tersebut. Ada baiknya kamu memberitahu secara berkala tentang informasi ini kepada pelanggan agar mereka tahu pula estimasi barang akan sampai.

  • Memantau Kondisi Terkini Pesanan

Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, setelah barang diserahkan kepada pihak ekspedisi, kamu tidak dapat memantau barang tersebut termasuk kondisinya. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah salah kirim barang.

Baca Juga 
5 Rekomendasi Akun Instagram Fashion, Jadi Inspirasi Biar Postingan Up To Date!

Hal ini sangat memungkinkan dapat terjadi dan tentunya kamu perlu mengantisipasi ketika mengalaminya. Meski kesalahan terletak pada kurir ekspedisi, kamu tetap harus mengawal keluhan yang diajukan oleh pelangganmu. Dengan selalu cek pesanan, kamu bisa selangkah lebih siap menghadapinya.

Tonton Juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

  • Menambah Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan

Pada dasarnya, dengan memantau pesanan pelanggan, kamu dapat memperoleh kepercayaan dan menambah kepuasan mereka. Hal ini tentu membawa pengaruh positif untuk bisnismu, misalnya membuat pelanggan menjadi pelanggan tetap, citra bisnis makin baik di mata masyarakat, hingga pemberian rating baik toko di marketplace.

Cek Pesanan Shopee

 

Nomor Pesanan, Hal yang Diperlukan untuk Cek Pesanan Shopee!

Penting bukan untuk selalu cek pesanan yang kamu kirimkan kepada pelanggan? Nah, untuk melakukan cek pesanan Shopee, kamu memerlukan yang disebut dengan nomor pesanan.

Nomor pesanan Shopee pada dasarnya adalah kode dari pesanan yang berupa kombinasi angka dan huruf. Ibaratnya, nomor pesanan ini adalah “identitas” dari pesanan tersebut. Kamu bisa melakukan cek pesanan Shopee dengan menggunakan nomor ini.

Nah, hal tersebut yang membedakan nomor pesanan dengan nomor resi. Nomor resi diberikan ketika paket sudah dikirimkan dan digunakan untuk memantaunya. Sedangkan, nomor pesanan hanya sebatas nomor identitas pesanan.

Nomor pesanan ini punya fungsi penting lainnya lho. Salah satunya adalah ketika kamu ingin mengajukan komplain, melakukan pembatalan pesanan, pengembalian barang maupun dana.

Lantas, bagaimana cara untuk ketahui nomor pesanan Shopee? Mudah kok! Untuk dapat cek pesanan Shopee melalui nomor pesanannya, kamu dapat cek di Faktur Pesanan. Kamu dapat menemukannya di bagian teratas ketika membuka laman tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengikut langkah-langkah berikut ini.

  • Buka laman web resmi Shopee atau aplikasi Shopee.
  • Lakukan login dengan memasukkan user ID dan kata sandi milikmu.
  • Pilih menu “Saya”.
  • Klik “Pesanan Saya”.
  • Klik “Status Pesanan”
  • Klik pesanan produk, scroll hingga kamu menemui nomor pesanan.
Baca Juga 
8 Langkah Awal Memulai Usaha dari Nol, Gampang Diterapkan!

Nomor pesanan ini sebaiknya kamu infokan pula kepada pelanggan agar dapat digunakan ketika sewaktu-waktu melakukan komplain dan sebagainya. Jadi, jangan lupa ya!

Cek Pesanan Shopee

 

Baca Juga: Alasan Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

Cara Cek Pesanan Shopee dan Penjelasan Status Pesanan Shopee

Setelah kamu ketahui nomor pesanan, langkah berikutnya untuk cek pesanan Shopee juga simple dan mudah untuk dilakukan kok.

Untuk melakukan cek pesanan Shopee, berikut adalah langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Buka aman web resmi Shopee atau aplikasi Shopee, dan lakukan login ke akunmu.
  • Pilih menu “Saya”.
  • Klik “Pesanan Saya”.

Setelah kamu buka halaman “Pesanan Saya”, akan muncul beberapa status yang menjelaskan pesanan. Berikut adalah penjelasan dari status pesanan Shopee.

  • Belum Bayar, berarti pesanan belum dibayarkan oleh pelanggan.
  • Dikemas, berarti pesanan sudah dibayar, tapi masih dalam proses pengemasan dan belum dikirim.
  • Dikirim, berarti pesanan sudah selesai dikemas dan sudah dikirimkan.
  • Selesai, berarti pesanan sudah sampai di tangan pelanggan dan diterima.
  • Dibatalkan, berarti pesanan dibatalkan oleh pihak penjual atau pembeli.
  • Pengembalian, berarti pengembalian barang atau dana oleh penjual kepada pembeli.

 

Baca Juga: Ini Dia Cara Cek Resi Cargo Shopee beserta Fungsinya!

 

Cek Pesanan Shopee

Mudah bukan cara untuk cek pesanan Shopee? Kalau kamu menggunakan jasa ekspedisi dari Shopee, yaitu Shopee Express, untuk mengirimkan pesanan kepada pelanggan, kamu bisa mengeceknya juga dengan mudah lho.

Terdapat dua cara yang dapat kamu ikuti, yaitu melalui aplikasi Shopee dan situs web Shopee Express. Berikut adalah masing-masing caranya!

  • Cek status pengiriman Shopee melalui aplikasi Shopee:
    • Buka aplikasi Shopee.
    • Pilih “Saya”.
    • Pilih “Pesanan Saya”.
    • Pilih “Dikirim”.
    • Akan muncul Rincian Pesanan, lalu kamu hanya perlu klik nomor resi.
    • Kamu akan menemukan status pelacakan pesanan terkini.
  • Cek status pengiriman Shopee melalui situs web Shopee Express:
    • Buka laman web Shopee Express di www.spx.co.id.
    • Masukkan nomor resi pesananmu.
    • Klik “Lacak”
    • Kamu akan menemukan status pengiriman terkini pesanan.
Baca Juga 
3 Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop, Gampang Lho!

Nah, itulah penjelasan singkat serba-serbi mengenai cek pesanan Shopee! Sebagai pemilik bisnis yang memperhatikan kualitas pelayanan kepada pelanggan, kamu perlu tetap untuk melakukan pengecekan pesanan yang kamu kirimkan kepada pelanggan. Hal ini nantinya akan memberikan dampak positif untuk bisnismu sendiri.

Kalau kamu ingin cara yang lebih praktis dan efektif untuk mengelola jualanmu di segala marketplace tempat kamu berjualan, pakai aja aplikasi SmartSeller! SmartSeller dapat kamu gunakan untuk mengintegrasikan semua marketplace jualanmu dan mengelolanya di satu dashboard milik SmartSeller.

Jadi, segala urusan seperti update stok barang, harga, hingga laporan penjualan dari masing-masing marketplace bisa dilakukan dengan praktis di SmartSeller. Penasaran? Yuk, download dan pakai SmartSeller sekarang!