Bagi kamu yang memiliki bisnis terutama online pasti sudah sering mendengar apa itu ekspedisi atau jasa pengiriman barang. 

Jasa yang biasa dimanfaatkan untuk mengirim barang produk kepada pelanggan ini membuat operasional bisnis menjadi lebih mudah dan efisien. Tingginya tren belanja online di masyarakat juga menjadi salah satu faktor yang membuat kebutuhan akan ekspedisi semakin meningkat. 

Kini, terdapat banyak opsi jasa ekspedisi yang tersedia di Indonesia yang dapat membantu bisnis lebih mudah dalam proses pengiriman barang. 

Mari kenali apa itu ekspedisi dan tips memilih ekspedisi untuk bisnis di artikel SmartSeller berikut ini.

Apa itu Ekspedisi?

Apa itu Ekspedisi

Apa itu ekspedisi? Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Kata ekspedisi juga memiliki arti perusahaan pengangkutan barang. 

Selain itu, ekspedisi juga diartikan sebagai perjalanan ilmiah di suatu daerah yang kurang dikenal atau pengiriman tentara untuk memerangi musuh di suatu daerah yang jauh letaknya. 

Akan tetapi, apa itu ekspedisi dalam konteks bisnis bisnis? Dalam bisnis, ekspedisi diartikan sebagai proses pengiriman yang dilakukan oleh sebuah bisnis ke distributor, reseller, atau pelanggan langsung. Ekspedisi bisa memberi layanan pengiriman melalui jalur darat, laut, maupun udara. Baik itu masih di sesama daerah di Indonesia maupun ke luar daerah Indonesia.

Lalu apa itu ekspedisi dan manfaatnya? Ekspedisi memberi banyak keuntungan bagi bisnis, salah satunya pengiriman barang dari suatu kota ke kota lain atau dari pulau ke pulau lain terasa lebih mudah dan cepat.

Ekspedisi pada umumnya memberi harga pengiriman sesuai dengan berat barang serta jarak kota yang ditempuh dalam pengiriman. Makin berat suatu barang, harga yang dikeluarkan akan makin mahal. Begitu pula dengan jaraknya. Makin jauh jarak pengiriman, harga pengiriman akan makin mahal.

Setelah memahami apa itu ekspedisi, pahami juga bagaimana cara membuat label pengiriman barang melalui artikel di bawah ini.

Baca Juga 
Contoh Hasta Karya Yang Bisa Jadi Bisnis Sampingan

Baca juga: Tips Membuat Label Pengiriman Menjadi Lebih Efektif

Kamu juga perlu tahu bahwa ekspedisi memiliki beberapa tahapan dalam proses pengiriman barang seperti:

  1. Pemeriksaan barang yang akan dikirim apakah sesuai aturan hukum dan dapat dilakukan pengiriman.
  2. Pengemasan yang kamu gunakan untuk barang sudah kuat dan sesuai peraturan jasa ekpedisi.
  3. Proses administrasi seperti alamat pengiriman, nomor telepon, hingga administrasi seperti bea cukai. 
  4. Pemilihan transportasi yang akan kamu gunakan.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu ekspedisi? Selanjutnya, mari mengetahui apa itu ekspedisi dan manfaat secara lengkap bagi bisnis.

Manfaat Ekspedisi untuk Bisnis 

Apa itu Ekspedisi

 

Setelah tahu apa itu ekspedisi, kamu juga perlu tahu berbagai manfaat jasa ekspedisi yang menguntungkan untuk bisnis. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Proses Pengiriman Barang Mudah dan Cepat

Apa itu ekspedisi dan manfaatnya? Pertama-tama, ekspedisi membuat proses pengiriman barang menjadi mudah dan praktis daripada kamu harus mengirim barang sendiri kepada pelanggan. Jasa ekspedisi bisa memberi jaminan bahwa barang dikirim dengan cepat dan proses pengiriman pun mudah bagi bisnis. Tentu saja, hal ini karena jasa ekspedisi sudah mempunyai sistem tersendiri untuk aktivitas pengiriman barang.

  • Jangkauan Luas

Manfaat lain dari ekspedisi yaitu jangkauan yang luas. Setiap jasa ekspedisi pada umumnya mempunyai jangkauan pengiriman yang luas bahkan bisa mencapai wilayah pedalaman yang belum tentu bisnis kamu jangkau. Ekspedisi juga mampu memberi jangkauan hingga luar negeri sehingga kamu tak perlu repot mengurus pengiriman barang kepada pelanggan di wilayah-wilayah tertentu.

  • Mudah Memantau Pesanan 

Apa itu ekspedisi dan manfaatnya yang ketiga? Sudah menjadi hal yang umum bahwa jasa ekspedisi juga menawarkan fitur yang membuat bisnis kamu dapat dengan mudah memantau pesanan pelanggan. Fitur seperti ini memungkinkan kamu sebagai bisnis untuk memantau dan melacak proses pengiriman barang. 

  • Hemat Waktu dan Tenaga

Kamu tidak perlu repot-repot untuk mengurus pengiriman barang bisnis karena menggunakan ekspedisi bisa menghemat waktu kamu. Beberapa jasa ekspedisi seperti yang tersedia di SmartSeller Shipping bisa menjemput barang di rumah atau gudang bisnis kamu sehingga kamu tidak lagi menghabiskan waktu dan tenaga di jalan untuk mengantar barang ke tempat ekspedisi. 

  • Pengiriman Barang Aman 

Sebagian besar ekspedisi telah memberi layanan perlindungan ekstra atau asuransi sehingga barang kamu akan lebih terjamin keamanannya daripada harus mengambil risiko dengan mengirim barang sendiri yang belum tentu tahu cara mengirim barang dengan aman. 

Baca Juga 
Ini Dia 9 Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari!

Cara Memilih Jasa Ekspedisi Terbaik di Indonesia 

Apa itu Ekspedisi

 

Selain tahu apa itu ekspedisi dan manfaatnya, sangat penting bagi bisnis kamu untuk memilih jasa ekspedisi yang terbaik dan dapat dipercaya karena bisa memengaruhi reputasi bisnis.

Makin puas pelanggan dengan proses pengiriman barang yang cepat dan aman, makin setia pelanggan terhadap barang bisnis kamu. Lantas, bagaimana memilih jasa ekspedisi terbaik di Indonesia? Simak poin-poin berikut.

  • Pilihan Transportasi Pengiriman 

Sebelum kamu memilih ekspedisi, pastikan bahwa ekspedisi tersebut menyediakan pengiriman barang melalui jalur sesuai kebutuhan kamu. Baik itu pengiriman barang melalui darat, udara, maupun laut. Terlebih jika bisnis kamu perlu menjangkau banyak wilayah di Indonesia.

  • Pengiriman Luar Negeri

Proses jual menjual barang yang sudah mengalami perubahan dan memasuki era pasar bebas, membuat jual beli barang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk pelanggan yang berasal dari luar negeri sekali pun. Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa ekpedisi yang menyediakan pengiriman barang ke luar negeri. Siapa yang tahu bahwa bisnis kamu semakin atau akan menjual barang kepada pelanggan-pelanggan luar negeri di kemudian hari.

  • Layanan Asuransi

Sangat penting bagi bisnis untuk memilih ekspedisi yang menawarkan layanan asuransi dalam pengiriman barang. Selalu terdapat risiko yang terjadi pada barang yang kamu kirim seperti kerusakan barang atau kehilangan. Namun, risiko-risiko seperti ini bisa terselesaikan apabila ekspedisi yang kamu pilih memberi layanan asuransi sehingga bisa dilakukan ganti rugi.

  • Layanan Customer Service

Pilih juga layanan customer service yang responsif dan cepat sehingga kamu dapat dengan mudah menghubungi mereka apabila ada pertanyaan-pertanyaan seputar pengiriman barang. Perhatikan juga cara customer service dari ekspedisi tersebut menanggapi kendala dan berbagai masalah yang terjadi. 

  • Syarat dan Ketentuan Penyedia Jasa Ekspedisi

Kamu juga harus tahu syarat dan ketentuan penyedia jasa ekspedisi yang akan kamu gunakan agar menghindari hal-hal yang tidak selaras dengan ketentuan jasa ekspedisi yang kamu pilih. Pastikan kamu memenuhi syarat dan ketentuan tersebut.

Baca Juga 
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Akan Memulai Berjualan di Marketplace!

Bukan hanya mengerti apa itu ekspedisi, kamu juga perlu tahu manfaat bila kamu menemukan jasa pengiriman atau ekspedisi yang murah.

Baca juga: Alasan Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

Gunakan SmartSeller Shipping untuk Kirim Barang ke Pelanggan

Apa itu Ekspedisi

 

Sudah tahu apa itu ekspedisi beserta manfaat dan cara memilihnya? Jika kamu mencari jasa ekspedisi yang bisa membantu proses pengiriman barang untuk bisnis, kamu bisa memanfaatkan fitur SmartSeller Shipping.

SmartSeller Shipping memberi satu solusi terpusat bagi kamu yang sering melakukan pengiriman barang karena SmartSeller membuat kamu bisa mendapatkan diskon ongkos kirim, penjemputan barang oleh kurir, pembayaran COD dari pelanggan yang cair 2x setiap minggu, mudah memantau pesanan karena otomatis diperbarui, serta notifikasi resi untuk pelanggan dan cetak label pengiriman otomatis.

SmartSeller Shipping juga memberi kamu banyak pilihan ekspedisi seperti JNE, J&T, SiCepat, SAP Express, dan ID Express. Yuk, daftar gratis Smartseller sekarang dan rasakan kemudahan berjualan online bersama SmartSeller!