Bagi para pengguna shopee pasti nggak asing dengan yang namanya cara cek resi cargo shopee. Namun, bagaimana mereka yang jarang menggunakan shopee? Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai resi serta cara cek resi cargo shopee bagi kamu yang baru saja belanja di shopee dan tidak sabar menunggu barang tersebut datang.

Cek resi sendiri erat kaitannya dengan belanja online. Belanja online sendiri bisa dibilang sudah menjadi fenomena yang lumrah di masyarakat. Ditambah keadaan pandemi yang menerpa dunia beberapa tahun belakangan, belanja online semakin dijadikan pilihan oleh masyarakat karena tingkat keamanannya.

Terlebih, belanja online saat ini semakin mudah. Jika sebelumnya hanya dilakukan melalui situs web ataupun forum, kali ini seseorang dapat dengan mudah berbelanja online menggunakan aplikasi. Aplikasi-aplikasi tersebut mempunyai interface yang ramah pengguna sehingga tidak heran jika para pelanggan merasa betah.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

Kamu dapat menghemat waktu, tenaga dan uang saat berbelanja online. Kamu tidak perlu repot-repot keluar untuk mencari barang yang kamu butuhkan.  Yang kamu lakukan hanyalah tinggal menunggu barang yang kamu pesan akan datang melalui kurir ekspedisi dan tiba di rumah.

Permintaan jasa ekspedisi juga semakin meningkat seiring belanja online. Tidak mengherankan karena belanja online tentu membutuhkan ekspedisi agar barang tersebut bisa diantar. Bahkan belanja online juga menyediakan metode COD atau cash on delivery di mana barang akan dibayar ketika kurir sampai. 

Karena belanja online sendiri sudah lazim dilakukan, tidak heran jika sudah banyak masyarakat yang mengerti sistem belanja online. Pada aplikasi seperti Shopee, kamu dapat melacak barang agar kamu bisa dapat mengantisipasi kapan barang itu datang. Cara cek resi cargo Shopee pun sering menjadi kata kunci pada mesin pencari. Bagi kamu yang tidak familiar, berikut cara cek resi cargo Shoppee

Baca Juga 
Jenis-Jenis Bisnis Online yang Menjanjikan di 2022

Cara Cek Resi Cargo Shopee

  • Buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu Saya yang berada di bagian pojok kiri bawah
  • Pada Pesanan Saya, pilih Dikirim
  • Pilih produk yang ingin kamu lacak
  • Kamu dapat melihat di mana paketmu berada

Atau, ada cara lain untuk melacak jika kamu ingin mencobanya di tempat lain.

  • Buka aplikasi Shopee
  • Pilih menu Saya yang berada di bagian pojok kiri bawah
  • Pada Pesanan Saya, pilih Dikirim
  • Pilih produk yang ingin kamu lacak
  • Salin no resi tersebut
  • Buka situs Shopee Express
  • Paste dan lacak paket tersebut.

Fungsi Resi

Ketika kamu sedang menunggu barang, baik itu dikirim seseorang maupun belanja online, resi adalah salah satu hal yang penting adanya. Dengan mempunyai resi, ada beberapa hal yang bisa kamu buktikan. Berikut adalah beberapa fungsi resi bagi dirimu

  • Melacak Posisi

Ketika seseorang mencari tahu cara cek resi seperti cara cek resi cargo Shopee, biasanya yang mereka maksud pertama adalah untuk melacak posisi barang. Seiring berkembangnya zaman, saat ini kita tidak perlu lagi menunggu tanpa tahu kejelasan pasti di mana barang tersebut berada.

Dengan adanya nomor resi, kamu bisa mengetahui dan melacak posisi barang tersebut. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mengantisipasi kapan paket itu sampai di lokasi tujuan. Bagi penjual dan pembeli, hal tersebut melegakan satu sama lain. Belum lagi pembeli bisa mengetahui estimasi kapan paket itu sampai.

Cek Resi Cargo Shopee

  • Bukti Barang telah Terkirim

Adanya nomor resi untuk cara cek resi cargo Shopee adalah bukti bahwa barang tersebut telah dikirim. Resi sendiri merupakan bukti dari jasa ekspedisi bahwa barang yang bersangkutan telah mereka diterima dan sudah diproses untuk pengiriman. Nomor resi bagi mereka sendiri adalah untuk memberikan identitas bagi produk tersebut.

Baca Juga 
Promo Akhir Tahun Menyambut 2021 Bersama Ngorder

Banyaknya barang yang dikirim membuat nomor resi sendiri penting adanya. Nomor resi menjadi identitas bahwa nomor tersebut adalah milik barang tertentu. Untuk itulah, jasa ekspedisi sudah menggunakan sistem sehingga nomor resi tersebut langsung terupdate dalam sistem sehingga bisa terlihat statusnya jika sudah dikirim.

 

  • Syarat Mengambil Paket

Pada beberapa aplikasi jual beli, terkadang kamu mendapat pilihan untuk mengambil paket di lokasi tertentu yang ditentukan ekspedisi. Maka tak heran jika banyak orang yang mencari tahu cara mencari nomor resi seperti cek resi cargo Shopee untuk mengetahui nomor resi paket tersebut. 

Ketika mengetahui nomor paket tersebut, petugas yang bersangkutan di lokasi tersebut dapat mencari tahu bahwa paket tersebut sudah ada di sana dan bisa diambil oleh penerima yang bersangkutan. Tentu nantinya petugas memastikan bahwa paket tersebut diterima oleh penerima yang benar dan sesuai dengan barang yang dikirim.

 

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

 

  • Untuk Mengetahui Kondisi Barang

Cek Resi Cargo Shopee

Ketika kamu melacak sebuah produk dengan cara cek resi cargo Shopee, kamu akan mengetahui status barang tersebut, apalagi jika barang tersebut merupakan barang yang dikirim dari lokasi yang tidak dekat. Kamu dapat mengetahui posisi di mana barang itu berada saat itu.

Terkadang bisa saja terjadi hambatan saat pengiriman. Dengan memiliki nomor resi, kamu dapat mencari tahu kondisi contohnya seperti cek resi cargo Shopee. Jika terjadi bencana alam atau kecelakaan kamu dapat mencari tahu melalui nomor resi bagaimana nasib paket kamu sekarang. 

  • Meningkatkan Kepercayaan

Cek Resi Cargo Shopee

Bagi pembeli dan penjual, mempunyai nomor resi akan saling meningkatkan kepercayaan. Bagi penjual, penting untuk menunjukkan resi kepada pembeli agar pembeli dapat mengetahui bahwa barang tersebut telah dikirim dan mereka bisa cek statusnya. Ketika melakukan pengiriman sesegera mungkin, tentu hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Baca Juga 
Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Buka Toko Skincare

Begitu juga bagi pelanggan. Dengan mempunyai resi, apalagi jika mereka menerimanya dalam waktu yang terhitung cepat, mereka bisa melacak paket. Hal tersebut menjadi bukti bahwa penjual melakukan pengiriman secepat yang mereka mampu dan hal tersebut akan memuaskan pelanggan dan memberikan kepercayaan.

Baca Juga:  Pelajari Pengertian Barcode Produk serta Fungsi, dan Komponennya

  • Syarat Pengaduan

Jika ada masalah yang terjadi pada pengiriman, tentu kamu harus melakukan pengaduan pada ekspedisi yang bersangkutan. Contohnya jika barang tidak kamu dapatkan padahal status pengiriman diterima, atau ketika barang yang kamu dapatkan rusak atau hilang pada proses pengiriman.

Agar dapat diproses oleh ekspedisi yang bersangkutan, tentu kamu membutuhkan resi sebagai syarat pengaduan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, resi sendiri adalah bukti bahwa barang telah diterima oleh ekspedisi dan berlaku sebagai identitas dari barang yang dikirimkan. Ekspedisi kemudian dapat mengetahui melalui sistem masalah yang terjadi pada barang tersebut dan mengetahui pihak yang bertanggung jawab.

 

Cek Resi Cargo Shopee

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai cara cek resi cargo Shopee serta fungsi resi. Resi sendiri berguna baik pembeli maupun penjual online. Jika pelanggan menerima barang dengan kondisi baik, maka hal tersebut adalah kabar baik bagi penjual online. Penjual online saat ini juga dapat melakukan integrasi agar dapat terhubung dengan marketplace secara mudah. Selain itu, ada juga fitur shipping dan order management. Semua hal tersebut tentunya berasal dari SmartSeller. Penasaran bagaimana caranya SmartSeller bisa bantu kamu? Yuk, langsung aja cek  SmartSeller sekarang!