Cara meningkatkan penjualan online produk bayi untuk usahamu sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis produk dan usaha lainnya. Hanya saja, kamu perlu memperhatikan target pasar dan ceruk yang paling pas. Hal ini lantaran produk bayi tidak bisa dipasarkan sembarangan seperti barang konsumtif lainnya. Ditambah lagi, produk bayi terbilang cukup sensitif sehingga memerlukan jaminan keamanan produk yang bisa digunakan untuk bayi. 

Maka dari itu, tips dan cara meningkatkan penjualan online untuk produk-produk bayi memerlukan perencanaan yang matang dan akurat. Tidak hanya itu saja, proses perencanaan juga harus diikuti dengan kualitas produk yang mumpuni agar pelanggan bisa tetap yakin membeli produk bayi tersebut. 

Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Online Produk Bayi

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Sebelum menentukan cara meningkatkan penjualan online produk bayi, kamu perlu membuat perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan penjualan tersebut akan sangat berguna untuk proses penjualan nantinya. Dengan perencanaan efektif, kamu bisa mengetahui apa saja langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan penjualan online. Berikut beberapa poin yang perlu kamu rencanakan dengan baik:

  • Tentukan Jenis Barang yang Akan Kamu Jual

Produk bayi sangat luas jenisnya. Mulai dari pakaian hingga alat elektronik yang diperlukan bayi termasuk dalam kategori produk bayi. Kamu perlu mempersempit ceruk dan memutuskan apa jenis barang bayi yang akan kamu jual. Misalnya jika kamu memutuskan menjual alat-alat untuk bayi seperti stroller, kamu bisa fokus dalam satu ceruk terlebih dahulu. 

Perbanyak variasi stroller yang kamu jual agar banyak calon pembeli yang mengetahui usaha produk bayimu terlebih dahulu. Selanjutnya kamu bisa menambah produk lain jika proses penjualan stroller sudah bagus untuk keuangan usaha. Ini adalah cara meningkatkan penjualan online produk bayi yang paling mudah dilakukan karena menguasai satu niche produk terlebih dahulu dibandingkan langsung merambah berbagai niche yang luas. 

  • Buat Pilihan Bulk untuk Pelanggan

Tidak ada salahnya menjual dalam jumlah banyak kepada pelanggan. Hal seperti ini akan memberikan keuntungan tersendiri pada usahamu. Berjualan dalam jumlah bulk atau besar akan sangat cocok untuk beberapa jenis barang tertentu, seperti pakaian bayi. Kamu bisa menjual set pakaian bayi yang terdiri dari beberapa jenis pakaian dengan warna yang berbeda. Contohnya adalah set baju tidur atau set baju untuk bayi baru lahir. 

Baca Juga 
Besarnya Peluang Jualan Online Makanan dan Snack

Cara ini akan memudahkan pelanggan untuk memilih produk karena mereka bisa mendapatkan banyak barang dalam satu kali pembelian. Kendala dari cara ini adalah penetapan harga yang pas. Kamu perlu menyesuaikan harga yang pas agar tidak mendapatkan kerugian dari setiap penjualan. 

  • Tentukan Saluran Penjualan yang Paling Cocok

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara meningkatkan penjualan online untuk produk apa pun adalah dengan menentukan saluran penjualan yang paling sesuai. Ada banyak sekali marketplace yang bisa digunakan untuk produk-produk tertentu yang khusus untuk produk bayi, fashion, bahkan perabot rumah tangga. Untuk berjualan produk bayi, kamu tidak harus fokus pada satu marketplace yang khusus untuk produk bayi saja, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace biasa selama strategi pemasaran yang kamu gunakan tetap efektif. 

Beberapa marketplace yang bisa kamu manfaatkan di Indonesia akan memudahkan promosi jualanmu sesuai dengan kategori yang ada. Pastikan kamu menuliskan deskripsi dan kategori yang diperlukan dengan detail dan lengkap agar marketplace tersebut bisa menyesuaikan produkmu. Kamu bisa mencoba beberapa marketplace untuk mempermudah pelanggan menjangkau produkmu.

Baca Juga: Jelaskan Tujuan Analisis Peluang Usaha dan Langkahnya 

  • Memastikan Kualitas Barang Terjamin Bagus

Barang bayi adalah jenis barang yang cukup sensitif. Ketika kamu menjual barang bayi, sasaran produkmu adalah para orang tua mereka. Tentunya kamu akan memerlukan kepercayaan para orang tua terhadap produkmu agar bisa meyakinkan mereka untuk membeli produk serta layananmu. Terlebih, saat berjualan produk bayi secara online. Mendapatkan kepercayaan pelanggan lewat layar marketplace terkadang agak sulit dilakukan. 

Oleh karena itu, penting sekali menjaga kualitas barang bayi yang kamu jual. Pastikan barang tidak rusak sebelum dikirim dan pastikan juga barang tidak kotor saat sampai di tangan pelanggan. Ini membuat pelanggan merasa percaya dengan kualitas produk dan tidak ragu untuk melakukan pembelian ulang. Cara ini juga merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan online yang paling efektif. 

  • Sediakan Foto atau Video yang Menarik

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Tampilan foto dan video sangat berpengaruh untuk meningkatkan minat para calon pembeli. Kamu perlu menyertakan foto produk yang jelas dan berkualitas agar pembeli merasa tertarik dengan produkmu. Foto dan video yang bagus juga akan membantu pelanggan melihat detail produk yang penting. Selain itu kamu juga bisa menggunakan video untuk memberikan demo atau contoh pemakaian produk dan juga menunjukkan keunggulan produk. 

Baca Juga 
Cara Membuat TikTok Shop dan Berjualan Lancar di TikTok

Foto dan video yang kurang menarik akan membuat pelanggan kurang yakin melakukan transaksi. Ini karena foto dan video yang kurang menarik terkait dengan pemikiran bahwa produk kurang berkualitas sehingga mereka ragu untuk melakukan transaksi. Cara meningkatkan penjualan online produk bayi memang sangat mementingkan visual foto dan video agar pelanggan percaya produk yang dijual dalam kondisi baik dan bermanfaat. 

  • Berikan Deskripsi yang Sesuai dan Jujur

Cara untuk menarik kepercayaan dan minat pembeli produk bayi adalah salah satunya lewat deskripsi produk. Buat deskripsi produk yang jelas dan akurat sesuai dengan kondisi produk. Deskripsi yang jelas mulai dari ukuran, berat, hingga bahan yang digunakan bisa sangat membantu para orang tua yang memilih barang untuk anak mereka. Ingatlah bahwa kamu sedang menjual produk bayi kepada orang dewasa. Penggunaan deskripsi yang akurat dan jelas akan membantu menaikkan kepercayaan mereka untuk membeli barang tersebut.

Deskripsi akurat juga akan membantu usahamu mendapatkan ulasan baik dari pelanggan. Ulasan baik dari pelanggan karena deskripsi yang akurat adalah cara meningkatkan penjualan online yang terbaik. Alasannya adalah ulasan baik akan menarik perhatian calon pembeli lain dan memacu rasa percaya mereka kepada produk dan usahamu. Secara tidak langsung, pendapatan penjualan juga bisa naik dengan menggunakan cara ini. 

  • Buat Harga yang Realistis

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Harga adalah hal yang cukup sensitif pada setiap proses bisnis. Penentuan harga juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu perlu mengelola harga produksi dan operasional usaha agar bisa menentukan harga jual yang sesuai. Tidak hanya itu saja, menentukan harga yang sesuai dengan target pasar juga diperlukan agar kamu bisa memasang harga yang pas. Harga yang terlalu mahal bisa membuat pelanggan batal melakukan transaksi. Begitu juga dengan harga yang terlalu murah. Harga yang terlalu murah diasosiasikan dengan produk yang tidak berkualitas. Hal ini membuat pelanggan ragu untuk membeli produk darimu. Harga yang murah juga bisa merugikan usahamu.

Baca Juga 
Tips dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Para Pemula

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store yang Sukses Jualan Fashion Hijab

Tips dan cara meningkatkan penjualan online di atas bisa kamu ikuti dengan mudah. Selama kamu memiliki visi dan misi usaha yang jelas, akan lebih mudah menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan secara online.

Kamu juga bisa memanfaatkan otomasi teknologi untuk mempermudah proses usahamu. Misalnya dengan menggunakan SmartSeller yang memiliki fitur untuk mempermudah proses bisnis dan meningkatkan penjualanmu. Temukan menemukan beragam seller berkualitas lewat SmartSeller untuk meningkatkan penjualan produk usahamu lewat reseller. SmartSeller juga memiliki layanan Rich Buyer yang akan memberikan analisa bisnis akurat untuk perkembangan bisnis. Kamu juga bisa menggunakan Rich Buyer untuk mengetahui perkembangan usahamu dengan mudah. Langsung saja cek RichBuyer sekarang!