Sekarang ini, cara dropshipper Tokopedia sedang banyak digadang-gadang oleh pelaku bisnis karena dianggap memberikan banyak keuntungan. Hal ini dikarenakan dunia perdagangan online terus berkembang pesat sehingga memberikan peluang besar bagi individu untuk ikut serta dalam ekosistem tersebut. Salah satu model bisnis yang populer di platform e-commerce adalah menjadi seorang dropshipper. Dropshipper adalah seorang penjual yang tidak perlu menyimpan stok barang, tetapi tetap dapat menjual produk kepada konsumen. Jika kamu tertarik untuk menjadi dropshipper di salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, yaitu Tokopedia, artikel ini akan membahas secara mendalam tentang langkah-langkah cara dropshipper Tokopedia. Yuk, disimak!

Apa Itu Dropshipper Tokopedia?

Cara Dropshipper Tokopedia

Sebelum terjun ke dunia cara dropshipper Tokopedia, penting untuk kamu memahami konsep dasar dropshipper Tokopedia terlebih dahulu. Dropshipper di Tokopedia adalah model bisnis di mana kamu (dropshipper) bekerja sama dengan supplier atau produsen untuk mengirimkan produk langsung ke pelanggan. Kamu berperan sebagai perantara antara supplier dan konsumen. Model bisnis dropship ini dijalankan di platform e-commerce Tokopedia.

Ketika dropshipper menerima pesanan dari pelanggan, mereka akan menghubungi supplier untuk mengirimkan produk langsung ke alamat pelanggan. Ini berarti dropshipper tidak perlu terlibat dalam proses pengemasan dan pengiriman fisik barang. Keuntungan utama dari model bisnis ini adalah bahwa dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk stok barang dan tidak perlu repot mengurus pengiriman. Sebaliknya, dropshipper dapat fokus pada pemasaran dan penjualan, sementara aspek operasional seperti pengelolaan stok dan pengiriman diurus oleh supplier.

Cara Dropshipper Tokopedia

Cara Dropshipper Tokopedia

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai sistem dropshipper, selanjutnya terdapat cara dropshipper Tokopedia yang dapat kamu ikuti di bawah ini.

1. Membuat Akun Penjual di Tokopedia

Langkah pertama dari cara dropshipper Tokopedia adalah membuat akun penjual di platform Tokopedia. Membuat akun toko di Tokopedia cukup mudah dan langsung dapat dilakukan melalui situs web atau aplikasi Tokopedia. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun toko penjual di Tokopedia:

  • Kunjungi situs resmi Tokopedia di https://www.tokopedia.com/ atau download aplikasi Tokopedia di HP kamu (Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS).
  • Di halaman utama Tokopedia, klik tombol “Daftar”.
  • Setelah mengklik “Daftar”, kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran kemudian pilih opsi “Daftar Sebagai Penjual”.
  • Isi informasi pribadi kamu, seperti nama, alamat email, serta nomor telepon dan pastikan kamu mengisi semua informasi yang diperlukan dengan akurat. 
  • Setelah mengisi informasi pribadi, kamu akan menerima email verifikasi dari Tokopedia. Buka email tersebut dan ikuti instruksi untuk mengkonfirmasi alamat email kamu.
  • Setelah verifikasi email selesai, selanjutnya lengkapi informasi akun kamu. Informasi ini merupakan termasuk data tambahan, seperti alamat dan informasi bisnis kamu.
  • Pilih kategori produk yang akan kamu jual di toko Tokopedia. Ini akan membantu calon pembeli menemukan produk kamu dengan lebih mudah.
  • Pilihlah nama toko yang unik dan relevan untuk toko kamu. Nama toko ini akan menjadi identitas bisnis kamu di platform Tokopedia.
  • Bacalah dan setujui syarat dan ketentuan yang diberikan oleh Tokopedia untuk penjual.
  • Setelah semua langkah di atas selesai, kamu telah berhasil membuat akun toko di Tokopedia. Kamu dapat mulai mengelola toko, mengunggah produk, dan memulai bisnis cara dropshipper Tokopedia kamu.
Baca Juga 
5 Aplikasi untuk Menunjang Work From Home, Kerja Lebih Mudah dan Cepat!

Baca juga: Tips Menjadi Supplier Dropship Tangan Pertama

2. Riset Pasar dan Produk

Sebelum memutuskan produk apa yang akan kamu jual, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Analisislah tren pasar dan cari tahu produk apa yang sedang diminati oleh konsumen. Selain itu, pastikan produk yang kamu pilih memiliki permintaan yang cukup tinggi dan persaingan yang tidak terlalu ketat. Dengan memahami tren pasar, kamu dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dalam memilih produk untuk dijual.

Cara Dropshipper Tokopedia

3. Pilih Supplier yang Terpercaya

Pemilihan supplier atau produsen yang terpercaya sangat penting dalam cara dropshipper Tokopedia. Kamu perlu memastikan bahwa produk-produk yang mereka tawarkan berkualitas baik dan pengiriman dapat dilakukan tepat waktu. Teliti reputasi supplier, ulasan produk, serta kebijakan pengembalian barang. Tokopedia memiliki fitur penilaian dan ulasan yang dapat membantu kamu dalam memilih supplier yang tepat.

4. Buat Deskripsi Produk yang Menarik

Dalam cara dropshipper Tokopedia, setiap produk yang kamu jual di Tokopedia perlu memiliki deskripsi yang menarik dan informatif. Tuliskan informasi lengkap tentang produk, spesifikasi, keunggulan, dan manfaatnya. Gunakanlah bahasa yang ringkas agar mudah dipahami oleh calon pembeli. Tambahkan foto-foto produk yang berkualitas tinggi agar pembeli memiliki gambaran yang jelas tentang produk yang ditawarkan.

Cara Dropshipper Tokopedia

5. Tentukan Harga dengan Bijak

Menentukan harga yang tepat adalah kunci dalam cara dropshipper Tokopedia. Kamu perlu mempertimbangkan harga dari supplier, biaya operasional, margin keuntungan, dan harga yang kompetitif di pasaran. Harga yang terlalu tinggi dapat membuat calon pembeli enggan membeli, sedangkan harga yang terlalu rendah dapat merugikan bisnis kamu. Lakukan analisis kompetitif untuk menentukan rentang harga yang optimal dan bijak.

Baca Juga 
Ini Tips Menentukan Nama Toko yang Bagus untuk Bisnis

Baca juga: Apa Perbedaan Reseller dan Dropship di Bisnis Online?

6. Kelola Stok dan Permintaan

Walaupun kamu tidak perlu menyimpan stok fisik, tetapi kamu tetap perlu mengelola stok barang di Tokopedia. Pastikan kamu selalu berkomunikasi dengan supplier tentang ketersediaan stok. Jika ada produk yang sudah tidak tersedia, segera hapus atau nonaktifkan produk tersebut dari toko kamu. Tanggapilah permintaan pelanggan dengan cepat dan pastikan pengiriman dilakukan dengan tepat waktu.

Cara Dropshipper Tokopedia

7. Proses Pemesanan Produk Dropshipper Tokopedia

Proses pemesanan dalam cara dropshipper Tokopedia melibatkan beberapa Langkah koordinasi antara kamu sebagai dropshipper, supplier atau penjual utama, dan pelanggan. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam proses pemesanan cara dropshipper Tokopedia.

  • Pelanggan mengunjungi toko online kamu di Tokopedia lalu memilih produk yang ingin dibeli dan melanjutkan ke proses checkout.
  • Kamu menerima notifikasi atau pemberitahuan tentang pesanan yang ditempatkan oleh pelanggan. Ini biasanya dilakukan melalui email atau melalui panel kontrol toko Tokopedia kamu.
  • Setelah kamu menerima pesanan, segera melakukan proses pembelian produk di toko supplier Tokopedia dengan cara sebagai berikut.
  1. Mencari produk yang sesuai dengan pesanan pelanggan.
  2. Klik “Beli Langsung”.
  3. Masukkan alamat pelanggan dengan lengkap
  4. Pilih pengiriman ekspedisi.
  5. Jangan lupa centang opsi “Dropship”.
  6. Lakukan proses pembayaran dengan pilih “Pembayaran”.
  • Setelah pembayaran diterima, supplier akan memproses pesanan. Mereka akan melakukan pengemasan dan pengiriman produk sesuai dengan alamat yang kamu berikan.
  • Pastikan kamu memperbarui status pesanan di toko kamu agar pelanggan mendapatkan informasi yang akurat tentang pengiriman dan penyelesaian pesanan.

Menjadi dropshipper di Tokopedia adalah peluang bisnis menarik di era digital ini. Dengan pemahaman yang baik tentang cara dropshipper Tokopedia, pemilihan supplier yang tepat, riset pasar yang matang, serta pelayanan pelanggan yang prima, kamu dapat mengembangkan bisnis dropship yang sukses di platform ini.

Baca Juga 
Macam-macam Peluang Usaha Makanan yang Cukup Potensial!

Nah, agar menghindari kamu kehabisan stok produk, kamu bisa lho menggunakan fitur Private Order dari SmartSeller. Soalnya, fitur ini memungkinkan kamu dapat mengecek stok produk secara realtime dan kamu dapat memesan produk secara langsung ke supplier melalui website Private Order. Tidak cuma itu, kamu juga dapat menggunakan fitur Inventory Management yang bisa melakukan restock produk dengan cepat. Yuk, cari tahu informasi SmartSeller lebih lanjut di sini!