Cara mempromosikan produk menjadi pengetahuan dasar bagi pebisnis untuk memulai usaha. Sebab, dengan cara mempromosikan produk yang tepat dapat memengaruhi bisnis yang kamu kelola. Tidak hanya jadi dikenal masyarakat, namun juga bisa meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis. Bahkan saat ini bertambah lagi tujuannya, yakni agar produk viral di media sosial. Oleh karenanya, promosi produk menjadi hal yang sangat penting dalam menggeluti bisnis. 

Salah satu cara mempromosikan produk yang tengah populer di masyarakat ialah dengan melakukan pemasaran secara online. Cara ini diklaim efisien dan efektif dalam menjangkau pasar yang luas. Tetapi, tak sekadar memanfaatkan media online saja, pebisnis juga harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar cara mempromosikan produk secara online bisa viral dan meraih target yang diinginkan.

Apa Itu Promosi?

Promosi merupakan salah satu kegiatan untuk memengaruhi, membujuk, menyampaikan sesuatu, hingga meningkatkan target pembeli di pasaran. Dalam penerapannya, pengusaha perlu mengetahui cara mempromosikan produk dengan tepat agar mampu meyakinkan calon pembeli untuk menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, kegiatan pemasaran menjadi strategi untuk menarik dan mengenalkan barang atau jasa ke khalayak seluas-luasnya.

Pada era digital saat ini, pemilik usaha bisa melakukan berbagai cara mempromosikan produk dengan berbagai jenis medianya, mulai dari media online, SMS, iklan di televisi atau radio, hingga cara tradisional di koran atau brosur. Dari beragam kanal yang bisa dipilih, pebisnis bisa dengan bebas membuat narasi ajakan yang menarik minat konsumen. Hal ini dapat dilakukan dengan mencantumkan kelebihan produk atau menawarkan potongan harga.

Banyaknya media yang bisa digunakan untuk melakukan promosi, kamu harus mengetahui cara mempromosikan produk dengan benar. Sesuaikan dengan media dan target pasar yang dipilih agar promosi yang dilakukan dapat sesuai target. 

Baca Juga: Optimalkan Bisnismu dengan Metode Pemasaran Efektif

Alasan Penting Mempromosikan Produk

Seperti yang sudah dijelaskan, cara mempromosikan produk menjadi salah satu strategi efektif dalam mengenalkan produk atau jasa ke calon konsumen. Tanpa adanya promosi, pelanggan tidak akan tahu produk yang kamu jual. Sehingga, kamu perlu mengetahui cara mempromosikan produk dengan tepat agar konsumen bisa mengenal barang yang kamu tawarkan.

Baca Juga 
Ketahui 3 Cara Online Store Anda Bisa Menghasilkan Uang Melalui Youtube!

Tak sekadar mengenalkan produk ke calon pelanggan, ada beberapa alasan lain dari pentingnya mempromosikan produk. Yuk, simak berbagai alasan pentingnya melakukan promosi produk berikut ini.

1. Tingkatkan Brand Awareness

Brand awareness umumnya merupakan cara untuk memengaruhi konsumen agar mengenali dan mengingat brand yang kamu punya. Brand awareness menjadi salah satu hal penting yang harus ditingkatkan. Dengan cara mempromosikan produk yang tepat bisa berpengaruh dalam meningkatkan brand awareness bagi pelanggan, khususnya bakal pelanggan baru.

Cara Mempromosikan Produk

2. Meningkatkan Jumlah Penjualan

Bukan sebuah rahasia lagi jika promosi dilakukan agar mampu mengenalkan produk kepada calon pelanggan dengan tujuan meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, promosi perlu dilakukan secara rutin dan konsisten. Dengan begitu, hasil dari promosi tersebut akan berdampak pada penjualan. Adanya peningkatan dalam penjualan ini tentu akan mampu meningkatkan keuntungan bagi perusahaan, usaha yang kamu tekuni pun dapat berkembang. 

3. Membedakan Produk Perusahaan dengan Kompetitor

Kegiatan promosi dilakukan untuk menginformasikan perbedaan produk yang kamu miliki dengan kompetitor. Biasanya, setiap perusahaan melakukan cara promosi yang berbeda-beda. Sehingga, semakin unik dan menarik cara mempromosikan produk usahamu, maka semakin lebih mudah dikenal oleh calon konsumen.

4. Promosi Dilakukan untuk Mengedukasi Konsumen

Promosi menjadi salah satu sarana untuk mengedukasi konsumen. Edukasi bagi calon konsumen adalah dengan memberikan informasi rinci dari produk yang ditawarkan. Informasi tersebut bisa berupa deskripsi produk, harga, jenis barang, hingga keuntungan ketika menggunakan barang tersebut.

Cara Mempromosikan Produk

5. Menjaga Loyalitas Konsumen

Melakukan promosi bisa memengaruhi loyalitas konsumen dalam membeli produk. Seperti diketahui, loyalitas konsumen bisa diukur saat mereka membeli produk secara terus menerus atau berulang. Pasalnya, dengan melakukan promosi terus menerus kepada pelanggan akan mengingatkan mereka pada produk milikmu, sehingga mereka semakin yakin untuk membeli produk milikmu. 

Baca Juga 
Quality Control Artinya adalah: Penjelasan dan Tugasnya

Baca Juga: Bagaimana Cara Berjualan Online agar Cepat Laku Dibeli?

Cara Promosikan Produk

Perlu diingat jika promosi memiliki tujuan untuk memberikan kesan, menarik perhatian, dan memberikan rasa penasaran pada konsumen agar mereka mencoba produk yang kamu tawarkan. Namun, pesan ini akan sampai apabila cara mempromosikan produk dilakukan dengan benar dan tepat sesuai dengan target pasar. Apalagi, target promosi agar produkmu viral harus melakukan berbagai strategi terbaik dan tepat sasaran. 

Oleh karenanya, sebelum lakukan promosi, seorang pebisnis harus lebih dulu melakukan riset dan menentukan siapa target pasar produkmu. Selain itu, juga lihat bagaimana pesaing melakukan promosi. Setelah itu, tentukan bagaimana cara mempromosikan produk milikmu. Bah, berikut ini beberapa cara mempromosikan produk di tengah era digital. 

Cara Mempromosikan Produk

1. Pilih dan Pelajari Media Promosi 

Seperti yang kita tahu, pada era digital ini tidak bisa dipisahkan dengan kehadiran media sosial, seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter atau X, dan TikTok pendatang baru yang langsung melejit. Pilihlah beberapa media sosial yang sesuai dengan target pasar dari produkmu. Kemudian, sebagai seorang pebisnis kamu perlu mempelajari bagaimana media sosial tersebut bekerja sehingga konten yang diberikan dapat sesuai. Dengan begitu, pesan atau informasi yang ingin kamu sampaikan dapat diterima oleh para calon konsumen dengan baik. 

Selain media sosial, kamu juga bisa membuat website untuk toko online yang akan menampilkan produk-produk unggulan dari bisnismu dengan informasi detail mengenai produk dan brand. Keberadaan website ini nantinya akan semakin memperluas pasar dari bisnismu. Memang tidak semudah membalikan tangan agar website dapat diterima dengan baik, namun kamu bisa meningkatkannya dengan membuat konten SEO. 

2. Lakukan Kampanye Produk

Cara mempromosikan produk selanjutnya bisa dilakukan dengan kampanye produk pada Instagram dan Facebook Ads. Kampanye di dua media sosial ini dapat mengundang calon konsumen untuk melihat produkmu. Meningkatkan brand awareness atau produknya bisa juga dilakukan melalui Email Marketing dengan memberikan buletin bulanan. Kontak konsumen ini bisa kamu dapatkan saat meminta review pelanggan yang tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen lainnya.

Baca Juga 
Sukses Berbisnis di Marketplace B2B

3. Gaet Influencer

Di tengah gempuran media sosial, istilah influencer tidak asing lagi. Engagement mereka dengan follower-nya yang kuat, dapat memberikan pengaruh pada produk dan bisnismu. Oleh karenanya, menggandeng influencer menjadi salah satu cara mempromosikan produk yang efektif untuk membuat produkmu dikenal bahkan bisa viral. 

Namun, bukan rahasia lagi jika biaya influencer cukup menguras kantong. Bagi pebisnis pemula dengan modal yang cukup, kamu bisa memulainya dengan menggandeng micro influencer yang memiliki pengikut sekitar 2.000 hingga 50.000 akun. Tips agar pesan dari influencer ini tepat sasaran, sesuaikan influencer dengan produk yang ditawarkan. Misalnya, untuk mempromosikan hijab, kamu bisa menggandeng influencer yang menggunakan hijab. Begitu pun produk lainnya. 

Cara Mempromosikan Produk

4. Adakan Giveaway dan Promo Menarik

Cara mempromosikan produk yang cukup efektif adalah dengan memberikan hadiah dan promo menarik. Bukan dengan cuma-cuma, kamu bisa memberikan kuis melalui media sosial dengan syarat yang akan meningkatkan brand awareness ataupun akun media sosial bisnismu. Dengan begitu, perkenalan produk bisa lebih meluas lagi. Ditambah dengan promo menarik yang disukai oleh para konsumen. 

Tonton Juga: Ngorder: Aplikasi Rekap Penjualan Lengkap, Solusi Manajemen Olshop

Nah itulah beberapa cara mempromosikan produk di tengah era digital. Untuk semakin memudahkan kamu dalam mempromosikan produk, kamu bisa menggunakan fitur Storefront dari SmartSeller. Fitur ini membantu kamu dalam membuat dan mengelola toko online. Dengan begitu, saat produkmu viral dan pesanan berdatangan, kamu tidak kesulitan dalam mengelolanya. Tampilan yang diberikan juga menarik. Selain storefront, SmartSeller juga memiliki fitur lainnya seperti manajemen order. Bersama SmartSeller, usahamu bisa lebih berkembang karena platform satu ini memiliki fitur analisa bisnis. Klik di sini yuk!