Saat ini, berjualan online merupakan salah satu usaha yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak? Seiring dengan berkembangnya teknologi, kamu sudah bisa berjualan sambil rebahan, lho! Income yang didapat dari jualan online ini juga tidak main-main. Namun, kamu harus tahu cara berjualan online agar cepat laku demi mendapatkan income yang maksimal.

Sebagai seorang pengusaha, terutama untuk kamu yang baru merintis, mengetahui cara berjualan online agar cepat laku merupakan suatu kewajiban yang harus dipelajari agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa ramai oleh pembeli. Jika kamu sudah paham tentang cara berjualan online agar cepat laku, kamu akan bisa terus mengembangkan bisnis jadi lebih besar.

Pertanyaannya, bagaimana cara berjualan online agar cepat laku? Kamu sudah ada di laman yang tepat! Yuk, baca sampai habis agar kamu paham di luar kepala tentang bagaimana cara berjualan online agar cepat laku diburu oleh pembeli!

Cara Berjualan Online agar Tetap Laku

Beberapa Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

Ketika kamu telah memutuskan untuk berjualan online, atau untuk kamu yang merupakan pemula, berjualan online tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan, lho! Jika demikian, maka usaha online shop mu nantinya akan kalah dengan usaha sejenis lainnya. Oleh karena itu, kamu harus paham tentang cara berjualan online agar cepat laku.

Tidak hanya mengejar “laku” nya saja, banyak hal bermanfaat yang akan didapatkan jika kamu tahu cara berjualan online yang benar. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengembangkan usaha online shop mu agar dapat bersaing dengan online shop lainnya. Berikut ini cara berjualan online agar cepat laku yang harus kamu pelajari. 

1. Pahami Product Knowledge dengan Benar

Cara berjualan online agar cepat laku yang pertama yaitu dengan memahami product knowledge dari barang yang kamu jual. Hal ini adalah hal dasar yang harus kamu kuasai. Jika kamu asal dalam menjual barang tanpa paham sebenarnya barang ini kegunaannya untuk apa, maka nantinya online shop yang kamu dirikan akan jalan di tempat dan kurang bisa berkembang.

Baca Juga 
Yuk, Mari Mulai Analisis Peluang Usaha pada Bisnismu!

Dalam menjual sebuah barang atau menawarkan sebuah jasa, kamu harus tahu USP (Unique Selling Point) dari barang atau jasa tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu tahu teknik pemasaran seperti apa yang akan digunakan untuk menarik pembeli. Selain itu, USP juga bermanfaat agar pembeli dapat mengingat barang atau jasa yang kamu tawarkan.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui USP dari barang atau jasa yang ditawarkan ke pembeli? Caranya yaitu dengan banyak belajar dari kompetitor usaha. Amatilah bagaimana kompetitor lain menerapkan strategi usaha mereka. Setelah itu, buatlah pembeda dengan menerapkan inovasi baru yang belum ada pada kompetitor usaha.

Cara Berjualan Online agar Tetap Laku

2. Menggunakan Website

Cara berjualan online agar cepat laku selanjutnya yaitu dengan membuat website untuk berjualan online. Lho, sekarang kan marketplace dan social media banyak dan lebih praktis, kenapa harus menggunakan website? Nah, terdapat beberapa alasan mengapa menggunakan website dapat menjadi salah satu cara berjualan online agar cepat laku.

Baca juga : Ide Jualan di Shopee Modal Kecil untuk Pebisnis Pemula

Pertama, di marketplace sudah banyak kompetitor usaha lain yang serupa. Eits, bukan berarti meremehkan penggunaan marketplace sebagai salah satu sarana untuk berjualan online, ya! Jika kamu paham tentang trik berjualan di marketplace, maka jualanmu bisa dipastikan juga akan ramai pembeli. Dengan bantuan website, kamu dapat memberikan pengalaman belanja calon pembeli agar lebih menyenangkan. Bagaimana bisa? Di website, kamu dapat menampilkan banyak fitur yang tidak bisa ditampilkan di marketplace.

Contohnya, di website kamu dapat menambahkan artikel edukasi, di mana artikel tersebut nantinya akan relate dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga dapat menampilkan desain yang bagus serta menampilkan video agar dapat menarik pembeli. Hal ini tentunya akan menciptakan kesan profesional pada usahamu. 

Baca Juga 
Pengiriman Kargo adalah Solusi UKM Kreasi, Ini Alasannya

Kedua, dengan website kamu dapat lebih mengembangkan value dari produk tanpa khawatir harus bersaing dengan kompetitor lainnya. Kamu dapat memberikan fitur-fitur menarik pada website jualan online agar dapat mempermudah calon pembeli, terutama dalam segi payment dan pengiriman barang.

Cara Berjualan Online agar Tetap Laku

3. Menggunakan Konten Marketing

Cara berjualan online agar cepat laku selanjutnya yaitu dengan menggunakan konten marketing. Di zaman dengan teknologi yang serba canggih saat ini, menerapkan strategi marketing dengan cara lama dinilai kurang efektif dalam menarik pembeli. Jadi, kamu harus bisa menerapkan konten marketing, di mana promosi dikemas semenarik mungkin dengan balutan konten. Konten tersebut bisa berupa tulisan yang menarik, gambar atau video, dan lain sebagainya. Intinya, kamu melakukan soft selling dengan bantuan konten untuk menarik minat pembeli. 

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar

4. Menggunakan Foto yang Menarik

Cara berjualan online agar cepat laku yang keempat yaitu dengan membuat foto produk dengan bagus. Hal yang perlu diingat, jangan pernah sepelekan foto produk jika kamu ingin usaha online shop mu ramai diburu pembeli. Foto produk merupakan salah satu effort agar usaha online shop terlihat niat dan profesional. 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar foto produk terlihat menarik. Namun, jika ada budget lebih, kamu bisa menggunakan jasa foto produk agar hasil foto produk terlihat lebih bagus dan memiliki nilai jual yang lebih. Jika tidak cukup budget untuk menggunakan jasa foto produk, kamu bisa menggunakan kamera smartphone, namun harus paham tentang teknik pengambilan gambar dan basic editing foto.

Cara Berjualan Online agar Tetap Laku

5. Menggunakan Social Media

Cara berjualan online agar cepat laku yang terakhir yaitu dengan menggunakan social media. Sebenarnya, social media ini erat kaitannya dengan konten marketing. Jadi, social media merupakan wadah di mana konten marketing ini dapat dilakukan.

Baca Juga 
Apa Perbedaan Reseller dan Dropship di Bisnis Online?

Baca juga : Mudah, Ini Dia Cara Jualan di TikTok Tanpa Followers!

Kamu dapat memanfaatkan banyak fitur canggih yang ada di social media untuk menyalurkan konten marketing yang menarik. Misalnya saja di Instagram, terdapat fitur story dan reels, di mana fitur tersebut dapat membantu penyebaran informasi tentang jualan onlinemu. Selain Instagram, ada WhatsApp yang dapat menyebarkan pesan broadcast ke banyak kontak sekaligus.

Intinya, manfaatkan fitur canggih di social media agar promosi bisa berjalan dengan maksimal. Selain itu, kamu juga harus mengimbanginya dengan konten marketing yang menarik sesuai dengan produk yang kamu jual.

Nah, itu tadi lima cara berjualan online agar cepat laku yang dapat kamu terapkan pada usaha online shop-mu. Kamu bisa mengikuti lima cara di atas agar berjualan online jadi lebih maksimal. Namun, lakukan sesuai dengan kemampuanmu terlebih dahulu. Tidak masalah jika kamu menjalankan usaha dari kecil dulu, karena usaha besar awalnya merupakan usaha kecil.

Jika kamu sudah menguasai cara berjualan online agar cepat laku diburu oleh pembeli, maka jangan lupa untuk mengelola online shopmu dengan baik agar dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara agar pengelolaan online shop berjalan baik yaitu dengan menggunakan SmartSeller. 

Di SmartSeller, terdapat fitur order management yang dapat memudahkan kamu untuk mengelola orderan dengan baik. Jadi, jika kamu punya beberapa marketplace, kamu tidak perlu repot untuk mengelolanya satu-satu karena di SmartSeller bisa mengelolanya sekaligus dalam satu dashboard saja, lho!

Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan bisnis dengan mencoba menjadi reseller, SmartSeller menyediakan banyak reseller berkualitas dan terpercaya. Jadi, kamu tidak perlu bingung dan takut lagi karena susah untuk mendapatkan reseller yang trusted. Yuk, cobain pakai  SmartSeller sekarang juga!