Apakah kamu pernah berbelanja secara online? Jika pernah, apakah kamu tahu pengertian e-commerce? Seperti yang kita tahu, beberapa tahun terakhir ini semua perdagangan rata-rata dilakukan secara online dengan penerapan e-commerce. Dari yang awalnya perdagangan dilakukan secara konvensional antara pembeli dan penjual dengan bertatap muka langsung, sekarang menjadi serba digital. Lalu, sebenarnya apakah pengertian e-commerce?

Ketahui Pengertian E-Commerce

E-commerce berasa dari dua kata, yaitu electronic dan commerce yang artinya perdagangan elektronik. Secara sederhana, pengertian e-commerce adalah suatu bentuk perdagangan yang dilakukan secara digital atau online yang memanfaatkan internet. Dari pengertian e-commerce tersebut menjelaskan bahwa semua transaksi jual beli, proses pemasaran barang, sampai proses pengiriman dilakukan secara online.

Pada saat ini, layanan e-commerce tidak hanya untuk menjual produk, tetapi juga bisa menjual jasa, seperti tiket transportasi, pembayaran tagihan listrik dan air, sampai ke layanan perbankan dan investasi. Semua layanan dapat diakses dengan hanya menggunakan e-commerce, makanya kehadiran e-commerce benar-benar sangat membantu.

Baca juga: 5 Kesalahan Desain Ini Dapat “Membunuh” Ecommerce Anda!

Keuntungan yang Didapatkan dengan Berjualan di E-Commerce

Berdasarkan pengertian e-commerce, semua penjualan dilakukan secara online otomatis kehadiran e-commerce di dunia bisnis dapat memberikan keuntungan yang besar. Tidak hanya untuk pelaku usaha, tetapi juga memberikan keuntungan ke konsumen.

  • Tidak Mengenal Waktu

Merujuk ke pengertian e-commerce di atas, semua aktivitas di e-commerce dilakukan secara online sehingga dapat dilakukan kapanpun tanpa mengenal waktu. Apabila berjualan dengan toko offline jam buka dapat berpengaruh ke pendapatan, maka berjualan di e-commerce pendapatan tidak bergantung sama sekali dengan jam buka toko.

  • Jangkauan yang Lebih Luas

Berjualan di e-commerce sangat tidak terbatas oleh wilayah sehingga kamu bisa menjual produk ke siapa saja dari seluruh dunia. Kamu bisa bertemu dengan konsumen tanpa dibatasi oleh lokasi. Untuk itu, berjualan di e-commerce dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan yang didapatkan jauh lebih tinggi daripada berjualan dengan toko fisik.

  • Biaya Operasional yang Lebih Murah

Berdasarkan pengertian e-commerce, aktivitas transaksi jual beli dilakukan secara elektronik sehingga kamu tidak perlu untuk membuka toko fisik. Dengan membuka toko fisik kamu harus membayar biaya sewa gedung, sedangkan berjualan di e-commerce, kamu hanya perlu membayar pembuatan website yang harganya jauh lebih murah daripada biaya sewa Gedung. Kamu mau yang gratis? Ada! Kamu bisa berjualan di marketplace karena tidak dipungut biaya sama sekali, terkecuali biaya admin.

Cara Berjualan di E-Commerce

Setelah mengetahui pengertian e-commerce dan keuntungan yang didapatkan, selanjutnya kamu harus melakukan beberapa cara untuk berjualan di e-commerce.

  • Cari Produk yang Tren

Sesuai dengan pengertian e-commerce, kamu tetap memerlukan produk untuk berjualan di e-commerce. Kamu harus tahu terlebih dahulu produk apa saja yang sedang banyak diperbincangkan di masyarakat. Cara mengetahuinya dengan research di sosial media. Setelah kamu menemukan produk yang pas, maka kamu bisa mulai menjualnya. Salah satu tips agar produk kamu laku di pasaran adalah menjual produk yang banyak diminati, tapi masih sulit untuk dicari.

  • Mengenali Target Pasar

Sudah tahu mau menjual produk apa saja? Selanjutnya, kamu harus mencari tahu dan mengenali target pasar dengan baik. Apabila kamu menjual baju wanita, maka target pasar kamu adalah para wanita. Target pasar dilakukan juga untuk mengetahui bagaimana strategi bisnis yang harus kamu lakukan.

  • Menentukan Harga yang Tepat

Salah satu tujuan dari berjualan adalah jual produk dengan modal yang sedikit dan mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Namun, kenyataannya tidak bisa segampang itu. Untuk mendapatkan keuntungan yang besar kamu harus memikirkan strategi yang tepat. Kamu juga tidak bisa memasang harga dengan asal-asalan karena dapat berpengaruh bisnis kamu. Kamu harus memasang harga yang bersaing dan sesuai dengan pasaran.

Melalui pengertian e-commerce, kamu bisa menerapkan teknik cross selling, yaitu menawarkan produk yang berbeda dari produk yang dibeli konsumen sehingga produk yang dibeli akan bertambah. Selain itu, ada juga teknik loss-leader, yaitu dengan mematok harga rendah pada produk tertentu. Teknik ini bertujuan untuk mendorong konsumen agar membeli produk dalam jumlah yang banyak.

  • Menjual Produk di Berbagai E-Commerce

Mengikuti pengertian e-commerce yang mana semua aktivitas perdagangan dilakukan secara online, sekarang ada banyak sekali platform e-commerce di Indonesia yang bisa digunakan. Sehingga kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk menjual produk lebih dari satu e-commerce. Hal ini bertujuan agar dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dan lebih banyak dikenal. Selain itu, ini juga akan memudahkan konsumen untuk menemukan produk kamu.

  • Menggunakan Keyword yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri kalau berjualan di e-commerce memiliki banyak kompetitor. Terlebih, produk yang dijual adalah sama sehingga kamu harus bersaing dengan puluhan kompetitor. Merujuk pada pengertian e-commerce yang mana aktivitas perdagangan dilakukan secara online sehingga seseorang ketika mencari produk harus menggunakan keyword. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan SEO atau keyword yang sekiranya banyak dicari. Sebagai contoh, misalnya konsumen ingin membeli kipas angin, maka mereka akan menulis di search engine dengan keyword “Kipas angin”. Untuk itu, kamu bisa menulisnya, seperti “Merk ABC – Kipas Angin”. Alasan SEO sangat penting karena toko kamu kemungkinan besar akan muncul di halaman pencarian konsumen.

  • Menggunakan Newsletter

Apakah kamu pernah mendapatkan email dari sebuah toko online? Apabila pernah itu disebut dengan newsletter. Merujuk ke pengertian e-commerce yang merupakan perdagangan secara digital, maka proses pemasaran juga dilakukan secara digital. Newsletter adalah email yang berisi pemberitahuan terbaru dari sebuah perusahaan atau toko kepada setiap konsumen yang sudah mendaftarkan email-nya. Email tersebut dapat berisi pemberitahuan promo dan update. Fungsi dari menggunakan newsletter adalah agar toko kamu dapat menjalin hubungan dengan konsumen secara berkala.

  • Memasang Iklan

Siapa bilang kalau berjualan lewat e-commerce tidak bisa memasang iklan? Bisa banget, lho! Dilansir dari pengertian e-commerce yang dilakukan secara online, maka cara untuk iklan juga dilakukan secara online. Justru memasang iklan di e-commerce jauh lebih efektif untuk menjangkau konsumen. Memasang iklan di internet ada berbagai macam bentuk iklan, mulai dari iklan lewat Google, sosial media, atau bahkan lewat e-commerce itu sendiri.

  • Pelayanan yang Baik

Seperti kata pepatah “Konsumen adalah raja”, maka kamu harus melayani konsumen dengan baik. Usahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar konsumen puas dan betah untuk membeli produk kamu. Kamu bisa mulai dari membalas chat dengan cepat ketika konsumen menghubungi kamu. Soalnya, kalau kamu telat untuk merespon, kemungkinan besar konsumen akan beralih ke toko lain.

Nah, itu dia pengertian e-commerce, keuntungan, dan juga cara berjualan di e-commerce agar mendapatkan pendapatan yang tinggi. Melalui pengertian e-commerce, semua perdagangan dilakukan secara online sehingga transaksi jual beli diberikan kemudahan oleh e-commerce. Sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk mencobanya karena hampir 88% jumlah konsumen yang berbelanja online menggunakan e-commerce.

Oleh karena itu, berjualan di e-commerce merupakan bisnis yang menjanjikan. Untuk membantu mengelola orderan, kamu bisa menggunakan Smartseller agar lebih mudah untuk memantau orderan kapanpun dan di manapun. Smartseller terintegrasi dengan banyak marketplace di Indonesia sehingga kamu tidak kewalahan untuk mengurus orderan!