Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan, kata-kata promosi digunakan dan dimanfaatkan oleh para pemilik usaha dengan tujuan untuk memikat hati pelanggan, baik itu pelanggan lama atau pun potensial pelanggan baru. Aktivitas promosi yang dilakukan oleh para pemilik usaha dapat kamu temukan di berbagai media mainstream masa kini.

Misalnya, pada media offline seperti baliho, banner LED, atau media out-of-home lainnya, terdapat rangkaian kata-kata promosi mengenai produk baru atau promosi yang sedang dijalankan oleh sebuah bisnis. Kata-kata promosi juga bisa kamu temukan di media social, ads, dan video promosi di media online.  Kata-kata promosi ini dapat dirangkai sekreatif dan seunik mungkin agar menjadi kalimat yang mampu menumbuhkan keinginan pelanggan atau calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan usahamu.

Namun, seringkali terdapat penggunaan kata-kata promosi yang tidak tepat, sehingga tidak mampu menarik minat pelanggan. Nah, ingin tahu kata-kata promosi ajaib apa saja yang dapat menyihir hati pelanggan? Yuk, simak aja selengkapnya daftar kata-kata promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualanmu!

9 Contoh Kata-Kata Promosi Ajaib Untuk Usahamu

Kalau kamu bingung harus mulai dari mana dan tidak tahu kalimat promosional yang cocok untuk usahamu, berikut ini kami berikan 9 contoh kata-kata promosi yang ampuh untuk meningkatkan penjualan usahamu!

1. “Kamu”, “Anda”, dan Kata Ganti Kedua Lainnya

Sebagi pemilik usaha, kamu harus membayangkan media promosi yang kamu gunakan itu sebagai caramu untuk “berkenalan” dengan pelanggan. Ketika kamu berkenalan dengan orang baru, pasti kamu ingin memberikan impresi yang baik untuk orang tersebut bukan? Nah, guna meninggalkan impresi yang baik kepada calon pelanggan yang membaca media promosimu, kamu bisa menggunakan kata ganti kedua untuk merujuk mereka, seperti “kamu”, “Anda”, “kalian”, atau sapaan yang lebih informal seperti “lo”.

Pengemasan kata-kata promosi dengan kata ganti kedua mampu memberikan kesan bahwa kamu sangat mengedepankan pelanggan karena penggunaan ini bersifat personal dan dekat. Kamu bisa menggabungakan kata ganti kedua dengan kata-kata promosi lainnya untuk membangun sebuah hubungan atau koneksi dengan pelanggan.

2. “Hanya sampai tanggal…”, “Buruan sebelum kehabisan!”

Membangun rasa urgensi pelanggan juga bisa menjadi kata-kata promosi yang ampuh dalam membuat orang yang membaca penasaran tentang promosi yang sedang berjalan dalam usahamu lho. Dari sisi psikologis, orang-orang akan cenderung tertarik dan memutuskan untuk melakukan transaksi apabila hal tersebut mendesak atau dengan kata lain terdesak.

Jadi, kamu bisa menyisipkan tanggal di kalimat promosionalmu, misalnya periode promo atau campaign. Kata-kata promosi lainnya yang mampu meningkatkan sense of urgency adalah jumlah yang terbatas seperti “Cuma untuk 100 pelanggan tercepat!”. Contoh lainnya yang kerap kali digunakan adalah “…sekarang!”.

Namun, penggunaan kata-kata promosi seperti ini harus mematuhi peraturan juga ya. Kata-kata tersebut harus sesuai dengan promosi yang kamu jalankan dan bukanlah hal yang fiktif.

3. Call-to-Action (CTA)

Kata-kata promosi yang dapat menyihir hati pelanggan selanjutnya adalah kata-kata yang bersifat mengarahkan pelanggan atau yang biasa disebut juga dengan call-to-action. Call-to-action dapat berupa beberapa kata lho – menyesuaikan kebutuhan dari promosimu.

Sebagai contoh, kamu ingin agar para pembaca di social media-mu membuka landing page yang berisikan promo. Nah, kamu bisa menggunakan call-to-action seperti, “Klik tombol di bawah ini!” untuk mengarahkan para pembaca untuk mengklik link yang terdapat di tombol untuk menuju ke landing page tersebut.

4. “Potongan Rp…”, “Diskon …%”, atau “Cashback

Siapa sih yang tidak tertarik untuk membeli sesuatu kalau ada potongan harga atau diskon? Tidak dapat dipungkiri lagi kata-kata promosi ini adalah kata-kata ajaib yang sering paling bisa menyihir pembaca untuk meningkatkan minat mereka dalam melakukan tindakan lebih lanjut seperti melakukan transaksi.

Pelanggan tentu merasa diuntungkan kalau ada insentif tambahan seperti ini yang bisa mereka dapatkan. Yap, tentu aja pelanggan atau calon pelanggan akan mendapatkan kesan bahwa mereka bisa lebih hemat jika ada potongan atau diskon pada penawaran yang kamu berikan.

5. “Gratis” atau “Bonus”

Mirip dengan insentif tambahan untuk pelanggan seperti contoh ke-empat, kamu bisa mengganti kata-kata promosi tersebut dengan pemberian secara gratis atau bonus atas pembelian yang dilakukan oleh mereka. Contohnya, kamu memberikan gratis untuk pembelian sebuah produk spesial, “Beli 1 Gratis 1” atau “Bonus produk X untuk pembelian Y”.

6. “Baru!”

Kamu juga bisa menggunakan rasa penasaran pelanggan untuk menarik perhatian mereka dengan kata-kata promosi lho. Misalnya, kamu ingin mengenalkan produk atau layanan terbaru usahamu kepada pelanggan. Sisipkan kata-kata seperti “baru”, “terkini”, “kekinian”, “paling update” atau “terbaru!”. Calon pelanggan juga tentu akan lebih tertarik dengan produk-produk yang baru dirilis atau penawaran baru.

7. “Eksklusif!” atau “Khusus Buatmu!”

Meningkatkan penjualan produk atau layanananmu melalui kata-kata dapat juga kamu lakukan dengan menggunakan kata-kata promosi yang memberikan kesan eksklusivitas kepada pelanggan. Penggunaan kata eksklusif pada materi promosimu dapat membuat pelanggan merasa bahwa hanya merekalah yang mendapatkan promo tersebut. Sehingga, konsiderasi mereka untuk membeli atau melakukan transaksi makin lebih besar.

8. Kata-kata yang menonjolkan manfaat produk atau layananmu

Sebagai pemilik usaha, kamu juga harus bisa memposisikan dirimu di point of view calon pelanggan. Calon pelanggan atau orang-orang awam yang membaca materi promosimu pasti memikirkan apa manfaat bagi mereka jika mereka memutuskan untuk membeli produk dari usahamu. Sebenarnya, banyak faktor yang mempengaruhi keputusan calon pelanggan ketika hendak membeli sesuatu. Namun, salah satunya adalah mereka mencari produk yang bisa menjadi solusi atas permasalahan mereka.

Misalnya, kamu mempunyai produk kecantikan untuk para remaja wanita yang kulitnya mudah berjerawat. Pada materi promosional produkmu, kamu bisa menyematkan kata-kata promosi yang menunjukkan manfaat jika mereka memakai produkmu seperti “Kulit wajah makin glowing bing bing dengan serum X!”

9. Kata atau Kalima

Aktivasi Merek. Konsep Tipografi Kata Pemasaran Bisnis

Aktivasi Merek. Konsep Tipografi Kata Pemasaran Bisnis

t Apresiasi

Dalam pembuatan materi promosi, pemilik usaha juga bisa mengapresiasi pelanggan atau calon pelanggan lho. Tidak ada yang salah menunjukkan sedikit cinta dan rasa terima kasih atas loyalitas mereka. Sekali lagi, membuat pelanggan atau calon pelanggan merasa mereka didepankan dapat meningkatkan minat mereka untuk membeli produkmu

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa gabungkan kata-kata atau kalimat apresiatif dengan penawaran atau promo baru yang kamu rencanakan.

Nah, itulah beberapa contoh kata-kata promosi yang dapat kamu gunakan untuk menarik perhatian sekaligus untuk meningkatkan minat pelanggan atau calon pelanggan. Penggunaan kata-kata promosi bisa kamu saling kombinasikan di media apa pun yang digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan dari usahamu.

Di samping kegiatan promosi untuk usahamu, pastinya diperlukan platform yang mampu mengakomodasi penjualan produk-produkmu seperti website. Untuk pembuatan web online yang mudah dan cepat, solusinya ya SmartSeller! SmartSeller punya satu fitur yang mampu mengakomodasi kebutuhan usahamu dalam pembuatan toko online! Penasaran? Cari tahu info lengkapnya disini ya!