Menemukan strategi dan cara jualan di TikTok yang tepat tentunya akan membantu meningkatkan pendapatan penjualan untuk usahamu. Strategi penjualan yang disusun dengan tepat tidak hanya berhasil meningkatkan penjualan saja, kamu juga bisa meningkatkan branding usaha yang kamu jalankan. Pentingnya mengatur strategi dan cara jualan untuk semua bisnis sangatlah besar.

Seperti halnya berjualan di marketplace lain, cara jualan di TikTok Shop perlu strategi yang menyesuaikan dengan bagaimana kondisi marketplace tersebut. Dikarenakan setiap tempat berjualan memiliki karakteristik masing-masing sehingga perlu diperhatikan cara jualan di TikTok Shop yang sesuai dengan kondisi audiens TikTok.

Apa itu TikTok Shop?

Cara Jualan di TikTok Shop

TikTok adalah salah satu platform media sosial yang sedang naik dengan pesat saat ini. TikTok memiliki 1 miliar pengguna yang menjadikan TikTok sebagai salah satu media sosial dengan perkembangan paling pesat di antara yang lainnya. Saat ini TikTok juga memiliki TikTok Shop sebagai salah satu fiturnya.

TikTok Shop adalah marketplace yang cukup inovatif dan memudahkan para pengguna TikTok dan penjual maupun brand saling berkomunikasi dengan lancar. TikTok Shop disebut inovatif karena penjualan dilakukan lewat promo video pendek. Bahkan konten kreator juga bisa memiliki TikTok Shop sendiri yang menjual produk afiliasi sehingga mereka bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk.

Banyak pemilik usaha yang belajar bagaimana cara jualan di TikTok Shop saat ini karena TikTok memiliki beragam fitur unik untuk berjualan. Bahkan bisa dibilang beberapa fitur yang ada di TikTok tidak ada di marketplace atau media sosial lain.

Beberapa fitur yang hanya ada di TikTok Shop dan sangat bermanfaat bagi para penjual adalah fitur live shopping yang memudahkan pelanggan berkomunikasi dengan penjual secara langsung. Selama siaran berlangsung, penjual bisa membuat daftar produk yang ia jual. Produk yang disematkan bisa muncul dalam aktivitas siaran langsung sehingga penonton bisa langsung membeli produk tersebut. Fitur ini cukup sering digunakan untuk menjadi cara jualan di TikTok Shop karena bisa meningkatkan penjualan dengan mudah.

Baca Juga 
Contoh Aplikasi Gudang yang Digunakan dalam Berbisnis

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Mengirim Barang Pakai Kargo

Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Cara Jualan di TikTok Shop

TikTok Shop memberikan kesempatan kepada seluruh penggunanya untuk bisa berjualan dengan mudah. Mulai dari penjual, kreator, rekanan, dan juga afiliasi semua bisa memanfaatkan TikTok Shop. Agar kamu bisa mengikuti bagaimana cara jualan di TikTok Shop sebagai seorang konten kreator, kamu perlu memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Memiliki jumlah followers lebih dari 1000 akun.
  • Memiliki lebih dari 50 views video dalam jangka waktu 28 hari terakhir.
  • Berusia 18 tahun keatas.
  • Rajin memposting video di TikTok selama jangka waktu 28 hari terakhir.

Jika kamu adalah seorang pemilik usaha, kamu perlu memenuhi persyaratan berikut ini agar bisa mengikuti cara jualan di TikTok Shop:

  • Memiliki legalitas dokumen usaha resmi yang diakui di Indonesia.

Sedangkan jika kamu adalah seorang pengguna yang ingin mengikuti afiliasi TikTok, kamu perlu memenuhi syarat berupa:

  • Memiliki bukti usaha yang berjalan di Indonesia.

Cara Jualan di TikTok Shop

Selanjutnya, berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk cara jualan di TikTok Shop:

  • Daftar Menjadi Akun Bisnis

TikTok memiliki fitur TikTok Bisnis yang membantu setiap penggunanya mengelola usaha mereka lewat akun profesional TikTok Bisnis. Kamu perlu mendaftarkan akun TikTok Bisnis agar kamu bisa mengelola usahamu lewat dasbor TikTok Bisnis. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengubah akun TikTok yang sudah kamu miliki menjadi profesional dengan cara masuk ke TikTok Shop Seller. Jika kamu belum memiliki akun, kamu hanya perlu mendaftar dengan data yang diperlukan seperti nama, nomor telepon, dan email.

  • Lengkapi Data Penjual dan Lakukan Verifikasi

Setelah berhasil mendaftar di TikTok Shop Seller, kamu perlu melengkapi data yang diperlukan.  Kamu perlu melengkapi alamat, kontak yang bisa dihubungi, akun bank yang aktif, dan sebagainya untuk memproses akun bisnis TikTok Shop milikmu. Untuk brand, kamu perlu melengkapi dokumen legalitas usaha serta informasi data pribadi yang diperlukan seperti nomor KTP dan informasi seputar usaha.

  • Tambahkan Produk ke TikTok

Setelah akun bisnis sukses dibuat, kamu bisa menambahkan produk yang kamu jual langsung ke TikTok Shop. berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:

  • Masuk ke TikTok Shop Seller Centre.
  • Pilih menu “Add First Product” lalu “Upload
  • Masukkan detail produk yang diperlukan seperti nama produk, deskripsi, ukuran, dan warna jika ada. Serta penjelasan produk agar pembeli paham dengan produk yang dijual.
  • Tambahkan nama merek produk jika ada.
  • Unggah foto produk. Pastikan kamu memilih foto dengan kualitas yang bagus agar lebih menarik. Jika ada video, kamu juga bisa mengunggah produk tersebut.
  • Pilih Publish. Produk usahamu sudah ditambahkan ke dalam etalase TikTok Shop usahamu.
Baca Juga 
Tips Digital Marketing Menggunakan TikTok, Era Baru Media Pemasaran!

Baca Juga: Perlukan Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik?

Tips Jualan di TikTok Shop agar Laris

Cara Jualan di TikTok Shop

Tiktok Shop memiliki berbagai macam fitur yang bisa kamu manfaatkan meningkatkan pendapatan usahamu. Dikarenakan cara jualan di TikTok Shop cukup berbeda dengan platform lain sehingga kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada di TikTok Shop sebagai salah satu strategi penjualan yang tepat. Berikut ini adalah tips meningkatkan cara jualan di TikTok Shop:

  • Menggunakan Fitur Live

Fitur Live yang ada di TikTok bisa kamu manfaatkan untuk berjualan selama siaran berlangsung. Sematkan produk yang kamu jual sambil melakukan promosi selama siaran berlangsung untuk menarik perhatian pelanggan. Pastikan siaran langsung yang kamu lakukan menarik dan mengedukasi para pelanggan agar mereka bertahan menonton siaranmu.

  • Memanfaatkan Afiliasi

Membuka afiliasi untuk produk yang kamu jual akan menjadi salah satu strategi tepat agar semakin banyak yang tertarik dengan produkmu. Konten kreator yang mengikuti afiliasi akan memasarkan produkmu dengan mudah dan kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan semakin banyaknya orang yang mencoba produkmu.

  • Buat Konten Viral

Kesempatan konten yang kamu buat di TikTok untuk viral sebenarnya cukup besar. Kamu hanya perlu membuat konten video yang menarik dan mengedukasi agar konten tersebut diminati oleh banyak orang. Semakin viral konten video tersebut maka semakin besar pula kesempatan untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

  • Menyematkan Produk di Setiap Video

Setiap video adalah bagian dari promosi di TikTok. Sematkan produk yang kamu jual ke dalam link yang ada di Video agar penonton bisa langsung memeriksa jenis produk yang kamu gunakan. Cara ini akan lebih mudah memasarkan produk dan tentunya mempermudah proses belanja para pelanggan.

Baca Juga 
Mengetahui Apa Itu Beban Pokok Penjualan

Tips dan cara jualan di TikTok Shop yang juga perlu kamu perhatikan adalah konsisten. Rutin melakukan siaran langsung dan membuat konten menarik akan membantu meningkatnya penjualanmu. Semakin naik penjualan dan kesuksesan usahamu, maka kamu juga akan memerlukan pengelolaan usaha yang tepat. Jadi, kamu bisa menggunakan SmartSeller yang memiliki fitur lengkap untuk mengelola penjualan. Jualan online di platform manapun, bisa dikelola dengan mudah dengan SmartSeller. Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang!