Bagaimana ya cara jualan di TikTok Shop untuk pemula? Buat kamu para pebisnis yang baru ingin mencoba fitur social commerce dari TikTok tersebut mungkin berandai-andai apakah jualan di sana merupakan hal yang mudah untuk dilakukan atau tidak. 

Kamu tidak perlu khawatir, karena jualan di TikTok Shop punya langkah-langkah yang serupa dengan jualan di platform e-Commerce atau marketplace lainnya. Rencana untuk buka cabang penjualan di TikTok Shop sendiri merupakan hal yang bagus lho! Seperti yang kita ketahui, TikTok sekarang adalah platform media sosial mainstream yang digunakan oleh banyak orang dari bermacam-macam kalangan. 

Jadi, berjualan di TikTok Shop adalah kesempatan yang patut untuk setiap pebisnis coba. Bisnismu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas, meningkatkan awareness bisnis, dan tentunya meningkatkan penjualan.

Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula sendiri tidak seribet yang kamu bayangkan. Tentunya, kamu perlu melakukan registrasi akun TikTok Shop terlebih dahulu sebelum bisa berjualan. Nah, bagaimana tahapan registrasi akunnya? Seperti apa tips dan cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang bisa meningkatkan penjualan?

Untuk ketahui cara jualan di TikTok Shop untuk pemula, yuk simak aja informasi lengkapnya di bawah ini!

cara jualan di tiktok shop untuk pemula

Seputar Informasi Mengenai TikTok Shop dan Keunggulannya

Siapa sih yang saat ini tidak tahu tentang TikTok? TikTok adalah aplikasi media sosial yang fitur utamanya adalah video berdurasi pendek, di mana pengguna TikTok bisa upload video dan membagikannya ke halaman profil. Sehingga siapa saja bisa menjadi content creator-nya sendiri-sendiri.

Namun, lambat laun TikTok pun menambahkan fitur-fitur baru kepada penggunanya beriringan dengan bertambahnya orang-orang yang memakai aplikasi media sosial buatan ByteDance tersebut. Salah satu contohnya adalah TikTok Live yang bisa digunakan user TikTok untuk melakukan live streaming.

Lalu, seakan tak mau menyia-nyiakan fakta bahwa perilaku konsumtif manusia sekarang ini lebih menguntungkan jika dilakukan secara online, TikTok juga menghadirkan fitur jual beli produk layaknya situs-situs e-Commerce dan marketplace. Yap, fitur itu memiliki nama TikTok Shop.

Baca Juga 
Alasan Niche Market adalah Salah Satu Solusi Pada Bisnis

TikTok Shop bisa dibilang inovasi yang unik, karena pada dasarnya TikTok adalah aplikasi media sosial, tapi menambah fungsi e-Commerce di dalamnya melalui fitur tersebut. Sehingga, tidak heran kalau TikTok Shop disebut sebagai social commerce

 

cara jualan di tiktok shop untuk pemula

Baca Juga: Tips Digital Marketing Menggunakan TikTok, Era Baru Media Pemasaran!

Fitur TikTok Shop sendiri diluncurkan pada bulan April 2021 dan sampai sekarang ini dapat mengakomodasi aktivitas jual beli online dari penggunanya.  Apakah kamu sendiri sudah mencoba fitur ini?

Sebagai pebisnis, TikTok Shop punya nilai unggul tersendiri untuk dijadikan channel penjualan online. Berikut adalah beberapa keunggulannya.

  1. Fitur TikTok yang dapat digunakan untuk upload video bisa menjadi wadah promosi bisnis.
  2. Pengguna TikTok dapat menyematkan link atau URL produk jualan di video yang di-upload. Sehingga siapapun viewers yang mengklik link tersebut mampu diarahkan ke halaman penjualan.
  3. Dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
  4. Fitur Live Streaming yang bisa meningkatkan engagement dengan viewers baik itu followers atau non followers.

Selain itu, cara jualan di TikTok Shop untuk pemula juga cukup mudah untuk dilakukan lho. Nah, kalau kamu baru-baru ini punya rencana untuk menjadi seller di TikTok Shop, yuk simak cara jualan di TikTok Shop untuk pemula di bagian selanjutnya!

cara jualan di tiktok shop untuk pemula

Ini Dia Tata Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Tidak perlu overthinking kalau bingung memikirkan bagaimana cara jualan di TikTok Shop untuk pemula. Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula cukup mudah dan mirip seperti ketika kamu mendaftarkan bisnis di platform e-Commerce dan marketplace pada umumnya. 

Berikut adalah tata cara jualan di TikTok Shop untuk pemula yang bisa kamu lakukan!

  • Memenuhi Persyaratan untuk Jadi Seller di TikTok Shop

Langkah pertama untuk dapat melakukan pendaftaran tentu saja kamu harus memenuhi beberapa persyaratan agar bisa menjadi seller TikTok Shop. Persyaratan-persyaratan umum tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Pemilik akun harus berusia minimal 18 tahun.
  2. Terdapat dua tipe akun seller, yaitu perseorangan dan korporasi. Kalau akun bisnismu adalah perseorangan, kamu wajib memiliki KTP. Sedangkan akun korporasi akan mewajibkanmu memiliki NIB atau Nomor Induk Berusaha.
  3. Memiliki rekening untuk bisnis.
Baca Juga 
5 Ide Produk untuk Memulai Toko Aksesoris Mobil

cara jualan di tiktok shop untuk pemula

  • Registrasi Akun Seller TikTok Shop

Untuk melakukan registrasi, kamu bisa kunjungi langsung situs web Seller TikTok Shop di https://seller-id.tiktok.com.

Ada dua pilihan untuk registrasi akun. Setelah masuk ke halamannya, kamu bisa klik tombol “Sign up now”.

Nah, cara pertama registrasi bisa dengan mendaftarkan dengan email dan nomor telepon yang digunakan untuk bisnis. Masukkan juga password yang diinginkan. Pada cara pertama ini, kamu juga harus melakukan verifikasi nomor telepon dan email dengan memasukkan kode yang dikirimkan oleh TikTok

Sedangkan cara yang kedua, kalau kamu sudah punya akun TikTok sebelumnya, kamu bisa registrasi dengan akun TikTok tersebut.

Kalau sudah, lanjutkan ke bagian selanjutnya yang harus kamu isi dan ikuti, seperti detail informasi bisnis, dokumen-dokumen, hingga verifikasi akun. Jangan lupa juga untuk menghubungkan rekening bisnismu untuk menerima pembayaran dari penjualan di TikTok Shop

 

  • Menambahkan Produk di Akun

Langkah selanjutnya dalam tata cara jualan di TikTok Shop untuk pemula adalah menambahkan produk jualan di akun seller. Mudah kok, berikut adalah langkah-langkahnya

  1. Masuk ke halaman Homepage TikTok Shop.
  2. Klik “Product”.
  3. Klik “Add new product”.
  4. Masukkan nama brand bisnismu di bagian “Brand”.
  5. Upload foto, video, dan deskripsi produk jualanmu.
  6. Kamu bisa menambahkan informasi tambahan kalau produk tersebut punya varian lain pada bagian Sales Information.
  7. Masukkan rincian ukuran dan dimensi produk.
  8. Masukkan metode pembayaran dan pengiriman yang disediakan.
  9. Kamu juga bisa menambahkan sertifikasi produkmu kalau ada.
  10. Klik “Publish”.

Simple ‘kan tata cara jualan di TikTok Shop untuk pemula di atas? Kalau produkmu sudah muncul di akun, kamu sudah siap untuk jualan deh!

Baca Juga 
Begini Contoh Transaksi Jualan di Tiktok Shop untuk Penjual

Tips Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

Selain cara jualan di TikTok Shop untuk pemula, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar penjualan pun berjalan optimal: 

  • Memilih foto produk yang jelas dan menarik.
  • Memanfaatkan fitur live streaming untuk meningkatkan engagement dengan audiens.
  • Membuat konten tentang produk.
  • Meningkatkan brand awareness melalui promosi, mengadakan challenge, atau bekerja sama dengan content creator di TikTok.
  • Menyematkan link produk jualan di konten video.
  • Menggunakan hashtag di video.

Baca Juga: Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

Demikian, itulah pembahasan singkat tentang cara jualan di TikTok Shop untuk pemula! Cara jualan di TikTok Shop untuk pemula masih tergolong mudah karena langkah-langkahnya yang masih serupa dengan berjualan di platform e-Commerce atau marketplace lainnya. Terlepas dari hal tersebut, TikTok Shop merupakan channel penjualan yang patut dipertimbangkan untuk kamu coba!

Nah, di mana pun kamu berjualan online, hal terpenting adalah bagaimana mengelolanya dengan baik. Kalau kamu ingin masalah pengelolaan jualan di berbagai marketplace jadi lebih mudah dan efektif, manfaatkan aja SmartSeller! Mulai dari atur pengiriman paket, inventori, update harga dan stok barang, hingga pembuatan domain penjualan sendiri bisa dilakukan dalam satu dashboard SmartSeller! Tertarik? Yuk, download SmartSeller sekarang!