Bagi seorang pebisnis maupun yang hobi berbelanja secara online, mungkin tulisan percobaan pengiriman paket gagal yang tertera pada resi bukan lah hal yang asing. Lalu, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Padahal, pengiriman paket tentu telah menjadi kegiatan rutin para kurir, namun tidak menutup kemungkinan jika tidak semua prosesnya berjalan dengan lancar. Sering kali percobaan pengiriman paket gagal dilakukan lantaran mengalami berbagai kendala.

Setiap perusahaan ekspedisi memiliki prosedur dalam proses pengantaran paket agar barang dari pengirim bisa sampai di tangan penerima dalam keadaan baik dan aman, serta tepat waktu. Kembali lagi, percobaan pengiriman paket gagal juga kerap tak terhindari. Hal ini bisa saja terjadi karena kelalaian pihak marketplace maupun jasa ekspedisi, tapi tidak menutup kemungkinan juga jika pihak pengirim ataupun penerima turut andil dalam percobaan pengiriman paket gagal. 

Penyebab Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Penyebab percobaan pengiriman paket gagal memang berbeda-beda. Berbagai pihak yang terlibat dalam proses pengiriman paket bisa saja ikut andil dalam gagalnya paket yang dikirim. Ketika paket gagal dikirim, pihak ekspedisi biasanya akan menjadwalkan ulang pengiriman. Jadi, paket akan tetap dikirim, meski sedikit terlambat dari tempo waktu yang telah ditentukan.

Lalu, apa saja penyebab percobaan pengiriman paket gagal? Yuk, simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Lewat Jam Operasional Kantor

Salah satu penyebab percobaan pengiriman paket gagal bisa jadi lantaran sudah melewati jam operasional kantor. Umumnya, hal ini terjadi karena pihak pengirim atau paket baru sampai ke drop point ketika kurir sudah tidak beroperasi lagi. Jadi, paket akan disimpan di cabang ekspedisi dan akan dikirimkan keesokan harinya.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

2. Alamat yang Dimasukkan Kurang Tepat

Ketika berbelanja online pelanggan diwajibkan untuk memasukkan alamat tujuan dengan lengkap dan benar. Sebab, jika memberikan alamat yang salah atau tidak lengkap, maka bisa berisiko percobaan pengiriman paket gagal. Jadi, solusi untuk permasalahan ini adalah dengan menuliskan alamat selengkap-lengkapnya, baik meliputi nomor rumah, nama jalan, kelurahan, kecamatan, hingga kode pos.

Baca Juga 
Menjadi Reseller Online: Sukses di Bisnis Era Digital

3. Pengiriman Kelebihan Muatan

Kelebihan muatan atau pengiriman yang overload berisiko percobaan pengiriman paket gagal. Biasanya, overload ini terjadi ketika ada promo besar-besaran yang membuat paket membludak. Tentu saja, karena jumlah paket yang berlebih tersebut memungkinkan jadwal pengantaran bisa tidak tepat waktu atau berisiko gagalnya pengiriman paket.

Baca Juga: Bebas Pilih! Begini Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

4. Terjadi Penolakan dari Penerima

Penyebab yang paling umum dari gagalnya paket dikirim adalah terjadi penolakan dari pihak penerima. Penyebab percobaan pengiriman paket gagal satu ini kerap dijumpai ketika menggunakan sistem COD (cash on delivery). Lantaran, penerima biasanya menolak untuk membayar karena barang mengalami kerusakan, tidak sesuai dengan foto, atau barang yang diterima berbeda dengan yang dipesan.

5. Paket Hilang saat Proses Pengiriman

Paket hilang menjadi faktor utama dari percobaan pengiriman paket gagal. Paket yang dikirim bisa saja hilang, baik ketika dalam perjalanan, pada saat di lokasi transit, hingga di fasilitas logistik. Nah, ketika barang yang dikirim hilang, kamu bisa segera mengklaim ganti rugi.

6. Penerima Paket Tidak Ada di Lokasi

Gagalnya pengiriman paket juga bisa terjadi lantaran penerima paket tidak ada di tempat ketika kurir datang. Alasan ini bisa menyebabkan proses pengiriman paket tertunda, dan biasanya dikembalikan ke cabang terdekat. Lalu, jika sampai dengan tiga hari tidak ada kejelasan, maka pengiriman paket dianggap gagal.

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

7. Kesalahan Pengiriman Paket

Kesalahan dalam pengiriman paket kerap terjadi. Hal ini biasanya terjadi karena jasa ekspedisi mengirim paket ke alamat yang salah, sehingga membuat paket tidak kunjung diterima oleh penerima barang. Bisa juga dikarenakan penerima sudah pindah alamat. Lalu, jika hal ini terjadi, pihak kurir akan kembali mengambil paket dan mengirim lagi ke alamat tujuan yang benar.

Baca Juga 
Daftar Makanan Unik yang Jarang Ditemui di Kota Besar

Tonton Juga: SmartSeller – Quick Order

Atasi Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Percobaan pengiriman paket gagal ini memang kerap kali mengesalkan, karena barang yang kita tunggu-tunggu tidak kunjung tiba. Termasuk para pebisnis yang khawatir jika barangnya tidak sampai ke konsumen. Perihal percobaan pengiriman paket gagal ternyata bisa coba diatasi dengan beberapa cara. Simak yuk!

1. Buat Label secara Jelas

Salah satu faktor yang bisa membuat percobaan pengiriman paket gagal adalah label kurang jelas. Untuk itu, usahakan membuat label dengan informasi penerima, seperti alamat lengkap hingga provinsi tujuan, nama, dan no HP. Biasakan, lindungi label informasi tersebut agar tidak mudah luntur maupun robek. Kamu juga bisa menambahkan label mengenai jenis paket yang akan dikirimkan, apakah perlu cepat, pecah belah, dan lain-lain. 

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

2. Seleksi Ekspedisi yang Akan Digunakan

Paket hilang bukanlah kasus yang sedikit dialami oleh pebisnis maupun pelanggan. Hal ini salah satunya bisa disebabkan kelalaian dari pihak ekspedisi. Maka dari itu, sebelum menggunakan jasa ekspedisi, ada baiknya kamu mengecek track record atau latar belakang dari ekspedisi tersebut. Jangan sampai kamu terlena menggunakannya karena menawarkan harga yang miring tapi dengan risiko tinggi. 

Selain itu, agar paket aman sampai tujuan, kamu bisa menggunakan asuransi yang kerap ditawarkan. Hal ini bisa dilakukan juga oleh para penjual atau supplier untuk membicarakan mengenai asuransi pengiriman guna menghindari kerusakan dan kehilangan paket. 

3. Cek Resi Berkala

Nomor resi yang berisikan informasi detail mengenai paket yang kamu kirimkan menjadi pegangan penting bagi pebisnis dan pembelinya. Sebab, dengan informasi resi tersebut, kamu dapat melacak keberadaan paket, mulai dari sudah dikirimkan atau belum, sedang dalam proses apa, tiba di mana, hingga nantinya paket telah diterima. Oleh karenanya, mengecek resi secara berkala dapat membantu kamu untuk mengetahui keberadaan paket, sehingga saat waktunya pengantaran, kamu telah mengetahui estimasi sampai. 

Baca Juga 
Cara Cepat Mendongkrak Omzet Bisnis Produk Fashion

Baca Juga: Mengenal Apa itu Resi, Fungsi, dan Cara Membuatnya

4. Hubungi Jasa Ekspedisi

Jika paketmu ternyata mengalami percobaan pengiriman paket gagal, jangan menunda untuk menghubungi jasa ekspedisi. Kamu bisa menanyakan alasan mereka tentang gagal pengiriman tersebut. Menghubungi layanan jasa ekspedisi ini juga bisa dilakukan melalui fitur live chat yang dimiliki oleh masing-masing ekspedisi. Dengan begitu, kendala yang kamu alami juga menjadi lebih cepat teratasi.  

5. Minta Paket Dikirimkan Kembali

Percobaan Pengiriman Paket Gagal

Setelah kamu mengetahui alasan mengapa percobaan pengiriman paket gagal dilakukan, kamu sebagai pebisnis maupun pembeli bisa meminta ekspedisi untuk mencoba lakukan pengiriman ulang paket. Biasanya, paket-paket tersebut akan kembali lagi ke gudang transit terdekat. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu jika barangmu ada di gudang tersebut untuk menghindari kesalahan alamat. Kamu bisa memintanya melalui call center para ekspedisi. 

Mengenai pengiriman paket dan memilih jasa ekspedisi menjadi salah satu hal krusial sebagai seorang pebisnis, sebab percobaan pengiriman paket gagal bisa terjadi kapan saja. Belum lagi harus mengantarkannya ke ekspedisi. Sebagai jawaban dari keresahan para pebisnis, SmartSeller dengan fitur shipping managemet ini akan membantu kamu dalam proses pengiriman barang. Lantaran, SmartSeller yang bekerja sama dengan ekspedisi terbaik di Indonesia ini memiliki pelayanan yang memudahkan kamu, seperti paket yang akan dikirimkan dapat dijemput di tempat milikmu, adanya diskon ongkir, notifikasi nomor resi untuk pelanggan, hingga mencetak label pengiriman secara otomatis. Tak hanya itu, SmartSeller juga memiliki fitur lainnya yang dapat membantu kamu mengelola bisnis online. Yuk, kembangkan bisnis bersama SmartSeller dengan klik di sini