Cara mencari laba dalam suatu bisnis bisa didapatkan dengan rumus menghitung laba yang cukup mudah. Bahkan setiap pemilik usaha bisa menguasai rumus tersebut dengan cepat. Cara mencari laba dengan rumus adalah salah satu cara paling mudah dan akurat untuk mendapatkan hasil laba bisnis yang paling tepat. Jika tidak menggunakan rumus yang tepat, maka perhitungan laba bisa salah dan merugikan bisnis.

 

Laba juga adalah salah satu indikator suksesnya bisnis. Laba yang semakin naik dalam satu bisnis dapat menjadi bukti bahwa bisnis semakin berkembang menjadi lebih baik lagi. Tantangan yang paling besar dalam satu usaha tidak hanya menghitung laba yang tepat, tapi juga bagaimana cara mencari laba yang lebih banyak untuk bisnis. Artikel berikut ini akan membahas seputar laba serta tips dan cara mencari laba yang efektif dalam bisnis.

Pengertian Laba dalam Bisnis

Cara Mencari Laba

 

Dalam bisnis, pendapatan dibagi menjadi dua jenis yaitu pendapatan kotor dan juga pendapatan bersih. Laba dalam bisnis adalah pendapatan bersih yang merupakan pendapatan yang sudah dipotong biaya operasional, gaji, pajak, dan lainnya. Sedangkan pendapatan kotor disebut juga dengan revenue. Artinya adalah pendapatan yang diterima bisnis dan belum dipotong dengan gaji, biaya operasional, pajak dan lainnya.

Cara menghitung laba dalam bisnis dapat menggunakan rumus berikut ini:

 

Laba = Pendapatan bisnis – Biaya pengeluaran

 

Seperti yang telah dijelaskan, pendapatan dalam bisnis adalah seluruh pendapatan yang berhasil masuk dalam suatu bisnis. Sedangkan untuk biaya pengeluaran adalah segala biaya yang diperlukan agar bisnis berlangsung lancar. Daftar biaya pengeluaran setiap bisnis berbeda satu sama lain, jadi kamu perlu memperhatikan jenis pengeluaran yang diperlukan dan menulis data pengeluaran tersebut dengan jelas.

Pengeluaran dalam suatu bisnis biasanya terdiri dari biaya pengoperasian usaha, pajak, gaji pegawai, hutang, serta biaya lain seperti biaya perawatan alat. Setiap bisnis memiliki pengeluaran yang berbeda dan tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Maka dari itu meskipun cara mencari laba menggunakan rumus yang sama, pasti hasil dan detail penggunaannya berbeda.

Baca Juga 
Lakukan 6 Hal Ini, Agar Anda Disukai Oleh Customer!

 

Baca Juga: Contoh Hasta Karya yang Bisa Dijadikan Bisnis Sampingan

 

Cara Mencari Laba yang Efektif dan Meningkatkannya

Cara Mencari Laba

Meningkatkan laba dalam suatu bisnis memerlukan kerja keras. Terutama untuk usaha yang masih baru. Usaha kecil cenderung sulit untuk mencari laba yang tinggi karena mereka masih memulai bisnisnya. Berbeda dengan usaha yang sudah besar dan memiliki banyak sumber pendapatan.

Meskipun begitu, usaha kecil maupun usaha yang sudah besar tetap memiliki tantangan sendiri saat mencari laba untuk bisnis mereka. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara mencari laba serta meningkatkannya.

  1. Menaikkan Harga


    Ini adalah cara mencari laba yang paling efektif tapi tentunya tidak mudah dilakukan oleh para pemilik usaha kecil. Meningkatkan harga adalah cara yang tepat untuk mendapatkan laba lebih tinggi. Meningkatkan harga lebih mahal sedikit bisa memberikan perubahan signifikan pada jumlah laba yang didapatkan dalam usaha. Maka dari itu, penting sekali untuk pemilik usaha kecil mempertimbangkan kenaikan harga jika usaha mereka sudah mulai berkembang agar laba yang didapatkan juga semakin meningkat.

     

  2. Buat Operasional Lebih Efektif


    Jika operasional usaha lebih efektif, tentunya kinerja akan semakin lebih mudah dan lancar. Kamu perlu mempertimbangkan operasional yang lebih efektif untuk meningkatkan sistem kerja yang lebih mudah. Misalnya dengan menambah pegawai, berinvestasi pada teknologi yang akan memudahkanmu mengelola usaha, bahkan mengatur sistem kerja agar lebih mudah dipantau dan lebih profesional di mata pelanggan.  Berinvestasi pada lokasi untuk membuka toko atau kantor juga bisa menjadi salah satu caranya.

     

  3. Visi dan Misi yang Jelas

    Memperjelas visi dan misi usaha akan membantumu mengetahui kemana arah usaha akan berjalan. Ini adalah cara mencari laba yang paling sederhana tapi sering diabaikan oleh pemilik usaha. Visi dan misi yang jelas diperlukan dalam bisnis untuk melihat apakah selama bisnis berjalan sudah sesuai dengan perencanaan. Pastikan untuk menjelaskan visi dan misi tersebut kepada setiap pegawai yang bekerja dalam bisnis. Jadi semua memiliki tujuan yang sama.

    Cara Mencari Laba

  4. Fokus pada Produk Terbaik

    Daripada menghabiskan waktu pada produk yang tidak laku, fokuskan tenaga dan usahamu pada produk yang memang disukai banyak pelanggan. Tingkatkan kualitasnya dan juga strategi pemasarannya agar semakin tinggi penjualannya. Kamu bisa juga meningkatkan harga yang telah ditetapkan dari produk tersebut sehingga lebih banyak menarik pelanggan yang ingin mencoba produkmu.

    Baca Juga: User Friendly adalah Kriteria Produk yang Baik

     

  5. Jual dalam Bentuk Besar


    Cari cara agar kamu bisa menjual produkmu dalam jumlah yang besar. Pembelian dalam jumlah besar dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelian satuan. Kamu bisa mencoba menjual secara bundling atau menawarkan produkmu secara B2B kepada usaha lain. Ini bisa menjadi salah satu sumber pendapatan yang baru bagi bisnismu.

     

  6. Buat Akses Pembelian Lebih Mudah


    Akses pembelian produk yang lebih mudah tentunya akan memudahkan pelanggan untuk bisa membeli produkmu. Jadi kamu perlu menyediakan banyak saluran agar pelanggan bisa membeli produk yang mereka inginkan dengan mudah. Kamu bisa mencoba dengan marketplace yang ada atau dengan menggunakan website yang mudah diakses oleh pelanggan. Selain itu, membuka cabang juga menjadi salah satu cara mencari laba yang cukup bagus.

     

  7. Sediakan Stok yang Stabil


    Stok produk harus selalu dalam keadaan stabil agar penjualan bisa tetap lancar. Jika stok produk bermasalah, maka kamu juga akan kesulitan melakukan penjualan. Pastikan kamu memilih supplier yang tepat dan memiliki manajemen persediaan yang juga tepat. Stok yang stabil juga akan membuat kondisi bisnismu aman dan siap mengirim produk kepada pelanggan kapan saja.
    Cara Mencari Laba

  8. Negosiasi


    Negosiasi adalah salah satu cara mencari laba yang juga perlu dipahami. Misalnya saat negosiasi dengan investor yang akan masuk ke dalam bisnis. Negosiasi tersebut harus cerdas dan menguntungkan bisnis, sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan menerima investasi bisnis. Bisnis juga lebih diuntungkan dengan adanya investasi yang tepat.

     

  9. Kelola Persediaan


    Mengelola persediaan perlu dilakukan dengan rutin. Kamu perlu melihat mana barang yang perlu keluar dan mana yang rusak. Jika terlalu banyak barang yang rusak maka akan merugikan perusahaan. Jadi kamu perlu mengelola persediaan bisnis dengan mengatur berapa barang yang masuk dan berapa yang keluar. Serta periksa jika ada barang yang rusak.

     

  10. Kelola Penjualan


    Catat setiap transaksi penjualan yang terjadi. Jika terjadi pengembalian barang, kamu juga perlu mencatat hal tersebut agar lebih jelas dan sesuai dengan laporan keuangan. Pencatatan ini selain penting untuk laporan juga bisa meningkatkan laba untuk mempelajari dari saluran mana penjualan yang paling tinggi.

 

Setelah memahami pengertian laba dan cara mencari laba yang efektif, kamu juga bisa berinvestasi pada teknologi yang tepat seperti SmartSeller yang memiliki fitur pengelolaan pesanan untuk memudahkanmu mengelola setiap pesanan yang masuk ke dalam bisnis. Yuk, langsung cek saja SmartSeller sekarang juga!

 

Baca Juga 
5 Jenis Produk yang Cocok dengan Bisnis Konsinyasi