Ketika menjalankan sebuah bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu agar lancar dalam eksekusinya. Salah satu hal yang harus dipersiapkan yaitu katalog produk. Faktanya, masih ada pelaku bisnis yang belum tahu tentang apa itu katalog produk dan belum menerapkannya dalam bisnis. Mengetahui tentang apa itu katalog produk merupakan hal yang harus dipahami oleh pelaku bisnis.

Apa itu katalog produk? Sederhananya, katalog produk merupakan list yang terdiri dari beberapa bentuk, seperti buku, kartu, bahkan kertas, yang isinya yaitu penjelasan tentang produk dari sebuah bisnis. Saat ini, katalog produk adalah hal yang harus digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Katalog produk yang banyak ditemukan di luar sana yaitu katalog produk makanan, minuman, katalog kebutuhan pokok, dan lain sebagainya.

Karena katalog produk sudah banyak digunakan oleh hampir semua bisnis, maka kamu harus tahu tentang apa itu katalog produk dan bisa menerapkannya dalam bisnismu. Terlebih lagi, jika kamu merupakan pelaku bisnis yang fokus pada online shop, maka penerapan katalog produk adalah hal wajib yang harus diperhatikan sebagai salah satu cara untuk memberikan layanan pelanggan dengan baik.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini katalog produk tidak hanya dibuat dalam bentuk cetak saja. Sudah ada e-katalog yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan dalam bisnis. Maka dari itu, kamu wajib memahami tentang apa itu katalog produk secara detail. Untuk memahami lebih jauh, kamu sudah berada di artikel yang tepat! Yuk, baca sampai bawah untuk mendapatkan informasi tentang apa itu katalog produk!

 

Apa itu Katalog

Apa Itu Katalog Produk?

Untuk kamu yang masih awam dengan apa itu katalog produk, katalog produk adalah sarana yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa yang ada dalam sebuah bisnis. Pengertian dari apa itu katalog dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu sebuah daftar yang berbentuk buku atau jenis lainnya, yang isinya yaitu informasi atau nama benda yang ingin disampaikan serta disusun secara teratur sesuai dengan alphabet. 

Baca Juga 
Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

Dengan katalog produk, sebuah bisnis dapat menjelaskan secara detail setiap produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Bisa dibilang, pengertian lain dari apa itu katalog produk adalah media informasi terupdate yang dibuat oleh sebuah bisnis sebagai salah satu cara untuk mengenalkan produk atau jasa.

Baca juga: Ingin Mulai Berbisnis? Ini 5 Ide Usaha Online Modal Kecil! 

Katalog produk dapat mengenalkan sebuah produk atau jasa dengan lebih praktis dan efisien. Mengapa demikian? Karena katalog produk bisa diibaratkan sebagai sarana atau wadah presentasi untuk menjelaskan tentang beberapa fitur yang ada pada perusahaan. 

Permisalan sederhananya seperti jika kamu sedang melakukan sebuah presentasi di dalam kelas dengan menggunakan bantuan powerpoint. Nah, powerpoint tersebut bisa digambarkan sebagai katalog yang berisi tentang inti dari apa yang kamu sampaikan ke teman sekelasmu. Kamu menyampaikan presentasi tersebut dengan jelas, teman sekelasmu mendengarkan presentasi tersebut dan jika belum paham, mereka maka akan mengajukan pertanyaan. 

Selain berisi tentang deskripsi dari produk atau jasa dalam sebuah bisnis, katalog produk juga berisi informasi tambahan penting lainnya yang harus diketahui oleh pelanggan. Informasi tambahan tersebut meliputi profil bisnis, nomor telepon, social media, alamat bisnis, cabang bisnis (jika ada), jam operasional, cara pembayaran, dan beberapa informasi terkait lainnya. 

Sampai di sini, apakah kamu sudah paham mengenai apa itu katalog produk? Jika masih butuh penjelasan tentang apa itu katalog produk, mungkin kamu bisa melihatnya pada aktivitas sehari-hari. Misalnya seperti saat kamu berbelanja online di marketplace, social media, atau website, maka kamu pasti akan melihat beberapa produk, deskripsi, dan harganya. Nah, itu merupakan salah satu contoh katalog yang berbentuk elektronik (e-katalog).

Contoh lainnya yaitu ketika kamu berbelanja di supermarket, kamu akan melihat semacam flyer yang berisi berbagai jenis produk, harga, dan potongan diskon (jika ada). Nah, flyer tersebut merupakan salah satu contoh sederhana dari katalog dalam bentuk fisik atau printed katalog. 

Baca Juga 
Lakukan 6 Tips Digital Marketing Berikut Agar Bisnis Anda Lebih Berkembang!

Beberapa Contoh Katalog 

Setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu katalog produk, sekarang saatnya kamu tahu tentang beberapa contoh katalog yang digunakan dalam sebuah bisnis. Berikut penjelasannya. 

Apa itu Katalog

  • Katalog Produk untuk Bisnis Ritel

Contoh katalog produk yang pertama yaitu katalog produk ritel. Katalog produk ritel ini secara umum digunakan untuk memberitahu pelanggan tentang informasi produk atau jasa pada sebuah bisnis. 

Tonton juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

Katalog ini berisikan semua informasi yang dibutuhkan agar pelanggan tahu produk atau jasa apa yang ditawarkan. Dari sini, otomatis transaksi jual beli akan terjadi. Katalog ritel ini juga dibuat untuk image dari sebuah bisnis. Kenapa begitu? Dengan katalog, apalagi katalog yang punya desain yang bagus, otomatis akan membuat pelanggan mengingat keunikan yang ada pada sebuah bisnis. Dengan begitu, akan memperbesar kemungkinan pelanggan untuk kembali datang. 

Apa itu Katalog

  • Katalog untuk Barang Persediaan

Contoh katalog produk yang selanjutnya yaitu katalog barang persediaan. Katalog barang persediaan sendiri biasanya digunakan untuk internal bisnis. Pertanyaannya, mengapa internal bisnis juga membutuhkan katalog? Internal bisnis juga membutuhkan katalog agar mudah untuk melakukan pelacakan terkait stok persediaan barang yang akan dijual nantinya. 

Dengan katalog barang persediaan, proses keluar masuknya barang akan jadi lebih mudah dan terkontrol. Biasanya, internal bisnis yang membutuhkan katalog barang persediaan yaitu staff gudang, purchasing, bahkan marketing yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan. 

  • Katalog Material

Contoh katalog produk yang terakhir yaitu katalog material. Katalog material biasanya digunakan pada bisnis manufaktur untuk mengetahui suku cadang apa saja yang dibutuhkan untuk pemeliharaan peralatan manufaktur. 

Selain itu, mayoritas katalog material berisikan informasi tentang suku cadang apa saja yang diperlukan, nomor suku cadang, dan lokasi suku cadang. Katalog material ini sangat membantu bisnis manufaktur untuk mencegah kerusakan pada mesin. 

Baca Juga 
Cara Verifikasi TikTok Shop dan Berapa Lama Waktunya

Apa itu Katalog

Katalog Produk untuk Jualan Online

Dengan penjelasan tentang apa itu katalog produk beserta contohnya yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat menerapkan katalog produk untuk jualan online mu sendiri. Ketika kamu menjalankan online shop, katalog produk merupakan hal yang wajib ada agar pelanggan tau tentang produk atau jasa yang ditawarkan.

Karena merupakan online shop, maka kamu bisa menggunakan e-katalog tanpa membutuhkan printed katalog atau katalog yang dicetak. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat katalog dalam online shop.

Baca juga: Sering Belanja di Shopee? Ini Cara Cek Resi Shopee!

Pertama, jika kamu membuka online shop di social media seperti Instagram, kamu bisa membuat katalog produk di feed IG. Jika memungkinkan untuk membuat katalog produk di website, maka akan lebih bagus nantinya. Kamu bisa mencantumkan link website di Instagram agar pelanggan mengunjungi websitemu. 

Kedua, jika kamu membuka online shop di marketplace, kamu hanya tinggal upload produk dan detail deskripsinya di tools yang telah tersedia. Jadi, produk yang kamu upload di marketplace tersebut sudah menjadi e-katalog yang dapat dilihat langsung oleh pelanggan. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai apa itu katalog produk beserta contohnya. Memberikan fasilitas katalog produk kepada pelanggan merupakan salah satu bentuk pelayanan pelanggan agar mereka mendapat informasi yang detail, sehingga mereka dapat mengetahui dan memilih produk apa yang mereka inginkan. 

Hal lain yang harus diperhatikan saat menjalankan sebuah bisnis, kamu harus bisa mengelolanya dengan baik agar bisa berjalan lancar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan SmartSeller! Di SmartSeller, terdapat fitur inventory management yang memudahkan kamu untuk mengatur stok barang. Dengan SmartSeller, kamu bisa mengantisipasi kehabisan stok barang dengan lebih mudah.

Selain itu, jika kamu ingin mencoba mengembangkan bisnis lainnya dengan menjadi reseller, SmartSeller adalah platform yang tepat! Kok bisa? Di SmartSeller banyak menyediakan seller yang berkualitas yang dapat kamu pilih. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!