Kamu masih bingung bagaimana cara membuat TikTok Shop? Sebagai media sosial yang memiliki perkembangan dengan sangat pesat, TikTok menjadi salah satu saluran untuk meningkatkan penjualan untuk setiap usaha. Terutama untuk mereka yang memiliki usaha kecil dan menengah, apalagi cara membuat TikTok Shop cukup mudah dilakukan. Setiap orang yang memiliki akun di TikTok bisa membuat akun TikTok Shop dengan mudah.

Di artikel berikut ini kamu akan mengetahui cara membuat TikTok Shop serta beberapa strategi ampuh untuk berjualan lancar di TikTok. Pastikan kamu menyimak dengan seksama agar tidak melewati tips dan triknya.

Cara Membuat TikTok Shop untuk Usaha Kecil Menengah

Cara Membuat TikTok Shop

Untuk bisa berjualan di TikTok, kamu memerlukan akun TikTok Shop. Tanpa adanya akun TikTok Shop, kamu tidak akan bisa menjual produk usahamu di TikTok. Berikut ini adalah cara membuat TikTok Shop yang bisa kamu ikuti dengan mudah:

  1. Unduh aplikasi TikTok secara gratis di Play Store atau App Store
  2. Jika kamu sudah memiliki akun TikTok, kamu hanya perlu langsung memilih menu Shop atau menu Mulai Jualan yang tersedia di profil.
  3. Jika kamu belum memiliki akun TikTok, kamu bisa mendaftar melalui TikTok Seller Centre dan memasukkan data seperti nama, email, dan nomor telepon.
  4. Selanjutnya kamu perlu mengisi data usahamu. Misalnya seperti nama usaha, nomor telepon, email, dan juga jenis usahamu.
  5. Kemudian setelah kamu mengirimkan data tersebut, kamu perlu menunggu hingga data usahamu diterima oleh pihak TikTok. Jika usahamu sesuai, maka kamu bisa mulai berjualan di TikTok Shop. jika tidak, maka kamu tidak akan bisa berjualan di TikTok Shop.
  6. Langkah terakhir, kamu hanya perlu mengelola produk serta harga yang kamu pasang untuk produkmu.
Baca Juga 
Jangan Bingung! Ini Cara Membuat Buku Besar yang Lengkap

Baca Juga: Tips Mendapatkan Database Pelanggan yang Aman dan Akurat

Cara membuat TikTok Shop di atas cukup mudah dilakukan karena TikTok memang memberikan kemudahan untuk seluruh penggunanya bisa berjualan di TikTok. Kamu juga perlu memperhatikan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa berjualan di TikTok Shop. Beberapa syarat tersebut adalah:

  • Memiliki pengikut lebih dari 1000 orang.
  • Memiliki Views kurang lebih sebanyak 50 selama 30 hari terakhir.
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Rajin memposting video di TikTok selama 30 hari terakhir.

Syarat tersebut cukup mudah diikuti terutama untuk usaha kecil yang baru saja memulai TikTok. Kamu bisa mengembangkan saluran penjualan lewat TikTok selama memiliki langkah dan strategi yang tepat.

Tips Berjualan Lancar di TikTok Shop

Cara Membuat TikTok Shop

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat TikTok Shop, selanjutnya penting untuk setiap pemilik usaha mengetahui bagaimana strategi tepat untuk berjualan di TikTok. Sebagai media sosial yang berkembang dengan sangat pesat, TikTok Shop memiliki cara yang sedikit berbeda dari media sosial lain untuk berjualan produk. Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu lakukan untuk berjualan di TikTok Shop:

1. Memanfaatkan Katalog Produk

TikTok Shop memiliki fitur katalog produk. Pastikan kamu memanfaatkan fitur ini agar kamu bisa menarik perhatian pelanggan untuk membeli produkmu. Buat katalog yang menarik dan mudah dimengerti oleh para pengikutmu. Misalnya dengan membuat deskripsi yang jelas, nama produk yang mudah dibaca, hingga foto atau video yang menarik. Media yang digunakan dengan tepat akan mempermudah para pengunjung toko untuk melihat apa saja produk yang kamu jual.

2. Memanfaatkan Iklan di TikTok

Ada beberapa jenis iklan yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan di TikTok Shop. Misalnya seperti iklan gambar, video, spark atau iklan untuk video yang sudah diposting sebelumnya, pangle ads yang hanya bisa diakses oleh akun bisnis, Carousel ads, Top View ads yang tidak bisa dilewati oleh penonton, Hastag, dan juga efek atau filter.

Baca Juga 
Tips dan Cara Mencari Laba yang Efektif dalam Bisnis

Kamu bisa memilih mana jenis iklan yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah proses pemasaran usahamu. Masing-masing iklan memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Kamu perlu mengelola terlebih dahulu apa tujuan dari iklan yang akan kamu buat. Selanjutnya kamu bisa menyesuaikan mana jenis iklan yang paling pas agar iklan bisa lebih maksimal kinerjanya. Misalnya untuk brand awareness akan lebih cocok menggunakan jenis iklan yang mudah viral. Jadi, kamu bisa menggunakan gambar atau video yang bisa menarik perhatian para pengguna TikTok lainnya.

Contoh lain yang bisa kamu gunakan sebagai media iklan adalah menggunakan filter dan efek. Banyak brand yang membuat filter atau efek khusus yang bisa digunakan pengguna TikTok sebagai salah satu strategi viral di TikTok. Cara ini cukup ampuh selama filter yang digunakan menarik dan pengguna bisa menggunakannya dengan mudah.

3. Menggunakan Influencer

Cara Membuat TikTok Shop

Influencer di TikTok memiliki beragam spesialisasi tersendiri. Para influencer tersebut bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling tepat untuk digunakan di TikTok Shop. Mereka memiliki pengikut yang bisa dijadikan target pasar untuk usahamu. Selain itu, kamu juga bisa mengiklankan postingan dari influencer tersebut untuk menarik perhatian lebih banyak pengguna TikTok.

Tonton Dulu: #SellerStory Zalona Store yang Sukses Bisnis Fashion Hijab

4. Memanfaatkan Hastag

Selain cara membuat TikTok Shop yang cukup mudah, kamu juga bisa memasarkan produk dengan memanfaatkan hastag. TikTok memiliki algoritma yang bisa memunculkan hastag tertentu untuk para penggunanya. Jika seseorang menyukai satu postingan dengan hastag tertentu, maka ia akan disajikan postingan serupa dengan hastag yang sama. Kesempatan untuk menarik lebih banyak penonton pada videomu bisa lebih besar dengan memanfaatkan strategi ini. Kamu bisa menggunakan hastag yang sedang viral digunakan agar mendapatkan peluang penonton lebih banyak.

Baca Juga 
Harus Tahu! Ini Aplikasi Stok Gudang untuk Kelola Bisnis

5. Manfaatkan Fitur Afiliasi TikTok Shop

TikTok memiliki fitur afiliasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produkmu. Fitur ini memudahkan siapapun untuk mempromosikan produkmu lewat video atau postingan mereka. Mereka akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual dan kamu bisa mendapatkan lebih banyak penjualan untuk setiap produk usahamu. Ini merupakan cara yang sama-sama menguntungkan untuk kedua belah pihak.

6. Gunakan Fitur Live TikTok

Cara Membuat TikTok Shop

TikTok memiliki fitur Live yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan. Mulai rajin Live dan berjualan secara Live bisa menjadi cara untuk menarik perhatian penonton. Masukkan daftar produk yang kamu jual selama Live jadi siapapun bisa dengan mudah melakukan check out.

Cara membuat TikTok Shop sangat mudah diikuti, strategi berjualan juga bisa kamu lakukan dengan mudah. Hal yang juga perlu kamu ingat adalah TikTok berbeda dengan media sosial lain. Strategi yang digunakan juga cukup berbeda. Jadi, pastikan kamu mencoba berbagai strategi untuk TikTok yang paling pas.

Jangan lupakan operasional usahamu juga. Menambahkan TikTok sebagai saluran penjualan berarti juga memerlukan pengaturan operasional usaha yang lebih baik juga. Kamu bisa memanfaatkan SmartSeller yang bisa integrasi dengan beragam saluran penjualan yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam seller terpercaya di SmartSeller yang bisa menjadi reseller usahamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung cek SmartSeller sekarang juga!