Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop? Berjualan di TikTok Shop perlu ketelitian saat mengelola akun bisnis. Dalam akun bisnis TikTok terutama pada Seller Centre terdapat berbagai macam fitur yang perlu dipelajari agar pengelolaan usaha menjadi lebih lancar. Fitur-fitur tersebut dapat membantu para pemilik usaha untuk mengelola jualan mereka agar lebih mudah. Salah satunya adalah cara melihat pesanan di TikTok Shop.

Karena TikTok Seller Central memiliki fitur untuk memeriksa pesanan yang masuk, kamu perlu memeriksa fitur tersebut dengan rajin. Kamu bisa tahu berapa pesanan yang masuk dan mana pesanan yang perlu segera dikirim. Kamu juga bisa melihat pemesanan yang bermasalah agar bisa menyelesaikannya dengan segera dan pelanggan bisa tetap senang. Jadi penting sekali mengetahui bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop agar kamu bisa memberikan pelayanan maksimal.

Di artikel berikut ini akan dijelaskan tentang TikTok Shop dari sudut pandang pengguna dan juga penjual. Yuk, baca selengkapnya. 

Apa itu TikTok Shop?

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

TikTok Shop adalah salah satu saluran untuk berbelanja yang inovatif dengan menghubungkan pedagang, usaha, dan kreator untuk mempromosikan produk lewat video pendek yang menarik. TikTok Shop menjadi sangat besar belakangan ini karena pengguna TikTok semakin meningkat setiap harinya. Dengan semakin banyaknya jumlah pengguna, maka semakin besar juga peluang untuk menjangkau target pasar dan meningkatkan penjualan.

TikTok Shop tidak hanya digunakan oleh penjual yang bersifat korporasi tetapi juga pedagang yang individu. Semua bisa berjualan dengan mudah di TikTok Shop karena TikTok cukup mudah untuk digunakan menjual produk. Fitur-fitur yang ada pada TikTok juga sedikit berbeda dengan media sosial lainnya sehingga kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk berjualan dengan lancar.

Semua pengguna TikTok yang memiliki akun TikTok bisa langsung menggunakan fitur TikTok Shop untuk berbelanja. Bahkan jika kamu bukan seorang penjual, kamu bisa langsung mengakses TikTok Shop dengan sangat mudah. Untuk para penjual, kamu perlu memeriksa TikTok Shop untuk tokomu sendiri lewat Seller Central. Dengan Seller Central, kamu bisa memeriksa status pesananmu dengan mudah.

Baca Juga 
Ketahui 3 Cara Online Store Anda Bisa Menghasilkan Uang Melalui Youtube!

Baca Juga: Estimasi Pengiriman Adalah; Faktor dan Cara Mengetahui

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Sebenarnya, cara melihat pesanan di TikTok Shop cukup mudah untuk dilakukan. Terdapat cara sederhana yang bisa diikuti baik untuk penjual maupun pembeli. Berikut ini adalah caranya:

  • Buka Aplikasi TikTok

Jika kamu belum memiliki TikTok, kamu bisa mengunduh secara gratis lewat App Store atau Play Store. Selanjutnya buka akun TikTok milikmu. Pastikan untuk login dengan data pribadimu agar bisa masuk ke akun TikTok yang kamu miliki.

  • Pilih Profil

Selanjutnya kamu perlu masuk ke dalam profil akunmu. Profil merupakan bagian kanan bawah yang ada di layar ketika pertama kali membuka aplikasi TikTok.

  • Pilih Order atau Pesanan Saya

Setelah masuk ke profil, kamu perlu klik 3 garis yang ada di ujung kanan atas untuk melihat menu Order atau Pesanan Saya. selanjutnya kamu akan diperlihatkan apa saja pesanan milikmu. Baik pesanan yang sudah dikirim maupun belum. Terdapat 5 pilihan jenis status pesanan yang perlu kamu perhatikan, yaitu:

  • Menu All untuk menunjukkan semua daftar pesananmu.
  • Haven’t Paid atau Belum Dibayar untuk menunjukkan pesanan yang belum dibayar saja.
  • For Shipment merupakan jenis pesanan yang sudah dibayar tapi belum diproses untuk pengiriman.
  • Sent atau Dikirim merupakan status untuk pesanan yang telah dikirimkan.
  • For Reviewed atau Menunggu Review merupakan jenis pesanan yang sudah sampai tapi pembeli belum memberikan konfirmasi atau ulasan.

Sebagai seorang penjual maupun pembeli, mengetahui cara melihat pesanan di TikTok Shop cukup penting untuk diketahui. Untuk penjual, mereka bisa melihat berapa banyak pesanan yang mereka dapatkan dan perlu diproses secara langsung. Sedangkan untuk para pembeli, mereka bisa mengetahui bagaimana status barang yang mereka beli. Jadi, proses jual beli bisa menjadi lebih lancar untuk dilakukan.

Baca Juga 
Contoh Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Banyak Orang

Manfaat Berjualan di TikTok Shop

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Setelah mengetahui bagaimana cara melihat pesanan di TikTok Shop, kamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat berjualan di TikTok Shop. terutama jika kamu adalah penjual berskala kecil atau UMKM yang baru saja mulai merintis usaha. Berikut ini adalah beberapa manfaat berjualan di TikTok Shop.

  • Pengguna TikTok Semakin Naik

Dengan jumlah pengguna TikTok sebesar 1 miliar, kamu bisa mendapatkan lebih banyak peluang untuk menjual produkmu. Di Indonesia sendiri, pengguna TikTok ada 106 juta per tahun 2022. Jumlah tersebut akan terus berkembang sehingga kamu perlu untuk memanfaatkan peluang tersebut. Berjualan di TikTok akan membuka peluang agar jangkauan target pasar usahamu menjadi semakin luas. Jadi kamu bisa memanfaatkan naiknya TikTok tersebut sebagai salah satu saluran penjualan.

  • Pengguna TikTok Berskala Internasional

Video TikTok yang viral bisa menarik perhatian pengguna TikTok internasional. Karena TikTok tidak selalu berbasis lokasi, video viral bisa saja mencapai penonton internasional yang lain. Selama konten video yang kamu buat cukup viral, kamu berkesempatan meraih penonton dari luar negeri.

  • Video Marketing Semakin Populer

Tren strategi pemasaran yang akan semakin naik adalah video marketing. Pemasaran dengan menggunakan video akan semakin banyak diminati oleh masyarakat. TikTok adalah saluran media sosial yang tepat untuk melakukan video marketing karena TikTok berbasis pada video pendek untuk menarik perhatian penonton.

  • Komunikasi dengan Audiens Lebih Mudah

Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop

Fitur TikTok memudahkan pemilik akun untuk berkomunikasi dengan penonton mereka. Salah satunya adalah fitur Live yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat siaran langsung yang bisa ditonton para pengikutmu. Kamu bahkan bisa berkomunikasi langsung dengan penonton. Fitur Live tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk live shopping atau berbelanja secara langsung selama siaran berlangsung. Selama live shopping kamu juga bisa menyematkan produk jualanmu agar penonton bisa langsung membeli pada saat siaran berlangsung.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Dengan viralnya suatu video yang dipos oleh suatu brand, tentunya brand awareness akan semakin meningkat juga. Jadi kamu bisa memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan brand awareness agar semakin banyak orang yang tahu dengan produk dan usahamu. Cara ini tidak hanya berdampak untuk penjualan saja, tapi juga untuk kelangsungan usahamu di masa mendatang.

Baca Juga 
Jualan Tanpa Ribet, Inilah Cara Menjadi Dropshipper!

Baca Juga: Cost Control Adalah; Penjelasan dan Panduan untuk UMKM

Banyak sekali manfaat berjualan di TikTok. Saat ini TikTok Shop menjadi salah satu saluran jual beli yang banyak diminati oleh masyarakat dibandingkan dengan media sosial lainnya. Ini karena TikTok memiliki fitur yang pas untuk digunakan berjualan dan promosi. Kamu juga bisa mendapatkan fitur-fitur yang memudahkanmu untuk mengelola penjualan.

Cara melihat pesanan di TikTok Shop, bekerja sama dengan influencer, membuat afiliasi, bahkan membuat iklan bisa dilakukan lewat TikTok untuk para penjual. Kamu bisa menggunakan TikTok Shop sebagai salah satu saluran jualan yang kamu pilih. Semakin banyak, saluran maka semakin bervariasi pembeli yang akan kamu jangkau. Untuk pengelolaannya, kamu bisa serahkan pada, SmartSeller. SmartSeller merupakan satu dashboard yang akan membantumu mengelola berbagai saluran penjualan beserta transaksinya. Saat ini sedang ada promo SmartSeller gratis 3 bulan. Yuk, langsung coba SmartSeller sekarang!