Bagi kamu yang ingin terjun pada bisnis online, tapi tidak memiliki modal yang banyak, kamu bisa memulainya dengan mencari tahu bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang. Ya, Shopee bisa mewujudkan mimpi semua orang untuk menjadi pebisnis tanpa modal atau stok barang. Hal ini dapat kamu lakukan dengan menjadi dropshipper. Lantas, bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang?

Saat ini, Shopee telah menyediakan pengguna dengan cara jualan di Shopee tanpa stok barang melalui sistem dropship. Dengan sistem ini, penjual bisa berjualan tanpa memiliki modal atau stok barang terlebih dahulu. Nantinya, penjual hanya perlu membeli barang dari pemasok dan bisa langsung dikirim ke pelanggan.

Pengertian Dropshipper

Sebelum mengetahui cara jualan di Shopee tanpa stok barang, alangkah lebih baiknya mengenal penjelasan mengenai dropshipper. Seperti diketahui, dropshipper merupakan langkah bagi penjual online untuk bisa berjualan tanpa perlu menyimpan stok barang. 

Menariknya, sistem dropship ini memudahkan penjual untuk bisa langsung mengirim barang ke konsumen secara langsung melalui pihak ketiga, tentu selama produk masih tersedia. Tak hanya itu, penjual yang menggunakan sistem dropship ini juga tak perlu menangani langsung pembelian serta pengemasan produk. Oleh karenanya, dropship menjadi cara jualan di Shopee tanpa stok barang yang bisa kamu lakukan. 

Terlebih lagi, fitur dropship yang disediakan Shopee juga bisa memudahkan pengguna untuk menjual produk atas namanya. Selain itu, rincian pesanan hingga label pengiriman juga menampilkan informasi dropshipper tanpa logo Shopee.

Baca Juga: Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha 

Manfaat Menjadi Dropshipper di Shopee

Seperti diketahui, berjualan tanpa stok barang bisa terwujud. Bahkan, nantinya kamu bisa langsung berjualan setelah mengetahui cara jualan di Shopee tanpa stok barang.

Namun, sebelum mengetahui cara jualan di Shopee tanpa stok barang, ada baiknya untuk mengetahui manfaat menjadi dropshipper agar kamu semakin yakin.

Baca Juga 
Jurus Ampuh Jualan Laris di Facebook dengan FB Pixel!

Yuk, simak manfaat cara jualan di Shopee tanpa stok barang atau dropshipper berikut ini.

  1. Mudah!

Sistem cara jualan di Shopee tanpa stok barang sangat memudahkan penjual. Sebab, penjual hanya perlu mengamati stok barang dari pihak ketiga, jumlah pesanan, serta pengiriman produk. Bahkan, penjual tidak perlu melakukan pengemasan, menangani pengembalian atau pengiriman produk, serta pengelolaan stok barang.

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

  1. Modal yang Minim

Keuntungan menjadi dropshipper adalah bisa memulai bisnis online meski memiliki modal yang minim. Lantaran, penjual hanya akan mengeluarkan biaya ketika terjadi kesalahan. Misalnya, saat pembeli sudah membayar barang, tetapi pesanan yang datang tidak sesuai. Maka penjual wajib menggantinya.

  1. Bisa lewat Ponsel

Jika kamu berkenan menjadi dropshipper, kamu tak perlu repot menyediakan tempat untuk stok barang, gudang, dan lain sebagainya. Kamu hanya membutuhkan laptop atau ponsel dan jaringan internet yang stabil. Kebutuhan ini juga menjadi modal sebagai salah satu cara jualan di Shopee tanpa stok barang.

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola

  1. Fleksibel

Karena tidak terikat oleh waktu, penjual bisa bekerja secara fleksibel. Nantinya, penjual hanya perlu berkomunikasi dengan pembeli dan pihak yang memasok barang.

  1. Bisa Menjual Produk yang Diinginkan

Menariknya, ketika kamu menjalankan sistem dropship, kamu bisa bebas memilih produk mana yang akan kamu jual dan tawarkan kepada pelanggan. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan riset mengenai produk apa yang dibutuhkan oleh konsumen saat ini. Itulah mengapa kamu perlu mengetahui cara jualan di Shopee tanpa stok barang.

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

  1. Dapat Menyesuaikan Selera Pembeli

Keuntungan lain menjadi dropship adalah bisa mengikuti selera pasar. Penjual bisa menyesuaikan kategori barang tambahan, pembuatan produk terbaru, dan juga barang yang populer. Sehingga, penjual bisa menjual produk dengan jangkauan penawaran yang lebih luas.

  1. Pekerjaan yang Mudah

Jika biasanya pebisnis dibuat repot ketika pesanan membludak, dropshipper justru tak kerepotan. Sebab, penjual tidak perlu melakukan pekerjaan yang lebih berat. Hanya perlu membantu proses pemesanan kepada pemasok.

Baca Juga 
Kenali Contoh Label Pengiriman Paket untuk Online Shop

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Dengan berbagai keuntungan yang diberikan, tentu cara jualan di Shopee tanpa stok barang menjadi hal yang menggiurkan bagi para pebisnis pemula. Oleh karenanya, jangan sampai kamu terlewat satu langkah pun saat mengikuti cara jualan di Shopee tanpa stok barang. 

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

Yuk, simak cara jualan di Shopee tanpa stok barang berikut ini. 

1. Membuat Akun Shopee 

Langkah pertama dari cara jualan di Shopee tanpa stok barang ini adalah membuat akun Shopee. Setelah pendaftaran akun dengan mengikuti langkah-langkahnya saat mengunduh dan membuka aplikasinya, kamu juga bisa langsung mendaftarkan toko online yang telah kamu impikan. 

Dengan memiliki akun Shopee ini, kamu akan lebih bebas untuk menggunakan toko online sebagai dropshipper, reseller, ataupun jenis penjualan lainnya.

2. Tentukan Jenis Produk 

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum memulai berjualan adalah menentukan jenis produk untuk dijual. Setelah itu, kamu bisa mulai untuk melakukan riset pasar guna menentukan harga jual, cara pemasaran, bagaimana peminatnya, dan lainnya. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam menentukan supplier produk yang akan kamu jual. 

Tidak hanya itu, langkah dari cara jualan di Shopee tanpa stok barang ini bisa membantumu dalam mengenali kualitas dan detail produk. Dengan begitu, menjawab pertanyaan konsumen menjadi lebih mudah. 

Baca Juga: Apa Itu Katalog Produk? Kenali Arti dan Kegunaannya

3. Maksimalkan Tampilan Toko Online 

Seperti yang kita ketahui, penampilan toko online menjadi daya tarik awal para calon konsumen. Oleh sebab itu, kamu harus mengoptimalkan atau memaksimalkan penampilan toko, mulai dari logo toko, nama toko, dan fitur lainnya. 

Lalu, jangan lupa untuk selalu mengecek toko online milikmu secara berkala guna meningkatkan kepercayaan para pelanggan. Aktifnya toko online ini tidak hanya cepat dan tanggap menjawab pertanyaan konsumen, namun juga bisa dengan cara memanfaatkan fitur yang diberikan oleh Shopee, misalnya aktif di Shopee Live, membuat konten untuk Shopee Video, ataupun membuat greeting card untuk para konsumen yang telah berbelanja. 

Baca Juga 
Suka Belanja Online? Ketahui Cara Cek Resi Shopee!

Selain memaksimalkan tampilannya, kamu perlu mengoptimalkan pemasarannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan promosi melalui media sosial. Bisa juga dengan memberikan promo menarik.

Cara Jualan di Shopee tanpa Stok Barang

4. Fitur Dropshipper

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang yang terakhir adalah menggunakan fitur dropshipper. Berikut langkah-langkahnya: 

  • Cari dan kunjungi toko online yang kamu percaya di Shopee
  • Kemudian, pilihlah barang yang akan kamu pesan 
  • Lalu, pilih tulisan Pesanan Saya
  • Nantinya, kamu akan melihat kalimat “Kirim sebagai dropshipper”, lalu klik. Selain itu, pilih juga pesanan normal. Keduanya berfungsi agar penjual di toko yang kamu tuju melihat apa saja rincian pesanan, dari seorang dropshipper atau hanya pembeli biasa
  • Selanjutnya, isilah nama pengirim dan nomor telepon sebelum kamu mengklik ikon Checkout di bagian bawah. 

Nah, itulah bagaimana cara jualan di Shopee tanpa stok barang, udah siap untuk berpetualang di dunia bisnis online? Jangan khawatir, SmartSeller siap membantumu dalam mengatasi manajemen order, inventory, integrasi marketplace, dan fitur fungsional lainnya. Lebih-lebih, SmartSeller juga memiliki reseller terpercaya untuk membantu kamu dalam mengembangkan bisnis. Yuk coba sekarang, karena lagi ada promo tiga bulan untuk menggunakan layanan SmartSeller dengan berbagai fiturnya. Langsung klik di sini, ya!