Bisnis baju merupakan salah satu bisnis yang selalu diminati oleh masyarakat. Esensialnya pakaian bagi kehidupan manusia membuat berbisnis pakaian menjadi salah satu pilihan yang cukup rasional. Pakaian sendiri merupakan salah satu kebutuhan manusia selain makanan dan tempat tinggal.

Saat ini bisnis baju juga bisa digeluti oleh masyarakat dari berbagai lapisan dan latar belakang. Nah melalui artikel ini, kamu bisa melihat bagaimana cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk berhasil dalam bisnis jual-beli pakaian. Dengan beberapa langkah sederhana, bisnis pakaian yang kamu geluti bisa lebih stabil dibandingkan jika kamu melakukannya tanpa persiapan yang matang.

Tentang Bisnis Baju

Bisnis Baju

Seperti bisnis makanan, bisnis pakaian merupakan salah satu bisnis yang selalu ramai peminat. Hal itu tentu saja dilatarbelakangi oleh pakaian yang merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Semua manusia membutuhkan pakaian dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan saat ini, pakaian juga bukan sekedar kain yang dikenakan. Bisa dibilang pakaian juga bisa menjadi identitas seseorang.

Jadi jangan heran apabila saat ini kamu menemukan pakaian dengan berbagai model. Setiap orang mempunyai gayanya masing-masing. Hal ini membuat bisnis baju terbilang mempunyai pasar yang cukup luas. Kamu bisa melihat bagaimana banyak sekali bisnis-bisnis pakaian berskala kecil baik dalam skala lokal maupun nasional. Fakta tersebut membuat persaingan dalam bisnis ini cukup kompetitif dibandingkan bisnis lainnya.

Ditambah dengan kemajuan teknologi, bisnis pakaian pun semakin mudah untuk dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar dan menjualnya secara online. Namun, tak lantas hal tersebut membuat bisnis pakaian jadi mudah untuk dijalankan. Kamu harus melakukan persiapan yang sangat matang dan teliti agar bisnismu bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Ini Dia Langkah-Langkah untuk Bisnis Jualan Pakaian Online

Langkah-langkah Menjalankan Bisnis Baju

Bisnis baju mempunyai langkah-langkah yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis lainnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, persaingan dalam bisnis ini cukup kompetitif. Jadi selain persiapan yang matang, kamu juga harus memastikan detail-detail yang ada sudah berjalan. Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membantumu dalam menjalankan bisnis baju

Baca Juga 
Admin Sales adalah: Penjelasan dan Tanggung Jawabnya

1. Melakukan Riset

Bisnis Baju

Riset adalah salah satu langkah awal yang harus kamu lakukan ketika memulai bisnis baju. Hal tersebut berguna untuk membantumu agar tidak salah langkah dalam memulai bisnis. Dengan persaingan yang begitu ketat, riset dapat membantumu untuk setidaknya sedikit lebih baik dari kompetitor. Selain itu, bisnis pakaian mempunyai pasar yang cukup besar. Riset pasar sendiri akan membantumu dalam menentukan langkah yang bisa kamu ambil ke depannya.

Melalui riset, kamu juga bisa menentukan target pasar yang ingin kamu tuju. Saat memulai bisnis ini, tentu kamu mempunyai bayangan awal jenis pakaian yang ingin kamu jual. Riset pasar dapat membantumu menentukan langkah-langkah kecil yang bisa menjadi pembeda dalam bisnis. Dengan mengenal pasar yang ingin kamu tuju, kamu bisa memberikan apa yang diinginkan oleh pelanggan.

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

2. Menentukan Modal

Bisnis pakaian tidak selalu membutuhkan modal besar untuk dijalani. Jika modal yang kamu miliki terbatas, kamu bisa fokus pada jenis pakaian yang membutuhkan modal lebih sedikit. Sebagai contoh, kamu bisa memilih untuk menjual kaus dibandingkan menjual jaket yang membutuhkan modal yang lebih banyak.

Selain untuk bahan dan desain pakaian, modal juga dapat menentukan model bisnis yang kamu jalani. Saat ini, kamu dapat memulai bisnis baju tanpa perlu membuka toko fisik terlebih dahulu. Jika modal yang kamu miliki sangat terbatas, kamu dapat memilih untuk menerapkan sistem pre-order sehingga kamu dapat memanfaatkan modal tersebut dengan baik.

3. Membuat Brand 

Setelah menentukan target pasar yang ingin kamu tuju dan menentukan modal, langkah selanjutnya dalam bisnis baju adalah membuat brand pakaian yang ingin kamu jual. Berbeda dengan beberapa bisnis lainnya, bisnis pakaian bisa dibilang cukup personal. Dengan banyaknya jenis dan pakaian dan model yang ada, tentu kamu membutuhkan identitas sendiri untuk membantu para pelanggan mengenali brand-mu.

Baca Juga 
Mengenal Key Resources Dalam Bisnis Canvas

Hal ini juga bukanlah langkah yang mudah. Kamu harus memberikan sentuhan personal dalam brand tersebut agar membuatmu terlihat berbeda. Brand yang kamu dirikan juga sebaiknya fokus pada jenis pakaian tertentu terlebih dahulu. Mempunyai ciri khas juga dapat memberikanmu keuntungan sendiri dalam pasar pakaian yang cukup besar.

4. Memilih Konsep

Luasnya pasar yang ada pada bisnis baju, penting bagi sebuah brand untuk memilih konsep. Konsep yang dimaksud dalam hal ini adalah jenis pakaian yang kamu jual. Hal tersebut sedikit banyak cukup berpengaruh pada pasar yang ingin yang kamu tuju serta desain pakaian yang ada.

5. Menentukan Produk dan Desainnya

Bisnis Baju

Pakaian sendiri terdiri dari beberapa jenis, mulai dari kaus, kemeja, celana, jaket dan lain-lain. Belum lagi ada pakaian kasual dan formal. Oleh karena itu, fokus pada suatu pasar yang lebih niche akan membantumu lebih fokus dalam membuat produk. Pasar yang niche juga akan membantumu dalam menentukan desain pakaian yang ingin kamu jual.

Desain pakaian juga menjadi tantangan tersendiri. Kamu perlu menentukan desain yang masih relevan dengan gaya yang ada saat ini. Belum lagi kamu juga harus menentukan bahan yang cocok untuk pakaian tersebut. Pada desain, kamu juga perlu berhati-hati. Kamu perlu memastikan desain yang kamu gunakan tetap bisa digunakan bukan hanya saat ini, tapi juga di masa depan.

Baca Juga: Ingin Mencoba Bisnis Jualan Pakaian? Berkut Cara Memulainya

6. Mencari Supplier yang Tepat

Jika kamu sudah mempunyai bayangan produk untuk bisnis baju yang kamu geluti, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat. Sama seperti bisnis lainnya, supplier yang tepat akan berpengaruh untuk produk yang kamu jual. Dalam bisnis ini, kamu memerlukan supplier untuk bahan-bahan pakaian tersebut. Selain kualitas bahan yang baik, mendapatkan supplier yang tepat akan membantumu untuk memanfaatkan modal bisnismu.

Baca Juga 
Mengenal Apa Artinya Reseller dan Tipsnya Agar Cepat Untung 

7. Memilih Media Berjualan dan Promosi

Bisnis Baju

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat ini sebuah bisnis dapat dijalankan tanpa memerlukan toko fisik. Kamu dapat memilih berjualan di toko fisik jika kamu memiliki modal yang cukup. Jika tidak, kamu cukup menjual produk di platform online. Platform online sendiri tidak membutuhkan modal yang banyak.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan media promosi yang ingin kamu gunakan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk membantumu dalam mempromosikan produk. Namun, tak lantas kamu hanya melakukan promosi secara online saja. Kamu juga memerlukan promosi pribadi dari mulut ke mulut untuk membantumu dalam melakukan promosi.

Demikian adalah sedikit penjelasan singkat dalam langkah-langkah sederhana untuk membantumu berjalan lancar dalam bisnis baju. Sama seperti bisnis lainnya, persiapan yang matang dibarengi dengan kerja keras akan membantu bisnis tersebut berkembang. Selain itu, kemampuan beradaptasi juga akan penting bagi perkembangan bisnis baju yang kamu jalani.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, kamu juga perlu mempunyai sebuah sistem dalam berjualan online untuk membantumu. Salah satu contohnya adalah order management dari SmartSeller yang dapat membantu mengelola aktivitas penjualan. Selain itu, ada fitur inventory management dan marketplace integration yang akan sangat mendukung penjualan online. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi SmartSeller!