Cara dropshipper Tokopedia kini juga menjadi salah satu kata kunci yang dicari oleh netizen. Hal itu tak lepas dari saat ini semakin banyak orang yang mencoba peruntungan dari bisnis, apalagi saat ini cara berjualan semakin banyak tersedia. Salah satunya adalah dengan melakukan dropship. 

Dropship, seperti reseller, adalah beberapa sistem berjualan yang ramai digunakan, terutama bagi para pemula dalam bisnis. Terlebih, platform semakin banyak tersedia salah satunya seperti di Tokopedia. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas cara dropshipper Tokopedia yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Cara Dropshipper Tokopedia

Apa itu Dropship?

Dropship adalah sistem ketika seseorang berjualan dan melakukan bisnis tanpa menyimpan atau menyetok barang yang ia jual. Sistem ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perantara. Namun perantara sendiri cenderung lebih luas dan umum sedangkan dropship sendiri adalah istilah yang digunakan sebagai perantara ketika belanja online.

Saat ini belanja online sendiri adalah suatu hal yang lazim pada masyarakat. Kemajuan teknologi membuat belanja online adalah hal yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Belanja online bisa dibilang cukup praktis dibandingkan dengan belanja secara offline. Jadi tidak heran jika belanja online menjadi pasar yang menarik untuk masyarakat.

Akhirnya tidak hanya brand besar, masyarakat kecil pun tertarik untuk berjualan online. Terlebih, belanja online awalnya tidak membutuhkan biaya, melainkan hanya akun dan barang yang ingin dijual. Tidak perlu menyewa tempat yang membutuhkan biaya besar, juga tidak menyita tenaga dan waktu.

Namun, tidak semua orang mempunyai modal ataupun kemampuan produksi untuk berjualan. Memang berjualan online membutuhkan modal yang lebih sedikit, tapi produksi barang tetap membutuhkan biaya yang sama. Jika masih terhitung tidak berpengalaman, tentu hal tersebut akan menyulitkan.

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Pemula dan Sukses

Baca Juga 
Pilihan Buku Tentang Bisnis Buat Kamu yang Baru Memulai Bisnis

Dropship sendiri dapat menjadi solusi dari hal tersebut. Karena tidak semua orang bisa memiliki kemampuan produksi ketika baru mulai berjualan, baik dari sisi teknis maupun sisi ide. Mereka dapat menjual barang orang lain sehingga mereka tidak perlu repot memikirkan berjualan dari sisi produksi.

Saat ini, sistem dropship lazim dilakukan oleh para penjual melalui marketplace. Seperti yang kita ketahui bersama, pasar marketplace sangat besar sehingga bermacam-macam penjual dapat kamu temui di sana. Salah satu marketplace yang paling terkenal adalah melalui Tokopedia.

Cara Dropshipper Tokopedia

Cara Dropshipper Tokopedia

Setiap marketplace mempunyai aturannya sendiri. Mengingat platform yang satu ini sangat besar, mereka mempunyai aturan tertentu yang dibuat untuk melindungi para pelanggan Tokopedia. Berikut adalah syarat cara dropshipper Tokopedia yang harus kamu patuhi saat berjualan.

  • Tidak diperkenankan internal dropship di Tokopedia. Artinya, kamu sebagai dropshipper dilarang untuk membeli produk dari penjual lain di Tokopedia lalu menjualnya kepada pembeli di Tokopedia.
  • Layanan dropship hanya bisa menggunakan layanan reguler dan tanpa promo.
  • Jika hal tersebut dilakukan, dana tersebut akan diberikan kembali pada pembeli sehingga dropshipper akan mengalami kerugian dan juga tidak bisa mengajukan klaim ganti rugi.

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

Cara-Cara Dropshipper di Tokopedia

Setelah membaca dan memahami poin dari syarat menjadi dropshipper di Tokopedia, kamu harus mematuhi dan menjalankannya agar bisnis kamu dapat berjalan lancar di Tokopedia dan tidak mengalami kerugian. Berikut adalah langkah cara dropshipper Tokopedia yang bisa kamu ikuti:

  • Membuat Akun

Meskipun kamu hanya ingin menjadi dropshipper, kamu tetap perlu membuat akun terlebih dahulu. Sebaiknya kamu menggunakan akun khusus untuk berjualan dan bukan akun pribadimu sehingga tidak terjadi kesalahan. Pilih kolom daftar pada Tokopedia dan ikuti langkah yang diperlukan sebagai cara dropshipper Tokopedia.

  • Menentukan Produk

Ketika melihat-lihat berbagai macam produk di Tokopedia, kamu bisa mencari tahu produk apa yang sedang laris manis di pasaran atau juga Tokopedia. Menentukan produk adalah salah satu cara dropshipper Tokopedia untuk mulai berjualan. Pastikan produk yang ingin kamu jual tersedia di Tokopedia.

Baca Juga 
Berikut Ini adalah Rumus Contoh HPP dan Manfaatnya!

Tokopedia sendiri menyediakan berbagai macam barang. Jika ini menjadi pengalaman pertamamu, sebaiknya mulai dengan menjual barang yang mempunyai potensi besar dan terlihat diminati oleh para pelanggan. Kamu bisa melihat itu dari tren-tren yang ada di media sosial.

Cara Dropshipper Tokopedia

  • Menentukan Supplier

Setelah menentukan produk, cara dropshipper Tokopedia selanjutnya adalah menentukan supplier. Hal ini sangatlah krusial bagi para dropshipper mengingat dropshipper adalah tangan kedua. Menentukan supplier akan penting bagi bisnis kamu mengingat kamu tidak bisa memproduksi barang dan hanya bisa mempercayai supplier tersebut perihal kualitas barang.

Kamu juga tidak bisa melakukan quality control karena kamu bukan merupakan reseller sehingga kamu sangat bergantung pada supplier. Kamu bisa menentukan supplier terpercaya berdasarkan rekomendasi Tokopedia. Hal itu bisa dilihat dari status mereka, review para pelanggan atas produk mereka, dan jumlah produk yang sudah terjual untuk memastikan mereka bisa mengatasi produk dengan jumlah banyak.

  • Menentukan Strategi Pemasaran

Meskipun produk yang kamu jual bukan kamu produksi sendiri, bukan berarti kamu tidak memasarkan produk tersebut. Malahan, pemasaran produk adalah salah satu kunci penting cara dropshipper Tokopedia. Hal tersebut dikarenakan kamu perlu menjual barang dengan jumlah lebih banyak karena keuntungan yang kamu dapatkan hanyalah selisih harga barang dari supplier.

Saat ini kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak platform yang bisa kamu jadikan media pemasaran. Seperti media sosial contohnya. Melakukan pemasaran dengan media sosial bukan hanya jangkauannya luas, tapi biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar bahkan bisa gratis.

Baca Juga: Cara Kerja Dropship: Mengenal Alur dan Kelebihannya

Pastikan produk yang kamu jual cocok dengan platform yang kamu gunakan. Dengan menggunakan media pemasaran yang sesuai dengan target pasar yang kamu tuju, maka pemasaran yang kamu lakukan akan semakin efektif. Kamu juga harus konsisten agar para pengunjung tetap bisa melihat produk yang kamu jual.

Baca Juga 
Mengenal Apa itu Transit Paket, Proses, dan Durasinya

Cara Dropshipper Tokopedia

  • Melakukan Dropship

Langkah terakhir adalah melakukan dropship produk. Ini bisa kamu lakukan ketika kamu sudah menerima pesanan dan pembayaran dari pelanggan kamu. Berikut adalah cara dropshipper Tokopedia melakukan pemesanan dropship dari para supplier hingga ke tangan para pelanggan.

  1. Pilih produk yang diinginkan oleh pelanggan pada toko supplier
  2. Tentukan variasi dan jumlahnya
  3. Pilih beli langsung
  4. Gunakan pengamanan paket tambahan jika tersedia opsi tersebut.
  5. Tambah alamat baru kemudian masukkan alamat detail dari pelanggan tersebut
  6. Pilih layanan pengiriman
  7. Klik Dropship
  8. Pilih metode pembayaran yang ingin kamu gunakan.
  9. Bayar produk tersebut melalui metode pembayaran yang sudah dipilih
  10. Berikan nomor resi kepada pelanggan

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai cara dropshipper Tokopedia serta pengertian serta langkahnya. Kamu bisa menjadi dropshipper jika kamu belum mempunyai ide atau modal yang cukup untuk membuat dan menjual produk kamu sendiri. Jika sudah, kamu bisa perlahan memulai untuk berjualan.

Jika kamu menggunakan platform lain selain Tokopedia, kamu dapat menggunakan SmartSeller. Layanan Private Order dari SmartSeller akan membantu mempermudah kamu dalam melakukan dropship kepada para pelanggan. Selain itu ada SmartSeller Storefront dan Manajemen Order untuk membantu jika kamu sudah memutuskan menjual produkmu sendiri. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi SmartSeller!