Di era serba digital, masyarakat mulai beralih melakukan berbagai kegiatan secara online. Termasuk untuk mendapatkan produk atau jasa, alih-alih membeli langsung ke toko fisik. Hal ini lantaran belanja online dianggap praktis dan lebih mudah, bahkan terkadang terhitung lebih murah. Tak heran, jika para pebisnis online akhirnya mencari tahu cara bikin website gratis untuk memperluas jaringan pasarnya. 

Perlu kamu ketahui, menggunakan website sebagai perkembangan bisnis sangat bagus untuk meningkatkan reputasi atau personal branding usaha yang kamu jalani. Apalagi, dengan antusias masyarakat terhadap teknologi atau internet, peluang untuk melebarkan pasar semakin besar. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot memasarkan produk atau jasa yang kamu bangun secara langsung, tetapi bisa hanya dengan membuat website. Selain itu, kini cara bikin website gratis juga sangat mudah. Seperti apa caranya? Yuk, simak bersama.

Manfaat Membuat Website untuk Bisnis

Sebelum mengetahui cara bikin website gratis untuk bisnis online yang kamu bangun, ada baiknya ketahui dulu beberapa manfaat ketika memiliki website untuk usaha kamu. 

Berikut beberapa manfaat atau keuntungan memiliki website bagi bisnis milikmu.

  • Semakin Profesional

Di era teknologi yang semakin maju, internet menjadi salah satu pusat informasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Termasuk untuk mencari produk atau jasa yang mereka inginkan. 

Maka dari itu, memiliki website untuk bisnis merupakan suatu hal yang tepat karena kamu dapat memberikan informasi lengkap mengenai bisnis dan produk yang kamu tawarkan. Selain itu, calon konsumen juga menjadi lebih mudah untuk menemukannya. 

Kamu juga bisa mendesain tampilan website semenarik mungkin, sehingga kepercayaan para pelanggan pada bisnis yang kamu bangun dapat meningkat. Jadi, penting untuk tahu cara bikin website gratis agar bisnis kamu semakin profesional.

Cara Bikin Website Gratis

  • Pusat Informasi Bisnis

Dengan mengetahui cara bikin website gratis, usaha yang kamu tekuni akan tampak profesional. Sebab, di dalam website yang kamu buat ini bisa memberikan sarana informasi dari produk atau jasa secara lengkap. Mulai dari detail pada katalog produk atau jasa sampai promo maupun diskon yang tengah berlangsung. Selain itu, calon pelanggan bisa mendapatkan informasi tambahan dengan mudah melalui layanan customer service yang terdapat pada website bisnis milikmu. 

  • Bisa Meningkatkan Penjualan

Manfaat memiliki website untuk toko yang kamu punya ialah mampu meningkatkan penjualan produk milikmu. Hal ini lantaran calon konsumen dapat mengetahui informasi lengkap dari produk atau jasa yang mereka cari. Dari situ, kepercayaan mereka akan semakin meningkat, dan tentunya berbondong-bondong melirik produk yang kamu tawarkan. Untuk itu, pada tahap cara bikin website gratis, kamu perlu melengkapi fitur-fitur atau layanan pada website milikmu agar penjualanmu semakin meningkat.

Baca Juga 
6 Hal Ini Akan Membuat Foto Produk Anda Lebih Boom!

Baca Juga: Ini Cara Mempromosikan Produk agar Usaha Laris Manis

  • Jangkauan Pasar Lebih Luas!

Cara Bikin Website Gratis

Ketika mempelajari cara bikin website gratis, kamu tidak hanya belajar seputar tampilan website menjadi lebih menarik, tetapi juga perlu mempelajari cara membuat artikel dengan kaidah SEO (Search engine optimization) dan juga menjalankan iklan atau Ads. Nantinya, ketika kamu telah melakukan hal tersebut, peluang untuk mendapatkan pasar yang lebih luas akan semakin banyak. Dengan demikian, pelanggan pun terus berdatangan.

  • Mengelola Bisnis Jadi Lebih Efisien

Sudah menjadi rahasia umum, ketika memiliki website kamu bisa mengelola bisnis menjadi lebih mudah dan juga efisien. Sebab, ketika sudah tahu cara bikin website gratis untuk bisnis online, maka kamu juga akan mempelajari beragam fitur yang memudahkan kamu dalam mengelola bisnis yang tengah dibangun.

Kamu juga tak perlu kesulitan untuk memahami coding yang ribet. Sebab, beberapa situs yang menawarkan cara bikin website gratis telah memberikan kemudahan bagi kamu.

Jenis Website

Sebelum masuk pada sesi cara bikin website gratis, kamu perlu mengenali terlebih dahulu berbagai jenis website yang ada agar tidak salah pilih saat membuatnya. 

Simak beberapa jenis website berdasarkan konten, berikut ini.

  • Website Pribadi atau Blog 

Sejak era 2000-an, website pribadi ini telah menjadi tren di masyarakat. Lantaran, bagi pribadi yang suka menulis ataupun mengabadikan berbagai momen, website pribadi ini seolah menggantikan peran jurnal yang lebih mudah dibawa ke mana saja oleh pemiliknya.

Oleh karena itulah, website pribadi atau yang mungkin juga dikenal dengan sebutan Blog ini memiliki konten dengan topik yang beragam tergantung dari pemilik website. Mulai dari cerita tentang traveling, ulasan kuliner, sampai cerita layaknya diary yang dituangkan oleh pemiliknya. 

Baca Juga 
Mau Bisnis di Bulan Ramadhan Laris? Ini Dia Tipsnya! 

Tak jarang, website pribadi dijadikan sebagai portofolio oleh pemiliknya. Dikarenakan, website pribadi ini sebagai arsip karya dari pemiliknya. 

  • Website Perusahaan 

Dengan adanya website perusahaan, kita menjadi sangat mudah menemukan berbagai informasi mengenai perusahaan, instansi, dan organisasi pemerintahan maupun swasta. Sebab, dalam website kamu bisa menuliskan secara detail terkait informasi perusahaan, instansi, dan organisasi. Oleh sebab itu, memiliki website untuk informasi usahamu menjadi hal yang patut dipertimbangkan. 

  • Website e-Commerce

Cara Bikin Website Gratis

Jenis website satu ini sering juga disebut dengan toko online. Berdasarkan namanya, website ini tentu akan memuat katalog dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh pemiliknya, bisa individu maupun perusahaan. Karenanya, dalam website e-commerce, kamu harus menuliskan secara detail mengenai produk atau jasa, agar calon pelanggan mendapatkan informasi secara lengkap. Website ini tentu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari calon konsumennya. 

  • Website Media Massa atau Berita

Website satu ini mungkin menjadi yang paling sering kamu kunjungi, sebab memuat mengenai berita terkini, mulai dari politik, olahraga, maupun berita lokal. Ada juga website hiburan yang berisikan berbagai informasi unik dan menarik. 

Tonton Juga: Ngorder: Aplikasi Stock Management Lengkap, Solusi Manajemen Olshop

 

Cara Bikin Website Gratis

Setelah mengetahui beragam manfaat yang bisa didapat dari memiliki website untuk bisnis, tentu kamu tertarik mengetahui bagaimana cara bikin website gratis. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, teknologi pun ikut semakin maju. Perilaku belanja para pelanggan pun turut berubah. 

Tak perlu membuang waktu lagi, berikut ini cara bikin website gratis untuk bisnis online. 

  • Tentukan Jenis Website

Cara bikin website gratis yang pertama adalah menentukan jenis website. Setelah mengetahui berbagai jenis website berdasarkan konten, kamu harus menentukan website seperti apa yang akan kamu buat untuk menunjang bisnis online-mu. 

  • Pilih Platform 

Langkah selanjutnya, memilih platform. Seperti diketahui, saat ini banyak tersedia platform gratis yang bisa kamu manfaatkan. Setelah itu, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran akun pada platform tersebut. Kemudian, kustomisasi sesuai keinginanmu. 

Baca Juga 
Apa itu Katalog? Ini Penjelasan dan Fungsinya di Bisnis

Namun, perlu diingat. Beberapa fitur pada platform gratis ini biasanya terbatas. Kamu perlu berlangganan dengan menggunakan paket berbayar. 

Baca Juga: Apa itu Katalog? Ini Penjelasan dan Fungsinya di Bisnis

  • Kustomisasi Website

Agar tampilan website semakin menarik, kamu bisa mendesainnya sesuai selera kamu. Selaraskan dengan konsep bisnis yang ingin kamu tonjolkan. Caranya, kamu bisa memilih tema atau template. Lalu, sesuaikan juga identitas visual bisnis ini dengan font, warna, dan layout. Dengan begitu, branding dari bisnismu akan semakin terlihat, sehingga calon pelanggan akan semakin percaya karena website terlihat profesional. 

Cara bikin website gratis selanjutnya, kamu bisa menambahkan fitur dan fungsionalitas yang dibutuhkan. Lengkapi dengan mengatur navigasi yang mudah diakses oleh pengunjung nantinya. 

  • Konten 

Cara Bikin Website Gratis

Setelah menyesuaikan website dengan identitas visual, dukunglah dengan konten yang relevan. Pastikan konten bersifat informatif, menarik, dan sesuai dengan tujuan dari bisnis yang kamu geluti. 

Periksa kembali konten dan berbagai tampilan website sebelum akhirnya dipublikasikan. Jangan sampai ada yang terlewat. 

  • Lakukan Promosi

Setelah siap dipublikasikan, kini saatnya kamu melakukan promosi agar website bisnismu semakin optimal. Kamu bisa melakukannya melalui media sosial ataupun optimisasi mesin pencari, salah satunya dengan SEO. Hal ini guna menarik perhatian para calon pelanggan. 

Nah itulah cara bikin website gratis untuk kembangkan bisnismu. Selain dengan cara di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur Storefront dari SmartSeller yang akan membantumu buka toko online dengan mudah dan cepat. Produk dan stok di semua channel penjualan juga akan terhubung. Selain itu, SmartSeller juga memiliki fitur lainnya, seperti Manajemen Order dan Integrasi Marketplace. Penasaran? Yuk cek di sini untuk informasi selengkapnya.