Nama Lazada seller center mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Sebab, untuk para pebisnis online pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung telah mencari tahu cara untuk membuka lapak di Lazada. Ya, Lazada seller center adalah platform yang memudahkan para penjualannya untuk mengelola toko online di Lazada. Dari situ pula, para penjual dapat mengikuti promo yang dihadirkan oleh e-commerce asal Singapura satu ini. 

Di tengah era digital saat ini, marketplace memang tengah merajalela. Pasalnya, berjualan di toko online bisa dikelola kapan saja dan di mana saja, begitupun dengan para pembelinya. Fleksibilitas yang ditawarkan menjadi keunggulan dari para e-commerce. Ditambah, adanya platform khusus untuk para penjual, seperti Lazada seller center. Tak heran, jika para pebisnis pemula maupun pemain lama mulai berbondong-bondong mencari tahu cara mengaksesnya. Lalu, apa itu Lazada seller center sebenarnya? 

Kenali Platform Lazada Khusus Seller

Bagi kamu yang masih memiliki pertanyaan apa itu Lazada seller center, berikut jawabannya. Platform tersebut khusus dibuat oleh Lazada untuk memudahkan para penjual yang memiliki lapak di e-commerce satu ini. Lazada seller center membantu para penjual dalam mengelola proses jual beli yang dilakukan. Mulai dari membuat katalog produk, mengelola stok, sampai pada akhirnya produk diterima oleh pelanggan. 

Melalui platform ini, seller akan mendapatkan notifikasi saat pesanan masuk. Dengan adanya Lazada seller center, para penjual tidak lagi khawatir pesanan yang terlewat. Apalagi, platform khusus penjual ini juga telah tersedia aplikasi, sehingga kamu dapat mengelola toko online di Lazada dengan leluasa. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk Kesuksesan Bisnis

Fitur di Lazada Seller Center

Tidak hanya proses jual beli bersama pelanggan, penjual juga bisa meningkatkan performa melalui Lazada seller center. Lantaran, pada platform tersebut terdapat berbagai fitur yang mampu meningkatkan penjualan. Yuk simak apa saja fitur yang ada di platform 

Baca Juga 
Tips dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Para Pemula

1. Fitur Campaign 

Sesuai dengan judulnya, campaign atau kampanye, fitur ini membantu kamu dalam meningkatkan presentase penjualan. Hal ini dilakukan dengan mengikuti beberapa program dari Lazada, seperti mega campaign dan flash sale. Kedua program ini menjadi salah dua yang dinantikan oleh pelanggan, sehingga saat mengikutinya, kesempatan untuk meningkatkan keuntungan pun terbuka. 

2. Fitur Bisnis Analisis

Dalam menjalani bisnis, tentu kamu membutuhkan analisis bisnis guna melihat bagaimana perkembangan usaha yang kamu jalani. Bersama Lazada seller center, data-data yang kamu butuhkan untuk bahan evaluasi kinerja dan trafik dari produk akan ditampilkan pada fitur Bisnis Analisis. Fitur ini sangat membantu kamu dalam mengevaluasi bagaimana kinerja toko online selama ini dan membuat rencana ke depan yang lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja, fitur ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin guna meningkatkan performa bisnis. 

Lazada Seller Center

3. Pemasaran 

Salah satu alasan pembeli kerap berbelanja online lewat marketplace adalah penawaran promo yang menarik. Oleh karena itu, sebaiknya penjual mengikuti berbagai program promosi dari Lazada untuk meningkatkan pendapatan. Informasi mengenai promo seperti voucher, flexi combo, dan gratis ongkir. Jangan sampai, kamu terlewat untuk mengikuti program penawaran promo menarik. 

4. Ikuti Lazada University

Kelebihan berjualan di Lazada, para seller dapat belajar bagaimana cara menarik perhatian para calon pembeli agar penjualan meningkat. Materi untuk menaikkan skill berjualan di e-commerce bisa kamu dapatkan melalui fitur Lazada University. Menarik bukan? 

Tonton Juga: Cerita SmartSeller bersama ALLBABYNEEDS #JadiSellerPintar

5. Perkembangan Produk

Lazada seller center juga menyediakan fitur produk yang dapat digunakan untuk meninjau perkembangan penjualan produk. Selain itu, di fitur satu ini kamu bisa mengatur bagaimana perkembangan pada produk dengan efisien. Hal ini dapat dilakukan dari unggah produk, mengelola gambar dan video yang menunjukkan detail produk, dan meningkatkan performa penjualan. 

Baca Juga 
Lakukan 3 Tips Promosi Produk di Facebook Berikut Ini!

6. Pemesanan dan Pesanan

Fitur pemesanan dan pesanan digunakan pada dua aktivitas yang mirip, seperti namanya yang juga tampak memiliki arti sejenis. Fitur pemesanan berfungsi guna memastikan proses pemenuhan order pada pelanggan berjalan lancar. Sementara, fitur pesanan tersedia agar penjual dapat melihatnya dari sudut pandang pelanggan. 

Lazada Seller Center

7. Laporan Keuangan

Tidak hanya memudahkan, Lazada seller center juga memberikan keamanan bagi para penjualnya lewat fitur laporan keuangan. Di sini, kamu bisa mengecek dan penarikan saldo dengan efektif juga efisien. Fitur satu ini dapat diakses melalui menu akun saya. 

8. Menampung Berbagai Pertanyaan

Saat memulai berdagang ataupun pertama kali menggunakan e-commerce, kamu pasti memiliki banyak pertanyaan. Nah, dengan Lazada seller center, kamu bisa memberikan berbagai pertanyaan seputar proses penjualan. Tak hanya itu, fitur ada ini juga dapat mebantu di setiap permasalahan.  

Cara Daftar

Setelah mengetahui berbagai fitur menarik di Lazada seller center, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mendaftar sebagai penjual di Lazada. Agar tidak kerepotan saat mengisi, kamu bisa lebih dulu menyiapkan dokumen-dokumen yang diminta. 

Jika kamu mendaftar secara individu atau perorangan, siapkan dokumen berupa KTP, Buku Tabungan dengan atas nama diri sendiri atau bisa juga menyiapkan rekening koran untuk dilampirkan nantinya. Sementara, jika kamu mendaftar atas nama perusahaan ditambahkan dokumen izin usaha dan NIB, lalu gunakan buku tabungan atas nama perusahaan atau penanggung jawab, begitupun dengan KTP yang digunakan. Perlu diingat, jika nama di KTP dan Buku Tabungan harus sama dan hanya bisa digunakan untuk satu akun. 

Lazada Seller Center

Apabila dokumen yang diperlukan sudah siap, ikuti langkah-langkah untuk mendaftarkan diri buka lapak melalui Lazada seller center dengan dua cara.  

Baca Juga 
Harus Tahu! Ini Aplikasi Stok Gudang untuk Kelola Bisnis

1. Melalui web Lazada:

  • Masuk ke alamat web Lazada.co.id.
  • Lalu, pilihlah pilihan menjadi seller.
  • Kemudian, klik daftar sekarang dan tentukan akan menjadi penjual Lazada atau Lazmall.
  • Selanjutnya, masukan nomor telepon yang belum pernah digunakan sebagai penjual di Lazada, bisa juga menggunakan akun Lazada yang didaftarkan sebagai pembeli, Gmail atau facebook. 
  • Isi informasi dan melengkapinya. 
  • Terakhir, selesaikan tahap pendaftaran. 

Lazada Seller Center

2. Lewat Aplikasi Seller Center Lazada

Seperti yang diketahui, aplikasi Lazada seller center ini telah tersedia di Google PlayStore dan App Store. Jadi, setelah kamu meng-install aplikasi, ikuti langkahnya berikut ini: 

  •  Pilih daftarkan diri dengan menggunakan nomor ponsel, akun Lazada sebagai pembeli, Gmail, Facebook, atau Apple ID.
  •  Isi dan lengkapi informasi yang diminta.
  •  Setelah itu, kamu hanya perlu mengikuti langkah selanjutnya untuk dapat menyelesaikan alur pendaftaran. 

Baca Juga: Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun bagi Supplier

Nah, itulah cara mendaftar sebagai penjual melalui Lazada seller center, platform yang memudahkan kamu dalam mengelola toko online di Lazada. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur marketplace integration dari SmartSeller untuk mengelola toko online di berbagai marketplace dalam satu akun. Dengan SmartSeller, kamu bisa mengelola stok produk, pesanan yang masuk, sampai laporan penjual dari berbagai marketplace melalui satu akun. Tidak hanya itu, SmartSeller juga memiliki fitur lainnya yang memudahkan kamu dalam mengelola bisnis dan merespons pelanggan. Yuk, cari tahu di sini!