Bagi pelaku usaha fisik maupun online, packing atau pengepakan digunakan untuk membungkus barang. Lalu, apa itu packing? Umumnya, packing sendiri diketahui memiliki fungsi untuk mengemas barang agar tidak rusak, aman, dan juga tampak rapi.

Biasanya, tampilan atau bentuk dari apa itu packing tidak hanya sekadar menarik saja, tetapi juga tidak boleh asal. Sebab, jika dibuat sembarangan, bisa memengaruhi nilai dari produk itu sendiri. Jadi, bisa disimpulkan bahwa apa itu packing merupakan salah satu hal paling penting pada suatu produk.

Apa Itu Packing?

Sebagai pebisnis, ada baiknya kamu mengetahui dengan benar pengertian dari apa itu packing agar tak salah kaprah. Apa itu packing bisa diartikan sebagai kegiatan pengepakan barang yang akan dikirim atau didistribusikan ke suatu daerah atau wilayah lainnya. 

Apa itu packing juga memiliki tujuan agar barang yang dikirim dalam kondisi yang baik atau tidak rusak. Basanya, packing dikondisikan untuk barang berupa makanan, minuman, atau benda-benda lainnya, termasuk yang mudah pecah.

Packing barang juga tidak asal, maka biasanya perusahaan akan mempekerjakan orang-orang yang berpengalaman di bidang pengemasan ini. Sebab, packing menjadi hal paling penting dalam suatu bisnis, agar bisa memastikan bahwa barang yang dikirim dalam keadaan terjaga.

Tak hanya memastikan barang aman dan tidak rusak, packing juga biasanya menjadi brand dari identitas perusahaan tersebut. Hal ini lantaran packing bisa membuat produk lebih marketable ketika dilihat oleh konsumen.

Sesuai dengan pengertian apa itu packing, usahakan packing atau kemasan usahamu dapat menjamin keamanan produk, desain yang mudah dikenal, menarik, dan unik namun informatif, mudah dikirim dalam berbagai kondisi, sehingga packing menjadi efisien. 

Baca Juga: Pengertian Pengemasan adalah: Berikut Fungsi dan Tipsnya

Alasan Mengapa Packing Penting

Setelah mengetahui apa itu packing, mungkin kamu juga bertanya mengapa packing menjadi salah satu hal terpenting dalam menjalani usaha. Untuk itu, yuk simak alasan mengapa packing itu penting yang dilansir dari Feedough, berikut ini.

  • Alasan packing penting bagi produsen

  1. Packing umumnya mampu membuat brand untuk mendistribusikan produk miliknya dari pabrik ke seller tanpa mengalami kendala dan aman.
  2. Alasan seberapa penting packing selanjutnya, karena mampu menjaga kualitas produk agar tetap awet ketika disimpan.
  3. Tak hanya sekadar menjadi daya tarik, packing juga bisa menjadi ajang pemasaran. Hal ini lantaran packing dari setiap perusahaan memiliki identitas berbeda-beda.
  4. Alasan paling utama dari apa itu packing adalah agar produk tidak mengalami kerusakan sebelum sampai ke konsumen.
Baca Juga 
5 Cara Mudah Mencatat Dokumen Transaksi Secara Online

https://www.pexels.com/photo/person-holding-a-brown-box-9853462/

  • Alasan packing penting bagi pembeli

  1. Salah satu alasan penting utama bagi kegiatan packing adalah agar konsumen atau pembeli mengetahui identitas perusahaan.
  2. Selain itu, packing juga bisa membantu pelanggan dalam menggunakan produk.
  3. Terakhir, packing juga bisa melindungi pembeli dari kandungan berbahaya yang ada di produk. Misalnya, ketika produk dari bisnismu mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi jika langsung bersentuhan dengan kulit.

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

Fungsi dari Packing

Seperti diketahui, pengertian dari apa itu packing merupakan salah satu proses penting yang berkaitan dengan pengemasan produk agar aman ketika dikirim kepada konsumen. Sehingga, produsen harus memperhatikan proses pengemasan agar pelanggan tidak kecewa ketika menerima barang yang telah dibeli, baik karena barang itu rusak atau basi ketika telah sampai.

Selain berfungsi agar produk sampai tanpa cacat, rupanya packing memiliki beberapa kegunaan lainnya. Yuk, simak bersama fungsi packing. 

  1. Daya Tarik Produk

Tak hanya berfungsi sebagai pembungkus agar kualitas produk tetap terjamin ketika sampai di tangan konsumen, packing juga berfungsi sebagai daya tarik dari produk, lho. Basanya, pengemasan yang baik dan menarik akan menambah nilai dari barang atau produk. Tentu saja, hal ini akan menambah daya tarik bagi konsumen. Selain itu, dengan packing yang rapi dan menarik, biasanya penjualan akan semakin meningkat.

Apa itu Packing

  • Bentuk Pemasaran

Fungsi dari packing selanjutnya adalah sebagai ajang promosi. Seperti poin pertama, jika kemasan dari produk yang kamu miliki unik dan menarik, bisa membuat konsumen langsung mengenal produk milikmu. Apalagi jika pengemasan produk milik memiliki nilai informasi yang tinggi. Tentu saja, hal ini bisa berpengaruh sebagai bentuk promosi.

Baca Juga 
Cara Jualan di Marketplace agar Cepat Laris dan Cuan

Jenis Packing

Sesuai dengan pengertian apa itu packing, bagaimana fungsi, dan alasan pentingnya, packing yang baik adalah dapat memuat informasi singkat mengenai produk juga usahamu. Selain itu, tingkat keamanan dari kemasan dalam menjaga produk. Oleh karena itu, label, kerapatan kemasan, ukuran, dan ketahanan juga penting untuk diperhatikan. 

Agar tidak salah dalam menamakan kemasan untuk produkmu, yuk kenali terlebih dahulu jenis-jenis berikut ini.

Apa itu Packing

  • Packing Primer

Apa itu packing primer? Jenis satu ini adalah bentuk kemasan yang melekat pada produknya. Bisa juga disebut dengan wadah produk guna menjaga kualitas dan stabilitasnya. Packing primer ini juga memudahkan produk untuk dijual eceran, disimpan, dan digunakan ataupun dikonsumsi.  

Kemasan primer ini juga berfungsi sebagai bentuk promosi, sebab terdapat informasi produk seperti kegunaan, cara pakai, juga ingredients. Karena itulah, jenis packing satu ini biasanya dibuat agar dapat menahan air, kedap udara, dan keamanan lainnya agar kualitas produk tidak mengalami penurunan atau kerusakan.

Jika kamu masih bingung bentuknya seperti apa, contoh dari packing primer ini adalah botol sabun, berbagai kemasan makanan ringan dan minuman, botol obat, dan lainnya. 

  • Packing Sekunder 

Jenis yang berikutnya adalah packing sekunder. Apa itu packing sekunder? Jenis kemasan ini tidak bersentuhan langsung dengan produk, melainkan untuk melindungi packing primer. Kemasan sekunder ini juga akan memudahkan produk untuk dibawa atau dipindahkan agar packing primer tidak mudah rusak. 

Selain itu, packing sekunder ini juga bisa membantumu saat membeli produk secara grosir atau dalam jumlah yang cukup banyak. Misalnya, kardus pada botol obat, kardus atau karton mi instan. 

  • Packing Tersier

Apa itu Packing

Terakhir, ialah packing tersier. Jenis kemasan ini berfungsi menjadi pelindung terakhir pada produkmu. Meski demikian, kemasan ini menjadi hal yang turut diperhatikan, apalagi bagi bisnis online. Sebab, jika packing tersier rusak saat diterima oleh pelanggan, maka kepuasan pelanggan pun akan menurun. 

Baca Juga 
Kartu Persediaan Barang: Arti, Contoh, dan Fungsinya

Jika dilihat dari fungsi kemasan tersier, lalu apa itu packing tersier? Jenis ini merupakan packing atau kemasan saat akan melakukan pengiriman barang dengan jarak yang jauh dan bisa dalam jumlah yang besar. 

Baca Juga: Apa itu Ekspedisi dan Bagaimana Memilihnya untuk Bisnis? 

Setelah mengetahui apa itu packing, beserta kegunaan dan jenisnya, gunakan kemasan atau packing ini untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada usahamu. Semakin siap untuk menerima orderan, deh! 

Kalau kamu bingung bagaimana cara mengatur orderan yang masuk, kamu bisa menggunakan fitur Manajemen Order dari SmartSeller, selain itu kamu juga dibantu untuk selalu update stok produk lewat fitur Inventory Management, sehingga tak perlu khawatir konsumen kehabisan barang dari usahamu. Bahkan, SmartSeller ini juga memiliki reseller yang terpercaya, makin lengkap untuk bantu usahamu. Langsung cek di sini yuk untuk informasi lebih lengkap.