Mungkin, sering kali dalam bisnis kamu akan mendengar istilah referral code. Istilah ini sudah cukup umum digunakan baik dalam digital advertising maupun dalam marketing konvensional sekalipun. Jika kamu ingin mempelajari tentang apa itu referral code, bagaimana cara kerjanya, serta apa manfaat referral code dalam bisnis, kamu bisa menyimak artikel berikut ini sampai habis.

Apa Itu Referral Code?

Referral code pada dasarnya sama dengan referral link. Merupakan kode unik yang di dalamnya berisi dengan karakter alphanumeric dan juga biasanya terdapat nama dari pembeli yang melakukan transaksi. Contoh dari apa itu referral code dapat kita temukan di sekeliling kita seperti; MERDEKA17, BUDI30, dan lainnya.

Biasanya suatu perusahaan memberikan referral code kepada pelanggan setia mereka. Pelanggan bisa menggunakan apa itu referral code sebagai salah satu kode promo yang bisa dibagikan kepada teman maupun keluarganya.

Dengan kata lain, referral code bisa diartikan sebagai suatu identifikasi spesial, yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka serta sebuah nama, yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk suatu referral program yang dibagikan kepada teman, keluarga, dan kerabat terdekat mereka sebagai suatu bentuk promosi.

Yang termasuk ke dalam referral code tidak hanya sekedar potongan harga saja. Referral code biasanya juga digunakan untuk promo buy one get one free, promo clearance sale, hingga bonus potongan untuk pelanggan yang membagikan referral code tersebut kepada orang lain.

Cara kerjanya mirip seperti kupon atau voucher. Biasanya, referral code yang digunakan oleh pelanggan dan dibagikan akan kembali dalam bentuk kupon atau voucher yang bisa digunakan lagi untuk mendapat potongan harga maupun cashback.

Bagaimana Cara Kerja Referral Code?

Setelah mengetahui tentang apa itu referral code, selanjutnya kamu bisa mempelajari tentang bagaimana cara kerja referral code. Berikut ini adalah langkah-langkah secara garis besar bagaimana cara kerja referral code:

  1. Membuat Kode Unik untuk Pelanggan

Yang membuat referral code berbeda dari yang lain adalah adanya kode unik yang dibuat untuk pelanggan. Jadi tahap pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat referral code adalah kamu perlu membuat kode unik untuk pelangganmu.

Kamu bisa membuat kode unik dengan berbagai macam cara karena referral code perlu keunikan tersendiri, kamu bisa membuat kode unik tersebut satu untuk seluruh pelangganmu atau satu untuk satu pelanggan masing-masing. Keduanya tetap menggunakan kode unik referral code.

Pastikan juga kode unik yang digunakan tidak terlalu susah diingat. Kamu bisa menggunakan nama pelanggan dan angka potongan diskon agar mudah diingat seperti LISA15, ADAM20, dan seterusnya. Atau kamu juga bisa menggunakan kode unik yang terbuat dari nama promo dan angka yang bersangkutan dengan promo tersebut misalnya JULI15, MERDEKA17, dan lainnya.

  1. Permudah Proses Pelanggan Membagikan Kode Unik

Salah satu kunci dari referral code adalah proses pembagian kode unik yang mudah dilakukan. Saat membagikan kode unik tersebut pastikan kemudahan para pelanggan. Bisa dengan meminta pelanggan membagikan dari mulut ke mulut atau bahkan lewat sosial media untuk cara yang lebih mudah.

Namun jika kamu berencana untuk lebih mengembangkan referral code program dalam bisnismu, sebaiknya buatlah website tersendiri agar pelanggan bisa mendapatkan referral code lebih mudah dan membagikannya kapanpun dan dimanapun.

  1. Berikan Hadiah untuk Setiap Referral Code yang Digunakan

Hal lain yang memberikan banyak minat pada referral code adalah hadiah dari referral code itu sendiri. Hadiah dari referral code yang sudah digunakan bisa berupa kupon, voucher, bahkan potongan diskon. Bisa juga hadiah berupa thank you gift dengan bentuk produk untuk semua pelanggan yang telah membagikan referral code.

Baca Juga: Mengenal Distributor, Jenis, dan Peluang Usahanya

Manfaat Menggunakan Referral Code dalam Bisnis

Setelah mengetahui apa itu referral code dan bagaimana cara kerjanya, kamu juga perlu mengetahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang di dapat saat menggunakan apa itu referral code dalam suatu bisnis yang berjalan.  Berikut ini adalah beberapa manfaat dari referral code yang bisa dirasakan:

  1. Meningkatkan Reputasi Bisnis dan Merk

Setelah memahami apa itu referral code, mungkin kamu akan teringat dengan strategi marketing konvensional yaitu word of mouth atau bisa diartikan dengan dari mulut ke mulut. Referral code bisa digunakan untuk meningkatkan reputasi bisnis dan juga brand awareness.

Alasannya adalah referral code yang dibagikan memiliki peluang kesuksesan tinggi karena hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari teman ataupun kenalan. Tentu saja barang akan lebih dipercaya kualitasnya ketika rekomendasi tersebut diberikan oleh teman atau rekanan yang cukup dekat. Jadi, cara kerja referral code bisa memberikan dampak positif untuk reputasi bisnis.

  1. Membangun Hubungan Kuat dengan Pelanggan

Hubungan kuat dengan pelanggan adalah salah satu cara membuat penjualan tetap naik. Hubungan yang terjalin baik dengan pelanggan merupakan manfaat dari referral code yang bisa sangat menguntungkan bisnis. Rekomendasi dari rekanan dan teman juga memiliki kesuksesan yang lebih tinggi karena kepercayaan satu sama lain.

  1. Menghemat Waktu dan Uang

Salah satu cara untuk membuat bisnis tetap berjalan adalah dengan memangkas sebanyak mungkin pengeluaran yang memungkinkan. Dengan bannyaknya kemungkinan dari referral code yang digunakan oleh pelanggan, maka ini sudah cukup untuk memangkas biaya untuk iklan.

Semakin banyak referral code yang disebarkan maka akan semakin banyak juga orang yang mengetahui tentang bisnis yang kamu kelola. Dengan begini kamu bisa menghemat biaya pemasaran dan iklan. Membuat referral code untuk pelangganmu membantu pelanggan berbagi dengan teman atau keluarganya tentang bisnismu.

Banyak manfaat yang didapat dari menggunakan referral code untuk pelanggan. Selain contoh di atas, referral code juga banyak digunakan oleh perusahaan besar bahkan UKM yang masih kecil sekalipun. Ini membuktikan bahwa referral code cukup bermanfaat untuk digunakan.

Pic: Photo by Gustavo Fring from Pexels: https://www.pexels.com/photo/calm-woman-with-shopping-bags-using-smartphone-4127629/ 

Contoh perusahaan yang menggunakan referral code adalah Bukalapak. Saat pertama kali mendaftar di Bukalapak, kamu akan mendapatkan kode unik yang bisa kamu bagikan untuk teman atau keluargamu. Kemudian kamu juga akan mendapatkan diskon dari membagikan referral code tersebut. Contoh sederhana ini adalah salah satu contoh dari apa itu referral code yang bisa kamu temukan di sekeliling.

Saat ini, sebagian besar UKM juga sudah mulai menggunakan referral code untuk menjual produknya. Ini membuktikan bahwa referral code adalah salah satu cara memasarkan bisnis yang cukup bermanfaat. Terutama untuk UKM yang masih merintis dan perlu brand awareness yang cukup tapi tidak memiliki banyak biaya untuk pemasaran.

Agar kamu bisa memahami lebih dalam mengenai apa itu referral code, kamu bisa mengecek website Smartseller. Di dalamnya berisi informasi seputar bisnis yang bisa kamu pelajari. Mulai dari ide kreatif hingga informasi terbaru seputar bisnis bisa kamu dapatkan di Smartseller. Selain itu, kamu juga bisa mengelola bisnis online-mu lewat Smartseller, lho!