Sebelum memulai bisnis, ada baiknya membaca buku tentang bisnis untuk persiapan menjalankan bisnis dengan baik. Buku tentang bisnis dapat membantu berbagai macam persiapan dalam menjalankan bisnis. Kamu juga bisa mengambil banyak inspirasi dari buku tentang bisnis. Berikut ini adalah pilihan buku tentang bisnis yang bisa kamu baca sebelum memulai bisnis.

The Lean Startup

Buku tentang bisnis satu ini sudah sangat terkenal di kalangan para pengusaha. Tidak hanya mereka yang mau memulai usaha saja, The Lean Startup juga merupakan buku bacaan setiap orang yang sudah memulai usahanya tetapi memerlukan inspirasi lebih jelas.

The Lean Startup karya Eric Reis ini memberikan banyak sekali fakta saat seseorang memulai usaha. Dalam buku tentang bisnis tersebut, Eric Reis mengangkat tentang bagaimana pengusaha di era sekarang menggunakan inovasi yang tidak habis-habis untuk menciptakan bisnis yang sukses secara radikal.

Tentunya proses usaha tersebut dibarengi dengan berbagai macam cara agar bisnis bisa semakin lancar. Eric Reis juga menjelaskan tips-tips yang tepat agar bisnis di era sekarang dapat berkembang dengan pesat. Buku tentang bisnis ini akan cocok untuk dibaca setiap orang yang ingin memulai usaha.

Kamu bisa mendapat berbagai macam ilmu seputar pengelolaan keuangan yang akan membantumu untuk memiliki lebih banyak inovasi dan mengembangkan bisnismu menjadi semakin besar.

Baca Juga: Aplikasi Catatan Keuangan Gratis untuk UMKM

The Founder’s Dilemma

Buku tentang Bisnis

Buku tentang bisnis selanjutnya yang bisa kamu coba baca adalah The Founder’s Dilemma karya Noam Wasserman. Dalam buku tentang bisnis satu ini, Noam Wasserman menulis berdasarkan riset yang ia lakukan dengan mengamati banyak founder dari usaha yang telah berjalan. Buku ini sangat cocok untuk dibaca karena isi buku menggunakan eksperimen dan juga contoh yang nyata dari para pemilik usaha sehingga siapa pun yang membaca bisa mempelajari kasus yang disajikan secara nyata.

The Founder’s Dilemma mengangkat tentang cara mengantisipasi dan menjauhi kejatuhan suatu usaha yang sudah berjalan. Ini adalah buku tentang bisnis yang sangat bagus untuk dijadikan pembelajaran seputar pengelolaan usaha. Terutama karena banyak sekali usaha baru yang gagal sebelum mencapai tahun ke lima.

Buku tentang bisnis ini fokus kepada cara-cara agar setiap pemilik usaha tidak mengalami kejatuhan saat menjalankan usahanya. Tidak hanya itu saja, buku tentang bisnis ini juga menjelaskan bagaimana agar pemilik usaha lebih aktif dalam mengenali permasalahan usaha dan sebisa mungkin untuk tidak membuat kesalahan sepele yang justru dapat merugikan bisnis.

Dengan membaca buku tentang bisnis ini, kamu akan lebih memahami seputar struktur bisnis agar mereka bisa menjalankan bisnis dengan mudah dan tidak melakukan kesalahan fatal. Buku tentang bisnis ini juga merupakan buku yang sudah dibaca oleh banyak sekali pemilik usaha.

The Peter Principle

Buku tentang Bisnis
The Peter Principle adalah buku yang sangat cocok untuk persiapan memulai usaha maupun untuk para pebisnis yang sudah memiliki usaha. Dalam buku tentang bisnis ini terdapat berbagai cara untuk mengenali apa dan bagaimana seorang pemilik usaha bisa dikatakan tidak mumpuni.

Alasan yang membuat buku tentang bisnis ini menjadi pilihan tepat adalah karena buku ini fokus pada mencari orang yang tepat untuk diajak bekerja dalam usahamu. Penulis buku ini, yaitu Laurence J. Peter dan Raymond Hull mengonsep buku ini dengan “why things always go wrong?” yang sering kali menjadi pertanyaan yang muncul dari para pemilik usaha.

Contohnya pertanyaan seperti “kenapa usahaku bisa gagal?” dan “kenapa usahaku tidak berkembang?”. Pertanyaan mengenai apa yang salah dari bisnis itu akan dikupas secara tuntas dalam buku ini dengan diselipkan tips mencari orang yang tepat untuk bekerja dalam membangun usaha kamu. Dalam buku ini kamu juga akan mempelajari seputar pengelolaan pekerja yang lebih efektif agar kamu bisa membangun bisnis lebih lancar.

The Disney Way

Buku tentang Bisnis

Saat mendengar kata Disney orang biasa akan berpikir seputar industri perfilman mereka yang hebat. Tetapi seorang pengusaha yang mendengar Disney pasti akan berpikir tentang bagaimana hebatnya perusahaan ini dapat mendominasi dunia hiburan yang ada di seluruh dunia. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari sistem pengaturan pekerja yang sangat baik sehingga suatu perusahaan bisa mendominasi dalam banyak hal.

The Disney Way karya dari Bill Capodagli dan Lynn Jackson merupakan buku tentang bisnis yang membahas tentang bagaimana sebuah perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerja yang hangat dan menyenangkan agar perusahaan bisa sukses besar. Konsep buku tentang bisnis ini adalah mengambil contoh dari bagaimana Disney mengelola pekerjanya agar menjadi pekerja yang siap membawa perusahaan menggapai tujuan mereka.

Dalam buku tentang bisnis ini dijelaskan tentang konsep Disney yang melekat dengan pekerjanya sehingga lebih mudah mencapai tujuan. Selain itu dijelaskan juga bahwa dari cara tersebut dijelaskan juga bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja produktif, efektif dan positif tidak hanya untuk karyawan tetapi juga pelanggan.

Buku tentang bisnis satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin menciptakan perubahan di lingkungan dunia kerja. Terutama jika kamu sangat menghargai para pekerja di perusahaanmu dan ingin membuat mereka merasa lebih baik dengan lingkungan kantor yang nyaman.

Baca Juga: Apa itu B2B! Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Behind the Cloud

Buku tentang Bisnis
Behind the Cloud merupakan buku karya Marc Benioff dan Carlyle Adler yang membahas seputar kesuksesan dari Salesforce. Tentunya Salesforce sebelumnya bukan suatu usaha yang sudah sangat besar seperti saat ini, sehingga buku tentang bisnis ini layak dibaca karena mengangkat hal tersebut.

Di dalam buku tentang bisnis ini kamu bisa belajar apa saja langkah-langkah Salesforce sehingga bisa sangat sukses seperti saat ini. Serta dijelaskan juga bagaimana Salesforce menjadi suatu usaha yang penuh dengan inovasi sehingga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Tidak hanya untuk para pebisnis yang baru memulai, buku ini juga sangat cocok untuk mereka yang sudah menjalankan bisnis. Dari buku tentang bisnis ini kamu akan mendapatkan berbagai ilmu seputar mengembangkan usaha dari kecil hingga apa saja tantangan-tantangan yang dihadapi.

Misalnya adalah menemukan apa kelemahan dan kelebihan bisnismu dan juga jika kamu perlu mengembangkan bisnis ke ranah yang lain juga. Tidak hanya itu saja, pengelolaan keuangan juga ada di dalam buku ini sehingga pebisnis baru sekalipun bisa membaca buku ini dengan banyak manfaat.

Kelima buku tentang bisnis di atas merupakan buku yang banyak dibaca oleh para pengusaha. Buku-buku tersebut juga sudah cukup terkenal di kalangan pemilik bisnis. Kamu bisa membaca buku tersebut dan mengambil banyak pelajaran sebelum memulai bisnismu.

Tidak hanya membaca buku tentang bisnis, kamu juga memerlukan cara yang efektif untuk mengelola bisnismu. Salah satunya adalah dengan menggunakan SmartSeller. SmartSeller merupakan platform yang membantumu untuk mengelola usahamu. Beberapa fiturnya adalah mengelola pesanan hingga mengelola stok barang. Langsung cek SmartSeller sekarang!