Kamu mencari contoh produk jasa di Indonesia yang menjanjikan? Bisa memberi keuntungan dalam waktu singkat maupun berkepanjangan? 

Seperti diketahui, berbeda halnya dengan perusahaan dagang maupun industri lainnya, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan jasa atau pelayanan atas kemampuan atau keahlian seseorang sebagai produknya. Oleh karena itu, semakin ahli seseorang dalam keahlian tertentu, semakin konsumen percaya dan datang dengan sendirinya. 

Kamu tertarik untuk memulai perusahaan jasa, tetapi tidak tahu apa saja contoh produk jasa di Indonesia? Sebenarnya, banyak lho layanan jasa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Nah, coba yuk simak artikel di bawah ini untuk contoh-contohnya lengkap dengan penjelasan singkat.

1. Jasa Konsultan

Contoh Produk Jasa

Jasa konsultan merupakan usaha jasa yang memberikan produk dalam bentuk konsultasi dengan para ahli di bidang tertentu. Berikut contoh produk jasa yang termasuk jasa konsultan.

a. Jasa Konsultan Hukum

Konsultan hukum adalah orang yang memberi pelayanan berupa nasihat atau pendapat hukum atas suatu tindakan maupun perbuatan tertentu yang telah dilakukan oleh kliennya. 

b. Jasa Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan orang yang menawarkan jasa konsultasi di bidang perpajakan kepada kliennya yang merupakan wajib pajak.

c. Jasa Konsultan Proyek

Konsultan proyek adalah orang yang memberikan jasa berupa pengawasan atas pelaksanaan suatu proyek agar dapat berjalan dengan semestinya dan proyek tersebut dapat selesai secara tepat waktu. 

d. Jasa Konsultan Kesehatan

Konsultan kesehatan atau biasa dikenal sebagai dokter merupakan orang yang menawarkan konsultasi agar menyelesaikan masalah atau menjaga kesehatan kepada pihak penerima konsultasi atau pasien.

e. Jasa Konsultan Pendidikan

Konsultan pendidikan adalah jasa yang memberikan konsultasi kepada para pelajar untuk menentukan rencana pendidikan masa depan. Mulai dari rekomendasi sekolah atau universitas, tempat tinggal, dan kebutuhan lain yang dibutuhkan oleh sang pelajar.

Baca Juga 
Simpel, Begini Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

Baca juga: Tips-tips Mencari Nama Toko Modern untuk Usaha Kamu

2. Jasa Agen

Contoh Produk Jasa

Jasa agen merupakan salah satu contoh produk jasa yang menawarkan keahlian seseorang dalam melakukan pemasaran suatu layanan atau produk, seperti:

a. Jasa Agen Properti

Agen properti merupakan orang yang bertugas sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Agen properti memberi jasa yang memberi kemudahan proses jual beli maupun sewa properti.

b. Jasa Agen Asuransi

Agen asuransi adalah orang atau badan yang menawarkan jasa untuk melakukan pemasaran atas produk asuransi perusahaan tertentu. 

c. Jasa Agen Penjual Tiket

Agen penjual tiket adalah orang atau badan yang menyediakan layanan penjualan tiket pesawat, konser, kereta api, dan lain-lain.

d. Jasa Agen Perjalanan

Jasa agen perjalanan atau biasa dikenal sebagai travel agent adalah usaha jasa yang menyediakan pemesanan sarana wisata maupun mengurus dokumen perjalanan.

e. Jasa Agen Voucher

Agen voucher merupakan orang atau badan yang menawarkan voucher atas perusahaan tertentu. Mulai dari voucher game, kuota, pulsa, listrik, dan lain-lain.

3. Jasa Perawatan

Contoh Produk Jasa

Jasa perawatan adalah usaha jasa yang mengandalkan keahlian atau kemampuan seseorang untuk merawat barang atau hal tertentu. Berikut contoh produk jasa yang termasuk jasa perawatan.

a. Jasa Perawatan Taman

Jasa perawatan taman merupakan jasa yang membantu konsumen untuk merawat atau menjaga area taman agar tetap dalam kondisi yang baik. Jasa ini menawarkan jasa penyiraman, pemangkasan pohon atau rumput, pemberian pupuk, dan lain-lain.

b. Jasa Pembersihan Akuarium dan Kolam

Jasa pembersihan akuarium dan kolam adalah jasa yang menawarkan pembersihan akuarium dan kolam mulai dari pembersihan kaca, penggantian filter, pembersihan kotoran, maupun menjaga kualitas air akuarium atau kolam konsumen.

Baca Juga 
Alasan SEO Penting Tingkatkan Omzet Bisnis Online!

c. Jasa Perawatan Motor dan Mobil

Jasa perawatan motor dan mobil atau biasa dikenal sebagai bengkel merupakan orang yang menawarkan perawatan atau pemeliharaan, perbaikan, serta modifikasi atas motor dan mobil konsumen.

d. Jasa Perawatan Kecantikan

Jasa perawatan kecantikan atau biasa dikenal sebagai salon adalah jasa yang memberikan pelayanan atau jasa untuk perawatan terhadap wajah, rambut, tubuh, hingga kuku.

e. Jasa Pembersihan Rumah

Jasa pembersihan rumah atau cleaning service adalah jasa yang menawarkan layanan kebersihan, kerapihan, maupun higienis atau rumah atau gedung tertentu.

Baca juga: Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

4. Jasa Intelektual

Contoh Produk Jasa

Jasa intelektual merupakan contoh produk jasa yang menawarkan keahlian seseorang dalam melakukan suatu hal. Jika kamu ingin mencoba menawarkan jasa intelektual, kamu bisa mencoba beberapa contoh jasa di bawah ini.

a. Jasa Penulisan Artikel

Jasa penulisan artikel merupakan salah satu jasa yang memberi layanan penulisan, baik untuk media sosial, situs blog, maupun iklan pemasaran.

b. Jasa Pembuatan Situs 

Jasa pembuatan situs adalah penyedia jasa yang membantu konsumen atau kliennya untuk membuat situs sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Selain pembuatan, sebagian penyedia jasa juga memberikan bantuan untuk mengelola maupun mengatasi masalah yang muncul atas situs tersebut.

c. Jasa Pembuatan Desain

Jasa pembuatan desain merupakan jasa yang menghasilkan suatu seni untuk berkomunikasi dalam bentuk tulisan, ruang, maupun gambar sesuai kebutuhan klien. 

d. Jasa Pendidikan

Jasa pendidikan adalah jasa yang menawarkan pelayanan berupa pengembangan atau peningkatan atas kualitas sumber daya manusia. 

e. Jasa Pembuatan Dokumentasi

Jasa pembuatan dokumentasi merupakan jasa yang menawarkan dokumentasi berupa video atau foto atas acara atau situasi tertentu, Mulai dari peralatan, proses pembuatan, hingga editing ditawarkan oleh jasa satu ini.

Baca Juga 
Soft Selling adalah Kunci Jitu dalam Promosi Bisnis

Baca juga: Modal 200 ribu bisnis online GO internasional

5. Jasa Pelayanan Khusus

Contoh Produk Jasa

Jasa pelayanan khusus adalah jasa yang memberikan jasa bersifat khusus untuk acara atau situasi tertentu. Berikut contoh produk jasa yang termasuk jasa pelayanan khusus.

a. Jasa Event Organizer

Event organizer atau penyelenggara acara merupakan jasa yang memberikan jasa berupa merancang, melaksanakan, dan mengontrol jalannya suatu acara. 

b. Jasa Penghibur

Jasa penghibur adalah jasa yang membuat seseorang yang melakukan sesuatu untuk menghibur. Biasanya, jasa penghibur ada dalam acara khusus seperti ulang tahun dan pernikahan. 

c. Jasa Titip

Jasa titip atau biasa dikenal sebagai jastip merupakan jasa yang menawarkan pembelian barang. Biasanya, harga dari setiap barang titipan sudah dikenakan biaya tambahan dari harga aslinya sebagai pembayaran atas jasa membelikan barang tersebut.

d. Jasa Pembuatan Hadiah atau Kado

Jasa pembuatan hadiah atau kado adalah jasa yang menyediakan jasa pembuatan hadiah atau kado sesuai keinginan konsumen. Baik untuk kelulusan, ulang tahun, maupun hari pernikahan.

e. Jasa Penitipan Anak

Jasa penitipan anak merupakan tempat yang menyediakan jasa untuk pengasuhan anak. Jasa yang ditawarkan seperti waktu cerita, makan, maupun kegiatan berkelompok dan bermain dengan anak.

Tertarik untuk mencoba salah satu contoh produk jasa di atas? Untuk memudahkan kamu dalam menjalankan usaha, kamu juga bisa lho memanfaatkan SmartSeller sebagai aplikasi untuk mengelola orderan atau pesanan usaha kamu sehingga kamu dapat dengan mudah memantau seluruh aktivitas penjualan usaha dengan cepat dan praktis. Yuk cari tahu lebih lanjut apa itu aplikasi SmartSeller atau coba gratis SmartSeller sekarang!