Sekarang ini para pelaku usaha harus mempunyai website toko online. Di masa yang semakin canggih ini memaksa para pelaku usaha harus beradaptasi. Salah satunya dengan berjualan online. Meskipun kamu sudah mempunyai toko fisik, tak ada salahnya untuk mempunyai toko online. Mari cari tahu beberapa hal mengenai website toko online.

Saat ini semakin banyak orang yang mulai mencoba untuk berjualan. Semenjak pandemi melanda 3 tahun belakangan, lapangan pekerjaan menjadi tidak sebanyak sebelumnya. Bahkan seringkali terjadi pemutusan hubungan kerja. Karena itu, berjualan menjadi salah satu solusi bagi masyarakat.

 

Baca Juga: Apa itu Etalase Toko Online? Bagaimana Cara Agar Terlihat Menarik?

 

Kamu bisa berjualan sambil menunggu mendapatkan pekerjaan atau justru menjadikan berjualan sebagai pekerjaan utama. Berjualan bisa langsung kamu lakukan meskipun kenyataannya tidak semudah itu. Banyak proses, disertai komitmen dan tanggung jawab yang dilalui oleh pelaku usaha.

Kemajuan teknologi juga mampu mengubah hal tersebut. Berjualan saat ini menjadi lebih praktis dan lebih cepat. Jika sebelumnya kamu harus mempunyai modal serta lapak fisik agar bisa berjualan, kali ini kamu tidak memerlukan hal tersebut. Berbekal internet, kamu bisa menjual produk kepada para pelanggan.

 

Belanja Online

Website Toko Online

Belanja online saat ini menjadi primadona. Selain tidak perlu mengeluarkan tenaga, para pembeli juga sering mendapatkan promo dan katalog barang yang cukup lengkap. Brand besar juga menjual produk mereka secara online. Oleh karena itu, tak heran jika para pelanggan yang memilih untuk berbelanja online. 

Begitu juga bagi mereka yang berjualan. Kemudahan berjualan secara online tentu menarik hati mereka. Belum lagi modal dan energi yang bisa dihemat dibandingkan membuka toko fisik. Jangkauan yang bisa diraih dengan membuka toko online juga sangat luas, bahkan bisa saja global. Berikut beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk membuka toko online:

Baca Juga 
Jualan Online Kurang Lancar? Mungkin ini Penyebabnya

 

  • Media Sosial

Media sosial adalah salah satu platform yang paling sering digunakan tidak hanya di Indonesia, namun juga dunia. Namun selain untuk menjalin pertemanan atau membagikan pendapat dan foto ternyata media sosial juga bisa digunakan penggunanya sebagai sarana untuk berjualan online, lho!

Malahan, berjualan di media sosial bukan barang baru. Beberapa media sosial justru menyediakan akun bisnis bagi mereka yang ingin membuat akun media sosial untuk bisnisnya. Ada juga fitur yang menyediakan lapak untuk berbisnis. Jangkauan bisnis melalui sosial media sangatlah besar.

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Pada media sosial, kamu dapat berinteraksi dengan pelanggan. Selain kamu bisa memperlihatkan produkmu, kamu juga dapat menarik pelanggan dengan cara membuat konten yang masih relevan dengan produkmu. Selain itu, berjualan di media sosial juga mudah dan gampang dipromosikan. Belum lagi pada media sosial tidak dipungut biaya.

 

  • Marketplace

Marketplace adalah salah satu platform yang ramai digunakan saat ini. Pada marketplace, kamu bisa menemukan banyak sekali produk-produk yang dijual dengan berbagai spesifikasi dan harga. Barang yang sama pun masih bisa dijual oleh toko berbeda dengan harga yang berbeda pula.

Saat ini, sayang rasanya kalau tidak menggunakan marketplace sebagai platform untuk berjualan online. Hal itu dikarenakan semakin banyak pengguna marketplace. Apalagi di marketplace banyak promo yang bisa didapatkan. Tetapi kamu harus inovatif agar toko dan produkmu menjadi kompetitif dengan toko lainnya.

 

Website Toko Online

 

  • Website Toko Online

Kalau bisnis yang kamu jalani sudah berkembang, tak ada salahnya mempunyai website toko online. Website toko online sendiri tidak melulu selalu besar. Namun dengan mempunyai situs web sendiri, tentu bisnismu akan terasa lebih terpercaya. Jika biasanya brand besar yang mempunyai situs penjualan sendiri, saat ini tidak begitu.

Baca Juga 
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Hal itu disebabkan makin banyak jenis website toko online yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha. Tak jarang bisa menggunakan aplikasi atau pihak lain dalam cara membuat website toko online. Contohnya seperti menggunakan SmartSeller. Penggunaannya yang mudah membuat para pelaku usaha yang skala bisnisnya tidak terlalu besar juga bisa membuat situs tersebut.

 

Cara Membuat Website Toko Online

Banyak sekali cara membuat website toko online untuk usahamu. Mulai dari membeli domain dan mengurusnya sendiri, hingga menggunakan aplikasi yang kini makin marak digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan SmartSeller Storefront. Salah satu fitur dari aplikasi SmartSeller ini berguna banget buat para pelaku usaha yang nggak tahu cara membuat website toko online.

Dengan SmartSeller, cara membuat website toko online jadi nggak ribet. Dalam hitungan menit, website toko online yang kamu inginkan sudah jadi. Awalnya, kamu harus melakukan registrasi akun SmartSeller Smartfront terlebih dahulu. Nantinya, kamu sudah bisa memilih domain yang ingin kamu gunakan untuk nama website toko online milikmu. 

 

Website Toko Online

 

SmartSeller juga sudah menyediakan template dan desain yang kamu bisa pilih. Pastikan template dan desainnya sesuai dengan bisnis milik kamu. Kamu juga bisa mengatur homepage, banner, DNS, dan lain-lain. Penggunaan aplikasi seperti SmartSeller Smartfront cocok buat kamu yang baru mau mulai buka dan mencari tahu cara membuat website toko online.

Selain itu, Smartseller juga dilengkapi dengan dashboard yang bisa membantu kamu melihat keadaan traffic website kamu. Beragam metode pembayaran untuk pelanggan yang ada juga bisa menjadi kelebihan kamu. Produk dan stok yang ada juga terintegrasi sehingga kamu nggak perlu repot update sendiri. Websitenya juga terbilang aman dan bandwidth-nya juga tidak berbatas.

Baca Juga 
Para Wanita, Inilah Tips Mencari Peluang Bisnis Online untuk Kalian

 

Baca Juga: Ini Dia Langkah-Langkah untuk Bisnis Jualan Pakaian Online

 

Manfaat Website Toko Online

Ada beberapa manfaat atau kelebihan jika suatu bisnis memiliki website toko online, seperti

 

  • Mempunyai Kredibilitas

Dibandingkan dengan bisnis yang hanya mempunyai akun tertentu saja, tentu dengan memiliki website akan membuat bisnis tersebut lebih terpercaya dan punya kredibilitas tersendiri. Pelanggan dapat lebih yakin terhadap tokomu jika kamu memiliki website sendiri. Ia akan merasa aman untuk berbelanja di tokomu di manapun kanalnya.

 

  • Informasi lebih Detail

Website Toko Online

Jika kamu berjualan di media sosial dan marketplace, biasanya kamu hanya bisa memberikan informasi terbatas di platform-platform tersebut. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan dan juga kamu harus berbagi dengan para pelaku usaha lainnya. Namun, lain halnya jika kamu mempunyai website toko online. Kamu dapat memberikan gambar hingga informasi lebih detail yang membuat pelanggan diberi kemudahan sebelum membeli produk.

 

  • Mudah Diakses Pelanggan

Mempunyai website toko online berarti memberikan pelanggan kemudahan untuk menggunakannya. Jika kamu menjual banyak varian produk, tentu akan lebih mudah untuk melihatnya menggunakan website toko online. Para pelanggan tidak perlu repot untuk datang ke lokasi fisik dan cukup mengakses website tersebut.

 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai website toko online, serta cara membuat dan manfaat yang kamu dapatkan sebagai pelaku usaha. Salah satunya adalah menggunakan SmartSeller. Selain Storefront yang disebutkan di atas, kamu juga bisa menemui fitur lain seperti marketplace integration buat bantu kamu integrasi ke marketplace. Yuk, langsung aja kunjungi SmartSeller untuk info lebih lanjut!