Cara verifikasi TikTok Shop sebenarnya cukup mudah dilakukan. Untuk setiap pemilik usaha yang mendaftar ke TikTok Shop, kamu bisa mendapatkan verifikasi akun bisnis dengan mudah dan cepat selama mengikuti prosedur yang disediakan oleh TikTok Shop. waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama. Jadi kamu tidak perlu khawatir membuka akun bisnis untuk TikTok Shop usahamu.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara verifikasi TikTok Shop dan berapa lama waktu yang diperlukan.

Mendaftar Akun TikTok Shop untuk Bisnismu

Daftar Akun TikTok Shop

Sebelum mengetahui bagaimana cara verifikasi TikTok Shop, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mendaftar akun TikTok Shop untuk bisnis yang kamu jalankan. Karena untuk mendapatkan verifikasi tersebut, kamu perlu memiliki akun TikTok shop yang resmi. Berikut ini adalah langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendaftar TikTok Shop:

  • Buka TikTok Shop Seller

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka laman TikTok Shop Seller terlebih dahulu. Kamu bisa membuka laman tersebut lewat aplikasi yang bisa diunduh di Play Store maupun App Store dengan menggunakan smartphone. Selain dengan menggunakan aplikasi, kamu juga bisa membuka website lewat komputer jika kamu lebih nyaman dengan komputer. Kunjungi website resmi TikTok Shop Seller untuk mendaftarkan akun bisnis usahamu agar bisa memulai akun TikTok Shop resmi.

  • Login atau Daftar Terlebih Dahulu

Verifikasi Akun TikTok Shop

Jika kamu sudah memiliki akun TikTok, kamu bisa masuk ke akun TikTok Shop Seller dengan menggunakan akun tiktok yang kamu miliki. Sedangkan jika kamu belum memiliki akun TikTok, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu. Kamu perlu mengisi data seperti nama, email, serta nomor telepon yang bisa dihubungi agar bisa mendaftar dengan lancar.

TikTok menawarkan beberapa metode untuk mendaftar. Kamu bisa mendaftar lewat email atau nomor telepon yang aktif. Pilih metode yang paling sesuai untuk digunakan. Jika kamu menggunakan nomor telepon, maka pastikan nomor telepon tersebut benar dan aktif. Untuk pendaftaran menggunakan email, kamu perlu menggunakan email yang juga masih aktif dan merupakan email pribadi atau usahamu sendiri.

Baca Juga 
Praktis Gunakan Jasa Jemput Paket ke Rumah untuk Bisnis

Baca Juga: Cost Control Adalah: Panduan untuk UMKM

  • Isi Data untuk Toko TikTok Shop

Setelah mendaftar, kamu perlu mengisi data dan informasi yang berhubungan dengan toko usahamu. Bagian ini penting karena kamu tidak akan bisa mendapatkan cara verifikasi TikTok Shop tanpa mengisi data dan informasi seputar toko. Kamu cukup menyiapkan data berupa nomor telepon untuk usaha, alamat usahamu, lokasi warehouse jika ada, serta kontak orang yang bisa dihubungi. Setelah proses ini terlewati, kamu bisa pilih “Add Product” untuk menambahkan produk usahamu di TikTok Shop usahamu.

  • Verifikasi Data TikTok Shop

Verifikasi Akun TikTok Shop

Bagian penting selanjutnya adalah verifikasi data. Verifikasi ini diperlukan untuk menunjukkan legalitas toko TikTok Shop yang kamu jalankan. Jadi, TikTok dapat memiliki bukti bahwa kamu adalah seorang penjual yang akan membuka toko di TikTok Shop. tanpa adanya verifikasi, toko yang kamu buka di TikTok Shop tidak bisa dimunculkan di laman TikTok Shop. Bahkan produk usahamu tidak akan terlihat meskipun kamu menambahkan produk.

Cara verifikasi TikTok Shop adalah dengan mengunggah dokumen resmi yang berhubungan dengan usahamu. Jika kamu adalah usaha perseroan, maka kamu perlu mengunggah dokumen-dokumen usaha yang resmi ke TiktTok Shop untuk verifikasi. Begitu juga dengan usaha perorangan, kamu akan diminta legalitas usaha sebagai salah satu cara verifikasi TikTok Shop.

Data yang diperlukan sebenarnya juga tidak terlalu rumit. Selain legalitas usaha, kamu juga perlu nomor KTP atau paspor yang masih berfungsi. Pastikan kamu memeriksa dengan cermat dokumen-dokumen yang kamu unggah agar tidak terjadi kesalahan karena dokumen yang telah diunggah tidak dapat dirubah selanjutnya. Proses verifikasi ini akan memakan waktu selama 1 hari dan paling lambat adalah 2×24 jam. Jika verifikasi berhasil, maka kamu akan bisa menambahkan produk di toko TikTok Shop. jika verifikasi gagal, maka kamu perlu mengulang proses pengisian data agar cara verifikasi TikTok Shop bisa dengan mudah dilakukan.

  • Tambahkan Produk

Verifikasi Akun TikTok Shop

Setelah verifikasi berhasil dilakukan, kamu hanya perlu memasukkan produk yang akan kamu jual. Menambahkan produk akan membantu para calon pembeli melihat apa produk yang kamu jual. Jadi, pastikan produk yang kamu tambahkan memiliki foto yang jelas serta deskripsi yang lengkap. Masukkan kategori produk agar ceruk pemasaran produk di TikTok menjadi lebih jelas. Kamu juga perlu menyertakan nama merek jika ada.

Baca Juga 
Contoh Purchase Order yang Cocok Untuk Usaha Kecil

Untuk foto, pastikan rasio foto produk yang akan kamu unggah adalah sebesar 1:1 agar pas dengan ukuran yang dimunculkan di TikTok Shop. jangan lupa juga untuk melengkapi warna, ukuran, jenis, dan berbagai kelengkapan lainnya jika ada. Kamu juga akan diminta memberikan informasi tentang berat dan dimensi produk agar bisa diatur oleh TikTok saat akan dikirim. Tambahan informasi lainnya jika ada juga bisa kamu masukkan. Misalnya seperti informasi seputar asuransi dan garansi yang diberikan, serta jaminan lain atau bonus jika ada. Setelah semuanya lengkap, pilih “Publish”.

Baca Juga: 4 Ide Jualan Terlaris yang Banyak Peminatnya

  • Hubungkan Rekening Bank

Langkah selanjutnya setelah melengkapi semua data dan keperluan untuk verifikasi TikTok Shop adalah menghubungkan dengan rekening bank yang kamu miliki. Fungsinya adalah untuk penarikan uang hasil penjualan atau pendapatan usaha. Proses ini cukup mudah dilakukan karena kamu hanya perlu mengisi data seputar bank yang kamu gunakan. Kamu perlu menyediakan data seputar nomor rekening dan nama bank yang kamu gunakan agar proses menghubungkan akun bank lebih mudah.

Cara verifikasi TikTok Shop di atas bisa kamu ikuti dengan mudah. Jika setelah mengikuti langkah di atas, akun TikTok Shop milikmu masih belum mendapatkan verifikasi, kamu bisa menghubungi bantuan yang disediakan oleh TikTok untuk seluruh penggunanya. Tanyakan tentang bagaimana cara verifikasi TikTok Shop yang terkendala di akunmu. Selanjutnya kamu akan dibantu untuk proses verifikasi akun agar lebih mudah dan cepat.

Jika kamu sudah mengetahui cara verifikasi TikTok Shop dan akun TikTok Shop milikmu sudah resmi berjalan, kamu bisa meningkatkan penjualan lewat TikTok. Manfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok agar bisa lebih maksimal mendapatkan pemasukan usaha. Fitur TikTok yang bisa kamu manfaatkan adalah Live shopping, afiliasi, penyematan produk di setiap video, dan juga hastag yang bisa kamu gunakan. Semuanya akan membantu meningkatkan proses pemasaran dan penjualan usaha dengan lebih mudah. Jadi, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar lewat TikTok Shop.

Baca Juga 
6 Tool Digital Marketing yang Wajib UKM dan Startup Miliki Di Tahun 2020!

Memiliki banyak saluran penjualan, salah satunya TikTok Shop adalah salah satu strategi tepat untuk meningkatkan pendapatan usaha. Kamu bisa memiliki lebih banyak pemasukan usaha selama pengelolaan masing-masing platform penjualan tepat dilakukan. Pengelolaan yang disiplin adalah kunci suksesnya usaha. Maka dari itu kamu bisa mencoba SmartSeller untuk mengelola berbagai toko online yang kamu miliki dalam satu tempat. Nah, meskipun kamu memiliki banyak toko, kamu hanya perlu 1 tempat untuk mengelolanya, yaitu SmartSeller. Saat ini sedang ada promo gratis 3 bulan yang bisa kamu coba. Yuk langsung saja cek SmartSeller sekarang.